HUBUNGAN ANTARA EFIKAS1 DIRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS Hubungan Antara Efikas1 Diri dengan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Teks penuh

(1)

HUBUNGAN ANTARA EFIKAS1 DIRI DENGAN MINAT

BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

SKRIPSI

Diajukan kepada Fakultas Psikologi Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana (S-I) Psikologi

Oleh:

MENIK AGUSTINA NIM: F100 080 184

FAKULTAS PSIKOLOGI

(2)

i

HUBUNGAN ANTARA EFIKAS1 DIRI DENGAN MINAT

BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

SKRIPSI

Diajukan kepada Fakultas Psikologi Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana (S-I) Psikologi

Oleh:

MENIK AGUSTTNA NIM : F100 080 184

FAKULTAS PSIKOLOGI

(3)

ii

HUBUNGAN ANTARA EFIKAS1 DIRI DENGAN MINAT

BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

SKRIPSI

Diajukan Oleh:

MENIK AGUSTTNA NIM : F100 080 184

FAKULTAS PSIKOLOGI

(4)
(5)
(6)
(7)

vi MOTTO

Sabar menahan marah, memaafkan saat diganggu. (Barang siapa yang berbuat

demikian akan dilindungi Allah dan musuhnya akan ditundukkan” (Al-Hadist)

“Apabila di dalam dari seseorang masih ada rasa dan takut untuk berbuat

kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”

(Bung Karno)

“Never give up for level up

(8)

vii

PERSEMBAHAN

Karya sederhana ini penulis persembahkan kepada:

❖ Bapak dan Ibu tercinta, terimakasih atas semua dorongan

dan doa’nya yang selalu

mengiringi setiap kehidupan penulis.

❖ Teman-teman angkatan 2008 yang selalu memberikan dukungan

(9)

viii

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr.wb.

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah dan karuniaNya kepada saya sehingga penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan.

Saya menyadari bahwa didalam penyelesaian skripsi ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan yang dating dari berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah membantu sehingga dapat terselesaikannya skripsi ini. Terimakasih yang sedalam-dalamnya saya haturkan kepada:

1. Bapak Tautik Kasturi, M.Si.Ph.D, selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Bapak Susatyo Yuwono, S.Psi, M.Si,Psikolog selaku dosen Pembimbing utama skripsi yang telah, senantiasa berkenan meluangkan waktunya serta kesabarannya dalam membimbing dan memberi masukan dan arahan kepada saya hingga terselesaikannya skripsi ini.

3. Ibu Dra. Zahrotul Uyun, M.Si,Psikolog selaku Dosen Penguji I yang telah meluangkan waktu untuk membimbing dan memberikan saran dan arahan yang sangat diperlukan dalam menyelesaikan skripsi ini.

(10)

ix

5. Bapak dan ibu dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang teia2h memberikan ilmu serta para staf Tata Usaha yang membantu kelancaran penulis.

6. Bapak dan Ibu terhebat, terimakasih telah merawat, membimbing, mendidik dan memberikan arahan hingga aku tumbuh menjadi seperti sekarang. Juga terimakasih atas do’a yang tak pernah putus engkau panjatkan.

7. Keluarga tercinta, kak Rio dan kak Budi, terimakasih atas nasehat dan bimbingannya kepada penulis untuk tetap semangat dalam menyelesaikan kuliah.

8. Suami tercinta Doso Putro Pumo Adhi, terimakasih atas segala kasih sayang yang telah diberikan kepada penulis.

9. Sahabat - sahabat seperjuangan dan semua pihak yang tidak bias penulis sebutkan satu-persatu, terimakasih atas semangat, nasehat, saran dan do’a yang membuat semangat kepada penulis untuk terus kuat menghadapi segala rintangan.

Hanya ucapan terimakasih yang penulis haturkan, semoga amal kebaikan yang telah diberikan mendapat balasan yang melimpah dari Allah SWT dan harapan penulis semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Amien.

Wassalamu ’alaikum wr.wb.

Surakarta, 22 Januari2016 Penulis

(11)

x DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... iii

HALAMAN PENGESAHAN ... iv

HALAMAN SURAT PERNYATAAN ... v

HALAMAN MOTTO ... vi

HALAMAN PERSEMBAHAN ... vii

KATA PENGANTAR ... viii

DAFTAR ISI ... x

DAFTAR TABEL ... xii

DAFTAR LAMPIRAN ... xiii

ABSTRAKSI ... xiv

(12)

xi

2. Sumber EfikasiDiri ... 26

3. Aspek-aspek EfikasiDiri ... 30

4. Factor - factor Pembentuk Efikasi Diri... 31

C. Hubungan antara Efikasi diri dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa ... 33

D. Hipotesis ... 37

BAB III METODE PENELITIAN ... 38

A. Identifikasi Variabel ... 38

B. Definisi Operasional ... 38

C. Populasi, Sampel, dan Sampling ... 39

D. Metode dan Alat Pengumpulan Data ... 40

E. Validitas dan Reliabilitas ... 43

F. Teknik Analisis Data ... 45

BAB IV LAPORAN PENELITIAN ... 47

A. Persiapan Penelitian ... 47

B. Pelaksanaan Penelitian ... 49

(13)

xii

DAFTAR TABEL

Tabel 1 Tingkat Penganguran Terbuka (TPT) di Indonesia Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan Tahun 2010-2012 (persen) ... 2 Tabel .2 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia Menurut

Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan Tahun 2010-2012 (jumlah) ... 2 Tabel 3 Kisi-Kisi Angket ... 43 Tabel 4 Komposisi Aitem Skala Minat Berwirausaha yang Valid dan Gugur

setelah Penelitian ... 52 Tabel 5 Komposisi Aitem Skala Efikasi Diri yang Valid dan Gugur setelah

(14)

xiii

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran A. Skala Penelitian ... 61

Lampiran B. Hasil Analisis Validitas dan Reliabilitas Skala ... 64

Lampiran C. Uji Asumsi ... 67

Lampiran D. Hasil Analisis Product Moment ... 70

(15)

xiv ABSTRAK

Tingkat pengangguran yang tinggi di Indonesia terjadi karena orientasi lulusan perguruan tinggi masih banyak yang menginginkan posisi pekerjaan sebagai pegawai negeri dan mencoba menjadi karyawan di sebuah instansi yang dirasa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga sangat sedikit yang punya minat berwirausaha. Oleh karena itu perlu dicari faktor yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha, dan salah satu faktor tersebut adalah efikasi diri. Sehingga penulis mengajukan hipotesis ”ada hubungan positif antara efikasi diri dengan minat berwirausaha”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana variabel efikasi diri merupakan variabel bebas dan variabel tergantungnya adalah minat berwirausaha. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi tingkat akhiiyang berjumlah 241 mahasiswa dengan teknik insidental sampling, dan sampelnya sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diridan skala minat berwirausaha. Metode data analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antaraefikasi diridengan minat berwirausaha, dimana nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,409dengan sig = 0,000, P (0,01). Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa rerata empiric (RE)efikasi diriyakni sebesar 42,28 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 42,5 yang berarti efikasi diripada subyek penelitian tergolong sedang. Sedangkan variabel minat berwirausaha mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 92,63 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 87,5 yang berarti minat berwirausaha pada subyek penelitian tergolong tinggi. Sumbangan efektif efikasi diriterhadap minat berwirausaha sebesar 38,9%, artinya masih terdapat 16,7% yang mempengaruhi minat berwirausaha misalnya antara lainrfaktor lingkungan, dan faktor sosial.

(16)

xvi

RELATIONSHIP BETWEEN SELF-EFFICACY WITH INTEREST IN ENTREPRENEURSHIP STUDENTS AT THE END OF THE FACULTY OF PSYCHOLOGY UNIVERSITY MUHAMMADIYAH OF SURAKARTA

ABSTRACT

The high unemployment rate in Indonesia occurred due to the orientation of college graduates are still many who want the job position as a public servant and trying to be an employee of a government agency is considered in accordance with the capabilities, so very few who have an interest berwirausaha.n therefore need to be sought factors that may affect the interest in entrepreneurship, and one of these factors is self-efficacy. So the authors propose the hypothesis "there is a positive relationship between self-efficacy with interest in entrepreneurship".

This study aims to determine the relationship between self-efficacy. interest in entrepreneurship This study uses a quantitative method in which the self-efficacy variable is the independent variable and the dependent variable is the interest in entrepreneurship Subjects used in this study were students of the Faculty of Psychology final level totaling 241 students with incidental sampling technique, and the sample of 100 people. Peirgumpulan method of data used is the self-efficacy scale and scale of interest in entrepreneurship. Methods of data analysis conducted by using product moment correlation technique.

The results showed no significant positive correlation between self-efficacy with interest in entrepreneurship where the value of the correlation coefficient (r) A sum of 0.409 with sig: 0.000, P <(0.01). Based on the analysis, it is known that the average empirical (RE) self-efficacy which is equal to 42.28 and the mean hypothetical (RH) of 42.5, which means efficacy study in subjects classified as moderate. While variable interest in entrepreneurship has the empirical mean (RE) of 92.63 and the mean hypothetical (RH) of 87.5, which means interest in entrepreneurship in the research subject is high. Sumbangin effective self efficacy against entrepreneurship interest of 38.9%, meaning that there are still affecting l6,7% interest in entrepreneurship for example among others: fakfor environmental and social factors.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...