Panduan Cara Mendaftar Sekolah Online TK SD SMP Negeri Semarang Panduan SMP 2017

Teks penuh

(1)

TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG

Jl. Dr. Wahidin 118 Semarang

(2)

Panduan Pendaftaran PPD Kota Semarang

Tahun Pelajaran 2017/2018

1. Tuliskan alamat http://ppd.semarangkota.go.id pada address bar dari browser

yang Anda gunakan, kemudian tekan Enter. Akan tampil halaman situs web Penerimaan Peserta Didik Kota Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018, sebagai berikut:.

2. Untuk melihat regulasi (peraturan) yang digunakan dalam pelaksanaan PPD 2016, silahkan klik menu REGULASI.

3. Untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pendaftar, silahkan klik menu PSD.

4. Untuk menggunakan perintah SMS tentang Petunjuk Penggunaan SMS untuk Mengakses InformasI PPD 2016 Kota Semarang silahkan klik menu banner Pusat Layanan Pesan Singkat.

5. Sedangkan untuk meminta informasi terkait pendaftaran online, silahkan klik menu banner Pusat Layanan Panggilan Telepon.

(3)

7. Setelah itu Anda akan berada pada halaman PPD khusus untuk jenjang SMP, seperti ditunjukkan pada tampilan berikut:

(4)

9. Untuk memulai pendaftaran klik menu pendaftaran

Catatan:

Untuk pendaftar yang lulus tahun 2016 dan berasal dari eks-Karesidenan Semarang (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Grobogan, Kabupten Kendal dan Kabupaten Demak) dapat langsung mengisi formulir pendaftaran secara online. Sedangkan yang bukan lulusan dari eks-Karesidenan Semarang atau yang lulus sebelum tahun 2016 diharuskan mencatatkan data awal terlebih dahulu melalui Pusat Layanan Panggilan Telepon (Call Center) atau panitia PPD sekolah yang akan dipilih.

10. Kemudian isi Formulir Pendaftaran sesuai isian yang tertera pada halaman berikut:

11. Beri tanda cek pada isian Saya bukan robot.

(5)

Quiz pemilihan gambar akan muncul apabila pendaftar sudah mencoba beberapa kali. Untuk perintah pemilihan gambar bisa berubah.

13. Isikan No. KPUN (Nomor Kartu Peserta Ujian Nasional), Tanggal Lahir, dan cek (captcha) yang terkadang berupa pilihan gambar. Semua form harus diisi atau tidak boleh ada yang kosong, karena kosong akan diberi pesan sebagai berikut:

14. Jika semua sudah Anda isi, kemudian tekan tombol Cek

Jika data yang Anda masukkan benar, sesuai ketentuan di atas, maka Anda bisa melanjutkan untuk melengkapi isian Formulir Pendaftaan. Namun jika data Anda tidak benar, maka akan muncul pesan kesalahan antara lain:

 Data tidak ada dalam database nominasi Perintah pilih

(6)

Penyebabnya data antara No. KPUN dan tanggal Lahir tidak cocok, atau data yang anda masukan tidak terdaftar di database kami.

Solusi: Hubungi Pusat Layanan Panggilan Telepon (Call Center) untuk mendapatkan konfirmasi kebenaran data nominasi Anda atau mencatatkan data awal Anda bagi lulusan sebelum 2016 atau lulusan yang berasal dari luar eks-Karesidenan Semarang.

 No. KPUN sudah pernah mendaftar

Penyebabnya No KPUN yang anda masukan sudah melakukan pendaftaran sebelumnya

Solusi: Jika Anda telah melakukan pencabutan berkas pendaftaran, maka untuk mendaftar lagi dapat dilakukan melalui menu Sunting/Cetak. ---

15. Jika data yang Anda isikan benar maka diharuskan melengkapi isian Formulir Pendaftaran berikut:

(7)

Catatan : Klik sebelumnya atau selanjutnya untuk navigasi

16. Untuk siswa yang NISNnya terdaftar dalam data prestasi, akan otomatis dikenali dari sistem apabila memiliki prestasi. Bagi yang belum terdaftar, memasukkan data prestasi secara manual.

17. Form yang bertanda bintang (*) berarti harus diisi atau tidak boleh kosong. Jika sudah mengisi semua data yang diperlukan klik tombol Simpan Formulir.

18. Jika data yang anda isikan benar maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

(8)

19. Untuk melakukan perbaikan data pendaftaran Anda, silahkan klik tombol Sunting data pendaftar. Sedangkan untuk mencetak Formulir Pendaftaran silahkan klik tombol Cetak Formulir Pendaftaran.

Penting untuk Anda ketahui:

 Cetakan Formulir Pendaftaran, Daftar Periksa Dokumen Pendaftaran dan Pernyataan Kebenaran Data PPD digunakan sebagai salah satu syarat untuk kelengkapan proses verifikasi data pendaftaran.

 Proses verifikasi data pendaftaran maupun pencabutan berkas pendaftaran dilakukan dengan datang langsung ke Sekolah Pilihan 1 (Pertama).

 Simpan kata sandi Anda, karena untuk melakukan Sunting Data/Cetak Data dibutuhkan kata sandi.

 Proses sunting data hanya bisa dilakukan sampai sebelum data diverifikasi oleh panitia PPD sekolah.

 Untuk pendaftar yang telah melakukan pencabutan berkas pendaftaran, untuk melakukan pendaftaran lagi dilakukan melalui menu Sunting/Cetak.

(9)

21. Untuk melihat rincian data Anda, klik Nomor KPUN Anda, sehingga akan terlihat detailnya seperti di bawah ini.

(10)

Lakukan tahapnya seperti langkah-langkah sebelumnya.

23. Isi Nomor KPUN dan kata sandi Anda juga Captcha kemudian klik tombol Proses. Sehingga muncul tampilan sebagai berikut

(11)

25. Klik tombol Batalkan jika Anda tidak jadi melakukan perbaikan (sunting) data pendaftaran dan klik tombol Lanjutkan jika akan meneruskan

26. Jika sudah selesai melakukan perbaikan data, silahkan klik tombol Simpan Formulir untuk menyimpan hasil perbaikan tersebut.

27. Setelah data Anda tersimpan, selanjutnya Anda harus mencetak Formulir Pendaftaran dengan mengeklik tombol Cetak Formulir Pendaftaran.

28. Kemudian anda harus mencetak halaman ini dengan klik tombol Cetak

(12)

30. Apabila tampil seperti gambar diatas, klik Pop up Blocker nya, klik Always allow pop, lalu klik Finished/Done.

31. Setelah selesai, ulangi klik Cetak. Klik disini

(13)

32. Anda masih diperkenankan memperbaiki data secara daring (online) melalui menu Sunting/Cetak selama data Anda belum diverifikas di Sekolah Pilihan Pertama.

(14)

34. Langkah berikutnya adalah calon peserta didik melakukan verifikasi di sekolah pilihan pertama.

35. Calon peserta didik dan orang tua/wali dapat memantau pada situs PPD http://ppd.semarangkota.go.id/smp, pada menu jurnal pendaftaran.

Selamat mendaftar di sekolah pilihan.

Figur

gambar  (bisa berubah-ubah)

gambar (bisa

berubah-ubah) p.5

Referensi

Memperbarui...