PELESTARIAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG MELALUI METODE TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG

Teks penuh

(1)

PELESTARIAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG MELALUI

METODETRANSPLANTASI TERUMBU KARANG

Oleh: SANTI HASAN ( 03930005 )

Animal Fishery

Dibuat: 2010-07-02 , dengan 6 file(s).

Keywords: PELESTARIAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG

RINGKASAN

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendiskripsikan cara penanggulangan kerusakan pada terumbu karang. Kegunaan dari karya tulis ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta terkait dengan informasi dan karya tulis ini. Matode penulisan ini berdasarkan analisis data dari data sekunder yang didapatkan bahwa terumbu karang sangat rentan terhadap perubahan suhu yang sangat signifikan sehingga karang akan mengalami perubahan warna menjadi putih (bleaching) dan mati, matinya terumbu karang karena sudah terpisah alga (zooxanthella) dari karang sehingga simbiosis mutualis me yang terjadi akan hilang dan karang kehilangan sumber yang menghasilkan makanan. Serta penangkapan ikan yang masih menggunakan alat tangkap yang telah dilarang.

Jumlah dan jenis spesies terumbu karang yang didapat dari kajian teori sudah banyak yang mengalami kerusakan baik kerusakan yang diakibatkan oleh manusia seperti pengambilan karang sebagai bahan bangunan, menangkap ikan dengan cara di bom dan menggunakan racun. Maupun kerusakan yang diakibatkan oleh alam seperti terjadinya tsunami, dan gempa bumi. Dengan terjadinya kerusakan terumbu karang tersebut maka akan mengancam kelangsungan kehidupan hewan laut seperti ikan kerapu, ikan nemo (clown fish).

Lokasi yang mengalami kerusakan terumbu karang cukup parah adalah di daerah Lombok Utara (NTB), solusi atau penanggulangan agar kerusakan tidak tambah parah maka dilakukan kegiatan dengan melakukan transplantasi karang.

SUMMARY

The aim of this study was to describe the way to manage the damage on coral reefs. The usefullness of this study was expected that it will give any benefit for the society, govenrment and any private company regarding to the information inside of this study.

The method of this study was based on from the secondary data have been obtained that corall reefs is very sensitive to the temperature change, so it will cause colour change become white (bleaching) and death. The death of corall reefs was caused by the separation between algae (zooxznthelae) and coral, so symbiosis mutualism had been occured will be lost and coral will lost their food sources.

(2)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...