3.3 Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

Teks penuh

(1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMK N 1 TEBING TINGGI

Kelas/ Semester : X / Ganjil

Tema : Peran Pelaku Ekonomi

Sub Tema : Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran Ke : 3

Alokasi Waktu : 10 menit A. Tujuan Pembelajaran

3.3 Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

Dari kompetensi dasar yang tertera diatas, maka tujuan pembelajarannya adalah:  Siswa dapat memahami Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi  Siswa dapat menjelaskan Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi B. Kegiatan Pembelajaran

PENDAHULUAN

- Guru mengajak siswa berdoa sebelum belajar - Guru memberikan motivasi kepada siswa

- Guru memberikan materi prasyarat sebagai awalan pembelajaran

INTI

- Guru meminta siswa memahami bacaan buku halaman 72-76 mengenai Peran pelaku ekonomi

- Pada kegitan ini , siswa diajak bermain peran sebagai pelaku ekonomi yang dinamai permainan “I Can Move On”

(2)

a. Kalian membentuk 4 kelompok, kelompok RTK, RTP, Goverment dan MLN.

b. Masing-masing kelompok membuat nama kelompoknya pada selembar kertas dengan huruf balok.

c. Masing-masing kelompok menempati tempat pada satu kelompoknya dengan berdiri. Aturan permainan :

 Pada saat dibacakan satu kasus/soal anggota kelompok harus berjalan/bergerak menuju tempat pelaku lainnya

 Misalnya : pada pasar input terjadi peyerahan faktor produksi, maka yang bergerak adalah RTK ke RTP.

 Pada saat sudah terjadi pergerakan anggota, semua anggota harus memberikan penjelasan yang benar alasan Move On.

 Jika kelompok benar melakukan gerakan dan memberikan penjelasan akan diberi point 5, jika salah dikurangi 5.

 Pada kelompok pengumpul skore tertinggi akan diberi penghargaan bintang emas bertuliskan “I can Move On”

 Bagi kelompok pengumpul nilai terendah akan di hukum dengan menyanyikan sebuah lagu.

Berikut soalnya ya...

1.Pembelanjaan barang dan jasa. 2.Penjualan barang (output) 3.Pembayaran pajak

4.Pemberian fasilitas dan kebijakan 5.Penyerahan faktor- faktor produksi.

- Setelah permainan selesai semua kelompok mengambarkan model diagram interaksi pelaku ekonomi, serta memberika analisis masing-masing peran pelaku ekonomi

PENUTUP

Bagaimana kalian sekarang?

Setelah kalian belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar 1. berikut diberikan Tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKB ini di Tabel berikut.

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam Buku Teks Pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan belajar 1 yang sekiranya

(3)

perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Dan apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan berikut.

Dimana posisimu?

Ukurlah diri kalian dalam menguasai materi peran pelaku ekonomi dalam rentang 0 – 100, tuliskan ke dalam kotak yang tersedia.

Setelah kalian menuliskan penguasaanmu terhadap materi peran pelaku ekonomi lanjutkan kegiatan berikut untuk mengevaluasi penguasaan kalian!.

C. Penilaian Pembelajaran  Penilaian Sikap

Teknik: Jurnal

 Penilaian Pengetahuan

Teknik : Penugasan di LKPD

Bentuk Instrumen : Multiple choice dan Isian singkat

Medan, Juli 2021 Mengetahui

Kepala SMK N 1 TEBING TINGGI Guru Mata Pelajaran

ASRIL SIREGAR,S.Pd SENYOREN MANIK,S.Pd

(4)

BAHAN AJAR

PERAN PELAKU EKONOMI DALAM KEGIATAN EKONOMI

Rumah Tangga Produsen (RTP)

Sesuai dengan namanya yang mengandung kata “Produsen”, peran Rumah Tangga Produsen atau RTP sebagai produsen atau yang memproduksi dari bahan baku. Produsen adalah individu atau pihak yang bertanggung jawab untuk mengubah suatu benda dengan menambah nilai gunanya demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Peran rumah tangga produsen (RTP) sebagai pelaku ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Memproduksi benda dan menjual hasil produksinya tersebut kepada Rumah Tangga Konsumen (RTK).

2. Pengguna faktor produksi, seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, teknologi. Karena sebagai orang memproduksi pasti memerlukan modal, memerlukan SDM, mesin, dan SDA untuk mengubah bahan baku sesuai dengan kebutuhan konsumen.

3. Agen Pembangunan. Agen yang dimaksud adalah agen perantara atau pembantu, dimana pada umumnya agen pembangunan ekonomi dilakukan oleh pemerintah, dimana produsen membantu pemerintah sebagai agen pembangunan ekonomi, seperti membuka lapangan pekerjaan, sehingga berpartisipasi dalam meningkatkan pembangunan ekonomi di suatu wilayah atau negara.

Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Rumah tangga konsumen atau RTK merupakan individu atau pihak yang merupakan bagian dari masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi akibat adanya kebutuhan yang perlu dipenuhi. Peran rumah tangga konsumen atau RTK sebagai pelaku ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Bertindak sebagai masyarakat umum yang membeli barang atau jasa (benda dalam ilmu ekonomi) yang dihasilkan oleh RTP.

2. Pemasok faktor produksi, yaitu yang menyediakan faktor produksi seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, teknologi. Contohnya kita bekerja sebagai buruh, maka kita yang tadinya masyarakat umum menjadi pemasok faktor produksi di tempat kita bekerja.

Rumah Tangga Negara (RTN) atau Pemerintah

Rumah Tangga Negara (RTN) atau pelaku ekonomi dari pemerintah, dimana RTN merupakan pelaku ekonomi yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Peran dari rumah tangga negara (RTN) sebagai pelaku ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Regulator atau mengatur, tugasnya adalah menjamin proses kegiatan ekonomi agar berjalan dengan baik atau lancar.

2. Sebagai konsumen, misalnya pemerintah menyediakan fasilitas umum, maka pemerintah pasti akan mengkonsumsi barang atau jasa untuk membangun fasilitas umum tersebut.

3. Sebagai produsen, kalo di Indonesia biasanya kita sebut BUMN (Badan Usaha Milik Negara), contohnya pertamina, memproduksi minyak menjadi bahan bakar.

4. Agen Pembangunan, sudah menjadi kewajiban negara untuk membangun perekonomian negaranya.

(5)

Masyarakat Internasional atau Luar Negeri

Karena memiliki SDA dan juga SDM yang berbeda-beda, suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, oleh karena itu peran masyarakat internasional atau masyarakat luar negeri sangat penting, yaitu dalam kegiatan ekspor dan impor. Peran masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Sebagai mitra perdagangan, yaitu ekspor impor.

2. Sebagai pasar tenaga kerja, kalian punya kerabat atau keluarga yang tinggal di luar negeri? Nah itulah salah satu contohnya, tidak hanya kita yang mengirimkan tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri, namun banyak juga tenaga kerja asing yang bekerja di indonesia.

3. Sebagai investor atau penanam modal, ketika negara kekurangan dana atau membutuhkan dana besar, suatu negara dapat mengundang investor asing untuk menanamkan modalnya bagi perusahaan indonesia.

4. Sebagai sumber pemberi pinjaman dan bantuan, dilansir dari laman liputan6, pada saat peristiwa terjadinya jatuhnya pesawat sriwijaya air SJ 182 yang terjadi pada 9 januari 2021 kemarin, pemerintah korea selatan mengirimkan bantuan kapal riset dan juga alat pendeteksi keadaan bawah laut untuk membantu Indonesia mencari puing pesawat dan juga korban jiwa.

Diagram Lingkar (Circular Flow Diagram)

Setelah kita mengenal para pelaku ekonomi yaitu RTP, RTK, RTN, dan masyarakat luar negeri, sekarang kita akan membahas mengenai hubungan antara pelaku ekonomi dalam bentuk diagram lingkar atau Circular Flow Diagram.

Perekonomian Dua Sektor (Perekonomian Tertutup)

Perekonomian dua sektor merupakan hubungan antara dua pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumen atau RTK dengan rumah tangga produsen yaitu RTP. sesuai dengan gambar di atas, aliran 1 atau pasar faktor, dimana RTP sebagai produsen memberikan barang dan jasa kepada RTK, dan sebagai timbal balik, RTK sebagai konsumen ada harga yang harus dibayar kepada RTP.

Untuk aliran 2, atau pasar produk, RTK sebagai pemasok faktor produksi kepada RTP, memberikan faktor produksi seperti tenaga kerja, modal, dan lain-lain. Sebagai pengguna faktor produksi, maka RTP harus memberikan gaji, pendapatan, bunga, keuntungan, dan lain-lain kepada RTK.

(6)

Sesuai dengan namanya yaitu perekonomian 3 sektor, berarti diagram ini merupakan hubungan antara 3 sektor yaitu RTK, RTP, dan Pemerintah. Bisa kita lihat dari gambar diagram di atas,hubungan antara RTK dan RTP pada dasarnya sama dengan perekonomian dua sektor, yang membedakan adalah hubungannya RTK dengan pemerintah dan juga RTP dengan pemerintah atau RTN.

Pemerintah sebagai konsumen, membeli barang dan jasa dari RTP, dan timbal baliknya RTP sebagai produsen membayarkan pajak kepada pemerintah dan memberikan produksi barang dan jasa yang dibutuhkan pemerintah.

Pemerintah sebagai produsen memberikan retribusi barang dan jasa, gaji, bunga, dan juga berbagai subsidi kepada RTK, dan sebagai gantinya RTK membayarkan kepada pemerintah berupa pajak dan juga pemasok faktor produksi kepada pemerintah.

(7)

Perekonomian empat sektor terdiri dari RTK, RTP, RTN atau pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Meskipun gambar diagram di atas terlihat rumit, namun kalo kalian udah paham konsep diagramnya dari perekonomian dua sektor dan tiga sektor pasti kalian langsung paham, karena hubungan baik antara RTP-RTK, RTK-RTN, RTP-RTN, pada dasarnya sama, yang membedakan adalah adanya hubungan RTP dengan masyarakat luar negeri, dan hubungan antara RTK dengan masyarakat luar negeri.

Dimana RTP sebagai produsen untuk masyarakat luar negeri yaitu melakukan ekspor, dan masyarakat luar negeri sebagai produsen untuk RTK atau masyarakat negara kita yaitu melakukan impor.

(8)

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Yuk Cek Penguasaanmu terhadap Materi Peran Pelaku Ekonomi!

Agar dapat dipastikan bahwa kalian telah menguasai materi peran pelaku ekonomi, maka kerjakan soal berikut secara mandiri di buku kerja kalian masing-masing.

a. Lengkapi diagram diatas!

b. Analisislah peran masing-masing pelaku ekonomi tersebut Setelah

menyelesaikan soal di atas dan mengikuti kegiatan belajar 1, bagaimana

penyelesaian permasalahan di bagian awal pembelajaran tadi? Silahkan kalian

berdiskusi dengan teman sebangku atau teman lain. Kemudian tuliskan

penyelesaian materi tersebut di buku kerja masing-masing!.

Figur

Memperbarui...

Related subjects :