Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Teks penuh

(1)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pemekaran wilayah dipandang sebagai sebuah terobosan untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat.Pemekaran wilayah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam memperpendek rentang kendali pemerintah sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan.

(2)

sipil dan dunia usaha, karena berbagai peluang ekonomi baru baik secara formal maupun informal menjadi lebih tersedia sebagai dampak pemekaran wilayah.

Pembentukan daerah otonom memang ditujukan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan dengan suatu lingkungan kerja yang ideal dalam berbagai dimensinya.Daerah otonom yang memiliki otonomi luas dan utuh diperuntukkan guna menciptakan pemerintahan daerah yang lebih mampu mengoptimalkan pelayanan publik dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat lokal dalam skala yang lebih luas.Oleh karena itu, pemekaran daerah seharusnya didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan obyektif yang bertujuan untuk tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pelaksanaan Otonomi Daerah dan Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005 tentang Desa menyatakan, bahwa pembangunan desa merupakan usaha pembangunan dari masyarakat pada unit pemerintah terendah yang harus dilaksanakan dan dibina terus menerus, sistematis dan terarah sebagai suatu kesatuan dengan pembangunan regional/daerah dan nasional.

(3)

dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Pembangunan desa dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa tidak dapat terwujud jika masyarakat desa tidak terlibat didalamnya.Pemuda sebagai salah satu unsur masyarakat memiliki peranan sebagai pilar penggerak dan pengawal jalannya pembangunan.Pemuda merupakan elemen penting perubahan yang terjadi pada masyarakat. Bersama komponen yang lain mereka harus menunjukkan peran aktifnya. Dalam kondisi usia emas, pemuda dapat berpartisipasi dalam proses pembangunan dan menjadi pelopor perubahan di daerah domisilinya. Menjadi pelopor perubahan di masyarakat berarti mengedepankan inisiatif.Inisiatif tidak harus muncul dari pemikiran sendiri, tetapi bisa saja merupakan hasil penyerapan ketika berinteraksi dengan lingkungan.

(4)

kebangsaan secara nasional, pengembangan potensi diri dan merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang kesejahteraan sosial. Dalam buku Pedoman Karang Taruna Tahun 2005, yang dimaksud Karang Taruna, yaitu organisasi sosial yang berperan sebagai wadah pengembangan potensi generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran jiwa dan tanggung jawab sosial, dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda yang berada di wilayah desa atau komunitas atau setingkat dan juga bergerak dalam bidang kesejahteraan sosial guna kemajuan bersama.

Karang Taruna merupakan salah satu organisasi pemuda yang sudah dikenal luas oleh masyarakat karena merupakan wadah yang memiliki misi untuk membina generasi muda khususnya di pedesaan. Adapun visi Karang Taruna, yaitu sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kreatifitas generasi muda yang berkelanjutan untuk menjalin persaudaraan dan rasa kebersamaan menjadi mitra organisasi lembaga, baik kepemudaan ataupun pemerintah dalam pengembangan kreatifitas. Kemampuan di bidang kesejahteraan sosial baik untuk masyarakat di lingkungan sekitar ataupun di wilayah lain. Dalam bidang kesejahteraan sosial, Karang Taruna sebagai organisasi sosial masyarakat di pedesaan akan ditingkatkan fungsi dan perannya agar dapat menghimpun, menggerakkan, dan menyalurkan peran serta generasi muda dalam pembangunan. Selain mewujudkan kesejahteraan sosial di desa atau kelurahan, Karang Taruna berfungsi mengembangkan potensi kreatifitas generasi muda agar secara terarah generasi muda di pedesaan membina dirinya sebagai pendukung pembangunan pedesaan.

(5)

Karang Taruna sudah memenuhi persyaratan untuk dapat dikembangkan sebagai infrastruktur sosial di pedesaan/ kelurahan.Sebagai infrastruktur sosial, maka seharusnya posisi Karang Taruna dapat dianggap sebagai partner pemerintah untuk mengembangkan pembangunan pedesaan.Infrastruktur sosial mempunyai misi membawakan aspirasi masyarakat untuk menyuarakan pembangunan.

Karang Taruna Citra Yodha merupakan salah satu organisasi pemuda yang berada di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Deli Serdang.Karang Taruna ini berdiri pada 30 Juli 1991 dan berkedudukan di Desa Kedai Durian. Pada tahun 1994 terjadi pemekaran Desa Kedai Durian menjadi tiga bagian, yakni Desa Suka Makmur, Desa Kedai Durian, dan Desa Mekar Sari. Karang Taruna Citra Yodha berada di dalam wilayah Desa Mekar Sari karena banyak fasilitas pendukung terdapat di Desa Mekar Sari, seperti sekretariat dan beberapa Usaha Ekonomis Produktif (UEP) lainnya.

(6)

oleh generasi muda. Usaha mempersatukan generasi muda juga dilakukan dengan pembentukan Kelompok Persatuan Intercom Citra Yodha dan Radio AM. Sebelum terjadinya pemekaran desa, Kelompok Persatuan Intercom Citra Yodha dan Radio AM terbukti dapat mempersatukan generasi muda di wilayah Desa Kedai Durian.

Pemekaran Desa Kedai Durian menjadi tiga bagian telah mempengaruhi perkembangan Karang Taruna Citra Yodha.Frekuensi kegiatan Karang Taruna Citra Yodha menurun.Hal ini diakibatkan oleh terpecahnya pengurus yang kemudian membentuk Karang Taruna di desa-desa pecahan yang baru. Memanfaatkan momentum saat pemerintah mengeluarkan Undang – Undang No. 11 tahun 2009 yang mengatur tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial masyarakat, pengurus Karang Taruna Citra Yodha kembali mencoba untuk bangkit dari keterpurukan masa lalu dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan Desa Mekar Sari.

1. 2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dapat dikemukakan sebagai berikut:

1. Bagaimana partisipasi Karang Taruna Citra Yodha dalam pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang sejak pemekaran pada tahun 1994 hingga tahun 2015?

(7)

1.3 Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui partisipasi Karang Taruna Citra Yodha dalam pembangunan di Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang sejak pemekaran tahun 1994 hingga tahun 2015.

2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi Karang Taruna Citra Yodha dalam membantu pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.

1.4 Manfaat penelitian

Manfaat yang akan diperoleh dari penelitian ini adalah :

1. Bagi Organisasi Karang Taruna Citra Yodha di Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang, hasil penelitian ini diharapkan mampu untuk meningkatkan partisipasi Organisasi Karang Taruna Citra Yodha di Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal dalam membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

(8)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...