If you have your health and people in your life to love, you are blessed. Be thankful for the blessings in your life.

Teks penuh

(1)

bIArKAn TUHAn berCerITA

Article source from http://www.sabda.org Ayat bacaan: Lukas 1:5-25

“Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab

Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya.” (ayat 7)

di dinding ruang tamu kami terpasang pigura bergambar The Last supper. Terbentuk dari seribu keping puzzle yang disusun oleh istri saya. sekilas tampak sempurna tetapi... sebenarnya ada satu potong yang hilang dan harus diganti dengan tiruannya. Kelihatannya sempurna, namun ada “tetapi”-nya.

Kehidupan pasangan Zakharia dan elisabet tampaknya sempurna (ay. 6). Ternyata ada “tetapi”-nya. mereka belum dikaruniai keturunan (ay. 7). sekilas tiada masalah, tetapi nyatanya mereka memikul beban. Bagi manusia “tetapi” adalah pagar pembatas. Titik. masalah. Bagi Tuhan, “tetapi” adalah gerbang terbuka. Koma. Jalan. masih ada cerita, bahkan yang tak pernah diduga. maka, campur tangan ilahi pun datang. malaikat

berkabar elisabet akan hamil (ay. 13). Bagi Tuhan selalu ada jalan. Tak heran janin dalam rahim elisabet disapa sebagai perintis jalan bagi Tuhan (ay. 17).

Hidup ini bertaburan dengan “tetapi”. Baru menikah, tetapi terancam bercerai. Berhasil, tetapi sakit. Cerdas berpotensi, tetapi belum ketemu jodoh. gaji oke, tetapi rekan kerja bikin sebel. sudah lulus, tetapi belum dapat pekerjaan. Jangan putus asa! walaupun kita dibebat keterbatasan, jika Tuhan campur tangan bertindak, selalu ada jalan terbuka. Tetaplah berdoa, berupaya, dan berpengharapan di dalam Tuhan. Jalan kita bukan jalan-nya. “Tetapi” itu menandakan bahwa cerita itu masih berlanjut. Biarkanlah Tuhan menyelesaikan cerita hidup kita. sebuah cerita yang elok, tentunya.

KITA HAnYALAH PeLAKU DALAm CerITA KeHIDUPAn InI. IZInKAn TUHAn, SAnG PenULIS nASKAH, YAnG berCerITA.

wInTer of DIvIne Power

2 Corinthians 4:7

“But we have this treasure in jars of clay to show that this all-surpassing power is from God and not from us.” (niV)

2 Korintus 4:7

“Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah

liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.”

“If you have your health and people in your life to love, you are blessed.

Be thankful for the blessings in your life.”

(2)

s

uatu hari saya naik sebuah taxi menuju ke Bandara. Kami melaju pada jalur yang benar, ketika tiba-tiba sebuah mobil hitam melompat keluar dari tempat parkir tepat di depan kami. supir taxi menginjak pedal rem dalam-dalam hingga ban mobil berdecit dan berhenti hanya beberapa cm dari mobil tersebut.

Pengemudi mobil hitam tersebut mengeluarkan kepalanya dan memaki-maki ke arah kami. supir taxi hanya tersenyum dan melambai pada orang tersebut. saya sangat heran dengan sikapnya yang bersahabat.

saya bertanya, “Mengapa anda melakukannya? Orang itu hampir merusak mobil anda dan dapat saja mengirim kita ke rumah sakit?” saat itulah saya belajar dari

supir taxi tersebut mengenai apa yang saya kemudian sebut “Hukum Truk Sampah”.

ia menjelaskan bahwa banyak orang seperti truk sampah. mereka berjalan keliling membawa sampah, seperti frustrasi, kemarahan, kekecewaan. seiring dengan semakin penuh kapasitasnya, semakin mereka membutuhkan tempat untuk membuangnya

dan seringkali mereka membuangnya kepada orang lain termasuk anda.

Jangan ambil hati, tersenyum saja, lambaikan tangan, lalu lanjutkan hidup. Jangan ambil sampah mereka untuk kembali anda buang kepada orang lain yang anda temui di tempat kerja, di rumah atau dalam perjalanan.

intinya, orang yang sukses adalah orang yang tidak membiarkan “truk sampah” mengambil alih hari-hari mereka dengan merusak suasana hati.

Hidup itu 10% mengenai apa yang kau buat dengannya dan 90% tentang bagaimana kamu menyikapinya. You choose to be Happy or grumpy!

Hidup ini jangan diisi dengan hati sampah, maka kasihilah orang yang memperlakukan anda dengan benar, berdoalah bagi yang memperlakukan anda tidak benar.

Hidup bukan mengenai menunggu badai berlalu, tapi tentang bagaimana belajar menari dalam hujan. Jangan pernah menghakimi orang lain, biarlah kita menjadi pribadi bijak dan mencoba belajar mengerti orang lain.

HUKUm TrUK SAmPAH

Kita tidak dapat mengubah masa lalu. Kita tidak dapat mengubah tingkah

laku orang. Kita tidak dapat mengubah apa yang pasti terjadi.

satu hal yang dapat kita ubah adalah satu hal yang dapat kita kontrol, dan

itu adalah sikap kita.

The evidence that someone truly has a

relationship with god is that they keep His word.”

(3)

Ayat bacaan: matius 6:19

“Janganlah kamu mengumpulkan harta

di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.”

Ayat di atas adalah suatu larangan atau peringatan supaya anak-anak Tuhan tidak lagi berfokus pada perkara-perkara dunia. Harta adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada manusia untuk menghidupi hidupnya, harta adalah sesuatu yang Tuhan sediakan, Pemazmur mengatakan bahwa: ketika kita masih tidur Tuhan sudah menyediakan roti yang kita butuhkan untuk esok pagi, tetapi bukan berarti mengajarkan kita untuk tidak bekerja.

Ayat yang dikatakan Pemazmur justru mengajarkan bahwa ada jaminan yang Allah sediakan bagi kita. Untuk itu tempatkanlah harta itu sebagai alat dalam kehidupan, bukan tujuan utama, tidak ada yang salah dengan

harta atau kekayaan, yang salah adalah sikap terhadap harta itu, jangan harta menjadi jaminan hidup kita.

makanya tidak heran kalau Yesus berkata, “Sesungguhnya sukar sekali bagi seorang

kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.”

orang kaya sukar masuk sorga bukan karena kekayaannya, melainkan sikap terhadap kekayaan itu.

Kekayaan dijadikan ukuran iman, ukuran berkat Tuhan dan akhirnya, percaya kepada Tuhan adalah untuk memperoleh kekayaan.=

Harta memang bisa menjadi godaan, banyak orang terjatuh karenanya, bahkan Yesus pernah mengatakan perumpamaan mengenai penabur, benih yang ditaburkan jatuh di semak duri, maka kekuatiran dan tipu daya kekayaan dunia menghimpit dan mematikan benih itu, benih tidak sempat bertumbuh apalagi berbuah.

oleh karena itu, sangat menyedihkan sekali ketika kekayaan menjadi target dalam

bUKAn HAmbA UAnG

Ayat bacaan: efesus 5:4

“Demikian juga perkataan yang kotor, yang

kosong atau yang sembrono - karena hal-hal ini tidak pantas - tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.”

mengenai pembicaraan diantara umat Tuhan, Paulus menuliskan kepada jemaat efesus, ada 3 jenis kata-kata yang harus dihindari oleh umat Tuhan. diterjemahkan oleh LAi dengan:

1. Perkataan Kotor 2. Perkataan Kosong 3. Perkataan sembrono

dalam bahasa gerika:

1. Aischrotes = Kata-kata cabul, kotor dan memalukan.

2. morologia = foolish talking (kata-kata konyol/tolol tidak bermakna).

3. eutrapelia = bahasa yang kotor/ tidak senonoh/mesum. Kelakar yang keji dan kasar.

Roh Kudus akan menolong anak-anak Tuhan yang rindu hidup kudus, sehingga bibir mulut mereka berkenan pada Tuhan.

(4)

sebelum Tuhan Yesus meninggalkan murid-muridnya, dia hendak mewariskan “DAMAI

SEJAHTERA” yang menjadi milik-nya sendiri

kepada murid-muridnya.

Yohanes 14:27, “Damai sejahtera

Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera- Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

Luar biasa! damai sejahtera juga diberikan kepada kita semua karena kita murid-murid Tuhan Yesus juga.

Tuhan Yesus mendemontrasikan diri-nya berjalan diatas air, menaklukkan ciptaann-nya tanpa rasa gelisah dan tanpa rasa gentar hatinya.

damai sang Pencipta itu sekarang diberikan dan tinggal di dalam hati kita semua sehingga kita tidak perlu gentar dan tidak perlu gelisah menghadapi dunia dengan segala permasalahannya yang masih berada dibawah kuasa si jahat.

selamat menikmati dan menjaga damai sang Pencipta didalam hati kita.

DAmAI YAnG SeJATI

keberimanan kepada Yesus, apalagi banyak pengkhotbah yang memanipulasi ayat hanya untuk membenarkan pandangannya, bahwa ikut Tuhan harus kaya, kita ini anak raja.

Coba kita teliti kehidupan para rasul,

kekayaan utama mereka bukan pada harta, melainkan iman, kekayaan hanyalah bonus atas kerajinan, kesungguhan, kejujuran dan ketaatan pada firman Tuhan.

(5)

THInGS To PonDer

Ayat bacaan: matius 7:15-23

“Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu

yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?

Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.

Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.

Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti

ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Complaining doesn’t change a thing! But choosing a

thankful attitude can help me enjoy a perfectly lousy day.”

~ Joyce meyer

Take thankfulness with you everywhere you go. what

are you thankful for today?”

~ Joyce meyer

whatever you’re facing today, trust in the Lord’s

faithfulness. ‘The Lord himself will fight for you. Just stay

calm.’”

~ exodus 14:14 nLT

bUAH KeHIDUPAn

(6)

roCK mInISTrY

singAPoRe

KomUnITAS

meSIAnIK (Km)

every 1st and 3rd Friday, 07.30 Pm

Km AbrAHAm

ibu Helen (65) 9628 3796 (east Coast)

every Thursday, 07.30 Pm

Km JoHn THe bAPTIST & Km DAnIeL

Lenny (65) 9457 7470 ervita (65) 9071 0442 (Ang mo Kio/orchard) every Friday, 07.30 Pm

Km DAvID & Km SAmUeL

sumarto (65) 9144 6605 (serangoon/Upper Thompson) every Thursday/Friday, 08.00 Pm Km JoSePH (YoUTH) Alink (65) 9066 4130 (Toa Payoh/Braddel)

For more information:

email: gbirock.sg@gmail.com | web: www.rocksg.org | Tel: (65) 6251 5378

Pak Harry Pudjo: (65) 8876 0979 | ibu Tammie: (65) 8428 3739

ROCK MINISTRY SINGAPORE COVERED BY: Enjoy Church

YoUTH ServICe

we will be back next year! Juanita (65) 8322 6412 CHILDren’S CHUrCH every sunday, 10.30 Am Alink (65) 9066 4130 PrAYer meeTInG every saturday, 12.30 Pm Coronation Rd 21A (kediaman bapak gembala) ida (65) 9234 9771

Anda ingin belajar alkitab?

Visit www.sabda.org

now you can SUbSCrIbe:

• Our digital Kingdom news at www.rocksg.org we will send it every tuesday

• Our weekly sermon (video) at

www.youtube.com/user/gbirocksg

SUnDAY ServICe

10.00 Am

Holiday Inn Singapore orchard City Centre

11 Cavenagh Rd, singapore 229616 For further information about the details of the location, please contact

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :