Pengaruh Skeptisisme Profesional, Informasi Afektif, Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman terhadap Pertimbangan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan - Unika Repository

Teks penuh

(1)

75

(2)

76

(3)

77

Lampiran Kuesioner Penelitian

Identitas Peserta

Isilah data berikut ini dan beri tanda silang (X) pada pilihan yang sesuai. 1. Nama

... 2. KAP

... 3. Jenis Kelamin □ Wanita □ Pria

4. Usia ... tahun

5. Posisi □ Auditor Yunior □ Auditor Senior 6. Masa kerja sebagai auditor ... tahun

7. Pernah mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA)

□ Pernah □ Tidak Pernah

8. Pernah mengikuti seminar tentang kecurangan

□ Pernah, sebutkan ...kali □ Tidak Pernah

9. Jumlah klien yang anda audit

dalam 1 tahun Sebutkan ...

10.

Jumlah penugasan (audit + jasa lain) yang anda tangani dalam 1 bulan terakhir

Sebutkan ...

11. Jenis penugasan yang harus anda tangani

□ Audit

□ Penyusunan laporan keuangan □ Konsultasi perpajakan

□ Konsultasi manajemen

(4)

78

Kuesioner Pengalaman

1. Banyaknya jumlah perusahaan yang Anda tangani selama bekerja di KAP :

1) Sedikit (kurang dari 5 perusahaan) 2) Kurang banyak (5-10 perusahaan) 3) Banyak (10-15 perusahaan) 4) Cukup Banyak (15-20 perusahaan) 5) Sangat Banyak (lebih dari 20 perusahaan)

2. Banyaknya jenis penugasan (misalnya audit, review, penyusunan laporan keuangan, konsultasi perpajakan, konsultasi keuangan, konsultasi manajemen, penyusunan sistem akuntasi, dan sebagainya) yang Anda laksanakan selama bekerja di KAP:

1) Sedikit (1 penugasan)

2) Kurang banyak (2-3 penugasan) 3) Banyak (4-5 penugasan)

4) Cukup Banyak (6-7 penugasan)

5) Sangat Banyak (lebih dari 7 penugasan)

3. Banyaknya jenis industri (misalnya dagang, manufaktur, pertambangan, pertanian, perbankan, properti, koperasi, yayasan, jasa keuangan, dana pensiun, perhotelan, dan sebagainya) yang Anda tangani selama bekerja di KAP:

1) Sedikit (1 industri)

2) Kurang banyak (2-3 industri) 3) Banyak (4-5 industri)

4) Cukup Banyak (6-7 industri)

5) Sangat Banyak (lebih dari 7 industri)

4.Saya memiliki latar belakang pendidikan akuntansi yang sangat mendukung pekerjaan saya sebagai auditor

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

5. Saya sering mengajak rekan-rekan seprofesi untuk bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan pekerjaan audit yang saya lakukan:

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

(5)

79

Kuesioner Pengetahuan

1. Saya memiliki pengetahuan yang memadai mengenai standar profesional akuntan publik yang sangat diperlukan dalam melaksanakan pemeriksaan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

2. Saya selalu mengikuti perkembangan standar profesional akuntan publik yang terkini. Sangat

Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

3. Untuk melaksanakan pemeriksaan yang baik, saya selalu mengikuti perkembangan standar akuntansi keuangan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

4. Untuk dapat melaksanakan pemeriksaan yang baik, saya sering sekali mengikuti pelatihan atau lokakarya yang terkait dengan auditing

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

5. Untuk dapat melaksanakan pemeriksaan yang baik, saya sering sekali mengikuti pelatihan atau lokakarya yang terkait dengan akuntansi keuangan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

6. Untuk menunjang tugas pemeriksaan saya selalu mengikuti perkembangan peraturan perundang-undangan sebagai kriteria dalam pemeriksaan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

(6)

80

Kuesioner Akuntabilitas

1. Dalam setiap pekerjaan audit yang saya lakukan selama ini, saya selalu memiliki motivasi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

2. Dalam setiap pekerjaan audit yang saya lakukan selama ini, saya yakin bahwa atasan saya selalu memeriksa pekerjaan saya dengan teliti.

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

3. Dalam setiap pekerjaan audit yang saya lakukan selama ini, saya yakin bahwa saya harus mempertanggungjawabkan pekerjaan saya pada atasan.

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

4. Dalam setiap pekerjaan audit yang saya lakukan selama ini, saya selalu menggunakan segenap daya pikir saya untuk menyelesaikan pekerjaan saya.

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

5. Dalam setiap pekerjaan audit yang saya lakukan selama ini, saya selalu menggunakan segenap usaha saya untuk menyelesaikan pekerjaan saya.

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

(7)

81

KASUS UNTUK INFORMASI AFEKTIF DAN AUDITOR FRAUD

JUDGMENT

Anda adalah seorang auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik Ari, Budi dan rekan. Klien anda adalah PT. ABADI yang bergerak dalam bidang perdagangan sparepart mobil-mobil menengah ke atas. Untuk suku cadang mobil mewah, perusahaan mengimportnya dari luar negeri. Selain itu perusahaan juga mempunyai bengkel untuk reparasi dan service. Kantor pusat perusahaan berada di Jakarta, sedangkan cabangnya berada di Surabaya, Medan, dan Batam.

Ini adalah audit yang pertama kali anda lakukan untuk perusahaan tersebut. Tahun buku yang diaudit adalah periode tahun buku 2015. Tahun buku sebelumnya diaudit oleh akuntan publik lain dengan opini wajar tanpa pengecualian. Untuk memahami bisnis klien, anda bermaksud mengadakan wawancara dengan tim managemen perusahaan, mengunjungi tempat operasional klien anda, dan melakukan prosedur analitis. Berikut adalah hasil pengamatan anda:

1. Tim manajemen PT Abadi meminta anda tim audit membuat daftar pertanyaan mengenai hal-hal apa saja yang akan ditanyakan. Mereka berjanji akan memberikan jawaban segera via email. Berdasarkan email yang diterima, informasi yang diperoleh tim audit adalah :

a. Perusahaan mulai berdiri 6 tahun lalu. Pada 2 tahun pertama kegiatan operasionalnya perusahaan mengalami kerugian. Tetapi pada tahun ke 3 perusahaan sudah memperoleh laba.

b. Perusahaan belum mempunyai rencana jangka pendek dan jangka panjang yang terstruktur. Semuanya akan dijalankan sesuai dengan kondisi perusahaan saja. Apabila laba meningkat perusahaan akan melakukan ekspansi tetapi apabila laba tidak meningkat perusahaan akan berjalan seperti biasa.

c. Perusahaan memasarkan produk ke konsumen langsung secara tunai dan ke toko-toko spareparts secara tunai dan kredit dengan jangka waktu kredit maksimal 1 bulan

2. Berdasarkan kunjungan tim audit ke lokasi operasional perusahaan, informasi yang diperoleh adalah sebagai berikut :

a. Perusahaan berada pada lokasi yang bagus dengan gedung yang megah.

b. Jalur keluar masuk karyawan dijaga oleh beberapa karyawan (satpam) yang berseragam. Arus keluar masuk barang dan jalur keluar masuk karyawan menjadi satu.

c. Karyawan memakai seragam dan terdapat pemisahan ruangan untuk pimpinan dan karyawan

3. Informasi Afektif

(8)

82

a. Salah satu pemegang saham mayoritas perusahaan adalah Bapak Surya Abadi Budiman, putra bapak Hartawan Budiman, yang merupakan orang terkaya ke 9 di dunia. Bapak Hartawan Budiman terkenal sebagai pendiri PT Asteria Indonesia, salah satu perusahaan otomotif sukses di Indonesia. Pemegang saham lainnya adalah PT Kramat Jadi, yang juga bergerak di bidang otomotif. Prestasi para pemegang saham di bidang otomotif tidak diragukan lagi, sehingga prospek PT Abadi kedepan sangat bagus. Customer utama perusahaan ini adalah distributor otomotif dari PT Asteria Indonesia dan PT Kramat Jadi. Jadi untuk pasar produk yang dijual PT Abadi sudah jelas.

b. Bapak Surya Abadi Budiman, adalah pribadi yang rendah hati, sederhana, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Beliau selalu memperlakukan semua tim management-nya dan semua karyawan dengan baik. Standar gaji dan kesejahteraan untuk karyawan sangat bagus. Turn over karyawan relatif rendah. Bapak Surya Abadi Budiman selalu menekankan agar semua tim management dan karyawan menjaga good corporate governance di perusahaan.

c. Tim manajemen terdiri dari orang-orang yang profesional di bidangnya dan berpengalaman. Manager Akuntansi, Manager Keuangan, dan Manager Pembelian, sebelum bergabung dengan PT Abadi adalah manager yang bekerja di PT Asteria Indonesia dan PT Kramat Jadi. Jadi mereka adalah orang-orang yang kompeten dan dapat dipercaya. Manager Akuntansi PT Abadi, ibu Kitty, SE, Msi, CA adalah lulusan dari perguruan tinggi di Luar Negeri. Sudah berpengalaman kerja 7 tahun di perusahaan publik.

d. Komite audit memberikan akses khusus ke tim audit untuk berdiskusi mengenai temuan audit. Komite audit memberikan pernyataan bahwa perusahaan memiliki pengendalian internal yang memadai. Perusahaan juga senantiasa menjaga good corporate governance.

4. Berdasarkan prosedur analitis terhadap laporan keuangan perusahaan tahun 2015 dan 2014, diperoleh informasi sebagai berikut :

Penjualan dan Piutang Usaha PT Abadi

Periode 2015 - 2014

2015 2014

Rp. Rp. Rp. %

Penjualan 615.250 526.400 88.850 17%

Harga Pokok Penjualan 412.800 405.600 7.200 2%

Laba Kotor 202.450 120.800 81.650

Persentase Laba Kotor 33% 23%

Piutang Usaha Akhir Tahun 102.600 45.700 56.900 125%

Persentase piutang dari penjualan 17% 9%

Perputaran Piutang Usaha 6,00 11,52

Jangka Waktu Piutang Usaha 2,00 1,04

Dalam Jutaan Rupiah Kenaikan (Penurunan)

(9)

83

Keterangan :

Data diambil dari Laporan Keuangan PT Abadi 2015, 2014

Perputaran Piutang Usaha diperoleh dari : Penjualan dibagi dengan Piutang Usaha akhir tahun

Jangka Waktu Piutang Usaha diperoleh dari : 12 bulan dibagi dengan Perputaran Piutang Usaha

Jangka Waktu Piutang Usaha menunjukkan rata-rata lamanya pelunasan piutang

Kuesioner Informasi Afektif

Penilaian Awal PT Abadi

1. Berdasarkan informasi yang anda terima, bagaimana perasaan anda terhadap Bapak Surya Abadi Budiman, pemilik perusahaan PT Abadi?

Netral 1 2 3 4 5 Sangat

Simpati

Netral 1 2 3 4 5 Sangat

Menghargai

Netral 1 2 3 4 5 Sangat

Kagum

Netral 1 2 3 4 5 Sangat

Percaya

2. Berdasarkan informasi yang anda terima, bagaimana perasaan anda terhadap manager Akuntansi PT Abadi, ibu Kitty, SE, MSi, CA dan tim manager lainnya ?

Netral 1 2 3 4 5 Sangat

Simpati

Netral 1 2 3 4 5 Sangat

Menghargai

Netral 1 2 3 4 5 Sangat

Kagum

Netral 1 2 3 4 5 Sangat

Percaya

(10)

84

TEMUAN DI LAPANGAN

Saat ini anda dan tim audit sedang melakukan audit untuk siklus penjualan dan piutang. Beberapa temuan yang anda catat adalah sebagai berikut :

1. Berdasarkan wawancara dengan Manager Marketing, peningkatan harga jual selama tahun 2015 kira-kira 2%, sedangkan kuantitas barang yang dijual meningkat sekitar 3%. Sedangkan berdasarkan prosedur analitis seperti tabel di atas, kenaikan penjualan 17%.

2. Berdasarkan sampling terhadap jurnal penjualan, terdapat transaksi penjualan yang dicatat dobel.

3. Beberapa konfirmasi piutang yang telah diterima menunjukkan ada beberapa saldo piutang yang disajikan terlalu besar karena sebenarnya piutang tersebut sudah dilunasi oleh pelanggan.

4. Berdasarkan pemeriksaan terhadap ketepatan pisah batas (cut off) transaksi penjualan terdapat penjualan periode 2014 yang tercatat kembali di periode 2015.

Terhadap temuan tersebut di atas, tim manajemen PT Abadi menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena adanya kesalahan sistem yang terjadi secara tidak sengaja. Manager Akuntansi, ibu Kitty menjelaskan kepada tim audit bahwa pada pertengahan tahun 2015 terjadi maintenance system untuk program penyusunan laporan keuangan. Kemungkinan hal ini yang menyebabkan terjadinya beberapa kesalahan pencatatan. Tim manajemen berterima kasih pada tim audit dan berjanji akan segera menindaklanjuti temuan tersebut.

KUESIONER AUDITOR FRAUD JUDGMENT

1. Berdasarkan temuan dalam audit seperti tersebut di atas, menurut pendapat saya kesalahan dalam pencatatan penjualan pasti hanya bersifat human error, dan bukan merupakan tindakan kecurangan.

Sangat

2. Saya berpendapat bahwa terdapat hal-hal yang kontradiktif antara penjelasan kepala bagian Marketing mengenai kenaikan harga jual dan kuantitas penjualan dengan laporan penjualan. Saya mencurigai adanya kecurangan dengan melebih-sajikan penjualan. Oleh karena itu saya merasa perlu untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai kemungkinan terjadinya kecurangan tersebut.

(11)

85

3. Sebagai pertimbangan mengenai kemungkinan terjadinya kecurangan di perusahaan, maka saya akan menetapkan tingkat risiko kecurangan. Saya percaya pada performance pemilik perusahaan dan tim manajemen perusahaan. Dengan reputasi mereka tentunya mereka tidak akan berbuat kecurangan yang akan menjatuhkan performance perusahaan. Saya akan menetapkan risiko kecurangan yang rendah karena menurut pendapat saya sangat kecil kemungkinan terjadinya kecurangan di perusahaan.

4. Saya akan memperluas pemeriksaan meskipun hal itu akan menyebabkan saya lembur dan tidak dapat menyelesaikan audit tepat waktu. Saya akan berusaha mencari bukti-bukti dokumentasi yang terkait temuan-temuan tersebut untuk mendapatkan bukti tambahan karena saya yakin akan adanya salah saji material yang disebabkan karena kecurangan.

Sangat

5. Menurut pendapat saya, perusahaan sebesar PT Abadi tidak perlu melakukan kecurangan, oleh karena itu saya tidak perlu mencari data lebih mendalam dari bagian lain seperti bagian gudang, bagian pengiriman, bagian penagihan dan sebagainya. Hal itu akan merepotkan perusahaan dan memperlambat penyelesaian audit. bukti audit yang saya kumpulkan belum memadai untuk memberikan opini. Meskipun demikian saya dan tim memutuskan untuk segera menghentikan audit agar bisa memenuhi time budget (batasan waktu) audit dari partner. Selain itu menurut pendapat saya perusahaan sebesar PT Abadi sudah selayaknya mempunyai penjualan sebesar itu dan tidak perlu berbuat kecurangan.

(12)

86

wawancara dengan manajemen mengenai harga jual produk. Dengan demikian saya bisa menyelesaikan audit tepat waktu.

Sangat

Kuesioner Skeptisme Profesional

Questioning Mind

1. Saya selalu menolak pernyataan dari orang lain kecuali saya dapat membuktikan bahwa hal tersebut benar

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 2. Teman saya berpendapat bahwa saya selalu menanyakan kebenaran dari sesuatu yang saya

dengar atau saya lihat Sangat

Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 3. Saya seringkali menanyakan sesuatu yang saya lihat atau dengar

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

Suspension of Judgment

4. Saya menunggu untuk memutuskan suatu isue sampai saya mendapat lebih banyak informasi Sangat

Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 5. Saya membutuhkan waktu untuk membuat keputusan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 6. Saya tidak suka membuat keputusan dengan cepat

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 7. Saya tidak suka membuat keputusan sampai saya melihat semua informasi siap tersedia

Sangat Tidak Setuju

(13)

87

8. Saya suka meyakinkan bahwa saya sudah mempertimbangkan informasi yang tersedia sebelum membuat keputusan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

Search for Knowledge

9. Prospek dari pembelajaran menggairahkan saya Sangat

Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 10. Menemukan suatu informasi baru memang menyenangkan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 11. Menurut pendapat saya, belajar adalah menyenangkan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 12. Saya suka mencari pengetahuan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 13. Saya menikmati dalam memutuskan jika yang saya baca atau dengar adalah benar

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 14. Saya menyukai pembelajaran

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

Interpersonal Understanding

15. Saya tertarik untuk mengetahui apa yang menyebabkan orang memiliki perilaku tertentu Sangat

Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 16. Perilaku orang lain tidak menarik perhatian saya

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 17. Saya tertarik untuk memahami alasan dari perilaku orang lain

Sangat Tidak Setuju

(14)

88

18. Saya jarang untuk mempertimbangkan mengapa orang berperilaku seperti itu Sangat

Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 19. Memahami tindakan yang diambil seseorang dan alasan melakukan tindakan tersebut adalah

sangat menarik Sangat 21. Saya percaya diri dengan kemampuan saya

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 22. Saya merasa bahwa saya dapat diandalkan

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 23. Saya tidak merasa yakin terhadap diri saya

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 24. Saya percaya dengan diri saya

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

Self Determination

25. Saya selalu menerima penjelasan orang lain tanpa berpikir lebih lanjut Sangat

Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 26. Saya cenderung untuk segera menerima apa yang diceritakan orang pada saya

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 27. Saya selalu menerima sesuatu yang saya lihat, baca atau dengar sesuai dengan apa adanya

Sangat Tidak Setuju

(15)

89

28. Saya selalu bertindak tidak konsisten dalam membuat penjelasan Sangat

Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 29. Biasanya saya selalu setuju dengan pemikiran orang lain dalam kelompok

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju 30. Saya merasa bahwa orang lain dapat mempercayai saya

Sangat Tidak Setuju

1 (STS) 2 (TS) 3 (N) 4 (S) 5 (SS) Sangat Setuju

(16)

90

(17)

91

Lampiran Data Responden Kuesioner

(18)

92

39 HANANTA Pria 23 Auditor Yunior 1 Pernah

40 BYSA Wanita 23 Auditor Yunior 2 Pernah

41 BYSA Pria 25 Auditor Yunior 0.333333 Pernah

42 BYSA Wanita 27 Auditor Yunior 1 Tidak Pernah

43 BYSA Pria 25 Auditor Yunior 1.5 Tidak Pernah

44 BYSA Pria 24 Auditor Yunior 1 Pernah

45 BYSA Wanita 23 Auditor Yunior 1 Tidak Pernah

(19)

93

(20)

94

Lampiran Hasil Tabulasi Data Responden Kuesioner

(21)

95

38

1

23

2

1

1

39

2

23

2

1

1

40

1

23

2

2

1

41

2

25

2

0.333333 1

42

1

27

2

1

2

43

2

25

2

1.5

2

44

2

24

2

1

1

45

1

23

2

1

2

(22)

96

(23)

97

Lampiran Hasil Tabulasi Variabel Penelitian

No Pengalaman

(24)

98

No

Pengetahuan

(25)

99

No

Akuntabilitas

(26)

100

No

Informasi Afektif

(27)

101

No

Auditor Fraud Judgment

(28)

102

(29)

103

Lampiran Hasil Pengujian SPSS

1.

Pengujian validitas dan reliabilitas variabel

PENGALAMAN

Reliability Statistics

(30)
(31)
(32)
(33)
(34)

108

2.

Pengujian Normalitas

Tests of Normality

Kolmogorov-Smirnov(a) Shapiro-Wilk

Statistic df Sig. Statistic df Sig. Unstandardized Residual .082 46 .200(*) .980 46 .618 2. * This is a lower bound of the true significance.

3. a Lilliefors Significance Correction

4.

Pengujian Heterokedastisitas

ANOVA(b)

Model

Sum of

Squares df Mean Square F Sig. 1 Regression 9.971 5 1.994 2.280 .065(a) Residual 34.994 40 .875 Total 44.965 45 a Predictors: (Constant), SKEPTISME, AKUNTABILITAS, PENGALAMAN, PENGETAHUAN, INFORMASI_AFEKTIF

b Dependent Variable: ABSRES

Coefficients(a)

Model Unstandardized Coefficients

Standardized

Coefficients t Sig. B Std. Error Beta

1 (Constant) 3.200 2.880 1.111 .273 PENGALAMAN -.038 .060 -.143 -.627 .534 AKUNTABILITAS -.039 .068 -.152 -.582 .564 INFORMASI_AFEKTIF -.025 .046 -.180 -.552 .584 PENGETAHUAN -.140 .063 -.633 -2.226 .032 SKEPTISME .031 .014 .499 2.226 .032

a Dependent Variable: ABSRES

(35)

109

5.

Menghilangkan Angka Ekstrim

Case Number Value Unstandardized Residual Highest 1 28 4.26742

2 30 3.00790 3 21 2.83004 4 40 2.79142 5 29 2.66664 Lowest 1 38 -4.12118 2 17 -2.58283 3 45 -2.09551 4 35 -2.08932 5 10 -1.88961

Menghilangkan angka ekstriim pada data nomor 28

6.

Melakukan pengujian Kedua

Uji Normalitas Kedua

Tests of Normality

Kolmogorov-Smirnov(a) Shapiro-Wilk

Statistic df Sig. Statistic df Sig. Unstandardized Residual .106 45 .200(*) .976 45 .460

* This is a lower bound of the true significance. a Lilliefors Significance Correction

Uji Heterokedastisitas Kedua

ANOVA(b)

Model

Sum of

Squares df

Mean

Square F Sig. 1 Regression 6.134 5 1.227 1.620 .178(a) Residual 29.529 39 .757 Total 35.663 44 a Predictors: (Constant), SKEPTISME, AKUNTABILITAS, PENGALAMAN, PENGETAHUAN, INFORMASI_AFEKTIF

(36)

110

Uji Heterokedastisitas Kedua

a Dependent Variable: ABSRES2

7.

Pengujian Multikolinearitas

Model Summary(b)

Model R R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate 1 .931(a) .867 .850 1.72560

a Predictors: (Constant), SKEPTISME, AKUNTABILITAS, PENGALAMAN, PENGETAHUAN, INFORMASI_AFEKTIF

b Dependent Variable: FRAUD_JUDGMENT

ANOVA(b)

Model

Sum of

Squares df Mean Square F Sig. 1 Regression 754.848 5 150.970 50.700 .000(a) Residual 116.130 39 2.978 Total 870.978 44 a Predictors: (Constant), SKEPTISME, AKUNTABILITAS, PENGALAMAN, PENGETAHUAN, INFORMASI_AFEKTIF

b Dependent Variable: FRAUD_JUDGMENT

Model

Unstandardized

Coefficients

Standardized

Coefficients

t

Sig.

B

Std. Error

Beta

(Constant)

3.526

2.685

1.313

.197

PENGALAMAN

-.036

.056

-.151

-.637

.528

AKUNTABILITAS

-.040

.063

-.168

-.629

.533

INFORMASI_AFE

KTIF

-.035

.043

-.268

-.803

.427

PENGETAHUAN

-.117

.058

-.583

-2.003

.052

(37)

111

Coefficients(a)

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized

Coefficients T Sig. Collinearity Statistics B Std. Error Beta Tolerance VIF 1 (Constant) 16.921 5.325 3.178 .003 PENGALAMAN .062 .111 .053 .562 .577 .378 2.643 AKUNTABILITA

S .047 .125 .041 .378 .707 .297 3.367 INFORMASI_AF

EKTIF -.264 .085 -.414 -3.098 .004 .191 5.230 PENGETAHUAN .308 .116 .311 2.661 .011 .251 3.984 SKEPTISME .054 .026 .197 2.096 .043 .389 2.570

a Dependent Variable: FRAUD_JUDGMENT

Residuals Statistics(a)

Minimum Maximum Mean Std. Deviation N Predicted Value 15.5437 31.0991 25.4222 4.14194 45 Residual -3.79631 3.34930 .00000 1.62460 45 Std. Predicted Value -2.385 1.371 .000 1.000 45 Std. Residual -2.200 1.941 .000 .941 45

a Dependent Variable: FRAUD_JUDGMENT

8.

Statistik Deskriptif

Descriptive Statistics

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :