Peranan dan Tanggung Jawab Hukum PT. Pelindo I Terhadap Kapal yang Bersandar (Studi PT. Pelindo I )

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

5

Mario Rizky Sinaga*) Sinta Uli P, SH.,M.Hum **)

Aflah, SH, M.Hum ***)

ABSTRAK

Pelabuhan merupakan tempat yang terdiri atas daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang, dan/atau bongkar muat barang, berupa terminal dan tempat berlabuh kapal yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra-dan antarmoda transportasi. Barang yang akan diangkut dengan kapal akan dibongkar dan ditinggalkan ke angkutan lain seperti angkutan darat sebaliknya barang yang diangkut dengan angkutan darat kepelabuhan seperti perbankan, perusahaan pelayaran, bea cukai, imigrasi, karantina, syahbandar dan pusat kegiatan lainnya.

Permasalahan yang di teliti adalah Bagaimana peranan PT. Pelindo I dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab terhadap kapal bersandar di pelabuhan, apa hambatan-hambatan yang terjadi dalam penyelenggaraan kapal sandar di pelabuhan Belawan, dan bagaimana tanggung jawab PT. Pelindo I dan penyelesaian hukum dalam permasalahan kapal yang bersandar.

Metode Penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah Yuridis Normatif. Dimana dalam penelitian yuridis normatif pengumpulan data-data serta studi kepustakaan maupun studi lapangan dan menggambarkan kondisi dengan melakukan riset langsung ke lapangan untuk memperoleh data-data yang berhubungan dengan penulisan skripsi tersebut .

Pelabuhan dalam aktivitasnya mempunyai peran penting dan strategis untuk pertumbuhan industri dan perdagangan serta merupakan segmen usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional. Sebagai pelayanan publik dalam bidang perhubungan laut PT. Pelindo I memiliki beberapa aturan-aturan hukum yang digunakan untuk mendukung dan memperlancar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam pelabuhan serta memperhatikan perkembangan bisnis dan untuk meningkatkan kinerja operasional pelayanan jasa kepelabuhanan, dipandang perlu menyesuaikan Sistem dan Prosedur Pelayanan Jasa Kepelabuhanan. Pengaturan kegiatan lalu lintas kapal sandar dilingkungan PT.Pelindo I Belawan terdapat prosedural yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan dalam melakukan kegiatan. Dalam peranannya sebagai pelayanan jasa persinggahan kapal yang bersandar sebaiknya PT. Pelindo I melakukan peran serta tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku. Dimana jika terjadi permasalahan dalam proses bersandarnya kapal dapat diselesaikan dengan proses hukum yang ada.

Kata Kunci : Tanggung Jawab dan Kapal Sandar

*Mario Rizky Sinaga, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara **Sinta Uli P, SH.M.Hum, Dosen pembimbing I

***Aflah, SH.M.Hum, Dosen Pembimbing II

iii

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :