Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik

17 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Daftar Isi:

 Langkah-langkah Menulis Artikel Secara Umum

 Artikel Deskripsi

 Artikel Narasi

 Artikel Eksposisi

 Artikel Argumentasi

 Artikel Persuasi

 Artikel SEO (Khusus Untuk Menulis Online)

 Dua Jenis Penulisan

Langkah-langkah Menulis Artikel Secara Umum

Secara garis besar, langkah-langkah menulis artikel dapat kita bagi menjadi 5 poin penting berikut ini:

1. Tentukan Tema. Tema haruslah spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca.

2. Tetapkan Tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.

3. Rumuskan ide pokok atau masalah. Biasanya perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan. Hanya saja dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak tersurat tapi tersembunyi dibalik alur tulisan (Nanti saya jelaskan dengan contoh di bawah).

4. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel (Penjabaran lebih lanjut saya uraikan dibawah)

5. Buatlah kesimpulan. Kesimpulan bikinnya mudah. Anda bisa membuatnya dengan baik bila logika atau alur artikel anda benar.

Demikian langkah-langkah penulisan artikel secara umum. Sedangkan langkah-langkah rincinya harus anda sesuaikan dengan bentuk artikel yang ingin anda tulis. Sebab tiap bentuk artikel memiliki cara penulisan berbeda.

Berikut ini saya akan jelaskan cara penulisan masing-masing bentuk artikel beserta contohnya.

(2)

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam benak. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel gambar.

Cara Penulisan Artikel Deskripsi

1. Tentukan objek, baik berupa keadaan atau konsep yang mau dideskripsikan

2. Tentukan juga tujuan penulisan (tersirat).

3. Tentukan rumusan ide pokok (tersirat).

4. Kembangkan tulisan menjadi urut-urutan. Apakah berdasarkan urutan waktu: pagi-siang-sore; atau urutan jam 1, jam 2, jam 3; atau urutan tahun: tahun 2000, tahun 2003, tahun 2005; atau menggunakan urutan tempat: dari pinggir ke tengah; dari pangkal ke ujung; atau kita ingin memakai urutan kepentingan: dari yang paling penting, penting ke yang kurang penting.

5. Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan obyek yang dideskripsikan.

Contoh artikel dapat anda lihat disini. Oya, penulis artikel deskripsi pada contoh menggunakan teknik pengembangan berdasarkan urutan tempat.

Artikel Narasi

Artikel jenis ini ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Saya lebih suka menamainya sebagai artikel cerita.

Dalam artikel narasi harus ada penokohannya, seperti dalam cerita pada umumnya. Sang tokoh digambarkan sebagai sosok yang bergulat dengan masalah kehidupan dan berusaha memenangkan pergulatan tersebut. Adanya konflik kehidupan membuat tulisan jenis ini menarik minat baca. Sebab bila tidak ada konflik, maka sebuah narasi akan menjadi hambar.

Cara penulisan artikel narasi

1. Tentukan tema.

2. Tentukan tujuan (tersirat).

3. Tentukan rumusan ide pokok (tersirat).

(3)

5. Setelah itu, buatlah anti klimaks sebagai penutup.

Contoh artikel ini dapat dilihat disini.

Artikel Eksposisi

Ertikel jenis ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu. Saya lebih suka menyebutnya sebagai artikel penjabaran.

Cara Penulisan Artikel Eksposisi

1. Tentukan tema.

2. Tentukan tujuan (tersurat).

3. Tentukan rumusan ide pokok (tersurat).

4. Kembangkan tulisan sesuai tujuan. Bila karangan ditujukan untuk menjelaskan pengertian, maka kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan definisi atau proses. Bila anda ingin menjelaskan cara, buatlah tahapan-tahapan dari awal sampai akhir secara sistematis. Bila anda ingin menjelaskan kegunaan, buatlah kegunaannya satu persatu. Dan bila karangan ditujukan untuk menjelaskan proses, maka detilkan prosesnya.

5. Berikan kesimpulan

Contoh artikel ini dapat anda temukan bertebaran di internet yang berkenaan dengan: definisi, fungsi, manfaat, peran, atau artikel yang berisi panduan melakukan sesuatu alias How To. Contoh artikelnya silakan lihat disini. Jenis tulisan pada contoh ini adalah berjenis How To.

