Promosi Buah Nanas Subang

50 

Teks penuh

(1)

La po ran Pe nga ntar Pro ye k Tugas Akhir

PROMOSI BUAH NANAS SUBANG

DK 3 8 3 1 5 Tugas Akhir Se me s te r II 2 0 0 9 / 2 0 1 0

Ole h :

Gian Ardia ns ya h

5 1 9 0 6 1 4 7

Program Studi De s ain Komunikas i Vis ua l

FAKULTAS DESAIN

UNIVERSITAS KOM PUTER INDONESIA

BANDUNG

(2)
(3)

iv

(4)

v

4 .2 .3 Spanduk ... 3 8 4 .2 .4 Flye r ... 3 8 4 .2 .5 Kale nde r Pro mo si ... 3 9 4 .2 .6 Ba liho ... 4 0 4 .2 .7 We b Banne r ... 4 1 4 .2 .8 Bro sur ... 4 2 4 .2 .9 Umbul-umbul ... 4 2 4 .2 .1 0 Pin dan Gantungan kunc i ... 4 3

DAFTAR PUSTAKA ... 4 5

(5)

vi

DAFTAR GAMBAR

(6)
(7)

2

Me nurunnya has il pro duksi buah nanas khus us nya di dae rah Subang.

1 .3 Fokus Mas ala h Papua. Maka hal yang harus dilakukan adala h de ngan me lakukan ke giata n pro mo s i.

(8)
(9)
(10)
(11)

6

2 .1 .2 Ciri-Ciri Je nis Tanam an Nana s

Ciri dan je nis nanas dijela skan dalam laman anttayaya me nge nai ca tata n se jara h b ua h nana s (2 0 0 8 ):

Hilo : 1 – 1 .5 kg (2 -3 lb), s alah sa tu varie ta s dari Hawa ii 'Smo o th Caye nne '. Nana s ini le bih ba nyak mata spira l dan me nghas ilkan ba nyak air.

Ko na Sug arlo af : 2 .5 – 3 kg (5 -6 lb ), da gingnya putih tanpa e mpulur di

te nga hnya. Buah be rb e ntuk Cylindric al, ra sa nya ma nis da n tidak a sa m.

Natal Que e n : 1 – 1 .5 kg (2 -3 lb), dagingnya kuning ke e mas an (go lde n

ye llo w), te ks turnya se ga r dan s anga t e na k. Co c o k untuk dimakan

langs ung kare na s e garnya . Ce pat b us uk s e hingga ha rus dimas ukka n ke pe ndingin jika te lah matang. Daunnya be rduri.

Pe rnambuc o ('Ele uthe ra') : 1 – 2 kg (2 -4 lb) dagingnya be rwarna putih ata u

putih kekuningan. Be ras a manis s e hingga e nak dima kan la ngsung. Tidak co co k untuk dikapalkan jika pe rjalanan jauh kare na c e pat me mbus uk. Daunnya be rduri.

Re d Spanish : 1 – 2 kg (2 -4 lb), kekuning-kuningan de ngan a ro ma yang

me nye garkan, ma tanya be rbe ntuk agak ko tak. Sanga t co co k untuk die ks po r kare na lambat te rjadi pe mb us ukan. Daunnya be rduri.

Smo o th Caye nne : 2 .5 – 3 kg (5 -6 lb ), wa rna da gingnya kekuning-kuninga n hingga kuning. Be ras a sa ngat ma nis dan a sam. Be rbe ntuk Cylindric al. Co c o k untuk nana s kale ng a tau pro s e s la innya . Daunnya tidak be rduri. Nana s va rie tas ini b e ras al da ri Ha wai.

2 .1 .3 Kandunga n pada Buah Nanas

(12)
(13)

8 be rbagai ma ca m ma kanan da n minuma n, s e pe rti s e la i, b uah da lam s irup da n lain-lain. Rasa buah nanas manis s ampa i agak mas am se ga r, se hingga dis ukai mas yara kat lua s. Disa mping itu, b uah na nas me ngandung gizi c ukup tinggi dan le ngka p. Buah na nas me ngandung e nzim bro me lain, (e nzim pro te ase yang dapat me nghidro lis a pro te in, pro te ase atau pe ptide), s e hingga dapa t diguna ka n untuk me lunakka n da ging. Enzim ini se ring pula dima nfaatkan s e ba ga i alat ko ntra se ps i Ke luarga Be re nc ana. Buah nana s be rmanfaat b agi ke s e ha tan tub uh, se ba ga i o bat pe nye mbuh pe nyakit se mb e lit, ga ngguan s aluran ke ncing, mual-mual, flu, was ir dan kura ng dara h. Pe nyakit kulit (gatal-gatal, e ks im da n kudis ) dapa t dio bati de ngan dio le si s ari buah na nas . Kulit b ua h na nas da pa t dio la h me njadi siro p atau die ks trasi c airannya untuk paka n te rnak.

