PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP KARYA BHAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017.

21 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO

VISUAL DAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP KARYA BHAKTI MEDAN

TAHUN AJARAN 2016/2017

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat-syarat Untuk Memperoleh

Gelar Sarjana Pendidikan

OLEH :

SIHOL MANGIHUT SIANTURI NIM : 6123311095

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

(2)
(3)
(4)

ABSTRAK

SIHOL MANGIHUT SIANTURI: “Peningkatan Hasil Belajar Shooting Dalam Permainan Bola Basket Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Media Modifikasi Pada Siswa Kelas VIII SMP KARYA BHAKTI MEDAN Tahun Ajaran 2016/2017”

Pembimbing Skripsi : Zen Fadli

Skripsi Medan : Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar shooting bola basket melalui pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Modifikasi pada siswa kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas VIII yang berjumlah sebanyak 22 siswa yang akan diberikan tindakan melalui pemanfaatan media mengajar audio visual dan media modifikasi terhadap proses belajar shooting dalam permainan bola basket. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Pada Observasi awal yang dilakukan terdapat 4 siswa setelah dikonfersikan sebesar (18,18 %) yang berhasil mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (81,82 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 51,13. (2) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 10 orang siswa setelah dikonfersikan sebesar (45,45 %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (54,54% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 66,93. (2) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 19 orang siswa setelah dikonfersikan sebesar (86,36 %) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sedangkan 3 orang siswa (13,63 %) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar 78,45.

(5)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala nikmat dan dikaruniakan-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Skripsi berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Shooting

Dalam Permainan Bola Basket Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Modifikasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017” Adapun skripsi ini disusun untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan.

Selama penyusunan skripsi ini tentunya tidak terlepas dari bantuan, bimbingan dan arahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Bapak Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, selaku Rektor Universitas Negeri Medan.

2. Bapak Dr. Budi Valianto, M.Pd, selaku Dekan FIK UNIMED. 3. Bapak Drs. Suharjo, M.Pd, selaku Wakil Dekan I FIK UNIMED. 4. Bapak Syamsul Gultom, S.K.M, M.Kes, selaku Wakil Dekan II FIK

UNIMED.

5. Bapak Drs. Mesnan, M.Kes, selaku Wakil Dekan III FIK UNIMED. 6. Bapak Drs. Suryadi Damanik, M.Kes, selaku Ketua Jurusan PJKR FIK

UNIMED.

(6)

8. Bapak Zen Fadli, S.Pd, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Skripsi saya yang telah banyak memberikan bimbingan, masukan, dan meluangkan waktunya kepada penulis sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.

9. Bapak Dr. Tarsyad Nugraha, M.Kes, dan Bapak Rifqi Aufan, S.Pd, M.Pd selaku Dosen Tim Penguji saya

10.Para Bapak dan Ibu Dosen dan Asisten Dosen, Staf Administrasi dan perlengkapan lingkungan FIK UNIMED yang juga turut serta dalam membantu penyelesaian skripsi ini.

11.Terima kasih kepada Ibu Resmin Manurung, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Karya Bhakti Medan yang telah mempermudah saya dalam pelaksanaan penelitian di sekolah Ibu, dan terima kasih kepada Bapak Nemar Harahap, S.Pd selaku Guru Pendidikan jasmani yang telah banyak membantu saya dalam penelitian ini, kemudian kepada bapak/ibu guru SMP Karya Bhakti Medan dan Bapak/ibu Tata Usaha saya ucapkan terima kasih.

12.Teristimewa penulis ucapkan terima kasih kepada Ayahanda T.Sianturi dan Ibunda tercinta E.br Simbolon yang dengan sepenuh hati telah banyak memberikan kasih sayang, do’a dan dukungan kepada penulis

untuk menyelesaikan skripsi ini, Mereka adalah motivator, penyemangat, dan malaikat dihidupku.

(7)

yang selalu memberikan dukungan moril dan do’a kepada penulis.

Terima kasih banyak kakak-kakak tercinta.

14.Terima kasih Kepada Rekan-rekan Mahasiswa FIK UNIMED. Khususnya PJKR Eks’ A 2012, Haris Nevin Situmeang, Julio Romario, Decky Riawan, Aida, Nur ainun P, Jianta Sitepu, Rizky Puspa Sari dan buat teman-teman semua yang ada di kelas yang tidak bisa saya sebutkan semua, yang telah banyak membantu dalam penyelesaian skripsi ini. Dan tentunya terima kasih kepada rekan-rekan seperjuangan PJKR 2012, Jack Montana Lbn toruan, Antonius Saragih, Supriadi Tobing dan masih banyak yang tidak bisa saya sebutkan semua.

15.Terimakasih kepada sahabat-sahabat terdekat penulis, teman-teman seperjuangan di Lapo Sering Amangboru Hasibuan/H.br Siburian 16.Terima Kasih Kepada Rekan-rekan PPLT UNIMED 2015 SMP Negeri

2 Lumban Lobu Kab. Toba Samosir. Agustinus Nainggolan, Donda Aritonang, Lifzen Sitanggang, Maris Siburian, Riana Rejika Silalahi, Insan Lubis, dan semua teman PPL yang tak bisa penulis sebutkan satu persatu namanya, yang telah banyak memberikan dukungan, semangat, dan do’a kepada penulis.

17.Teristimewa juga buat kekasih tercinta “Yang Sampai Saat Ini Masih Dirahasiakan” yang telah menjadi soul spirit bagi saya.

(8)

kekeliruan di skripsi ini. Untuk itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi perbaikan skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat dalam memperkaya khasanah ilmu pengetahuan.

Medan, Desember 2016 Penulis,

(9)
(10)

BAB III METODE PENELITIAN ... 36

A. Jenis Penelitian... 36

B. Lokasi dan Waktu Penelitian ... 36

C. Subjek Dan Objek Penelitian ... 36

D. Desain Penelitian... 37

E. Instrumen Penelitian ... 42

F. Teknik Analisis Data... 46

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN... 48

A. Deskripsi Data Penelitian... 48

B. Hasil Peneltian... 49

C. Pembahasan Hasil Penelitian... 61

V KESIMPULAN DAN SARAN... 64

A. Kesimpulan ... 64

B. Saran ... 64

DAFTAR PUSTAKA... 65

(11)

DAFTAR GAMBAR

Gambar Halaman

2.1. Lapangan Permainan Bola Basket ... 16

2.2. Papan Pantul ... 17

2.3. Pola Gerakan Fase Persiapan ... 21

2.4. Pola Gerakan Fase Pelaksanaan ... 22

2.5. Pola Gerakan Fase Follow Through ... 23

2.6. Bola Modifikasi ( Bola Plastik ) ... 33

2.7. Skema Siklus PTK ... 37

3.1. Posisi Siswa dan Penilai Dalam Test ... 44

4.1. Perbandingan Ketuntasan Hasil Belajar pada Siklus I ... 49

4.2. Grafik Hasil Observasi Penilain Shoot/Indikator pada Siklus I ... 53

4.3. Perbandingan Ketuntasan Penilain Shoot/Indikator pada Siklus II ... 55

4.4. Grafik Hasil Observasi Penilain Shoot/Indikator pada Siklus II………58

(12)

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

3.1.Portopolio Penilaian Proses Hasil Belajar Shooting Dalam Permainan

Bola Basket ... 44

3.2.KKM Penjaskes kurikulum 2013 ... 46

4.1. Deskripsi Hasil Belajr Shooting Bola Basket ... 48

4.2.Nilai Pre Test ... 49

4.3. Data Hasil Belajar Siswa Siklus I ... 53

(13)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Halaman

1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I ... 66

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II ... 73

3. (Tes Awal) Siswa I ... 80

4. (Tes Awal) Siswa II ... 86

5. Portofolio Penilaian fre-test shooting Bola Basket Kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan ... 92

6. Paparan Nilai Tes Tes Awal Shooting Bola Basket Kelas VII SMP Karya Bhakti Medan ... 93

7. Portofolio Penilaian Siklus Shooting Bola Basket Kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan ... 94

8. Paparan Penilai Siklus II Shooting Bola Basket Kelas VII SMP Karya Bhakti Medan ... 95

9. Portofolio Penilaian Siklus II Shooting Bola Basket Kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan ... 96

10. Paparan Nilai Siklus II Shooting Bola Basket Kelas VII SMP Karya Bhakti Medan ... 97

11. Perbandingan Hasil Belajar ... 98

12. Lembar Observasi Kegiatan Siswa ... 99

13. Susunan Panitia Penelitian ... 102

14. Lembar Observasi Kegiatan Guru Siklus I ... 103

15. Lembar Observasi Kegiatan Guru Siklus II ... 105

16. Perbandingan Hasil Observasi Guru ... 107

17. Dokumentasi Penelitian ... 108

(14)

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Bola basket merupakan salah satu permainan bola besar yang terdapat dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Permainan ini sangat popular dikalangan muda maupun tua, baik laki-laki maupun perempuan. Dalam permainan bola basket kita mengenal beberapa teknik dasar seperti: menggiring (dribbling), mengoper (passing), menembak (shooting), dan pivot. Shooting atau yang disebut juga menembak adalah keahlian yang sangat penting didalam olahraga basket. Teknik dasar seperti operan, dribbling, bertahan dan rebounding mungkin mengantar sebuah tim memperoleh peluang besar membuat skor, tapi tetap saja harus mampu melakukan tembakan. Hal tersebut sejalan dengan yang dikemukakan oleh Wissel (2000:40).

(15)

2

fase persiapan, fase pelaksanaan, dan fase follow through (Wissel 2000:48-49). Sehingga dengan memahami ketiga fase tersebut, siswa lebih mudah untuk melakukan shooting dengan baik, dan dengan demikian hasil belajar siswa pada materi shooting juga baik.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada bulan Juli 2016, dengan nomor surat 21/SMP/KB/CD/2016 di kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan, memperlihatkan hasil belajar shooting pada permainan bola basket siswa kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan masih rendah, dari 22 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini ternyata hanya 4 orang siswa (18,18%) yang tuntas dalam belajar, sedangkan selebihnya 18 orang siswa (81,82%) belum memiliki ketuntasan belajar. Hal ini dikarenakan proses shooting siswa kurang baik, seperti dalam memegang bola, ada beberapa siswa yang memegang bola saat akan melakukan shooting menggunakan kedua tangannya, padahal sebaiknya shooting dilakukan dengan satu tangan saja, dan pada beberapa siswa yang memegang bola saat akan melakukan shooting menggunakan kedua tangan saja, dan pada beberapa siswa yang lain melakukan shooting tanpa fokus pada pandangan yang penuh pada ring yang menjadi target, hal ini terjadi karena peletakan posisi bola yang menghalangi pandangan mata siswa.

(16)

3

siswa kurang bervariasi. Jika diperhatikan siswa cukup aktif dalam melakukan shooting namun dengan proses yang salah, ini bisa menjadi kebiasaan atau pemahaman yang salah pada siswa dalam melakukan shooting dan tentu saja ini berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Untuk mengatasi masalah belajar tersebut, diperlukan media pembelajaran yang tepat, metode pembelajaran yang mampu memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa mengenai shooting yang benar dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Membuat siswa lebih aktif dalam bertanya disaat mereka tidak mengerti, dan membantu siswa yang kurang cepat mengerti pelajaran yang diberikan gurunya. Dengan ini, peneliti/guru ingin menambahkan dan mencoba sesuatu yang baru terhadap pembelajaran dari yang biasanya dilakukan oleh guru seperti permasalahan diatas yaitu, dengan memasukkan atau menambahkan pemakaian media audio visual berupa video yang akan dipaparkan kepada siswa dan media modifikasi bola yaitu bola plastik. Dimana pada sebelumnya, disekolah tersebut tepatnya pada saat pembelajaran penjas, guru tidak pernah melakukan contoh pembelajaran yang seperti itu.

Dengan media ini siswa yang kurang mengerti dapat langsung melihat materi shooting pada permainan bola basket dan siswa lebih cepat menangkap materi pembelajaran, selain itu siswa juga dapat meningkatkan hasil belajar shooting pada permainan bola basket, sehingga hasil belajar siswa mampu mencapai batas nilai minimal 75 dari KKM yang telah ditetapkan.

(17)

4

Dalam pendidikan jasmani modifikasi olah raga sama sekali tidak mengubah kurikulum yang telah di tetapkan, justru dengan pendekatan modifikasi akan menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa, mengupayakan agar kurikulum pendidikan jasmani dapat dilaksanakan secara intensif dan efektif.

Modifikasi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh para guru agar proses pelajaran dapat mencerminkan developmentally Appropnate Practice (DAP) artinya bahwa tugas ajar yang disampaikan harus memperhatikan perubahan kemampuan ataupun kondisi anak, dan dapat membantu mendorong perubahan tersebut. Modifikasi adalah menganalisis sekaligus mengembangkan materi pembelajaran dengan cara meruntunnya dalam bentuk aktifitas belajar yang potensial sehingga dapat memperlancar siswa dalam belajarnya.

Formasi dalam belajar dapat juga di modifikasikan agar lebih berorientasi pada curahan waktu aktif belajar. Usahakan agar formasi-formasi tidak banyak menyita waktu. Cara ini dimaksudkan untuk menuntun, mengarahkan siswa, yang semula lebih rendah menuju tingkat yang lebih tinggi.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik ingin melaksanakan

penelitian dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Shooting Dalam Permainan

Bola Basket Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Media Modifikasi Pada Siswa Kelas VIII Karya Bhakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

B. Identifikasi Masalah

(18)

5

1. Siswa kurang memahami penyampaian materi 2. Rendahnya fasilitas yang disediakan sekolah 3. Waktu pembelajaran yang terlalu singkat

4. Pendekatan belajar yang diterapkan guru penjas kurang variatif

5. Pemanfaatan model/gaya/variasi/pendekatan/pembelajaran oleh guru kurang baik.

6. Jumlah siswa tidak sesuai dengan media pembelajaran

C. Pembatasan Masalah

Melihat luasnya masalah yang akan diteliti seperti yang dicantumkan dalam identifikasi masalah, maka perlu untuk menentukan pembatasan masalah pada hal-hal pokok saja untuk mempertegas sasaran yang dicapai pada siswa kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan tahun ajaran 2016/2017.

D. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang, identifikasi dan pembatasan masalah dapat

rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah melalui pemanfaatan

media audio visual dan media modifikasi bola plastik dapat meningkatkan hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan

Tahun Ajaran 2016/2017?”

E. Tujuan Penelitian

(19)

6

F. Manfaat Penelitian

Adapun beberapa manfaat penelitian ini yang diharapkan setelah selesai dilaksanakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan hasil belajar shooting bola basket siswa

2. Sebagai bahan masukan kepada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa

3. Meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan jasmani

4. Memperkaya wawasan penelitian dalam pembelajaran bola basket

(20)

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Dari pembahasan hasil penelitian data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pemanfaatan media audio visual dan modifikasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMP Karya Bhakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

B. Saran

Berdasarkan kesimpulan diatas, maka peneliti menyarankan sebagai berikut: 1. Kepada guru pendidikan jasmani SMP Karya Bhakti Medan untuk

penerapan pemanfaatan media audio visual dan media modifikasi merupakan gaya mengajar yang dapat dipergunakan dalam memperbaiki proses pembelajaran shooting pada bola basket.

2. Guru harus lebih memahami pembelajaran yang mau dilakukan sehingga saat melaksanakannya bisa sesuai dengan harapan.

3. Penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi peneliti yang ingin mengangkat judul penelitian ini.

(21)

65

DAFTAR PUSTAKA

Agung sunarno dan R Syarifullah D. Sihombing (2011) Metode Penelitian Keolahragaan. Yuma pressindo.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2000.Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. Djamarah, Syaiful Bahri, 2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Gulo, W, 2002.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Mukholid, Agus. 2007.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Surakarta: Yudistira.

Nurgaya. 2011. Strategi dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Perbasi. 1999. Peraturan Permainan Bola Basket. Jakarta: Direktorat

Keolahragaan.

Purwanta. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Subadiman, Benny. 2007. Pendidikan Jasmani Adaptif. Medan: PPs Unimed. Sudjana. 2006. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Thoha, Chabib. 1990. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Dosem Unimed. 2011. Psikologi Pendidikan. Medan: PPs Unimed. Wissel. 2000. Bola Basket: dilengkapi dengan program pemahiran teknik dan taknik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Figur

Tabel
Tabel . View in document p.12

Referensi

Memperbarui...