SKRIPSI. Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan Biologi

Teks penuh

(1)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASH MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN

MOTIVASI SISWA KELAS VII MTs TARBIYATUSH SHIBYAN MARGOMULYO JUWANA PATI TAHUN

AKADEMIK 2014/2015

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

dalam Ilmu Pendidikan Biologi

Oleh : Juli Mohtohar NIM : 103811014

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO

SEMARANG 2014

(2)

PERNYATAAN KEASLIAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Juli Mohtohar

NIM : 103811014

Jurusan : Pendidikan Biologi

menyatakan bahwa skripsi yang berjudul :

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASH MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN

MOTIVASI SISWA KELAS VII MTs TARBIYATUSH SHIBYAN MARGOMULYO JUWANA PATI TAHUN

AKADEMIK 2014/2015

Secara keseluruhan adalah hasil penelitian/karya saya sendiri, kecuali bagian tertentu yang dirujuk sumbernya.

Semarang, 4 Desember 2014 Pembuat Pernyataan,

Juli Mohtohar NIM : 103811014

(3)

KEMENTERIAN AGAMA R.I

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

Jl. Prof. Dr. Hamka (Kampus II) Ngaliyan Semarang Telp. 024-7601295 Fax. 7615387

PENGESAHAN Naskah skripsi berikut ini :

Judul : Efektivitas Penggunaan Media Flash Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas VII MTs Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati Tahun Akademik 2014/2015

Penulis : Juli Mohtohar

NIM : 103811014

Jurusan : Pendidikan Biologi Program Studi : S1

telah diujikan dalam sidang munaqosah oleh Dewan Penguji Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang dan dapat diterima sebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjana dalam Ilmu Pendidikan Islam.

Semarang, 31 Desember 2014 DEWAN PENGUJI

Ketua, Sekretaris,

Dr. Lianah, M.Pd. Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag. NIP. 19590313 198103 2007 NIP. 19690320 199803 1004

Penguji I, Penguji II,

Drs. Listyono, M.Pd. Agus Khunaifi, M.Ag. NIP. 19691016 200801 1008 NIP. 19760226 200501 1 004

Pembimbing I, Pembimbing II,

Sofa Muthohar, M.Ag Nur Hayati, S.Pd, M.Si NIP.197507052005011001 NIP. 197711252009122001

(4)

NOTA DINAS Semarang, 3 Desember 2014

Kepada

Yth. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo

di Semarang

Assalamu’alaikum wr.wb

Dengan ini diberitahukan bahwa saya telah melakukan bimbingan, arahan dan koreksi naskah skripsi dengan :

Judul : Efektivitas Penggunaan Media Flash Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas VII MTs Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati Tahun Akademik 2014/2015

Penulis : Juli Mohtohar

NIM : 103811014

Jurusan : Pendidikan Biologi Program Studi : S1

Saya memandang bahwa naskah skripsi tersebut sudah dapat diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo untuk diajukan dalam sidang munaqosah.

Wassalamu’alaikum wr,wb

Pembimbing I,

Sofa Muthohar, M. Ag NIP.197507052005011001

(5)

NOTA DINAS Semarang, 4 Desember 2014

Kepada

Yth. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo

di Semarang

Assalamu’alaikum wr.wb

Dengan ini diberitahukan bahwa saya telah melakukan bimbingan, arahan dan koreksi naskah skripsi dengan :

Judul : Efektivitas Penggunaan Media Flash Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas VII Mts Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati Tahun Akademik 2014/2015

Penulis : Juli Mohtohar

NIM : 103811014

Jurusan : Pendidikan Biologi Program Studi : S1

Saya memandang bahwa naskah skripsi tersebut sudah dapat diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo untuk diajukan dalam siding munaqosah.

Wassalamu’alaikum wr,wb

Pembimbing II,

Nur Hayati, S.Pd, M.Si NIP. 197711252009122001

(6)

ABSTRAK

Judul : Efektivitas Penggunaan Media Flash Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas VII MTs. Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati Tahun Akademik 2014/2015

Penulis : Juli Mohtohar (103811014)

Skripsi ini membahas tentang efektifitas penggunaan media flash yang digunakan oleh guru Mata pelajaran IPA dalam memotivasi belajar peserta didik kelas VII di Mts. Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana. Penelitian ini dilatarbelakangi karena peserta didik yang merasa kesulitan dan kurang tertarik dengan pelajaran IPA(Biologi). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana Efektifitas Penggunaan Media Flash Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas VII MTs. Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Patipada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode wawancara, metode observasi, dan metode angket. Dari metode dokumentasi didapat jumlah populasi siswa kelas VII. Teknik angket diberikan untuk mendapatkan data akhir hasil angket motivasi siswa yang dijadikan bahan pengukuran dalam penelitian.

Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata pra perkaluan

x

1 = 64,07 dan rata-rata pasca perlakuan

x

2 = 64,47 dengan n1 = 30 dan n2 = 30 diperoleh thitung = 0.483. Dengan α = 5% diperoleh ttabel = 1,699. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh data thitung ≤ ttabel, maka dapat disimpulkan penolakan terhadap Ho. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket paska perlakuan lebih tinggi di bandingkan dengan rata-rata hasil angket pra perlakuan, maka dapat dikatakan bahwa media flash efektif untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VII materi organisasi kehidupan.

(7)

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillâhi rabill ‘aalamin. Segenap puja dan puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan petunjuk, bimbingan dan kekuatan lahir batin kepada diri peneliti, sehingga penelitian hasil dari sebuah usaha ilmiah yang sederhana ini guna menyelesaikan tugas akhir kesarjanaan terselesaikan dengan sebagaimana mestinya.