Artikel Argumentasi

Artikel ini berupa karangan adu argumen. Penulisannya dilatarbelakangi oleh kritik terhadap suatu pendapat. Penulis biasanya akan memasukkan opini pribadi kedalam tulisan, tentu dengan data atau fakta yang mendukung, sehingga pendapatnya bisa menarik dukungan dari pembaca. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel pendapat.

Cara Penulisan Artikel Argumentasi

1. Tentukan tema.

2. Tentukan tujuan (tersurat).

(4)

4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan pendapat sendiri dan juga dapat melemahkan pendapat orang lain.

5. Berikan kesimpulan

Contoh dapat anda baca Disini: tentang kenaikan BBM.

Artikel Persuasi

Artikel jenis ini terkenal juga dengan arikel motivasi. Sebab penulisannya bersifat membujuk alias persuasif. Efeknya dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan atau mengikuti sesuatu. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel bujukan.

Cara Penulisan Artikel Persuasi

1. Tentukan tema.

2. Tentukan tujuan (tersurat).

3. Tentukan rumusan ide pokok (tersurat).

4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat menggerakkan pembaca untuk mengerjakan kebaikan dan menjauhi keburukan.

5. Berikan kesimpulan

Contoh artikel persuasi dapat anda lihat bertebaran di blog ini. Hampir semua artikelnya bersifat bujukan alias persuasif. Silakan baca dan resapi, salah satunya ini: Kaya Dengan Menulis.

Artikel SEO

Artikel SEO adalah artikel yang ditujukan untuk mengoptimalkan pencarian kata kunci di situs search engine seperti gooogle. Ia bukanlah suatu jenis artikel tersendiri. Ia adalah artikel yang ditujukan khusus untuk menulis online yang jenisnya bisa berupa deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi atau persuasi.

Hanya saja artikel SEO memiliki teknik penulisan tertentu. Tujuannya agar tulisan kita dicintai (mudah dilacak) situs search engine. Keterangan lebih lanjut silakan baca tulisan saya yang ini: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

(5)

Sebenarnya, tiap jenis artikel memiliki dua jenis penulisan pula, ada yang berupa Fiksi dan juga ada yang berupa non fiksi. Untuk lebih jelasnya silakan lihat wikipedia.

Demikian Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik ini saya buat. Mudah-mudahan anda bisa mengambil manfaat darinya. Dan jangan lupa download HADIAH untuk Anda: Ebook 12 Kesalahan FATAL Penulis Pemula

Keyword Untuk Tulisan ini:

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik, Langkah langkah menulis artikel, dan Cara Penulisan Artikel serta teknik menulis artikel.

http://caramenulisbuku.com/cara-menulis-artikel/cara-menulis-artikel-yang-baik.html

Cara membuat artikel yang baik dan benar

Written by admin. Posted in MISCELLANEOUS

Cara membuat artikel yang baik akan menghasilkan artikel yang berkualitas. Seperti kita ketahui bahwa membuat artikel atau menulis artikel adalah hal yang sering kita lakukan dalam kegiatan sehari hari. Mahasiswa dan pelajar sering membuat artikel karena ada penugasan dari dosen maupun dari guru. Para professional menulis artikel untuk menyampaikan karya dan pemikirannya. Untuk itu kita harus mengetahui cara membuat artikel yang baik dan benar. Memang benar bahwa tingkat kreativitas menulis masyarakat Indonesia, masih kurang. Untuk itu marilah kita mulai dari diri kita sendiri untuk mulai rajin menulis article apa saja. Dengan menulis article membuat daya pikir dan imajinasi pikiran kita berkembang. Di sinilah perlunya menulis artikel dan untuk itu kita harus tahu bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar.

Cara menulis artikel sendiri tidak sulit terutama bagi mereka yang sudah terbiasa menulis artikel. Namun demikian bagai kebanyakan orang yang jarang atau tidak pernah menulis membuat artikel tentunya akan menjadi suatu tantangan tersendiri. Menulis artikel kelihatan mudah namun untuk dapat menulis artikel yang berkualitas maka di perlukan beberapa tips dan trik. Bila anda yang mengalami kesulitan dalam menulis artikel anda tidak usah khawatir karena kami akan bahasa di sini tentang cara cara menulis artikel yang baik dan benar

(6)

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara membuat artikel ada baiknya kita pahami apa sih yang di maksud dengan artikel itu. Arti dari artikel sendiri sebenarnya sangat beragam karena setiap ahli akan memberikan pengertian yang berbeda tentang artikel. Namun demikian kita dapat disimpulkan secara garis besar bahwa artikel adalah karangan fakta yang di tulis oleh penulis artikel dengan tujuan untuk mendidik, hiburan dan penyampaian

informasi. Artikel biasanya akan di muat di buka, majalah Koran, website maupun jurnal ilmiah tertentu. Karena pengertian artikel sangatlah luas anda pun bisa memberi pengertian artikel dari sudut pandang mana anda melihat artikel itu sendiri.

