PENULISAN HUKUM/SKRIPSI PERLINDUNGAN HAK TERSANGKA DALAM PROSES PERLINDUNGAN HAK TERSANGKA DALAM PROSES PENYIDIKAN DI POLRES SLEMAN.

Teks penuh

(1)

i

PENULISAN HUKUM/SKRIPSI

PERLINDUNGAN HAK TERSANGKA DALAM PROSES

PENYIDIKAN DI POLRES SLEMAN

Disusun oleh : ANDREAS WIJAYA

NPM : 03 05 08318

Program : Ilmu Hukum

Program Kekhususan : Peradilan dan Penyelesaian Sengketa Hukum

UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA

Fakultas Hukum

(2)
(3)

 

iii 

 

(4)

iv

Motto

Tuhan tidak pernah berjanji bahwa akan selalu ada

kebahagiaan

dan tidak ada penderitaan,

tetapi Dia berjanji bahwa akan selalu ada harapan di

saat

kesesakan.

Tetaplah percaya dan berharap pada-Nya!!!

Segala Perkara dapat kutanggung di dalam Dia

yang member kekuatan kepadaku

(5)

v

PERSEMBAHAN

Penulisan Hukum ini kupersembahkan :

• Untuk Tuhan Yesus Kristus dan Bunda Maria yang selalu menyertai dan

membimbing aku hingga sekarang ini.

• Untuk Papa dan Mama tercinta, yang selalu memberikan motivasi dan memberi

dukungan baik materi dan moril,serta kasih saying yng tak henti-hentinya; • Untuk My bro tersayang, yang selalu memberi support;

• Untuk kekasihku tercinta yang selalu setia menemaniku dan membimbingku; • Untuk teman-temanku yang tak terhitung jumlahnya yang selalu menemaniku

(6)

vi

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas kuasa-Nya yang telah berkenan melimpahkan rahmatnya, sehingga tercapailah keinginan penulis untuk menyusun sebuah Penulisan Hukum yang berjudul “

PERLINDUNGAN HAK TERSANGKA DALAM PROSES

PENYIDIKAN DI POLRES SLEMAN

”.

Penulisan Hukum ini disusun dalam rangka memenuhi persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Hukum pada Universitas Atmajaya Yogyakarta. Materi Penulisan Hukum ini banyak didapatkan dari berbagai sumber baik dari hasil penelitian, hasil wawancara dengan Narasumber maupun dari pengetahuan yang diperoleh selama kuliah, terutama dengan adanya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 yaitu Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara yang diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap tersangka dalam proses penyidikan yang dilakukan oleh penyidik di Polres Sleman Yogyakarta..

Pada kesempatan ini penulis tidak lupa pula mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu, khususnya kepada :

1. Ibu Dr. Sari Murti Widiyastuti, S.H., M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

(7)

vii

3. Bapak F.X Endro Susilo, SH. LL.M. Selaku dosen pembimbing dalam pemilihan setiap mata kuliah di awal semester.

4. Bapak dan Ibu Dosen Staf Pengajar di Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Yogyakarta.

5. Staf Pegawai/Karyawan Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Yogyakarta. 6. Papaku Verdy Wijaya dan Mama tersayang Yohana Lisarib yang selalu

memberikan semangat, mendampingi serta memberikan doa dalam Penulisan Hukum ini.

7. My Brother Alfonsius Wijaya yang selalu memberikan semangat dan dukungannya.

8. Kekasihku tercinta Adelina Arista yang selama penulisan selalu mengingatkan, menyemangati, dan selalu menemani walaupun jauh.

9. Keluarga besar Sia, khususnya ko Rudi Sia, Anso Mona dan Jocy yang selalu mendukung dalam menyelesaikan kuliah ini ( Makasih banyak yah…Tuhan Berkati selalu )

10.Saudara-saudara dari keluarga Wijaya semuanya ( I LOVE U my BIG FAMILY ).

(8)

viii

Demikian pula tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dengan memberikan data guna Penulisan Hukum ini.

Dengan rasa tulus ikhlas harapan penulis tidak lain semoga amal kebajikan beliau akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa dan apabila dalam Penulisan Hukum ini ada hal-hal yang tidak berkenan di hati para pembaca, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Yogyakarta, 15 Desember 2011

(9)

ix

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN

Dengan ini penulis menyatakan bahwa Penulisan Hukum / Skripsi ini merupakan hasil karya asli penulis, bukan merupakan duplikasi ataupun plagiasi dari hasil karya penulis lain. Jika Penulisan Hukum / Skripsi ini terbukti merupakan duplikasi ataupun plagiasi dari hasil karya penulis lain, maka penulis bersedia menerima sanksi akademik dan / atau sanksi hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 15 Desember 2011

Yang menyatakan,

(10)

x DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………..……. i

HALAMAN PERSETUJUAN ...………...………. ii

HALAMAN PERSETUJUAN UJIAN ……….... iii

HALAMAN MOTTO ………....………...…… iv

HALAMAN PERSEMBAHAN ………... v

KATA PENGANTAR ....………...…… vi

HALAMAN PERNYATAAN………...…… ix

DAFTAR ISI………..…… x

E. Keaslian penelitian………….……….….….……….... 9

F. Batasan Konsep ………...……… 9

G. Metode Penelitian ……….………..…….… 11

H. Sistematika Penulisan ……….………. 12

(11)

xi

2. Pengertian Penyidik …….……….….…..…….. 21

3. Wewenang Penyidik ……….…….….….……. 24

4. Penyidik Menurut KUHAP …….…….…... 26

5. Pengertian Hak..…….….…….….…..…..……. 29

6. Pengertian Hak Tersangka Menurut KUHAP... 31

7. Proses Penyidikan yang dilakukan Polri...… 36

8. Jaminan Undang-Undang Terhadap Perlindungan Hak Tersangka dalam Proses Penyidikan….……...…….…….… 41

9. Pelaksanaan Perlindungan Tersangka dalam Proses Penyidikan di Kantor Polres Sleman...…...… 45

10.Hambatan yang muncul dalam Perlindungan Hak Tersangka dalam proses Penyidikan di Polres Sleman... 49

BAB III PENUTUP……..………. 53

A. Kesimpulan………….……… 53

B. Saran……….……….. 54

(12)

xii ABSTRACT

The title of the writing of this law on the ”Protection of Rights of Suspects In Process investigation at the Sleman police station” purpose of writing this law is to protect the right to know the suspect in the investigation at the police station Sleman if it is in accordance with and to know what obstacles appear in the protection of rights of suspects in process investigation at the Sleman police station.

The method of this research in legal writing was normative legal research, a research of which was focused on positive legal norm by shape regulations and in this research it needed secondary data as main data.

Based on the results of the discussion and research on the author found that the protection of suspects in the investigation at the police station Sleman not in accordance with applicable regulations and procedures have not been appropriate. Obstacles that arise in the protection of rights of suspects in the investigation process is a bottleneck that comes from internal and external Sleman Police. External barriers are intended suspect who is being investigated does not want to admit or hinder the investigation. While the internal is in terms of a limited budget from the government.

(13)

xiii INTISARI

Judul dari penulisan hukum ini mengenai Perlindungan Hak Tersangka Dalam Proses Penyidikan Di Polres Sleman Tujuan dari Penulisan Hukum ini adalah untuk Untuk mengetahui perlindungan hak tersangka dalam proses penyidikan di Polres Sleman apakah sudah sesuai ketentuan dan Untuk mengetahui Hambatan apa saja yang muncul dalam perlindungan hak tersangka dalam proses penyidikan di Polres Sleman.

Metode penelitian dalam Penulisan Hukum ini adalah penelitian hukum normatif, yaitu penelitian yang berfokus pada norma hukum positif yang berupa Peraturan Perundang-Undangan dan dalam penelitian ini memerlukan data sekunder sebagai data utamanya.

Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian yang dilakukan penulis menemukan bahwa perlindungan tersangka dalam penyidikan di Polres Sleman belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan belum sesuai prosedur yang berlaku. Hambatan yang timbul dalam perlindungan hak tersangka dalam proses penyidikan adalah hambatan yang berasal dari internal maupun eksternal Polres Sleman. Hambatan eksternal yang dimaksudkan adalah tersangka yang sedang disidik tidak mau mengakui atau menghalang-halangi penyidikan. Sedangkan internalnya adalah dari segi anggaran yang terbatas dari pemerintah.

Seyogyanya pemerintah memiliki tata cara atau prosedur yang baru dalam menghadapi tersangka yang tidak bekerja sama, menyediakan anggaran yang memadai, memberika pelatihan khusus kepada para anggota penyidik agar mampu bekerja dengan lebih baik serta buatnya aturan-aturan yang melindungi hak tersangka dalam proses penyidikan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...