Perancangan Aplikasi Kamus Peribahasa Bahasa Inggris

75  49 

Teks penuh

(1)

PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PERIBAHASA BAHASA INGGRIS

TUGAS AKHIR

Diajukan untuk melengkapi tugas dan memenuhi syarat memperoleh ahli Madya

MELDA SITINJAK 092406160

PROGRAM STUDI D3 TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

PENGHARGAAN

Segala puji dan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa penulis ucapkan karena dengan kasih dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi pada D3 Teknik Informatika FMIPA USU.

Adapun judul dari tugas akhir ini adalah ”PERANCANGAN APLIKASI KAMUS PERIBAHASA BAHASA INGGRIS

Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing, mengarahkan, memberikan semangat dan kasih sayang dalam menyelesaikan tugas akhir ini. Penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Dr. Marpongahtun, M.Sc, selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara.

2. Bapak Prof. Dr. Sutarman, M.Sc, selaku Pembantu Dekan I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara.

3. Bapak Prof. Drs.Tulus, M.si selaku Ketua Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara.

4. Bapak Prof.Dr.Opim Salim Sitompul,M.Sc, selaku Dosen pembimbing Tugas Akhir ini yang ikut serta membantu penulis dalam menyelesaikannya

5. Seluruh Dosen Pengajar D3 Teknik Informatika Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara yang banyak memberikan penulis bimbingan dan pengetahuan selama melaksanakan perkuliahan.

(3)

adik penulis Bachtiar Sitinjak dan Joyce, yang mendukung serta mendokan penulis dalam meyelesaikan Tugas Akhir ini.

7. Teman-teman penulis dikampus D3 Teknik Informatika USU yang sudah mau bekerjasama dalam belajar serta memberikan dukungan dan kasih sayang dalam penyelesaian Tugas Ahir ini khususnya Reza Mahardi, Novri Sultanti, Fatmawati, dan Atnes Barus.

Akhir kata, Penulis ucapkan terima kasih semoga Tuhan Yang Maha Esa yang membalas kebaikan semua pihak.

Medan, Juni 2012 Penulis

(4)

ABSTRAK

(5)

DESIGNING THE DIGITAL DICTIONARY OF ENGLISH

PROVERBS

ABSTRACT

(6)

DAFTAR ISI

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis Sistem 22

3.2 Perancangan Sistem 22

(7)

3.4 Proses Perancangan 23

3.4.1 Membangun Form 24

3.4.1.1 Form Main 25

3.4.1.2 Form Content 26

3.4.1.3 Form Help 28

3.4.1.4 Form About Me 29

3.5 Koneksi Database 29

3.6 Flowchart Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris 30

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM 4.1 Pengertian Implementasi Sistem 34

4.2 Tujuan Implementasi Sistem 34

4.3 Komponen Utama Dalam Implementasi sistem 35

4.3.1 Hardware 35

4.3.2 Software 36

4.3.3 Brainware 36

4.4 Prosedur Penggunaan Program 37

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan 42

5.2 Saran 43

DAFTAR PUSTAKA

(8)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Model Pengembangan Perangkat Lunak 12

Gambar 2.2 Lingkungan Visual Basic 16

Gambar 2.3 Menu Bar Visual Basic 16

Gambar 2.4 ToolBar Standart Visual Basic 17

Gambar 2.5 ToolBox 17

Gambar 2.6 Jendela Properties 18

Gambar 2.7 Jendela Project 18

Gambar 2.8 Jendela Form 19

Gambar 2.9 Jendela Pengkodean 19

Gambar 2.10 Form Layout 20

Gambar 3.1 Kotak Dialog project 23

Gambar 3.2 Halaman Kerja Visual Basic 24

Gambar 3.3 Form Main 25

Gambar 3.4 Form Content 26

Gambar 3.5 Form Help 28

Gambar 3.6 Form About Me 29

Gambar 3.7 Flowchart Main Form 31

Gambar 3.8 Flowchart Main Form 32

Gambar 3.9 Flowchart Main Form 33

Gambar 4.1 Form Main( Form awal dari kamus peribahasa) 37

Gambar 4.2 Form Describe 38

Gambar 4.3 Form Content(Tampilan isi kamus Peribahasa Bahasa Inggris) 39

Gambar 4.4 Form Main dengan attention ketika Exit 40

(9)

ABSTRAK

(10)

DESIGNING THE DIGITAL DICTIONARY OF ENGLISH

PROVERBS

ABSTRACT

(11)

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).

Perkembangan teknologi perangkat lunak pada masa sekarang ini sangatlah pesat, ini dapat dilihat dari kemunculan berbagai aplikasi-aplikasi dengan yang dapat memudahkan user dengan menggunakan berbagai macam teknik pembuatan perangkat lunak. Dari sinilah perluasan pemanfaatan komputer yang semula hanya dimanfaatkan segelintir orang sekarang menjadi universal dan umum.

(12)

inggris-indonesia digital digunakan agar mereka dapat lebih cepat dan mudah menemukan arti kata yang mereka tidak tahu terjemahannya, alat penghitung , dan lainnya.

Pelajar di sekolah internasional dan mahasiswa jurusan sastra inggris khususnya juga sudah menggunakan bahasa inggris, tentunya jika mereka belajar peribahasa dan juga artinya maka akan dipelajari dalam bahasa inggris, oleh sebab itu penulis memilih judul “PERANCANGAN SISTEM APLIKASI KAMUS PERIBAHASA BAHASA INGGRIS “ Untuk membantu para pelajar lebih cepat dalam belajar tentang peribahasa dalam bahasa inggris tanpa harus mencari sumber dari buku-buku yang berkaitan kecuali ada peribahasa yang dicari dan tidak ditemukan dalam software ini.

1.2Rumusan Masalah

Saat ini banyak pelajar dan mahasiswa yang sulit mendapatkan buku-buku yang berisi peribahasa serta malas untuk mempelajarinya apalagi dalam bahasa inggris sementara, itu sangat penting sebagai penunjang belajar mereka. Sehingga penulis berniat untuk “MERANCANG APLIKASI KAMUS PERIBAHASA BAHASA INGGRIS” bertujuan untuk membantu. Sehingga para siswa maupun mahasiswa tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam tanpa harus sulit mencari sumbernya.

1.3Batasan Masalah

(13)

peribahasa tersebut juga dalam bahasa inggris Bahasa pemrograman yang digunakan penulis dalam membangun sistem aplikasi ini adalah Microsoft Visual Basic 6.0.

1.4 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan perancangan aplikasi ini adalah:

1. Membangun dan mendesain sistem aplikasi yang menarik.

2. Memberikan kemudahan kepada orang lain yang ingin menggunakan sistem aplikasi ini ketika dibutuhkan.

3. Membuka wawasan para pengguna sistem aplikasi untuk dapat memanfaatkan sumber daya komputer yang ada dalam membantu belajar. 4. Merupakan satu langkah untuk menyelesaikan mata kuliah Tugas Akhir.

1.5 Manfaat Penulisan

Adapun manfaat perancangan sistem aplikasi ini adalah :

1. Membantu para siswa dan mahasiswa khususnya jurusan sastra inggris ataupun orang lain yang membutuhkan untuk mempelajari peribahasa dalam bahasa inggris.

2. Membantu orang-orang yang membutuhkan aplikasi ini agar lebih mudah mendapatkan dan mempelajarinya tanpa harus mencari buku-buku yang berisi peribahasa bahasa inggris ini khususnya serta tidak perlu menghafalnya.

(14)

1.6 Metode penelitian

Penelitian ini akan dilaksanakan dengan mengikuti beberapa langkah yang akan digunakan penulis, yaitu:

1. Pengumpulan data-data pendukung

Pengumpulan data dalam penelitian penulis lakukan dengan mencari format file yang mendukung dalam aplikasi perancangan kamus peribahasa.

2. Membuat Rancangan Aplikasi

Proses pembuatan ini meliputi pembuatan rancangan aplikasi dan pembuatan, desain yang menarik dan mudah untuk digunakan.

3. Pengujian Aplikasi

Menguji apakah aplikasi yang dibuat telah berhasil berjalan sesuai dengan keinginan dan melakukan perbaikan kesalahan jika masih terdapat error pada aplikasi.

4. Implementasi Aplikasi

Penerapan aplikasi yang dirancang setelah melalui tahap pengujian dan telah berjalan dengan baik.

5. Penyusunan dan pengadaan laporan

(15)

1.7 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan tugas akhir ini dibagi menjadi 5 (lima) bab yaitu sebagai berikut:

BAB 1 PENDAHULUAN

Bab ini berisi tentang latar belakang permasalahan, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan dari tugas akhir.

BAB 2 LANDASAN TEORI

Bab ini mengungkapkan tentang konsep dasar dan teori-teori yang mendukung pembahasan untuk tema penulisan ini yang didapat dari beberapa literatur.

BAB 3 PERANCANGAN SISTEM

Bab ini membahas tentang perancangan aplikasi Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris dan gambaran umum rancangannya.

BAB 4 IMPLEMENTASI SISTEM

(16)

BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN

(17)

BAB 2

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara manual. Sedangkan kata putare adalah memikirkan perhitungan atau menggabungkan. Dalam bahasa asing

dikatakan sebagai komputer, dimana asal keterangannya adalah to compute yang artinya hitung.

Menurut V.Carl Hamacher, Zvonko G.Vranesic, Safwat G.Zaky, Computer Organization (5th Edition.Mc Graw-Hill,2001). Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Robert H.Blissmer,Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2cd Edition. John Wiley & Sons,1985). Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :

- Menerima input.

(18)

2.2 Data dan Aplikasi

Data merupakan catatan keterangan sesuai bukti dan kebenaran, bahan-bahan yang dipakai sebagai pendukung penelitian. Penggunaan dan pemanfaatan data sudah mencakup banyak aspek.

Data menggambarkan sebuah representasi fakta yang tersusun secara terstruktur, dengan kata lain bahwa “Generally, data represent a structured codification of single primary entities, as well as of transactions involving two or more primary entities .” (Vercellis, 2009). Selain deskripsi dari sebuah fakta, data dapat pula merepresentasikan suatu objek sebagaimana dikemukakan oleh Wawan dan Munir (2006) bahwa “Data adalah nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event) “.

Aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas (Buyens, 2001). Aplikasi adalah sistem lengkap yang mengerjakan tugas specifik (Post, 1999). Aplikasi basis data terdiri atas sekumpulan menu, formulir, laporan dan program yang memenuhi kebutuhan suatu fungsional unit bisnis/organisasi/ instansi (Kroenke, 1990)

2.3 Database

(19)

maupun pemanipulasian data seperti menambah serta menghapus data. Dengan adanya komputer, data dapat disimpan dalam media pengingat yang disebut hard disk. Dengan menggunakan media ini, kehadiran kertas yang digunakan untuk menyimpan data dapat dikurangi. Selain itu, data menjadi lebih cepat untuk diakses terutama kalau dikemas dalam bentuk database.(Abdul Kadir, 2002)

2.4 Perangkat lunak

Perangkat lunak adalah perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan untuk kerja seperti yang diinginkan. Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional, dan dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan komputer.(Perssman, 2002)

(20)

2.4.1 Aplikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak dapat diaplikasikan ke berbagai situasi di mana serangkaian langkah prosedural (seperti algoritma) telah didefenisikan. Kandungan(content) informasi dan determinasi merupakan faktor penting dalam menentukan sifat aplikasi perangkat lunak. Content mengarah kepada arti dan bentuk dari informasi yang masuk dan keluar. (Pressman, 2002)

2.4.2 Proses Perangkat Lunak

Proses pengembangan perangkat lunak sama seperti proses rekayasa keteknikan lainnya. Sebuah model mengenai proses pengembangan perangkat lunak diturunkan dari aktivitas rekayasa keteknikan yang diterima oleh manajemen proyek perangkat lunak karena menawarkan cara membuat proses pengembangan yang lebih baik. (pengembangan perangkat lunak Model Air Terjun. Roger S pressman, 1994. “Software Engineering A Practitioner’s Approach, Mcgraw-Hill”)

(21)

2.5 Aplikasi Kamus Digital

Menurut kamisa, 1997”Kamus adalah buku yang berisi kumpulan kata-kata beserta penjelasannya. Sedangkan Hoetomo M.A(2005:10) mendefenisikan kamus, yaitu buku acuan yang memuat kata dan ungkapan yang biasanya disusun sesuai abjad berikut keterangan tentang maknanya.

Kamus itu sendiri biasanya disusun sesuai abjad urutannya dari A-Z untuk memudahkan para pengguna kamus mencari istilah yang diinginkannya dengan cepat dan mudah. Kamus memiliki kegunaan untuk memudahkan para penggunanya dalam mencari istilah-istilah yang diinginkan agar para pengguna kamus mengerti dan memahami istilah-istilah yang diharapkan. Peribahasa adalah kalimat yang disusun indah (bahasanya), berisi sesuatu yang indah pula misalnya, nasehat petuah, peringatan agar tidak lupa akan kebaikan dan lain-lain. (Kamisa, 1997)

(22)

Penggunaan kamus elektronis atau kamus digital dalam aplikasi pemrosesan teks merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan. Kamus merupakan basis pemeriksaan, basis pengetahuan, bahkan sebagai basis penyelidikan. (Rinarizky, 2007)

2.6 Microsoft Visual Basic 6.0

Microsoft Visual Basic adalah sebuah sarana pembuat program yang mudah dan lengkap. Bahasa Pemrograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Microsoft Visual Basic selain disebut sebagai sebuah bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasis Windows. (Adi kurniadi, 2005).

Visual Basic menggunakan Grafichal User Interface (GUI) dalam pembuatan program aplikasi. Istilah Visual basic mengacu pada metode pembuatan tampilan program atau objek pemrograman yang biasa dilakukan secara langsung terlihat oleh programer. Dalam Visual Basic, pembuatan program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project.(Danu Wira Pangestu, 2009)

(23)

pemrograman tingkat tinggi lainnya. Microsoft Visual Basic masih mempertahankan beberapa sintaks atau format penulisan program yang pernah dipakai oleh BASIC. Microsoft sengaja tidak melupakan nenek moyang dari bahasa Visual Basic ini, karena di dalamnya sudah mengandung kaidah-kaidah pemrograman yang sudah andal.(Adi Kurniadi, 2005).

2.6.1 Lingkungan Microsoft Visual Basic

Pertama kali sebelum kita memulai menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada dalam Microsoft Visual Basic, lebih baik kita mengetahui IDE(Integreted Development Environtment) atau lingkungan kerja Microsoft Visual Basic itu sendiri.(Adi Kurniadi, 2005) .

Tampilan dari fasilitas-fasilitas IDE Microsoft Visual Basic adalah sebagai berikut:

(24)

2.6.1.1 Control Menu

Control menu adalah menu yang digunakan terutama untuk memanipulasi jendela Visual Basic. Dari menu ini kita dapat mengubah ukuran, memindahkan, atau menutup jendela Visual Basic atau jendela windows lainnya.(Adi Kurniadi, 2005)

2.6.1.2 Menu Bar

Menu Bar berisi semua perintah Visual Basic yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu ini sebagian besar hamper sama dengan program-program Windows pada umumnya

Gambar 2.3 Menu Bar Visual Basic

2.6.1.3 ToolBar

ToolBar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.Setiap tombol tersebut dapat langsung di klik untuk melakukan perintah tertentu.

(25)

2.6.1.4 Toolbox

Toolbox adalah sebuah “kotak peranti” yang mengandung semua objek atau control yang dibutuhkan untuk program aplikasi. Kontrol adalah suatu objek yang akan menjadi interface antara program aplikasi dan user-nya, dan kesemuanya harus diletakkan dalam jendela form di atas.

Gambar 2.5 ToolBox

2.6.1.5 Jendela Properties

Menampilkan daftar form dan module yang ada dalam project yang sedang aktif.

(26)

2.6.1.6 Jendela Project

Jendela Project adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah project, dan setiap proyek bisa mengandung lebih dari satu file.

Gambar 2.7 Jendela Project

2.6.1.7 Jendela Form

Jendela Form adalah daerah kerja utama, dimana kita akan membuat program-program aplikasi Visual Basic. Pada form ini, kita akan meletakkan berbagai macam objek interaktif seperti misalnya teks, gambar, tombol-tombol perintah, scrollbar, dan sebagainya.

(27)

2.6.1.8 Jendela Pengkodean

Jendela pengkodan adalah salah satu jendela yang penting di dalam Visual Basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi untuk aplikasi Visual Basic.

Gambar 2.9 Jendela Pengkodean

2.6.1.9 Form Layout

Form Layout adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor. Posisi form pada Form Layout inilah yang merupakan petunjuk dimana aplikasi akan ditampilkan pada layar monitor saat dijalankan.

(28)

2.7. Pengenalan Microsoft Access

Microsoft Acccess adalah salah satu aplikasi Microsoft Office Suite. Microsoft Access diciptakan untuk membuat dan menangani suatu database. Secara sederhana database dapat diungkapkan sebagai suatu pengorganisasian data dengan komputer yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dengan kata lain database daapat mencakup pemerolehan data maupun manipulasi data seperti menambah dan menghapus data. (Oviliani Yety Yuliana : 2007).

Window Database menampilkan objek-objek yang ada dalam suatu database Access. Terdapat 7 tipe objek, yaitu : tables, queries, forms, reports, pages, macros, dan modules. Setiap database harus berisi minimal satu table, dan beberapa objek lain.

Tabel adalah komponen dasar database. Suatu tabel dibentuk oleh beberapa record, dimana satu record dibentuk oleh beberapa field. Access menyediakan beberapa cara untuk menampilkan suatu tabel, yaitu Datasheet view dan Design view. Datasheet view digunakakn untuk menambah, mengubah, dan menghapus record suatu tabel. Sedangkan Design view digunakan untuk membuat dan memodifiksi tabel dengan mendefenisikan field name, field type, dan property field. Field type adalah tipe field dari data yang akan disimpan. Field length

adalah contoh daari field properties. Baris pertama tabel menampilkan field name. Setiap baris berisi satu record. Setiap kolom mewakili satu field. Setiap record dalam suatu tabel berisi sejumlah field yang sama dengan susunan field

(29)
(30)

BAB 3

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM

3.1 Analisis Sistem

Secara umum perancangan sistem ini digunakan untuk membuat sebuah Aplikasi Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris yang dipergunakan untuk mencari peribahasa dan juga maknanya bagi pengguna computer tentunya dalam bahasa inggris.

Untuk memulai membangun suatu program aplikasi berupa aplikasi kamus digital Peribahasa Bahasa Inggris, penulis terlebih dahulu merencanakan alur kerja berdasarkan kebutuhan dari user yang akan menggunakan program aplikasi kamus digital yang akan dibuat.

3.2 Perancangan Sistem

(31)

3.3Perancangan Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris

Untuk mempermudah dan memperlancar dalam membuat Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris, hal yang harus diperhatikan dan perlu dipersiapkan sebelum membuat aplikasi Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris antara lain :

1. Bangun satu folder dimana semua file project ataupun gambar yang digunakan akan disimpan di dalam folder tersebut.

2. Mengetik peribahasa bahasa inggris tersebut beserta maknanya ke dalam database Ms.Access dan menyimpannya dalam folder yang sudah dibuat terlebih dahulu.

3.4Proses Perancangan

Setelah proses instalasi Microsoft Visual Basic 6.0 dilakukan dengan sukses, maka kita akan mulai dan menyiapkan semua perangkat yang dibutuhkan untuk membuat Kamus Digital Peribahasa Bahasa inggris. Kita mulai dengan membuka program Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition. Klik Start +All Programs + Microsoft Visual Basic 6.0 + Microsoft Visual Basic 6.0.

(32)

Setelah muncul kotak dialog diatas maka pilih Standart EXE kemudian klik open, maka akan muncul Form sebagai berikut.

Gambar 3.2 Halaman kerja Visual Basic

3.4.1 Membangun Form

Pada perancangan Aplikasi Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris ini saya membuat 4(empat) Form yaitu :

1. FormMain

Ini adalah Form utama dimana berbentuk sebuat cover dari kamus digital tersebut, dan didalamnya terdapat 4(empat) command button yaitu : Help, Content, About Me, dan Exit.

2. FormContent

(33)

3. FormHelp

Di dalam Form ini terdapat cara penggunaan serta sedikit penjelasan kegunaan dari aplikasi ini, serta tersapat 2(dua) command button yaitu continue dan exit 4. FormAboutMe

Ini adalah sekilas tentang pembuat aplikasi yaitu penulis sendiri.

3.4.1.1. Form Main

Gambar 3.3 Form Main

Ini adalah tampilan awal dari aplikasi kamus Peribahasa Bahasa Inggris yang penulis bangun . caranya adalah

(34)

2. Kemudian klik Form1 dan ganti namanya pada properties menjadi MAIN FORM.

3. Setelah itu klik image pada toolbox, kemudian sorot di form dan pilih picture dari properties, masukkan gambar dan atur besarnya.

4. Langkah selanjutnya adalah pilih command button pada toolbox kemudian ganti namanya menjadi CmdHelp, CmdContent, CmdAbout, CmdExit kemudian isi pada kotak caption nama masing-masing.

5. Setelah itu kita link ke form yang akan kita rancang berikutnya.

3.4.1.2. Form Content

(35)

Sekarang kita akan membuat Form Content dimana berisi Peribahasa yang akan di link kan ke database. Caranya adalah :

1. Buat judul dengan Label kemudian atur letak, ukuran, tulisan dan posisi setelah itu ganti backstyle dengan transparent agar menyatu dengan image yang sudah di insert dahulu.

2. Setlah itu buat label untuk kata Search, proverb dan Meaning, dimana tempat kotak tampilan yang user input dibuat dengan textbox.

3. Buat tempat tampilan Peribahasa dengan Frame dan Listview, caranya adalah klik kanan pada toolbox kemudian klik component dan checklist Microsoft windows common control 6.0(SP6) kemudian apply dan close.

4. Ganti nama Frame1 dengan List dan pilih Listview dari toolbox dan dari komponent yang sudah ditambahkan, kemudian masukkan dalam frame tersebut.

5. Buat dua command button yaitu exit untuk keluat dan clear untuk menghapus. 6. Kita juga membangun satu texbox yang di hidden untuk diambil sebagai ID

pada tampilan listview.

(36)

3.4.1.3. Form Help

Gambar 3.5 Form Help Yang dilakukan adalah :

1. Ganti nama Form dengan Form Help

2. Buat label dan isi captionnya dengan nama English Proverb

(37)

3.4.1.4 Form About Me

Gambar 3.6 Form AboutMe

Ini adalah sekilas tentang penulis, bisa dibuat menggunakan image dan picture dari foto yang sudah dibuat dengan photoshop maupun aplikasi foto lainnya, buat satu command button yaitu back.

3.5Koneksi Database

Setelah selesai membuat Form maka selanjutnya kita akan koneksikan database yang sudah kita bangun diawal kedalam project VB yang kita buat. Caranya adalah

1. Buka FormContent dimana Peribahasa dalam bahasa inggris akan tampil. 2. Klik pada kota ListView dan atur propertiesnya sehingga pada waktu koneksi

sudah selesai tampilannya sesuai dengan keinginan kita.

(38)

4. Setelah itu akan muncul data link properties, lalu klik Microsoft jet 4.0 OLE DB provider kemudian next.pada sub menu connection masukkan database yang sudah kita buat dengan cara browse dari kotak kecil yang kita klik disamping kanan.

5. Setelah itu kita klik test connection, maka akan muncul tulisan Test connection succeed setelah itu link database itu kita copy alamatnya untuk diketikkan dalam listing program dan koneksi database juga akan kita buat dengan modul tambahan.

3.6 Flowchart Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris

(39)
(40)
(41)

BAB 4

IMPLEMENTASI SISTEM

4.1 Pengertian Implementasi Sistem

Tahap implementasi sistem adalah tahap meletakkan sistem agar dapat dijalankan atau dioperasikan. Dalam hal ini, sistem kamus digital tersebut dibangun berdasarkan komponen-komponen pokok sistem yang telah di desain sebelumnya. Tahapan ini juga merupakan kegiatan menulis program aplikasi. Adapun tujuan dari implementasi sistem tersebut adalah :

1. Untuk menyelesaikan desain sistem yang telah dirancang

2. Memastikan sistem yang dibuat dapat dijalankan dengan baik dan digunakan dengan mudah.

3. Menguji sistem apakah telah sesuai dengan keinginan pemakai, sehingga dapat memaksimalkan kerja program aplikasi yang dirancang serta memberikan manfaat bagi pengguna.

4.2 Tujuan Implementasi Sistem

Adapun tujuan dari implementasi sistem adalah sebagai berikut:

1. Mengkaji rangkaian sistem baik dari segi software maupun hardware sebagai sarana pengolahan data dan penyajian informasi.

(42)

3. Memastikan bahwa pengunjung dapat mengoperasikan dengan mudah sistem yang baru dan mendapat informasi yang baik dan jelas.

4. Memastikan bahwa sistem yang telah berjalan lancar dengan mengontrol dan melakukan instalasi secara lancar.

4.3 Komponen Utama Dalam Implementasi Sistem

Komponen-komponen yang dibutuhkan dalam mengolah data dengan menggunakan komputer adalah sebagai berikut:

4.3.1 Hardware

Hardware (perangkat keras) adalah suatu komponen fisik dalam rangkaian komputer yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sistem yang diusulkan. Spesifikasi hardware yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. PC dengan processor pentium 4 dengan memory 512

2. Hard disk untuk tempat program beroperasi dan sebagai media penyimpanan data, sesuai dengan kebutuhan.

3. Monitor 4. Keyboard 5. Mouse

(43)

Software (perangkat lunak) adalah merupakan instruksi program yang dapat digunakan dalam komputer dan memberikan fungsi serta menampilkan seperti yang diinginkan. Software yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras untuk aplikasi pengolahan data, yaitu:

a. Sistem operasi Ms. Windows XP

Sistem operasi yang digunakan untuk membuat program Aplikasi kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris adalah Windows XP.

b. Microsoft Visual Basic 6.0

Microsoft Visual Basic 6.0 adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat program Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris.

c. Microsoft Access sebagai database (penampung data)

4.3.3 Brainware

Brainware adalah faktor manusia yang menangani fasilitas komputer. Fasilitas brainware yang dibutuhkan adalah:

a. Sistem Analisis adalah orang yang membangun fasilitas rancangan sistem.

b. Programer adalah orang yang membuat sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasainya.

c. Operator adalah orang yang menangani langsung dalam pengolahan data mulai dari mempersiapkan data sampai dengan pemasukan data ke dalam komputer.

4.4 Prosedur Penggunaan Program

(44)

fungsinya. Pada Form awal yaitu Form main yaitu

Gambar 4.1 Form Main( Form awal dari kamus Peribahasa)

Ini adalah Form awal dimana ketika kita ketik Help maka akan terbuka FormDescribe dimana berisi penjelasan dan sekilas petunjuk penggunaan kamus digital peribahasa bahasa inggris ini. Di dalam Form Content terdapat List Proverb dan dalam About Me akan di link ke Form yang berisi sekilas tentang saya, dan Exit untuk langsung keluar dari aplikasi.

(45)

Gambar 4.2 Form Content (Tampilan isi kamus Peribahasa bahasa Inggris)

(46)
(47)

BAB 5

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat penulis ambil dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu :

1. Dapat mengetahui cara pembuatan aplikasi kamus peribahasa bahasa inggris 2. Pengoperasian dan perawatan aplikasi merupakan fase yang panjang.

Pengoperasian dilakukan dengan memasang sistem dan menggunakannya, sedangkan perawatan meliputi pemeriksaan kesalahan yang tidak ditemukan dalam proses pembuatan sebelumnya.

3. Memberikan kemudahan kepada user dalam menemukan peribahasa dalam bahasa inggris beserta artinya dalam bahasa inggris juga tanpa harus mencari di buku ataupun sumber lain.

4. Dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan.

(48)

5.2 Saran

1. Program aplikasi tersebut masih sederhana dan banyak menu atau submenu yang perlu ditambah untuk menunjang suatu program aplikasi yang lebih baik, layaknya program aplikasi lainnya.

2. Penulis Berharap Kamus Digital Peribahasa Bahasa Inggris ini dapat dimodifikasi dan diatur agar lebih menarik serta lebih sempurna sehingga user lebih senang dalam menggunakannya.

(49)

DAFTAR PUSTAKA

Pressman, Roger S. 1997. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi(Buku Satu). Yogyakarta : Andi

Kadir, Abdul. 2003. Penuntun Praktis Belajar Database Menggunakan Microsoft Access. Yogyakarta: Andi.

Mankulo, Alexander Henky. 2011. Membuat Aplikasi Database Visual Basic. Surabaya :

Elex Media Komputindo.

Koswara, Eko. 2011. Visual Basic 6 Beginner Guide. Jakarta : Mediakom

Ridout Ronald & Witting Clifford.1967. English Proverb Explained . Great Britain : Pan

(50)

LAMPIRAN

Listing program Aplikasi kamus peribahasa bahasa inggris 1. Form Main

pesan = MsgBox("Thank you for using Proverb Dictionary !!", vbInformation + vbOKOnly) End

pesan = MsgBox("Are you sure want to Quit now?", vbInformation + vbYesNo, "Attention")

If pesan = vbYes Then FrmMain.Show FrmContent.Hide

End Sub

Private Sub Form_Load()

(51)

Me.Caption = App.Title InitConnection

PopData (strTextSearch) End Sub

Private Sub ListView_ItemClick(ByVal Item As MSComctlLib.ListItem)

Dim intSelItem As Integer

intSelItem = Item

ListView.LabelEdit = lvwManual TxtProverb.Text =

conDBString = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0; Data Source=" & App.Path & "\PROVERB.mdb;Persist Security Info=False"

Private Sub PopData(strTextSearch As String) "%' order by Proverb asc"

(52)

Set rs = New ADODB.Recordset

rs.Open strSQL, gAdoConn, 3, 1

(53)

Private Sub CmdBack_Click() FrmMain.Show

FrmMe.Hide End Sub

Private Sub Form_Load()

Left = (Screen.Width - Width) \ 2 Top = (Screen.Height - Height) \ 6 End Sub

5. Modul

Public gAdoConn As ADODB.Connection

Public Function SQLSafe(strValue As String) As String

Dim strTemp1 As String

strTemp1 = Replace(strValue, "'", "''")

(54)

List Database

Something difficult seems easier when it is done voluntarily.

6A burnt child dreads the 

Harvest predictions according to the weather.

10A fault confessed is half  redressed.

Confession is the beginning of forgiveness.

11A flower blooms more  than once.

If you miss an occasion, you can avail of it at another time.

12A fool and his money are  soon (easily) parted.

A foolish person usually spends money carelessly.

13A fool at forty is a fool  forever.

If a person hasn't matured by the age of 40, they never will.

(55)

BARU 

A newly‐appointed person makes changes energetically.

25A problem shared is a 

Overcoming adversity leads to competence.

(56)

BARU  consolation for mistakes made

38Actions speak louder than 

With practice things become easier.

49All things grow with time ‐

A small preventive treatment wards off serious problems.

53An empty purse frightens  away friends.

When one's financial situation deteriorates, friends tend to disappea

(57)

BARU 

Listen carefully before speaking.

65Beauty is in the eye of the  beholder.

Different people have different tastes.

(58)

BARU 

Family relationships are stronger than relationships with other peopl

79Blood will out. A person's background or education will eventually show.

Appearances can be deceiving.

(59)

BARU 

Hard work brings rewards.

103Discontent is the first step 

Don't judge by appearances.

(60)

BARU  Healthy, wealthy and wise.

What is suggested sounds easy but it is more difficult to actually do it

132Every path has its puddle. Progress is rarely without difficulty. 133Every rose has its thorn Every good thing has an unpleasant side.

134Every why has a  wherefore.

There is an explanation for everything.

135Everything comes to him 

Experience and knowledge result in better judgement.

139Facts speak louder than  words.

(61)

BARU 

Inexperienced people act in situations that more intelligent people  would avoid

146Forced kindness deserves  no thanks

Nothing is achieved without effort.

(62)

BARU 

(63)
(64)

BARU  necessary to complete it.

(65)

BARU 

Education is something you keep forever.

223Least said soonest  and are consequently easily misled.

237little pitchers have long 

239Little things please little  minds

(66)

BARU 

244Look before you leap. Consider possible consequences before taking action.

245Loose lips sink ships. Disclosing important information ( to the enemy or a competitor)  could result in large 

losses. 246Losers weepers, finders 

keepers.

Manage to produce something good using poor material.

(67)
(68)

BARU 

It's impossible to follow instructions from two different sources.

286No man is content with his 

299Nothing stake, nothing  draw

If you are not prepared to take any money, you cannot expect to win any.

300Nothing succeeds like  success

It is not easy to achieve success, but once you have achieved it, the  way is open to even greater prosperity.

(69)

BARU 

ID Proverb Meaning

another catches the birds 305One cannot be in two  becomemore and more deeply involved.

310One man sows and 

321Opportunity makes the  thief

If you leave articles of value lying about, you are asking for them to b stolen.

322Opportunity seldom  knocks twice.

(70)

BARU  without money is so defenceless.

325Out of sight, out of mind. We tend to forget people or things that we do not see. 326Out of the mouths of 

babes and sucklings

Children often speak wisely.

327Paddle your own canoe Do it yourself ;don't always expect others to help you; be self‐reliant

341Procrastination is the thief  of time

(71)

BARU 

ID Proverb Meaning

(72)

BARU 

ID Proverb Meaning

365Share and share alike Those engaged in any joint enterprise should divide the profits fairly. 366Short reckonings make 

long friends.

Debts paid quickly encourage friendship.

367shortest way round is the  longest way home

short cuts can involve one difficulties.

(73)

BARU 

Children resemble their parents.

(74)

BARU 

(75)

BARU 

ID Proverb Meaning

430What soberness conceals, 

drunkenness reveals.

Possible interpretation: an easily influenced person can be mislead

436Wonders will never cease! Expresses surprise at an unexpected pleasure or event (ironic)

Figur

Gambar 2.1 Model Pengembangan Perangkat Lunak
Gambar 2 1 Model Pengembangan Perangkat Lunak . View in document p.20
Gambar 2.2 Lingkungan Visual Basic
Gambar 2 2 Lingkungan Visual Basic . View in document p.23
Gambar 2.3 Menu Bar Visual Basic
Gambar 2 3 Menu Bar Visual Basic . View in document p.24
Gambar 2.5 ToolBox
Gambar 2 5 ToolBox . View in document p.25
Gambar 2.6 Jendela Properties
Gambar 2 6 Jendela Properties . View in document p.25
Gambar 2.8 Jendela Form
Gambar 2 8 Jendela Form . View in document p.26
Gambar 2.7 Jendela Project
Gambar 2 7 Jendela Project . View in document p.26
Gambar 2.9 Jendela Pengkodean
Gambar 2 9 Jendela Pengkodean . View in document p.27
Gambar 2.10 Form Layout
Gambar 2 10 Form Layout . View in document p.27
Gambar 3.1 Kotak Dialog Project
Gambar 3 1 Kotak Dialog Project . View in document p.31
Gambar 3.2 Halaman kerja Visual Basic
Gambar 3 2 Halaman kerja Visual Basic . View in document p.32
Gambar 3.3 Form Main
Gambar 3 3 Form Main . View in document p.33
Gambar 3.4 Form Content
Gambar 3 4 Form Content . View in document p.34
Gambar 3.5 Form Help
Gambar 3 5 Form Help . View in document p.36
Gambar 3.6 Form AboutMe
Gambar 3 6 Form AboutMe . View in document p.37
Gambar 3.7 Flowchart Aplikasi
Gambar 3 7 Flowchart Aplikasi . View in document p.40
Gambar 4.1 Form Main( Form awal dari kamus Peribahasa)
Gambar 4 1 Form Main Form awal dari kamus Peribahasa . View in document p.44
Gambar 4.3 Form Main dengan attention ketika Exit
Gambar 4 3 Form Main dengan attention ketika Exit . View in document p.46
fight him.
fight him. . View in document p.57

Referensi

Memperbarui...