CARA MEMBUAT ARTIKEL DAN JENIS JENISNYA.

Seperti kita ketahui bahwa artikel sengaja di tulis dengan maksud maksud tertentu dari sang penulis yang bersangkutan. Dari sini kita juga bisa ambil kesimpulan bahwa artikel bisa juga di kategori kan dalam beberapa jenis yang meliputi:

A. Artikel deskripsi

Artikel deskripsi adalah artikel yang berisi tentang gambaran akan sesuatu peristerit, benda atau hal. Cara menulis artikel deskripsi anda harus berusaha membuat pembaca anda seolah olah menyaksikan peristiwa, hal atau benta yang sedang anda tulis.

B. Artikel narasi:

Artikel narasi adalah artikel yang berisi tentang cerita faktual atau fiksi tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi pada kurun waktu tertentu. Di dalam artikel narasi biasanya sang penulis akan mengangkat tokoh yang mengalami masalah atau konflik yang manjadi bahan utama penulisan artikel fiksi itu sendiri. Artikel narasi bisa berupa:

a. artikel narasi fakta yang bisa meliputi: – biografi.

– Autobiografi. – Memoar.

b. artikel narasi fiksi dapat meliputi: – artikel narasi fiksi berupa cerpen. – Cerita bersambung.

– Cerita gambar – Dan lain sebagainya.

C. Artikel Eksposisi.

Artikel exposisi adalah artikel yang berisi tantang penjelasan atau uraian dari suatu topik pembahasan yang biasanya di tulis dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada pembaca artikel itu sendiri. Di dalam artikel exposisi sang penulis akan berusaha menjelaskan suatu topik bahasan dengan mengunakan beberapa alat seperti statistik, gambar grafik dan lain sebagainya.

D. Artikel argumentasi.

(7)

lakukan dengan memaksa tapi harus di ajukan argumentasi, data dan fakta yang mendukung sehingga pembaca anda setuju dengan pendapat anda.

E. Artikel persuasi.

Artikel persuasi adalah artikel yang di tulis dengan tujuan untuk mempengarui si pembaca article untuk melakukan sesuatu yang di inginkan oleh sang penulis artikel. Ketika anda menulis artikel persuasi anda harus meyakinkan para pembaca anda untuk melakukan sesuatu. Untuk itu anda harus mengunakan kata dan kalimat yang tepat sehingga pembaca anda akan melakukan sesuatu yang anda inginkan.

Demikianlah beberapa jenis artikel yang harus kita pahami. Dengan memahami berbagai macam jenis artikel kita akan dapat membuat artikel yang baik dan yang sesuai dangan tujuan dari penulisan artikel yang bersangkutan.

CARA MEMBUAT ARTIKEL DAN TIPS PEMBUATANNYA.

Untuk membuat artikel tentu anda harus mempunyai kemampuan menulis yang baik. Kemampuan menulis sendiri menurut saya bukanlah suatu hal yang berhubungan dengan kecerdasan karena kemampuan menulis menurut saya adalah suatu ketrampilan. Bila anda tidak mempunyai kemampuan menulis yang baik anda akan sulit menulis artikel yang baik. Sisi baiknya adalah bahwa anda bisa melatih skills menulis anda dengan sering sering menulis. Banyak orang pintar dan genius yang tidak dapat menulis di mana yang

bersangkutan akan kesulitan menuangkan ide yang ada di dalam kepalanya dalam bentuk tulisan. Di sinilah pentingnya kita untuk belajar menulis dan menulis berulang ulang akan membuat anda menjadi seorang penulis artikel yang handal.

Untuk menjadi penulis artikel yang baik cobalah ikuti beberapa langkah penulisan artikel di bawah ini.

A). Buatlah daftar ide.

Ketika anda ingin menulis sebuah artikel apapun jenis artikel itu tentu sudah ada beberapa ide yang ada di dalam kepala anda. Ide itu harus anda kumpulkan dan anda tulis agar tidak lupa. Dengan menulis ide di secarik kertaS ada kemungkinan anda akan muncul ide iode baru (pengalaman sendiri).

B) Kembangkan ide yang sudah ada.

Ide yang sudah anda miliki memiliki peranan penting karena dengan ide iotu akan tercetus ide ide lain. Bila ide lain yang berhubungan dengan ide bertama muncul anda harus berusaha untuk menghubungkanya. Di sini juga biasanya akan mucul ide ide lain yang tentunya akan memperbanyak ide yang tentunya angat baik untuk penulisan artikle anda.

C). SELEKSI IDE ANDA.

Banyak ide memang baik untuk menulis artikel karena dangan banyaknya ide anda akan bisa menulis artikel anda secara lebih mendalam. Namun demikian anda juga harus menyeleksi ide anda yang sudah terkumpul. Terlalu banyak ide akan membuat tulisan anda tidak fokus. Untuk itu seleksi lah ide yang berhubungan satu dang yang lain secara berurutan. Bila hubungannya tidak terlalu erat singkirkan aja ide itu kecuali jika memang anda ingin membuat artikel yang sangat besar.

(8)

Penulisan Article harus di tulis secara tepat. Kata dan kalimat yang di gunakan harus lah kata dan kalimat yang sesuatu. Besarnya artikel juga sangat tergantung daripada apa yang anda inginkan dari artikel anda tersebut. Ada bis menulis artikel dengan cakupan yang sangat luas di aman hasil akhir dari artikel anda adalah artikel yang sangat besar. Beberapa ahli

menyarankan untuk tidak menulis artikel terlalu besar tapi kalau memang ahsan artikel atau topik artikel memang benar anda harus membuat artikel yang besar pula.

E) MEMILIH JUDUL ARTIKEL YANG TEPAT

Judul artikel sangat penting. Untuk itu anda harus memilih judul artikel yang tepat. Judul artikel anda tentunya harus berhubungan dengan isi artikel anda. Usahakan judul artikel anda sangat tapi begitu mengundang dan membuat orang penasaran akan isi dari artikel itu sendiri.

F). SUSUNAN PENULISAN ARTIKEL YANG BAIK BENAR.

Untuk memudahkan para pembaca mengikuti alur dari artikel anda, penggunaan, alinea, tanda baca. [penomoran dan tanda tanda yang lain sangatlah di perlukan. Membaca artikel tanpa alinea akan membuat pembaca anda pusing dan malas untuk melanjutkan membaca.

G) IDE DAN KARYA SENDIRI.

Artikel yang baik adalah artikel yang asli dan merupakan hasil karya anda sendiri dan apabila anda terpaksa harus mengambil sebagian dari tulisan orang ain anda harus mencantumkan sumber dari tulisan tersebut.

G) BACA ULANG ARTIKEL YANG SUDAH DI TULIS.

Ketika anda sudah selesai membuat artikel anda harus membaca ulang dan mengkoreksi baik kalimat isi tanda baca dan semua hal yang menurut anda kurang sempurna. Dalam banyak kesempatan anda akan merasa bahwa ada ide yang belum anda masukan dalam artikel tersebut dan atau ada hal yang seharusnya di buang. Itulah pentingnya membaca ulang dan mengorek si artikel yang sudah jadi sebelum akhirnya di baca oleh pembaca anda.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas anda akan dengan mudah bisa menghasilkan suatu artikel yang enak di baca dan berkualitas. Penulisan artikel memang memerlukan ketrampilan menulis yang baik tapi dengan berlatih banyak menulis akan membuat anda menjadi seorang penulis artikel yang baik.

Demikianlah pembahasan kita tentang cara membuat artikel. Semoga dengan tulisan di atas anda akan bisa membuat artikel yang berkualitas yang di sukai oleh para pembaca anda. Bagi seorang pemula menulis artikel perlu dilakukan berulang ulang. Semakin anda banyak

menulis artikel semakin bagus kualitas artikel yang anda tulis. Selamat mencoba.

Tags: artikel, artikel argumentasi, artikel exposisi, artikel narasi, artikel persuasi, cara membuat artikel

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...