KONVERGENSI SOLUSI DERET PANGKAT PERSAMAAN DIFERENSIAL LINIER ORDE-2 DAN PERSAMAAN CAUCHY-EULER SEBAGAI PEMBANDING

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

KONVERGENSI SOLUSI DERET PANGKAT PERSAMAAN DIFERENSIAL LINIER ORDE-2 DAN PERSAMAAN CAUCHY-EULER SEBAGAI PEMBANDING

Oleh Umi Sofiyani

(2)

I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Persamaan diferensial merupakan persamaan yang memuat turunan satu (atau beberapa) fungsi yang tidak diketahui. Meskipun persamaan seperti itu seharusnya disebut ”persamaan turunan”, namun istilah “persamaan

diferensial“ (aequatio differentialis) yang diperkenalkan oleh Leibniz pada tahun 1676 sudah umum digunakan (Finizio dan Ladas, 1988).

(3)

2

harus mengubah pemisalan-pemisalannya untuk mengarahkan dan mengusahakannya membentuk suatu model yang lebih mendekati kenyataan.

Deret pangkat (power series) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan diferensial linier baik homogen maupun tak homogen. Digunakan metode deret pangkat karena metode deret pangkat akan menghasilkan penyelesaian persamaan diferensial dalam bentuk deret pangkat. Deret pangkat juga dapat mewakili banyak fungsi seperti fungsi eksponen, fungsi cosinus, dan lain-lain. Untuk mengetahui apakah deret pangkat bersifat konvergen atau divergen dapat dilakukan melalui uji banding atau uji kekonvergenan lainnya.

Contoh dari bentuk persamaan diferensial biasa adalah persamaan diferensial linier dengan koefisien variabel dan koefisien konstan. Persamaan diferensial linier Caucy-Euler merupakan salah satu bentuk khusus dari persamaan diferensial linier dengan koefisien variabel.

Persamaan Cauchy-Euler kadang-kadang disebut sebagai persamaan equidimensional. Karena struktur persamaan sederhana dapat diganti dengan

(4)

3

1.2 Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mencari kekonvergenan solusi deret pangkat persamaan diferensial linier orde-n dengan koefisien variabel baik homogen maupun tak homogen. Selanjutnya konvergensi solusi deret pangkatnya dibandingkan dengan persamaan diferensial Cauchy-Euler.

1.3 Batasan Masalah

Pada penelitian ini masalah dibatasi pada pencarian konvergensi solusi deret pangkat persamaan diferensial linier orde-2 dengan koefisien variabel dan persamaan Cauchy-Euler sebagai pembanding.

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah:

1. Memberi informasi dan wawasan kepada pembaca tentang sistem persamaan diferensial linier orde-2 yang diketahui penyelesaiannya dengan menggunakan metode deret pangkat kemudian menentukan kekonvergenannya.

(5)

V. KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan

Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu:

1. Untuk persamaan diferensial linier tak homogen orde-2 dengan koefisien variabel: a(t)y''(t)b(t)y'(t)c(t)y(t) f(t), dapat diselesaikan dengan

metode deret pangkat. Selanjutnya dapat dicari diferensialnya sampai ke-n dengan menggunakan teorema Binomial Leibniz sehingga didapat rumus rekursif seperti dibawah ini:

(6)

40

3. Untuk persamaan diferensial linier tak homogen orde-2 dengan koefisien variabel: a(t)y''(t)b(t)y'(t)c(t)y(t) f(t), konvergensi solusi deret

di sekiar t0 0 dibanding dengan solusi deret persamaan Cauchy-Euler:

2 2

) 1 ( ) ( ) 1 ( ) ( ' 1 ) ( '

'

  

 

r

t F t

Y t C t

Y t B t

Y dan r memenuhi persamaan:

0 ) ( )

1

(r BrCF

r dan Y(t)(1t)r ;t 1

5.2 Saran

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...