Shalawat dan salam semoga dilimpahkan oleh-Nya kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, sosok pilihan yang membawa proses transformasi dari masa yang gelap gulita ke zaman yang penuh peradaban ini, juga kepada para keluarga, sahabat serta semua pengikutnya yang setia disepanjang zaman.

Penelitian yang berjudul EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASH MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS VII MTs TARBIYATUSH SHIBYAN MARGOMULYO JUWANA PATI TAHUN AKADEMIK 2014/2015 ini pada dasarnya disusun untuk memenuhipersyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang. Karya ini merupakan salah satu sudut pandang bagi kita dalam melihat suatu fenomena yang ada dalam dunia pendidikan.Karena dengan media ini penulis telah banyak belajar, berfikir, berimajinasi, mencurahkan segenap kemampuan dalam hal pemikiran, kreativitas dan ketelitian untuk ikut serta memikirkan apa yang bisa dilakukan oleh para guru dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif dan meningkatkan motivasi siswa.

Usaha dalam menyelesaikan skripsi ini memang tidak bisa lepas dari berbagai kendala dan hambatan, akan tetapi dapat penulis selesaikan walaupun masih banyak kekurangan yang ada. oleh karena itu izinkan peneliti ingin mengucapkan terima kasih kepada hamba-hamba Allah yang membantu peneliti sehingga karya sederhana ini

(8)

bisa menjadi kenyataan, bukan hanya angan dan keinginan semata, diantaranya kepada :

1. Dr. H. Darmuin, M.Ag., Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo semarang.

2. Drs. Listiyono M. Pd. Kepala Jurusan dan Dr. Lianah, M.Pd. selaku Sekretaris Jurusan Pendidikan Biologi IAIN Walisongo yang telah membantu dalam kelancaran pembuatan skripsi ini. 3. Sofa Muthohar, M.Ag. Dosen Pembimbing I dan Nurhayati,

S.Pd, M.S.I. selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan, pengarahan dan motivasi kepada penulis sampai skripsi ini selesai.

4. Bapak/ibuku tercinta (Bpk. Mulyani dan Ibu Sudarmi) yang telah berjuang dengan segenap jiwa raga dan tiada henti-hentinya selalu mendoakan dengan tulus selama penulis studi.

5. Bapak Kunarso S.Pd.Ikepala Madrasah MTs. Tarbiyatush Shibyan, Ibu Bety S.Pd. selaku Guru Pengampu Mapel IPA yang telah memberikan izinmeluangkan tenaga dan waktunya sehingga penulis mampu melaksanakan penelitian demi menyelesaikan skripsi ini.

6. Dr. Lianah, M.Pd. dosen wali studi penulis dan seluruh Bapak/Ibu Dosen, karyawan, pegawai IAIN Walisongo, yang telah memberikan ilmunya kepada penulis, serta kepada seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.

7. Sahabat-sahabatiPMII Rayon Tarbiyah, LPM Edukasi, IKAMARU, HIMAWARI, LASKAR BIRU, KELUARGA CEMARA yang tak bisa penulis sebutkan nama-namanya, perjuangan takkan pernah usai raihlah dengan perjuangan dan darah kalian.

8. Serta berbagai pihak yang tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu hanya ucapan terima kasih dari lubuk hati yang terdalam penulis haturkan dan semoga amal dan jasa baik sahabat-sahabat

(9)

akan dicatat sebagai amal kebajikan dan dibalas sesuai amal perbuatan oleh Allah SWT.

Akhirnya, penulis sadar bahwa dalam penulisan skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan. Namun, terlepas dari kekurangan yang ada, kritik dan saran yang konstruktif sangat penulis harapkan untuk perbaikan di masa yang akan datang. Besar harapan penulis skripsi ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Semarang, 3 Desember 2014 Penulis

Juli Mohtohar NIM: 103811014

(10)

DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL ... i PERNYATAAN KEASLIAN ... ii PENGESAHAN ... iii NOTA DINAS ... iv ABSTRAK ... v

KATA PENGANTAR ... vii

DAFTAR ISI ... x

DAFTAR TABEL ... xii

DAFTAR LAMPIRAN ... xiii

BAB I : PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 8

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian ... 9

BAB II :LANDASAN TEORI A. Deskripsi Teori ... 12

1. Efektivitas ... 12

2. Media Pembelajaran ... 13

3. Materi Organisasi Kehidupan ... 18

4. Motivasi ... 24

B. Kajian Pustaka ... 33

C. Rumusan Hipotesis ... 37

BAB III : METODE PENELITIAN A. Jenis dan Desain Penelitian ... 39

B. Tempat dan Waktu Penelitian ... 41

C. Populasi dan Sampel ... 42

D. Variabel dan Indikator Penelitian ... 43

E. Teknik Pengumpulan Data ... 44

(11)

BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

A. DeskripsiData ... 53

B. Deskripsi Hasil Angket ... 55

C. Analisis Data ... 64 D. Keterbatasan Penelitian ... 73 BAB V : PENUTUP A. Kesimpulan... 74 B. Saran-Saran ... 75 DAFTAR PUSTAKA DAFTAR LAMPIRAN RIWAYAT HIDUP

(12)

DAFTAR TABEL

Tabel 4.1 : Tabel hasil angket pra Tabel 4. 2 : Tabel hasil angket pasca

(13)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1: Draft Wawancara dengan Kepala Madrasah Lampiran 2 : Draf Wawancara dengan Guru Mapel IPA Lampiran 3 : Uji Validitas dan Reliabilitas

Lampiran 4 : Uji t

Lampiran 5 : Profil Sekolah Lampiran 6: Angket

Lampiran 7:Tabel Spesifikasi

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :