UNSUR UNSUR logam golongan KEBUDAYAAN

Teks penuh

(1)

UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN Menurut Melville J. Herskovits 1. Alat-alat teknologi

2. Sistem ekonomi

2. Organisasi ekonomi

3. Alat-alat dan lembaga atau petugas pendidikan seperti keluarga 4. Organisasi kekuatan (politik)

Menurut Clyde Kluckhohn

1. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia

2. Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi 3. Sistem kemasyarakatan

4. Bahasa 5. Kesenian

6. Sistem pengetahuan

7. Sistem kepercayaan (religi)

1. Peralatan dan Perlengkapan Hidup

Peralatan dan perlengkapatan hidup berkaitan dengan benda-benda yang dipakai manusia untuk memenuhi segala kebutuhan.

Antara lain:

2. Sistem Mata Pencaharian Hidup · Berburu dan meramu

Dampak Masuknya Budaya Asing dan Hubungan Antarbudaya Dampak positif

§ Adanya alih teknologi

(2)

Dampak negatif § Sikap individualistis

§ Mengabaikan nilai-nilai kekeluargaan

§ Konsumerisme terhadap produk-produk luar negeri Hubungan antarbudaya

§ Akulturasi

Akulturasi dapat terjadi apabila dua kebudayaan yang bertemu kemudian berpadu dan menghasilkan suatu kebudayaan baru, namun tidak digantikan dengan budaya baru yang timbul.

Contohnya, gaya berpakaian wanita Indonesia yang tadinya berbusana tradisional tergantikan dengan pakaian modern pengaruh dari Barat.

§ Sintesis

Sintesis bisa terjadi apabila hasil perpaduan dua kebudayaan malah menghasilkan satu kebudayaan baru yang berbeda dengan dua budaya sebelumnya.

Contohnya, musik rock n roll yang dihasilkan dari perpaduan musik blues dengan musik country.

§ Penetrasi

Penetrasi adalah masuknya suatu kebudayaan dengan cara paksa atau kekerasan. Biasanya ini berkaitan erat dengan kolonialisme. Negara penjajah memasukkan budaya mereka pada negara jajahan dengan cara paksa.

Contohnya, pada zaman tanam paksa, masyarakat Indonesia dipaksa menanam komoditas yang laku di pasarana Eropa walau mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup akan hal itu.

Pengertian Akulturasi

Akulturasi adalah suatu proses yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dihadapkan dengan unsur kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. Contoh akulturasi: Saat budaya rap dari negara asing digabungkan dengan bahasa Jawa, sehingga menge-rap dengan menggunakan bahasa Jawa. Ini terjadi di acara Simfoni Semesta Raya.

Contoh Akulturasi : Masjid Menara Kudus, dimana perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu.

(3)

Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Suatu asimilasi ditandai oleh usaha-usaha mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan itu, asimilasi meliputi usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Contoh Asimilasi : orang orang etnis Tionghoa yang tinggal di Indonesia. Warga etnis Tionghoa yang sudah lama tinggal di Indonesia, akhirnya warga etnis Tionghoa ini bisa berbicara dengan Bahasa Indonesia dengan sangat fasih. Di desa-desa di Kalimantan, banyak warga etnis Tionghoa yang masih berbicara dengan dialek asli Cina, namun dialek yang mereka biasa pakai untuk berkomunikasi sudah tidak asli karena sudah tercampur dengan Bahasa Indonesia.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam proses asimilasi.

Pertama, masyarakat harus dapat menghargai unsur-unsur asing dan kebudayaan yang dibawanya. Tidak semua unsur-unsur asing berdampak negatif. Banyak hal yang dapat kita ambil manfaatnya dari unsur-unsur asing tersebut.

Kedua, adanya toleransi antarkebudayaan yang berbeda.

Toleransi adalah sikap menghargai kebudayaan atau pendapat yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.

Adanya toleransi antarkebudayaan memungkinkan kebudayaan-kebudayaan yang berbeda dapat hidup berdampingan secara damai. Masyarakat yang memiliki rasa toleransi tinggi cenderung mampu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang ada.

Ketiga, adanya sikap terbuka.

Masyarakat yang senantiasa menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dengan sikap terbuka, akan dapat hidup dengan sejahtera.

Inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Contoh Inovasi : Ketika Dahulu kala orang menggunakan jaring atau kerikil sebagai alat menghitung, lalu kemudian muncul swimpoa yang digunakan untuk penambahan dan pengurangan, swimpoa mudah dibawa ke mana-mana. Bentuknya berupa kerangka kayu dengan manik-manik pada batang-batangnya.

Menerima Unsur-Unsur Baru

Keseimbangan atau harmoni dalam masyarakat merupakan keadaan yang diidam-idamkan. Dengan keseimbangan, seluruh unsur-unsur kemasyarakatan akan benar-benar berfungsi dan saling mengisi.

(4)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...