2 .1 .5 Manfaat Lain pada Buah Nanas

Se lain e nzim bro me lain dia tas , dalam tanaman maupun buah nanas te dapat de ks tro s a, lae vulo s a, manit, s akaro sa , as am o rganik, e rgo s te ro l pe ro ksida, asam ananas at, as am s itrat dan gula.

Ma nfa at lain e nzim bro me lain pada b uah nanas me nurut BPPHP da lam bule tin Tekno pro Ho rtikultura e dis i 7 1 , (2 0 0 4 ):

a. Me ngo ba ti ba tuk, de ma m, haid tidak te ratur, me mb angkitka n na fs u ma kan, mula s, o ba t ca cing, radang te nggo ro ka n, s e mbe lit, amande l, sa kit kuning, kapla n dan ke to mbe

(14)

9 bagus untuk vitamin C dan be rba gai mac am vitamin lainnya.

(15)

uah-1 0 batuan pa sir taufan me mpunya i daya dukung untuk fo ndasi c ukup baik.

(16)

1 1 luas ini be rtaha n se kalipun kekuasaa n sudah b e ra lih ke tanga n

pe me rintah Ke rajaan Be la nda. La han yang dikuas ai pe nguas a

pe rke bunan saat itu me nca pa i 2 1 2 .9 0 0 ha. de ngan ha k e ig e ndo m. Untuk

me la ksanaka n pe me rintahan di dae rah ini, pe me rintah Be la nda

me mb e ntuk dis trik-distrik ya ng me mb awa hi o nde rdistrik. Saa t itu, wilayah

Sub ang be rada di bawa h pimpina n s e o rang ko ntrilo r BB (bie ne nlands c h

be stuur) ya ng be rke dudukan di Subang.

2 .2 .2 Buah Nanas Subang

Sub ang dike nal de ngan ko ta nana s, ka re na dae ra h yang te rle tak ke arah uta ra dari ibu ko ta pro vins i Jawa Ba rat te rs e b ut me miliki bua h na nas khas lain da ri yang lain. Di Kab upa te n Sub ang dike nal a da s atu ko mudita s na nas dan mas ya rakat umum me nge nalnya de ngan nama na nas Suba ng, na nas Suba ng yang dike nal rasanya manis se pe rti madu, yang ke mudia banyak o rang me nye b utnya nanas Simadu, buah de nga n ras a kha s dan manis.

Va rie ta s yang b anyak dibudidayakan di Kab upa te n Suba ng ada la h Smo o th Caye nne ya ng me mpunya i ra sa yang manis da ri kandunga n airnya le bih tinggi dib andingkan de ngan na nas yang dibudidayakan di ka bupate n la in. Se jak tanggal 3 Juli 2 0 0 2 varie ta s unggul de nga n nama varie tas s uba ng (na na s Subang).

(17)
(18)

1 3 Gbr.2 .2 Pe rbandingan buah nanas Simadu

2 .2 .4 Pe nurunan Kualitas Dan Kuantitas Produks i

Dalam wawa nc ara de nga n Drs . Na na Mulyana , M.Si. se laku ke pala Ke c amatan Jala nc agak, p e nurunan kuantitas pro duksi buah na nas di ke ca ma tan Jala nc agak di ka re naka n a da nya penga lih fungs ian la han da ri mas ya rakat atau pe ta ni buah na nas ke pada PT Pe rke bunan. Dulunya la han yang di be rikan PT Pe rke b una n pada mas ya rakat untuk di o lah da n difungs ika n me njadi laha n pro duktif (Laha n b udidaya Bua h Na nas) harus dike mba likan guna dijadika n lahan pe rke bunan sa wit. Adapun da e rah-da e ra h yang di ke mbalikan fungsi lahannya rah-dari Ke c amatan Jalanca gak adala h De sa Kupai, De sa Ta mb aka n da n De s a Tambak Me kar. Pe ngalih fungs ia npun te rja di dilua r ke c amatan Ja lancaga k se pe rti Ke camata n Se rang Panjang dan Ke c amata n S agala he rang.

(19)
(20)

1 5 me ma suki tahap pe rtumbuhan dalam s iklus ke hidupannya.

(21)

1 6 De finis i ba uran pro mo s i me nurut Sutis na (2 0 0 3 :2 7 3 ) adala h “ Ba ura n pro mo si ada lah alat pro mo s i yang se ring digunakan dalam pro s e s ko munikasi pe ma sa ran yang me mpunya i pe rbe daa n ka rakte ris tik se rta tingkat e fektivita snya ” .

Se dangkan Me nurut Ko tle r (2 0 0 8 :6 2 ) a da lah “ Ba uran pe mas ara n (marke ting mix) adala h kumpula n a lat pe mas ara n taktis te rke ndali yang dipadukan pe rusa haa n untuk me ngha silka n re spo n yang diingikannya di pa sa r sas aran” .

Bauran pro mo si te rdiri da ri s e mua hal yang dapat dilakuka n pe rus ahaa n ata u le mbaga untuk me mpe ngaruhi pe rmintaa n pro duknya . Be rba ga i ke mungkinan ini dapat dike lo mpo ka n me njadi e mpa t ke lo mpo k variabe l yang dis e b ut 4P: Pro duck (pro duk), Pric e (harga), Plac e te mpa t), Pro mo tio n (pro mo s i).

(22)
(23)

1 8 ke te rtarikan pa ra ko nsume n te rhadap iklan te rs e but. Pada prinsipnya, je nis me dia ikla n da lam be ntuk fis ik dibagi ke dalam dua kate go ri yaitu me dia ikla n c e tak dan me dia iklan e le ktro nik.

2 .4 .1 Me dia Iklan Ce tak

(24)
(25)
(26)
(27)

2 2 s atu ke pihak lain a gar da pat saling me mpe ngaruhi dia ntara ke duanya.

(28)
(29)
(30)
(31)

2 6

Pe ne mpatan : di jalan raya Ja lanca gak (bunda ran tugu nana s).

(32)
(33)

2 8

3 .4 Kons e p Visual

Me dia pro mo s i b uah na nas Suba ng ya ng be rtujuan untuk me mpe rke nalka n dan me nginfo rmas ikan kepada khala yak s as ara n te ntang ke be radaan pro duk alam da ri dae rah Subang ya ng me miliki be rbagai ke unikan da ri pro duk alam s e je nis de ngan dae rah la innya di Indo ne sia. S e s uai de nga n kata kunc i yang te la h di dapat pro mo s i ini aka n me nco ba se s uatu yang tidak b iasa dalam me m-visualisa sika nnya .

3 .4 .1 Gaga sa n Vis ua l

(34)

2 9

(1 ) (2 )

Gbr.3 .2 (1 ) Te knik pe warnaan

(2 ) Te knik ilus trasi

3 .4 .2 Layo ut

Layo ut me nurut Ambo rse dan Harris (2 0 0 5 ) adala h “Layo ut adala h

pe nyus una n da ri e le me n-e le me n de s ain yang be rhubunga n ke da la m se bua h bidang s e hingga me mbe ntuk s us unan a rtis tik. Ha l ini bis a juga dise but mana je me n be ntuk dan b ida ng. Tujuan utama layo ut adala h me nampilka n e le me n ga mb ar dan te ks a ga r me njadi ko munikatif dalam s e b ua h ca ra yang dapa t me mudahka n pe mb aca me ne rima info rmas i ya ng dis ajikan” .

Ke mba li ke pa da gagas an vis ua l ya ng a ka n buat yaitu ko nte mpo re r dan unik maka pe milihan je nis layo ut ya ng akan digunaka n Sirc us Layo ut yaitu Pe nyajian iklan ya ng tata le taknya tidak me nga cu pada ke te ntuan baku.

3 .4 .3 Tipografi

(35)

3 0 be rhub ungan de ngan de sa in ko munikas i visual me mpunya i uns ur tipo ga rfi di dalamnya.

Se dangkan untuk je nis typo ya ng digunakan adalah sans s e rif huruf ya ng tidak me miliki s irip pa da ujung hurufnya da n me miliki ke te bala n ya ng sa ma ata u ha mpir s ama, pe miliha n je nis huruf tidak lain untuk me nimbulka n ke s an mo de rn, ko nte mpo re r da n e fisie n. Ka re na pro mo si ini me mb awa ko ns e p ko nte mpo re r dan unik, ma ka fo nt ata u huruf yang digunaka n ya itu Karab ine dan Juic e bo ld.

Gbr.3 .3 Je nis huruf yang digunakan pro mo s i nanas Subang

3 .4 .4 Wa rna

(36)

3 1 Gbr.3 .4 Co nto h warna yang digunakan pro mo s i nanas Sub ang

3 .4 .5 Khalayak Sa sa ran

Ge ografis

Ka halayak s as aran yang dituju adalah mas ya rakat ka bupate n Suba ng dan s ekitarnya (Ko ta Suba ng, Cia te r, Le mbang, Ba ndung). Pa ra pe nda tang dari dae rah la in dan wis ata wan lo kal.

De mogra fis

(37)

3 2

Um um : Pria da n wa nita da ri be rba gai tingkat usia (baik ya ng suda h me nika h a taupun be lum), mula i a nak-a nak hingga tua (6 - 6 5 ta hun) da n b e ra sal da ri s e mua kalangan (ka la ngan b awa h hingga kalangan atas ).

Ps ikogarfis

Ma syaraka t yang me miliki ke b ias aa n b e rs antai di waktu se ngga nnya, me nghab is kan waktu be rsa ma ke lua rga . Me miliki ke bias aa n be pe rgian, be rkumpul, b e rwisa ta da n c e nde rung b e rgaya hidup ko nsumtif, s e nang me nco ba ha l baru, aktif, e nergik.

3 .5 Pos itioning

Se te lah me lakukan surve i da n o bs e rvas i te rkait de nga n o bje k yang s e dang dite liti (buah nanas ), untuk na na s s ub ang me miliki be rb agai ke unikan te rs e ndiri yang tidak da pa t dite mukan dan dibudidayakan di dae rah lain, de ngan kata lain hanya dapa t di b udida yakan di da e ra h subang. Fakto r te rs e butla h yang me njadika n na na s s ubang me iliki ke unika n da n kekhas an te rs e ndiri. Maka po s itio ning dari b uah nana s da e ra h subang adalah da ri a spek budidaya dan je nis unggulan buah nanas.

(38)

3 3

BAB IV

MEDIA DAN TEKNIS PRODUKSI

4 .1 Me dia Pe mbe da

Me dia pe mbe da yang dimaksud adalah me dia ya ng digunakan untuk me mbe dakan pro duk ha sil a lam subang (na nas subang) de ngan pro duk has il alam s e je nis di dae rah lain. Pe rlunya me dia pe mb e da pada pro duk has il alam s ub ang dikare nakan ke unikan ya ng diha silka n tidak da pa t di b udidayakan di da e ra h lain.

Pe mbe rian stike r la be l pro duk pa da buah nanas dirasa cukup pe nting, me liha t be lum ada pe mbe rian stike r la be l pa da pro duk s e je nis khus unya di-Indo ne s ia. Maka c ukup e fisie n da n be rfungs i da lam pe mb e ria n alat pe mbe da pada bua h nanas s ub ang, se lain itu bis a me njadi s ala h sa tu pe lo po r pe mb e ria n s tike r lab e l pro duk pada buah na nas.

(1 ) (2 )

Gb r.4 .1 (1 ) Stike r labe l untuk nanas Subang

(2 ) Stike r labe l untuk nanas Subang "Simadu"

(39)

3 4 Gb r.4 .2 De s krips i pada Stike r

4 .1 .1 Ma skot

Adalah se bua h b e ntuk atau be nda yang dapa t be rbe ntuk s e s e o rang, b ina tang, ata u o b jek lainnya yang dianggap da pa t me mba wa ke be runtungan da n untuk me nye ma rakkan suas ana ac ara yang diadakan.

Mas ko t pa da umumnya me re pre s e ntas ikan kepada mas ya rakat luas dari se ko la h, unive rsitas , klub o la h raga, ataupun pe nge mbanga n a tas suatu pro duk ko me rsial. Se tiap ma skot yang dibuat aka n dibe rika n nama pa nggilan ya ng se suai de nga n karakte r dari mas ko t itu s e ndiri. Pe milihan ata s mas ko t akan dise suaikan de ngan ka rakte r dari a ca ra yang akan dib uat a taupun dari o rganisa si, klub, ma upun le mb aga yang akan me nggunaka n mas ko t s e bagai alat untuk b e rpro mo s i.

(40)

3 5 Gb r.4 .3 "SI MADU" mas ko t dari pro mo s i buah nanas Subang

Pe mbe rian nama "Si Madu" pa da masko t adala h be ntuk imple me ntas i dari nama bua h nanas s uba ng yang dike nal aka n ke unikannya yaitu na na s "Simadu". Na ma ya ng digunakan o le h mas ko t, diha rapkan dapa t me nginga tka n kha layak s asara n pada b uah na nas dari da e rah Suba ng te rs e b ut.

(41)

3 6

4 .2 Je nis Me dia Dan Teknis Produksi

Pada je nis me dia dan te knis pro duks i, aka n dije laska n mulai dari pe miliha n me dia , ukura n me dia, mate rial, da n te knis pro duks inya .

4 .2 .1 Billb oard

Se pe rti ya ng te lah dije la skan di bab se be lumnya, Billbo ard me rupaka n s alah sa tu me dia utama dalam me nyampa ika n harus s anga t je las da n s ingkat kare na me dia ini te rpas ang di ja lan be sa r ma upun di ja la n to l. s e hingga me muda hka n pe nge ndara me nge rti pe s an yang dis ampaika n.

Gbr.4 .5 Billbo ard Po rtrait

Me dia : Billb o ard

Ukura n : 8 0 0 c m x 4 0 0 c m Mate rial : Fle xi

(42)

3 7 Gb r.4 .6 Billbo ard Landsc ape

Me dia : Billb o ard

Ukura n : 4 0 0 c m x 8 0 0 c m Mate rial : Fle xi

Te knis : Offse t printing

4 .2 .2 Poste r

Po s te r me rupakan me dia pro mo si yang e fe ktif, mas yarakat dapat le bih me nge na l, dan me nge tahui pro mo -pro mo de ngan muda h dan dapat me mpe ro le h info rmas i te nta ng bua h nanas Subang.

(43)

3 8 Me dia : Po s te r

Ukura n : 4 2 cm x 2 9 .7 c m (A3 ) Mate rial : Art pape r

Te knis : Digital printing

4 .2 .3 Spanduk

Spa nduk s e ba ga i me dia yang cukup b e sar juga me miliki multi fungs i dala m pe ne mpatannya, fungsi uta ma nya itu me mp ro mo o sika n s e buah info rma si bua h nana s Sub ang da n fungs i lain bias anya spanduk dite mpa tkan di de pa n kio s a tau toko se ba ga i pe lindung dari te rik mata ha ri, de bu, hujan, da n lain-lain. Me s kipun de mikia n te tap tidak me ngura ngi fungs i utamanya

Gbr.4 .8 Spanduk

Me dia : Spanduk Ukura n : 9 0 cm x 6 0 0 cm Mate rial : Fro nlite / Fle xi Te knis : Offse t printing

4 .2 .4 Flye r

(44)

3 9 Gb r.4 .9 Flye r

Me dia : Flye r

Ukura n : 2 1 cm x 1 4 .8 c m (A5 ) Mate rial : Art pape r do uble side Te knis : Digital printing

4 .2 .5 Kale nde r Prom os i

Kale nde r se ba ga i me dia pro mo s i, ata upun ka mpanye yang be rsifat re minde r (pe nginga t) dirasa c ukup e fisie n da n e fektif da lam pe nyampaia n s e b ua h pe san. s e lain sifatnya me dia pe ngingat, kale nde r juga me miliki mas a aktif ya ng c ukup lama da lam pe nya mpaia n pe sanya pa da audie nc e .

(45)

4 0 Me dia : Kale nde r pro mo s i

Ukura n : 2 1 cm x 1 4 .8 c m (A5 ) Mate rial : Art pape r do uble side Te knis : Digital printing

4 .2 .6 Baliho

De ngan dib uatnya b aliho ma syaraka t umum atau pe ndatang yang s e ring pulang pe rgi me le wati ka was an Jalanc agak da n khus us nya wis atawan lokal dapat me mbe rika nnya pe rhatian pada info rmas i yang s e dang di pro mo s ikan.

Gb r.4 .1 1 Baliho

Me dia : Baliho

Ukura n : 4 0 0 c m x 3 0 0 c m Mate rial : Fle xi

(46)

4 1

4 .2 .7 We b Banne r

We b b anne r adalah s e b uah be ntuk iklan pada Wo rld Wide We b

(WWW) atau le bih dike nal dunia inte rne t. s e buah be ntuk pe riklanan pa da halaman we b atau jaringan (o nline ), dimana ikla n te rs e b ut dimaksudkan untuk me narik pe rhatian pa ra pe ngguna inte rne t. Ke unggula n yang di da pa t da lam pe nggunaa n we b b anne r itu s e ndiri apab ila di klik se cara o to matis aka n la ngsung te rhub ung ke s itu pe ngiklan. We b b anne r bia sa nya te rbuat dari s e b uah gambar (.GIF, .JPG, .PNG, .BMP), pro gra m JavaScript ata u objek multime dia ya ng me ngguna ka n te kno lo gi

s e pe rti Java, Sho c kwave ata u Flash, se ring me nggunaka n a nimas i, suara, ata u vide o untuk me maksimalka n ke be radaa n.

Gb r.4 .1 2 Sto ryb o ard we b b anne r

Me dia : Ikla n di inte rne t / we b banne r Ukura n : 5 7 9 px x 1 1 4 px

(47)

4 2

4 .2 .8 Brosur

Bro sur a tau pamfle t adalah s e mac am b o o kle t (buku ke c il) yang tidak be rjilid. Mungkin hanya te rdiri dari sa tu le mb ar yang dic e ta k di ke dua pe rmukaannya. Ta pi bia s juga dilipat di ba gia n te ngahnya se hinggame nja di e mpat hala ma n. Jika dilipat me njadi e mpa t, pa mpfle t itu me miliki nama te rs e ndiri yaitu le afle t.

Gbr.4 .1 3 Bro sur

Me dia : Bro s ur

Ukura n : 2 1 cm x 2 9 .7 c m (A4 ) Mate rial : Art pape r do uble side Te knis : Digital printing

4 .2 .9 Um bul-um bul

(48)

4 3 Gbr.4 .1 4 Umb ul-umbul

Me dia : Umbul-umb ul Ukura n : 1 5 0 c m x 9 0 cm Mate rial : Fle xi

Te knis : Offse t printing

4 .2 .1 0 Pin dan Gantungan Kunci

(49)

4 4 Gb r.4 .1 5 Pin dan Gantung an kunc i

Me dia : Pin & Gantungan kunc i

Ukura n : Diame te r 5 8 mm (pin) & Diame te r 4 4 mm (G.Kunc i) Mate rial : Art pape r + Lamina si g lo s sy

(50)

4 5

DAFTAR PUSTAKA

Anttayaya. 2 0 0 8 (2 1 Agustus). nanas-catatan se jarah. Te rs e dia di: http:/ / www.atta ya ya .ne t/ 2 0 0 8 / 0 8 / 0 2 -nana s-se jara h-s ingkat.html

Badan Agribisnis De parte me n Pe rtanian. (1 9 9 9 ). inve stasi Agribisnis Ko mo ditas Unggulan Tanaman Pangan dan Ho ltikultura.

Budiana. (2 0 0 9 ). Nanas Si Madu. Te rse dia di: http:/ / www.de pta n.go .id

FAO. (2 0 0 3 ). Tro pical Fruits Co mmo dity No te s . Te rse dia di: http:/ / www.fao .o rg Kanto r Dina s Pe rta nia n. (2 0 0 7 ). s e jarah buah nanas. Ke c amata n Jalanca gak. Ke nne dy, E., Jho n (2 0 0 8 ).Simple , c le ar, e co no mic. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Po pule r.

Ko tle r, Philip, & Arms tro ng, Gary. (2 0 0 8 ). Prins ip-prinsip pe masaran (1 2 e d.). Jakarta: Erlangga.

Le vins , H. (2 0 0 9 ). So cial Histo ry Of The Pine Apple . Te rse dia di: http:/ / le vins .c o m/ pine apple .html

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects : buah nanas