Analisis Kinerja Petugas Malaria dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang Tahun 2014

Teks penuh

(1)

DAFTAR PUSTAKA

Abolla. A. S, 2010. Teori Pengetahuan Menurut Plato. (kol.5) tgl 4 Maret 2014 jam 16.25 WIB Theologyphilosophy07. biogspot.com

Bungin B, 2010. Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group Amirin. T. M, 2011. "Pengertian Sarana dan Prasarana Pendidikan." (Kol.3). Tgl 4

Maret 2014. Jam 18.38 WIB. tatangmanguny.wordpress.com.

Dachi, Srimawarni, 2010. Pengaruh Kompetensi dan Sistem Imbalan terhadap Kinerja Petugas P2PM Puskesmas dalam Penanggulangan Malaria melalui Kegiatan Surveilans di Kabupaten Nias Selatan . Tesis. FKM USU

Dinkes Kab. Deli Serdang, 2013. Profil Kesehatan Kabupaten Deli Serdang Tahun 2013. Dinkes Kab. Deli Serdang, Lubuk Pakam.

Kambulawang, Kanisius Dugis, 2010. Analisis Kinerja Kerja Petugas Pelaksana

Program Malaria dari Aspek Lingkungan yang Mempengaruhi Peningkatan Kasus Malaria di Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2010. FKM UGM. Kemenkes RI, 2011. Epidemiologi Malaria di Indonesia. Kementerian Kesehatan RI,

Jakarta.

_____, 2012. Laporan Pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium di Indonesia.

Khayati, Nur, 2012. Beberapa Faktor Petugas yang berhubungan dengan Pelaksanaan Surveilans Epidemiologi Malaria Tingkat Puskesmas di Kabupaten Purworejo. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2012, Halaman 364-373. Universitas Diponergoro. Bandung

_____ , 2013. Epidemiologi Malaria di Indonesia.(Jurnal Malaria), Vol.1, Triwulan I, Jakarta. Kol.1.diakses tgl 20 Maret 2014. Jam 15.45 WIB;

_____, 2013. Pedoman Penatalaksanaan Kasus Malaria di Indonesia. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

(2)

_____, 2014. Bupati Deli Serdang terima Penghargaan Sertifikat Eliminasi Malaria. www.deliserdangkab.go.id (Jurnal Malaria) tgl. 01 September 2014 kol.1 jam.08.30 WIB.

Meliono, Irmayanti, 2013. Pengetahuan. id.wikipedia.org. (kol.2).Tgl 4 Maret 2014. Jam 17.30 WIB.

Moleong, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. Notoatmodjo S, 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. PT. Rineka Cipta.

Jakarta.

Ngadorodjatun, 2013. Determinan Kinerja Petugas Imunisasi di Puskesmas Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal AKK, Vo.l 2 No. 2, Mei 2013.

Rahmawati S, Sesarina N, Maghfirotin A, 2013. Teori Pengetahuan Immanuel Kant.

Robbins, P. Stephen, 2007. Perilaku Organisasi (Konsep, Kontroversi dan Aplikasi). Penerbit Prenhallindo : Jakarta

Roosihermiatie, Betty, 2012. Analisi Implementasi Kebijakan Eliminasi Malaria di Propinsi Bali. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan.Vol. 15 No.2

Suhartono, 2002. Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Surveilans Malaria di

Kabupaten Gorontalo.

Jakarta

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Jilid I, Cetakan I, Bandung : Alfabeta.

Salusu, 2010. Konsep Strategi Definisi, Perumusan, Tingkatan dan Jenis Strategi. (Jurnal Manajemen) Universitas Hasanudin.

Susanto, Hendri, 2014. Pengaruh Fasilitas Kesehatan terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Bontang Utara di Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang. eJournal Administrasi Negara, 2014, 2 (1) : 367-381. Universitas Mulawarman. Samarinda

(3)

Lampiran 1

PEDOMAN WAWANCARA MENDALAM

ANALISIS KINERJA PETUGAS MALARIA DALAM PENEMUAN DAN PENGOBATAN KASUS MALARIA DI PUSKESMAS

KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2014

Identitas Informan (Kepala Puskesmas)

a. Nama : ... b. Pekerjaan/Jabatan : ... c. Lama Bekerja/bertugas : ... d. Menduduki jabatan terakhir selama : ... e. Pendidikan : ... f. Alamat/ No Telp/HP : ... Kuesioner :

1. Pengetahuan

a. Mohon bapak/ibu jelaskan apakah Pelatihan Tata Laksana Kasus Malaria kepada petugas malaria puskesmas yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang menambah pengetahuan petugas malaria dalam menangani penemuan dan pengobatan kasus malaria di puskesmas! (probing: kapan, di mana, siapa yang menyampaikan, siapa pesertanya, berapa kali diadakan)

(4)

menangani penemuan dan pengobatan kasus malaria! (probing : kapan, kepada siapa saja, siapa yang menyampaikan, berapa kali disampaikan, apa saja yang disampaikan, apa media penyampaiannya)

c. Mohon bapak/ibu jelaskan apakah pelatihan tatalaksana kasus malaria kepada dokter puskesmas yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Deli Serdang menambah pengetahuan dokter dalam menangani penemuan dan pengobatan kasus malaria ! (probing: apa yang diharapkan untuk peningkatan program malaria)

d. Mohon bapak/ibu jelaskan apakah pernah dilaksanakan pelatihan penemuan dan pengobatan kasus malaria kepada kader ! (probing : kapan, siapa yang melaksanakan dan berapa kali dalam setahun)

2. Strategi

a. Mohon bapak/ibu jelaskan mengenai strategi apa yang dipakai dalam pelaksanaan penemuan dan pengobatan kasus malaria di puskesmas bapak/ibu apakah sesuai dengan Permenkes No. 5 Tahun 2013 Tentang Tatalaksana Kasus Malaria !.

b. Mohon bapak/ibu jelaskan apakah pernah membuat strategi baru selama proses analisis kebijakan tentang kinerja petugas malaria dalam penemuan dan pengobatan kasus malaria dimana puskesmas bapak/ibu adalah wilayah endemis malaria di Kabupaten Deli Serdang !

(5)

mengatasi penemuan dan pengobatan kasus malaria di puskesmas ! (probing : adakah usulan buat perbaikan perencanaan dalam menangani masalah malaria kedepannya)

d. Mohon bapak/ibu jelaskan apakah koordinasi dengan lintas sektoral dalam pelaksanaan penemuan dan pengobatan kasus malaria di puskesmas mendapat dukungan yang positif ! (probing : berapa kali dilakukan dalam setahun dan siapa penyelenggaranya ?)

3. Sarana/Prasarana

a. Mohon bapak/ibu jelaskan mengenai ketersediaan sarana dan prasarana dalam menunjang pelaksanaan penemuan dan pengobatan kasus malaria di puskesmas apakah sudah memadai ? (probing : dilihat dari ketersediaan alat, reagensia dan obat-obatan)

b. Mohon bapak/ibu jelaskan mengenai ketepatan pelaporan petugas malaria ke Dinas Kesehatan Kab. Deli Serdang, apakah masih dalam pengawasan bapak/ibu sebagai kepala puskesmas ?

c. Mohon bapak/ibu jelaskan apakah stock reagensia dan obat-obatan untuk penemuan dan pengobatan kasus malaria masih mencukupi di puskesmas? (probing : bagaimana dengan masa expayetnya)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :