Laporan Individu Pendampingan Keluarga KKN PPM UNUD Periode XIII Tahun 2016 Desa Petandakan - Kecamatan Buleleng - Kabupaten Betandakan.

20  Download (0)

Full text

(1)

PENDAMPINGAN KELUARGA KKN-PPM UNUD PERIODE XIII TAHUN 2016

DESA/BANJAR : PETANDAKAN / PONDOK

KECAMATAN : BULELENG

KABUPATEN : BULELENG

NAMA MAHASISWA : I PUTU KRISNA EKAYANA SUPUTRA FAKULTAS/PS : EKONOMI DAN BISNIS / AKUNTANSI

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR

(2)

KATA PENGANTAR

Om Swastyastu,

Puji syukur saya panjatkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas anugerah dan berkat-Nya, penulis dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Kegiatan Pendampingan Keluarga di Desa Petandakan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng.

Program pendampingan keluarga merupakan salah satu program pokok non tema KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran dan Pemberdayaan kepada Masyarakat) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan atau kualitas hidup keluarga yang didampingi oleh mahasiswa dengan cara turut serta berpartisipasi dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang sedang dialami oleh keluarga tersebut dan berusaha untuk dapat menggali potensi yang dimiliki oleh keluarga dampingan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, penulis mendapat banyak petunjuk, bimbingan, saran, dan motivasi dari berbagai pihak yang terkait dalam kegiatan pendampingan keluarga. Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada:

 Bapak Dr. drh. Ida Bagus Ngurah Swacita MP. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah memberikan pengarahan, bimbingan, saran dan motivasi dalam pelaksanaan program ini.

 Bapak Wayan Joni Arianto. selaku Penjabat Kepala Desa Petandakan yang telah memberikan pengarahan, bimbingan, saran dan dukungan selama program KKN – PPM berlangsung.

 Bapak Kadek Agus Adi Putra sebagai Kelian Banjar Pondok, Desa Petandakan atas data yang telah diberikan kepada penulis .

(3)

 Seluruh warga Desa Petandakan termasuk Karang Taruna di Desa Petandakan atas kerja samanya selama pelaksanaan pelaksanaan program KKN-PPM.  Teman-teman kelompok KKN-PPM Desa Petandakan atas semangat,

dukungan dan kerja sama selama melaksanakan program ini.

 Kepada semua pihak yang terkait yang namanya tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan, maka sangat diharapkan saran dan membangun pikiran dari pembaca untuk perbaikan laporan ini di masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan dari penulis. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun tetap penulis harapkan demi kesempurnaan laporan ini.

Om Santih, Santih, Santih Om.

Petandakan, Agustus 2016

(4)

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL ………..…...i

HALAMAN PENGESAHAN ………..…… ..ii

KATA PENGANTAR ………..………... iii

DAFTAR ISI ………..……... v

BAB I GAMBARAN UMUM KELUARGA DAMPINGAN 1.1Profil Keluarga Dampingan ………...1

1.2Ekonomi Keluarga Dampingan ………..3

1.2.1 Pendapatan Keluarga ………...3

1.2.2 Pengeluaran Keluarga ………..3

BAB II IDENTIFIKASI DAN PRIORITAS MASALAH 2.1 Permasalahan Keluarga ………..………6

2.2 Masalah Prioritas ………..………..6

2.2.1Permasalahan Perekonomian………..……..…………..6

BAB III USULAN PENSOLUSIAN MASALAH 3.1 Program ………...…………7

3.2 Jadwal Kegiatan………...………7

BAB IV PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KELUARGA...9

BAB V PENUTUP 5.1 Simpulan ……….………..12

5.2 Saran ……….………12

(5)
(6)

BAB I

GAMBARAN UMUM KELUARGA DAMPINGAN

Progam Pendampingan Keluarga (PPK) adalah program unggulan yang dikembangkan sebagai muatan lokal dalam pelaksanaan program KKN PPM di Universitas Udayana. PPK merupakan program pokok non-tema yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa peserta KKN-PPM yang bersifat individu. Maksud dari program PPK adalah untuk membantu pemberdayaan keluarga melalui penerapan ilmu dan teknologi dalam bidang wirausaha, pendidikan, keterampilan, kesehatan, serta pembinaan lingkungan untuk membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Tujuan PPK adalah untuk meningkatkan kepedulian dan kemampuan mahasiswa mempelajari dan mengatasi permasalahan keluarga melalui bantuan penyusunan rencana dan pendampingan pada pelaksanaan program yang inovatif dan kreatif melalui penerapan ilmu dan teknologi bersama masyarakat dan lembaga pedesaan lainnya. Adapun sasaran PPK ini adalah Rumah Tangga Miskin (RTM) atau keluarga yang tergolong kedalam keluarga pra sejahtera (Pra-KS) atau keluarga yang mengalami ketertinggalan sehingga perlu pendampingan agar keluar dari ketertinggalannya.

1.1 Profil Keluarga Dampingan

(7)

Adapun data keluarga Bapak Nyoman Jirma sebagai berikut

No. Nama Status Umur Pendidikan Pekerjaan Keterangan

1. Nyoman

SMP/Sederajat Karyawan Anak

4.

Tahun SMP/Sederajat Pelajar Anak

5.

Komang Satya Praditama

Belum

Kawin 8 Tahun SD/Sederajat Pelajar Anak

6. Ketut

SD/Sederajat Tidak Ada Orang Tua

7. Luh Rikin

Belum Kawin

53

Tahun SD/Sederajat Wirausaha

Kakak Kandung

1.2 Ekonomi Keluarga Dampingan 1.2.1 Pendapatan Keluarga

(8)

Pendapatan yang diperoleh di keluarga Bapak Nyoman Jirma yang diperoleh dari hasil kerja Bapak Nyoman Jirma merupakan hasil dari menjadi buruh bangunan, ternak babi dimana pemasukan per-harinya kurang lebih sebesar Rp. 125.000.

1.2.2 Pengeluaran Keluarga a. Kebutuhan sehari-hari

Pengeluaran sehari-hari dari Bapak Nyoman Jirma meliputi pengeluaran kebutuhan dapur, dan kebutuhan rohani. Berikut penjelasan mengenai kebutuhan dapur dan kebutuhan rohani dari keluarga Bapak Nyoman Jirma.

1. Kebutuhan Dapur

Untuk pemenuhan kebutuhan makan dan lauk pauk sehari-harinya keluarga Bapak Nyoman Jirma mengeluarkan kurang lebih sekitar Rp 25.000,- perharinya, kebutuhan dapur ini di peruntukan untuk pembelian beras, lauk pauk dan sayur mayur. Terkadang Bapak Nyoman Jirma memetik sayur mayor dari kebun di sebelah rumahnya untuk menghemat pengeluaran dapur.

2. Kebutuhan Rohani

Untuk kegiatan kerohanian, biasanya keluarga Bapak Nyoman Jirma membuat sendiri banten untuk persembahyanan sehari-hari. Apabila ada upacara besar keagamaan biasanya keluarga Bapak Nyoman Jirma membeli janur untuk keperluan membuat banten. Selain itu, keluarga Bapak Nyoman Jirma juga biasanya meminta dari tetangga untuk sarana perlengkapan untuk mebanten sehingga dapat menghemat biaya.

b. Pendidikan

Untuk kebutuhan pendidikan keluarga Bapak Nyoman Jirma masih mengeluarkan dana karena anak kedua dari Bapak Nyoman Jirma masih melanjutkan pendidikan SMP dan anak ketiganya masih melanjutkan pendidikan SD. Jadi Bapak Nyoman Jirma masih mengeluarkan biaya untuk uang jajan anak-anaknya.

c. Kesehatan

(9)
(10)

BAB II

IDENTIFIKASI DAN PRIORITAS MASALAH

2.1. Permasalahan Keluarga

Setelah melakukan wawancara serta pengamatan dengan keluarga dampingan Bapak Nyoman Jirma diperoleh satu bidang permasalahan. Satu bidang permasalahan dari Keluarga Bapak Nyoman Jirma yaitu bidang perkonomian.

2.2 Masalah Prioritas

2.2.1 Permasalahan Perekonomian

(11)

BAB III

USULAN PENSOLUSIAN MASALAH

3.1 Program

Adapun usulan program yang dilaksanakan sesuai dengan permasalahan dan prioritas adalah sebagai berikut:

1. Memotivasi agar Keluarga Bapak Nyoman Jirma tidak putus asa dalam menyekolahkan anaknya kejenjang yang lebih tinggi.

2. Membantu memberikan sembako dan sarana pendidikan.

3. Program bimbingan belajar untuk anak Bapak Nyoman Jirma yang masih SD.

3.2 Jadwal Kegiatan

3.2.1 Perkenalan dengan KK Dampingan

No. Kegiatan Tempat Org. Jam Total

1. Pertemuan Dengan Kepala Desa Petandakan

Kantor Perbekel

2 2 4

2. Pertemuan dengan Kepala Dusun Banjar Pondok

Rumah Kepala Dusun Br. Pondok

2 2 4

3. Berkenalan dan Sosialisasi kepada KK Dampingan

Rumah KK Dampingan

2 3 6

Total 14

3.2.2 Kunjungan ke KK Dampingan

(12)

1. Kunjungan, Inventarisasi masalah dan

pemecahannya

Rumah KK Dampingan

8 60 480

Total 480

3.2.3 Pembuatan Laporan KK Dampingan

No. Kegiatan Tempat Org. Jam Total

1. Penyusunan laporan KK Dampingan

Posko 2 18 36

(13)

BAB IV

PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KELUARGA

4.1 Pemecahan Masalah

4.1.1 Permasalahan Ekonomi

Dalam masalah ekonomi dari keluarga dampingan, keluarga Bapak Nyoman Jirma hanya mengandalkan hasil sebagai buruh bangunan. Sehingga belum mencukupi untuk kehidupan sehari-hari beliau.

Untuk pemecahan permasalahan ekonomi dari beliau, pengelolaan keuangan dengan menabung merupakan salah satu jalur alternatif yang sangat efektif dan memungkinkan untuk dilakukan. LPD (Lembaga Perkreditan Desa) merupakan salah satu lembaga desa yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga Bapak Nyoman Jirma untuk menyimpan uangnya. Anak dari beliau bisa menyisihkan uang jajannya untuk menanbung di sekolah guna untuk persipaan menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dari bincang-bincang yang beberapa kali dilakukan bersama keluaga dampingan, diketahui bahwa pemasukan yang diperoleh dari pekerjaannnya digunakan untuk menutupi kegiatan sehari-hari dan keperluan mendadak seperti upacara adat keagamaan di desa, sehingga sisa pemasukan relatif kecil bahkan hampir tidak tersisa. Memperhatikan hal tersebut, saran yang paling mungkin diberikan adalah membiasakan keluarga untuk membuat laporan keuangan yang sederhana setiap hari untuk mengetahui arus kas laba/rugi dan menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung. Sehingga ketika ada hal terdesak seperti berobat mereka tidak bingung mencari uang.

4.2 Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksaan program KK Dampingan, diuraikan penulis seperti tabel berikut; No Tanggal Waktu Jam Tim Volume

JKEM

Kegiatan

1 24/07/16 09.00 – 11.00

(14)

2 27/07/16

15.00-4 jam 2 org 8 jam Berbincang-bincang dan mencatat profil KK Dampingan pencaharian KK Dampingan 7 10/08/16 16.00 – pengeluaran keuangan per bulan KK Dampingan beasiswa yang pernah diterima 11 20/08/16 15.00 –

20.00

5 jam 2 org 10 jam Membicarakan mengenai solusi yang dihadapi masalah ekonomi yang di alami KK Dampingan 12 21/08/16 15.00 –

20.00

5 jam 2 org 10 jam Membicarakan mengenai solusi yang dihadapi masalah pendidikan yang di alami KK Dampingan 13 22/08/16 15.00 –

20.00

5 jam 2 org 10 jam Membantu keluarga dampingan dan melaksanakan program mengajar bagi anak KK Dampingan 14 23/08/16 06.00 –

12.00

(15)

15 24/08/16 15.00-20.00

5 jam 2 org 10 jam Membantu keluarga dampingan dan melaksanakan program mengajar bagi anak-anak KK Dampingan 16 24/08/16 16.00 –

21.00

5 jam 2 org 10 jam Melakukan pendekatan tentang gambaran bantuan apa yang akan diberikan

17 25/08/16 16.00 – 20.00

4 jam 2 org 8 jam Mengambil foto dengan keluarga dampingan dan membahas bantuan 18 26/08/16 15.00 –

20.00

5 jam 2 org 10 jam Pemberian bantuan pada keluarga dampingan berupa sembako dan alat-alat tulis bagi anak-anak KK Dampingan

19 27/08/16 08.00 – 10.00

2 jam 2 org 4 jam Perpisahan dengan keluarga Bapak Nyoman Jirma

20 27/08/16 14.00 – 24.00

10 jam

1 org 10 jam Pembuatan Laporan KK Dampingan

TOTAL 90

jam

(16)

1 BAB V

PENUTUP

5.1 Simpulan

Berdasarkan hasil pengamatan dan KK Dampingan yang dilaksanakan kurang lebih selama 1 (satu) bulan, dapat diambil simpulan sebagai berikut:

a. Berdasarkan pengamatan penulis, Nyoman Jirma memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani kehidupan walaupun dalam keadaan yang kurang mampu.

b. Bukan hanya Nyoman Jirma yang memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani kehidupan, kakak kandung dari Nyoman Jirma yaitu Luh Rikin yang mengalami keterbatasan fisik sejak lahir pun mempunyai semangat yang tidak kalah dengan tetap berwirausaha membuat rokok tradisional.

5.2 Saran

Program kerja yang telah dilaksanakan memberikan manfaat yang baik bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan yang dijadwalkan. Demi kelancaran pendampingan keluarga kedepannya, saran atau rekomendasi yang dapat diajukan yaitu sebagai berikut :

(17)

2 LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Biodata Penanggung Jawab

Nama Lengkap : I Putu Krisna Ekayana Suputra

NIM : 1306305220

Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi Tanggal Lahir/Umur : 9 September 1995 /20 tahun Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama : Hindu

Status Pernikahan : Belum menikah

Alamat : Jalan Antasura Gang Melati no.4 , Denpasar

No. HP : 081239325280

(18)

3 LAMPIRAN FOTO

(19)

4

(20)

5

Figure

Gambar 1. Kondisi rumah Nyoman Jirma

Gambar 1.

Kondisi rumah Nyoman Jirma p.18
Gambar 2. Kondisi dapur Nyoman Jirma

Gambar 2.

Kondisi dapur Nyoman Jirma p.19
Gambar 3. Foto bersama keluarga Nyoman Jirma

Gambar 3.

Foto bersama keluarga Nyoman Jirma p.20

References

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in