BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

LAMPIRAN 3 Skala Penelitian Sikap terhadap Perilaku Seksual

Skala Penelitian Sikap terhadap Perilaku

Seksual

Saya Ratih Prameswari, mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir yang bertemakan seksualitas remaja. Untuk itu, saya ingin meminta bantuan teman-teman mengisi kuisioner ini. Kuisioner ini berisi tentang daftar perilaku yang mungkin dilakukan remaja ketika berpacaran. Dalam pengisian kuisioner ini, saya meminta teman-teman untuk memberikan penilaian pada setiap bentuk perilaku. Penilaian tersebut bisa didasarkan pada pengalaman pribadi teman-teman (jika teman-teman sudah pernah/ sedang memiliki pacar) ataupun didasarkan pada angan-angan/ harapan teman-teman jika memiliki pacar (jika saat ini teman-teman tidak memiliki pacar).

Teman-teman tidak perlu ragu untuk menjawab dengan jujur karena jawaban teman-teman saya jamin kerahasiaannya. Untuk menjamin kerahasiaan jawaban teman-teman, saya membuat kuisioner ini bersifat anonim atau tanpa penulisan nama. Selain itu, setelah teman-teman selesai memberikan penilaian dalam kuisioner ini, teman-teman bisa memasukkan kuisioner ini ke dalam amplop yang telah saya berikan dan merekatkan amplop tersebut. Dengan demikian, kuisioner yang sudah terisi akan kembali kepada saya dalam keadaan tertutup tanpa identitas nama.

Dalam memberikan penilaian, teman-teman boleh berhenti jika merasa tidak nyaman. Walaupun demikian, saya sangat berharap teman-teman bisa memberikan penilaian pada seluruh bentuk perilaku yang ada.

Dalam memberikan penilaian pada kuisioner ini, saya mohon teman-teman tidak saling berdiskusi. Jawablah dengan jujur sesuai dengan kondisi teman-teman. Terimakasih.

Salam,

Ratih Prameswari

Petunjuk Pengisian Bagian A

Di bawah ini terdapat beberapa bentuk perilaku. Teman-teman diharapkan memberi penilaian pada setiap bentuk perilaku dengan cara memberi tanda centang ( √ ) pada kolom sebelah kanan perilaku. Terdapat dua kolom besar yang diberi garis pembatas, yaitu kolom 1 dan kolom 2. Tiap kolom terdiri dari 4 pilihan jawaban. Teman-teman diharapkan memberi jawaban untuk kedua kolom, dengan catatan masing-masing kolom berisi satu jawaban. Dengan demikian, teman-teman akan memberikan penilaian sebanyak 2x untuk setiap perilaku.

Berikut keterangan pilihan jawaban untuk tiap kolom:

Kolom 1 Kolom 2

SM : Sangat Menikmati SP : Sangat Pantas

M : Menikmati P : Pantas

TM : Tidak Menikmati TP : Tidak Pantas

STM : Sangat Tidak Menikmati STP : Sangat Tidak Pantas

Contoh:

No PERILAKU

Kolom 1 Kolom 2

SM M TM STM SP P TP STP

1. Mandi di malam hari √ √

2. Makan di sore hari √ √

3. Jika teman-teman menikmati mandi pada malam hari maka berilah tanda centang (√) pada kolom M, dan jika teman-teman merasa mandi di malam hari tidak pantas untuk dilakukan, maka berikanlah tanda centang (√) pada kolom TP.

4. Jika teman-teman sangat tidakmenikmati makan di sore hari maka berilah tanda centang (√) pada kolom STM, dan jika teman-teman merasa makan di sore hari pantas untuk dilakukan, maka berikanlah tanda centang (√) pada kolom P

BAGIAN A

Ingatlah untuk memberikan jawaban pada kedua kolom, masing-masing kolom berisi satu jawaban

NO PERILAKU Kolom 1 Kolom 2

SM M TM STM SP P TP STP 1. Memegang tangan 2. Dipegang tangan 3. Memeluk 4. Dipeluk 5. Mencium pipi 6. Dicium pipi 7. Mencium bibir 8. Dicium bibir 9. Mencium leher 10. Dicium leher 11. Meraba dada 12. Diraba dada

13. Meraba alat kelamin 14. Diraba alat kelamin

15. Menggesekkan alat kelamin ke alat kelamin pasangan dengan tetap berpakaian

16. Menggesekkan alat kelamin ke alat kelamin pasangan tanpa menggunakan pakaian

17. Melakukan oral sex 18. Menerima oral sex

19. Melakukan vaginal sex (masuknya penis ke lubang vagina)

Kolom 1 Kolom 2 SM : Sangat Menikmati SP : Sangat Pantas

M : Menikmati P : Pantas

TM : Tidak Menikmati TP : Tidak Pantas

Petunjuk Pengisian Bagian B

Di bawah ini terdapat beberapa bentuk perilaku. Teman-teman diharapkan memberi penilaian pada setiap bentuk perilaku dengan cara memberi tanda centang ( √ ) pada kolom sebelah kanan perilaku. Terdapat dua kolom besar yang diberi garis pembatas, yaitu kolom 1 dan kolom 2. Kolom 1 terdiri dari empat pilihan jawaban sedangkan kolom 2 terdiri dari dua pilihan jawaban. Teman-teman diharapkan memberi jawaban untuk kedua kolom, dengan catatan masing-masing kolom berisi satu jawaban. Dengan demikian, teman-teman akan memberikan penilaian sebanyak 2x untuk setiap perilaku.

Berikut keterangan pilihan jawaban untuk tiap kolom:

Kolom 1 Kolom 2

SMM : Sangat Mau Melakukan P : Pernah

MM : Mau Melakukan TP : Tidak Pernah

TMM : Tidak Mau Melakukan

STMM : Sangat Tidak Mau Melakukan

Contoh:

No PERILAKU

Kolom 1 Kolom 2 SMM MM TMM STMM P TP

1. Mandi di malam hari √ √

2. Makan di sore hari √

3. Jika teman-teman mau melakukan perilaku mandi di malam hari maka berilah tanda centang (√) pada kolom MM, dan jika teman- teman pernah melakukan perilaku mandi di malam hari, maka berikanlah tanda centang (√) pada kolom P.

4. Jika teman-teman tidak mau melakukan makan di sore hari maka berilah tanda silang (√) pada kolom TTM, dan jika teman-teman

BAGIAN B

Ingatlah untuk memberikan jawaban pada kedua kolom, masing-masing kolom berisi satu jawaban

NO PERNYATAAN Kolom 1 Kolom 2 SMM MM TMM STMM P TP 1. Memegang tangan 2. Dipegang tangan 3. Memeluk 4. Dipeluk 5. Mencium pipi 6. Dicium pipi 7. Mencium bibir 8. Dicium bibir 9. Mencium leher 10. Dicium leher 11. Meraba dada 12. Diraba dada

13. Meraba alat kelamin 14. Diraba alat kelamin

15. Menggesekkan alat kelamin ke alat kelamin pasangan dengan tetap berpakaian

16. Menggesekkan alat kelamin kea lat kelamin pasangan tanpa menggunakan pakaian

17. Melakukan oral sex 18. Menerima oral sex

19. Melakukan vaginal sex (masuknya penis ke lubang vagina)

Kolom 1

Kolom 2 SMM : Sangat Mau Melakukan P : Pernah

MM : Mau Melakukan TP : Tidak Pernah

TMM : Tidak Mau Melakukan

LAMPIRAN 4

Dalam dokumen Perbedaan sikap remaja perempuan terhadap perilaku seksual ditinjau dari ada tidaknya kurikulum pendidikan seksualitas di sekolah. (Halaman 115-121)