Kami Melihat Beberapa Yang Sukses Di YouTube

16 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Kami Melihat Beberapa

Yang Sukses Di YouTube

INTERVIEW: RYO YANAGISAWA,

CHIEF DESIGNER MAZDA 2

DEREGulASI ASuRANSI

KENDARAAN BERMOTOR

APAKAH ASEAN

SUDAH SIAP UNTUK

PEMASARAN DI

YOUTUBE?

(2)

engan lebih dari 60,3 juta pengunjung di YouTube, tidak termasuk dengan yang berada di TV, iklan Volkswagen yang berjudul ‘The Force’ telah menjadi iklan mobil yang paling banyak di tonton dalam sejarah.

Dan di tahun yang sama, KIA juga merilis iklan di YouTube yaitu ‘Share A Soul’ dengan lagu latar Party Rock Anthem dari LMFAO. Para hamster yang menjadi ikon untuk mobil ini kemudian diperkenalkan masuk ke dalam Walk of Fame di Madison Avenue, yang merupakan penghargaan bagi ikon iklan di Amerika Serikat.

Si ‘Hamster KIA Soul’ ini adalah ikon otomotif kedua yang masuk ke dalam penghargaan tersebut, setelah sebelumnya tercatat nama Bibendum dari Michelin yang dijuluki dengan ‘Michelin Man’.

Sementara itu untuk di kawasan negara berkembang seperti ASEAN, para marketer pun mulai untuk mencoba peruntungannya di YouTube, meski untuk melakukan secara digital masihlah jauh di bawah jika dibandingkan dengan media cetak dan siaran-siaran lainnya.

Berdasarkan pantauan di Malaysia, Thailand dan Indonesia, Malaysia menjadi negara yang paling banyak pengguna internet dengan 67 pengguna internet dari 100 orang. Maka tidak heran jika para pelaku industri otomotif juga berpartisipasi secara aktif di YouTube.

massif jika dibandingkan dengan di Malaysia.

Tahun 2012, Toyota Motor Thailand merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dengan cara berbeda. Di antara banyaknya aktivitas sebagaimana perayaan ulang tahun, ada sebuah video musik yang disponsori oleh Toyota dan ditampilkan oleh ‘Da Endorphine,’ salah satu band paling tenar di negara tersebut. Mereka menyanyikan lagu ‘The More I Know You, The More I Love You.’

Ini adalah pertama kalinya sebuah produsen otomotif mensponsori video musik di kawasan Asia Tenggara.

Dalam video ini, Toyota Corolla KE30 muncul berdampingan dengan mobil berteknologi paling tinggi yang dimiliki Toyota Thailand, Toyota Prius, yang dikemudikan oleh Nalitip Permpattarasakul, artis Negeri Gajah Putih yang juga menjadi bintang di video tersebut.

Dalam video tersebut, terdapat satu Thailand dan Indonesia masih

berada di belakangnya dengan angka 28,9 pengguna dari 100 penduduk dan 15,8 dari 100 penduduk. Namun patut diingat, meski terbilang memiliki angka rendah, namun jumlahnya bisa meningkat secara signifikan mengingat jumlah penduduk lebih besar ditambah dengan generasi muda yang telah ‘melek internet’.

Contohnya adalah Indonesia yang berhasil meningkatkan pertumbuhan pengguna internet hingga 18 persen per tahunnya. Pada periode 2009-2013, pengguna internet di Indonesa meningkat hampir 130 persen.

Dan mari kita lihat beberapa iklan di YouTube yang telah sukses di kawasan Asia Tenggara.

THAIlAND

Meskipun pengguna internet di Thailand tidak sebanyak di Malaysia, namun partisisipasi dari industri otomotif di negara tersebut justru lebih

D

Dengan Peningkatan Penggunaan Internet, ASEAN Kini Siap Untuk

Melakukan Strategi Marketing Di YouTube

Video Wolkswagen dengan judul ‘The Force’ menjadi iklan paling banyak ditonton dalam sejarah.

MElIHAT POTENSI

(3)

adegan yang memperlihatkan Toyota Prius berjalan berdampingan dengan Corolla, dan memberi makna akan sejarah panjang Toyota di negara tersebut. Selain kedua mobil tersebut, Toyota Thailand juga menampilkan Toyota Vios, Yaris, Corolla Altis, Hilux dan Fortuner. Bahkan generasi awal dari Hilux, yang masih menjadi tulang punggung di wilayah pedesaan Thailand pun mendapat peran dalam video tersebut.

Hasilnya pun cukup hebat karena video ini sudah dinikmati oleh 22,4 juta pengguna YouTube dan dinobatkan menjadi salah satu dari 20 video musik paling popoler sepanjang masa oleh GMM Grammy’s YouTube channel, yang merupakan salah satu media besar di Thailand.

Vichien Emprasertsuk, Senior Vice-President of Toyota Motor Thailand (TMT) mengatakan bahwa kegiatan TMT ini telah dimulai sejak 2010 dengan meluncurkan fanpage Facebook Yaris Society, dan kemudian berkembang di YouTube dengan Yaris Ace tahun 2011.

Ia menjelaskan bahwa penggunaan platform pemasaran online diperlukan karena media ini sudah berkembang dengan pesat. Bahkan ia menambahkan bahwa media online adalah investasi berharga karena memiliki sifat interaktif dan lebih murah jika dibandingkan dengan

media lainnya seperti TV.

Kesuksesan diraih oleh video ulang tahun, menjadikan Toyota melakukan hal yang sama untuk mempromosikan Fortuner dan Vios.

“Kami mengundang beberapa selebriti terkenal dari berbagai bidang untuk muncul dalam video musik, berbagi inspirasi keberhasilan mereka. Untuk musik, kami memilih band Whatcharawalee karena mereka berhasil menjadi ‘kuda hitam’ di industri musik Thailand. Mereka pun menulis lagu baru berjudul ‘Nueng’ (The One) untuk kami. Video musik ini telah menarik lebih dari 1,3 juta pengguna YouTube.”

Tak berhenti di sana, Toyota pun melakukan hal sama untuk memperkenalkan All-New Vios yang dibawakan oleh artis Thailand bernama Jirayu Tangsrisuk. Video ini sudah ditonton sedikitnya 222 ribu kali.

Nissan Thailand pun mencoba untuk melakukan penetrasi di media online sejak tahun lalu. All New Pulsar dibawa berkeliling kota Bangkok dengan membawa burung Unta yang kepalanya terjulur melalui sunroof. Ada lebih dari 740.000 pengunjung YouTube yang menonton ini dan menjadikannya sebagai video paling banyak ditonton dari Youtube Nissan Motor Thailand.

Sementara itu, Honda Automobile Thailand juga menjadi pionir metode baru dalam menyajikan video produk

dengan mengadopsi gaya video musik. Untuk mendukung peluncuran All-New Honda Accord dan All-New City, Honda meminta kepada pihak produksi untuk membuat apa yang mereka sebut dengan ‘Music PR VDO atau Music Public Relations Video.’

Sompop Patipanthada, Marketing General Manager of Honda Automobile Thailand mengatakan bahwa insiprasi di balik Music PR VDO ini adalah karena perilaku konsumen media telah berubah dengan cepat dan tidak dapat ditebak. Konsumen ingin mendapatkan jenis media seperti apa sementara tim kreatif perlu melakukan sesuatu untuk menarik konsumen dan bagi mereka adalah bagaimana untuk membuat iklan mereka lebih mudah diingat daripada para kompetitor.

“Kami telah mempromosikan Music PR VDO melalui YouTube sebagai media baru yang memungkinkan konsumen untuk mengklik dan melihat apapun yang mereka inginkan, tapi kami tetap menggunakan media televisi untuk tetap mendapatkan konsumen.”

“Untuk Honda, kami bertujuan

Honda Thailand meningkatkan kreativitasnya dengan menggunakan musik didalam videonya.

(4)

Kiri: Honda Thailand

menggandeng Paul Ewing dan Saithip Wiwattanapatapee untuk membawakan lagu saat peluncuran All New Honda Accord. Bawah: Honda Malaysia memproduksi video ‘Time For Yourself’ yang telah diekspor ke New Zealand.

untuk mendekatkan diri kepada konsumen secara emosional, sehingga kami membuat iklan dengan konsep bercerita,” ungkapnya.

Berbeda dengan video pada umumnya, pada video tersebut juga tidak ada presenter maupun bintang yang merepresentasikan sebagai konsumen.

“Music PR VDO bertujuan untuk membangun emosi yang tepat pada pelanggan guna meningkatkan brand awareness melalui musik, aktor dan aktris. Sementara di Accord dan City, Music PR VDO tampil berbeda, baik dari tema dan soundtrack yang dipilih untuk mendapatkan emosi tersebut berbeda.”

Pemilihan lagu dilakukan berdasarkan karakter sang penyanyi dan kemampuannya untuk menyampaikan emosi yang diharapkan dalam lagu.

“Dalam Video Honda Accord, lagu Sa-Nae-Ha (Desire) dinyanyikan oleh Paul Ewing dan Khun Saithip Wiwattanapatapee. Penulis lagu menambahkan lirik berbahasa Inggris

dari Honda, tapi di waktu yang sama juga mempertahanan beberapa lirik berbahasa Thailand untuk menarik minat masyarakat. Untuk Honda City, kami memilih jenis lagu dengan gaya rock berjudul ‘Mee Pieng Rao’ (Only Us) yang dinyanyikan oleh Peerapat Tenwong,” ungkapnya.

MAlAYSIA

Selama di Malaysia, Nissan, Ford dan Honda telah terlibat secara aktif untuk berhubungan dengan konsumen mereka secara online.

Tahun 2012, Ford Malaysia mendukung produksi sebuah film pendek karya Jinny Boy yang berjudul ‘Typical Malaysian Drivers,’ yang memperlihatkan tentang kebiasaan

“Music PR VDO

(5)

buruk pengemudi. Dalam video tersebut fitur –fitur yang berada di Ford Focus seperti Park Assist dan SYNC diperlihatkan sepanjang hari.

Video ini pun sudah ditonton oleh 1,4 juta orang dan menjadi salah satu film pendek produksi lokal di internet yang paling sukses.

Video Nissan berjudul Atuk (Kakek), yang diperuntukkan untuk merayakan hari Idul Fitri tahun ini menjadi video YouTube paling sukses dilakukan oleh sebuah perusahaan mobil.

Film ini dibuat oleh Creative Juice di Kuala Lumpur. Pusat alur ceritanya terdapat pada keluarga yang sudah menggunakan Nissan sejak lama. Ini ditunjukkan dengan digunakannya Nissan Sunny yang diluncurkan sejak lama dan akan diwariskan dari ayah kepada anaknya

“Isi pesan dalam video ini adalah sesuatu yang memang terkait dengan masyarakat Malaysia itu sendiri,” ungkap Tom Yang, General Manager of Marketing Communication, Edaran Tan Chong Motor.

“Tujuan dari video ‘Atuk’ ini adalah untuk mengingatkan masyarakat agar mempertahankan nilai keluarga dan merayakan Hari Raya dengan kasih sayang dan maaf,” tambahnya.

“Dengan ini, ETCM menumbuhkan nilai merk Nissan yaitu ‘Innovation that Excites’ yang sesuai dengan nilai brand itu sendiri yaitu ‘‘Innovating Family Value’.”

Nissan juga melakukan penetrasi dari media online secara gencar untuk peluncuran Nissan Almera yang didahului beberapa video teaser. Untuk mengincar para pembeli muda, kampanye ini pun terdiri dari beberapa video yang disebar ke mana-mana termasuk ‘Leaked Video – Car Shaking at Lembah Kiara TTDI’ dan serangkaian video dengan stand up comedy oleh Kavin Jay serta film pendek ‘Kisahku Almera’ (My Almera Story).

Nissan yakin bahwa pamasaran ini terintergrasi 360 derajat dan berniat untuk terus meningkatkan

jangkauan online.

“Kami mulai pemasaran online dengan video YouTube pertama kami untuk Nissan Almera dan telah menjangkau hampir 360.000 penonton. Tahun ini, kami membuat video untuk Tahun Baru Cina dan Hari Raya yang juga sukses. Tahun Baru Cina telah berhasil ditonton sebanyak 270.000 kali sementara ‘Atuk’ berhasil meraih 430.000 penonton dan menjadi salah satu film Hari Raya terbaik dalam Astro Awani Top 10 Best Raya Ads 2014.”

Sementara itu, Honda Malaysia juga berkontribusi banyak dalam produksi film lokal. Honda menjadi supporter aktif pada produser film lokal dan telah berinvestasi dalam produksi beberapa video berkualitas tinggi yang digunakan di TV maupun YouTube.

Video all-new Honda Accord yang berjudul ‘Time For Yourself’ telah mendapatkan penghargaan Merit award for Film Craft at the 2013 Kancil Awards, sebuah acara tahunan yang mengakui karya kreatif lokal dalam iklan.

Honda Malaysia sangat berani dalam mengadopsi metode baru untuk menyampaikan nilai jual utama dari Honda Accord. Video dibuat dalam bentuk hitam putih dan tanpa dialog. Menarik memang, hingga membuat Honda New Zealand membeli hak untuk menggunakan film ini di kawasannya.

“Accord diposisikan sebagai mobil kelas atas yang cerdas dan premium. Untuk itu kami mengincar pasar bagi mereka yang memang mapan. Dan bila melihat lebih dalam lagi pada pasar ini, apa yang mereka butuhkan

adalah waktu untuk diri mereka sendiri setelah sukses mencapai karir dan persolan lainnya. Lalu, Honda Malaysia hadir dengan konsep ‘Time for Yourself’ untuk memberi pesan posisi Honda Accord beserta kelebihannya. Waktu dipandang sebagai salah satu elemen terpenting yang dibutuhkan oleh konsumen dan Accord mampu menyediakan ini ke mereka dengan fitur yang mampu memberikan perfoma tertinggi, keamanan, keselamatan dan kenyamanan,” ungkap Akkbar Danial, Head of Marketing Honda Malaysia.

“Kreativitas dan warna yang diambil mencerminkan posisinya sebagai model premium. Untuk meningkatkan kelas, maka videonya dieksekusi dengan konsep minimalis, namun dikemas dengan highlights dari fitur-fitur canggih dari Honda Accord. Kreativitas yang digunakan pun sudah disesuaikan dengan bahan ATL (above-the-line) dan BTL (below-(above-the-line).

Honda juga telah membuat beberapa video dari all-new City dan all-new Jazz. Yang terakhir telah dilengkapi dengan identitas suara unik, sama dengan suara yang digunakan dalam iklan Jazz di radio dan tv.

Lagu ‘Time For Yourself’ dibuat secara lokal dan khusus untuk iklan di televisi dan video.

“Untuk menghindari musik latar menjadi datar, kami menciptakan sorot di awal dan di akhir untuk memberi kesan dramatis, seolah-olah Anda tidak sedang menonton video biasa,” ungkap Akkbar.

Sebagian besar Video Honda hanya berdurasi maksimal 2 menit, yang disebut Akkbar sebagai waktu optimal (untuk pengguna Malaysia), melihat pada perangkat mobile.

“Video yang lebih panjang dari 2 menit dapat menyebabkan lamanya waktu untuk membuka dan buffering,” tutupnya.

Hans Cheong & Pisan Ittiwatanakul

(6)

etika sebagian besar mahasiswa masih mencoba untuk mencari jalur karir yang mereka inginkan setelah mereka lulus, Ryo Yanagisawa muda tahu benar bahwa tujuan hidupnya adalah untuk merancang mobil yang baik.

“Saya berharap untuk merancang yang terbaik, mobil indah untuk kemajuan masyarakat kita,” kata Chief Designer berusia 45 tahun yang tampangnya awet muda ini.

Pria yang mulai menggambar mobil sejak berusia tujuh tahun tersebut dibesarkan selama era kegilaan supercar di 70-an dan 80-an, ketika anak-anak sekolah hanya memiliki satu mobil yang ditempelkan di dinding kamar tidur mereka -- Lamborghini Countach atau Ferrari Berlinetta Boxer.

Untuk Yanagisawa-san, dia memilih Lamborghini. Dia sangat dipengaruhi oleh Marcello Gandini yang merancang Countach dan pendahulunya, Miura. Karya Gandini ini memiliki pengaruh besar pada Yanagisawa muda yang berangkat untuk mendidik dirinya menjadi seorang desainer mobil.

Ketika Yanagisawa-san masih berada di masa pertumbuhan, Gandini sering disebut sebagai desainer terbesar dari generasinya. Saat berusia 27 tahun, Gandini muda merancang Lamborghini Miura yang sering disebut sebagai kakek dari semua supercar. Satu dekade kemudian, Gandini menindaklanjutinya dengan Countach.

Ketika Yanagisawa-san baru berusia lima tahun, Gandini mengejutkan dunia dengan Countach. Dampak visual dari Countach meninggalkan kesan yang mendalam pada Yanagisawa muda, yang segera menguatkan tekadnya mempelajari seni desain otomotif.

“Aku mencintai Lamborghini Countach dan aku sangat ingin memiliki satu. Aku terobsesi!” akunya.

Dia lalu mulai membaca segala hal tentang Gandini. Semakin dia belajar tentang Gandini, semakin dia ingin meniru pahlawan masa kecilnya tersebut.

Setelah lulus dari universitas di Jepang, Tama Art University, dia segera bergabung dengan Mazda pada tahun 1991.

Pada saat milenium baru datang, dia sudah dipromosikan untuk menjadi asisten desainer dan bekerja pada CX-9 dan generasi Mazda5 terdahulu.

Terobosan besar datang pada pertengahan 2000-an ketika manajemen Mazda Motor Corporation berpikir bahwa sebagai perusahaan

kecil, Mazda harus berpikir dan bertindak secara berbeda.

Diputuskan bahwa desain telah terbukti menjadi alat yang sangat kuat dalam menarik pelanggan, perusahaan lalu membuat langkah berani untuk membalikkan hirarki konvensional engineering-centric di industri otomotif ketika mengembangkan model baru.

“Itu tidak lama sebelum Mazda dan Ford berpisah, perusahaan memutuskan bahwa desainer harus memainkan peran utama,” kata Yanagisawa.

Dalam sebagian besar perusahaan mobil, desainer memang harus berkompromi untuk memenuhi tuntutan insinyur. Sebagai contoh, jika seorang insinyur produksi menganggap bahwa lengkungan logam yang dibutuhkan oleh desainer terlalu mahal atau terlalu rumit untuk dihasilkan, maka desainer biasanya harus kembali ke papan gambar dan datang kembali dengan desain lebih realistis. Tidak demikian di Mazda.

“Saya beruntung ada di Mazda.

ORANg DI BAlIK

MAzDA2

Mengenal Lebih

Dekat Chief

Designer Mazda2

K

(7)

Yanagisawa

menjelaskan bahwa

lebih mudah untuk

mendesain cheetah

ketimbang sebuah

mobil kecil.

Sekarang adalah waktu yang sangat baik untuk menjadi seorang desainer di Mazda,” katanya seraya menambahkan bahwa di Mazda tim engineering memainkan peran pendukung untuk mewujudkan kebutuhan desainer. Hal inilah yang menjelaskan mengapa model produksi Mazda terlihat begitu mirip dengan mobil konsep.

Padahal, desainer di perusahaan mobil lain sering dipaksa untuk mengubah banyak konsep desain mereka sebelum produksi dan persetujuan tim teknik diperlukan untuk memulai produksi. Di Mazda, insinyur bertugas untuk mencari solusi guna mewujudkan ambisi perancang.

Yanagisawa-san membuat gebrakan besar pertama ketika truk pick-up Mazda BT-50 didesain ulang, ketika itu dia diangkat sebagai kepala desainer.

Saat model generasi sebelumnya banyak memiliki desain Ford, Yanagisawa-san diberi kertas kosong serta keleluasaan untuk menciptakan mobil pick-up truck seperti mobil penumpang urban.

DARI MOBIl BESAR KE MOBIl

KEcIl

Setelah sukses dengan BT-50, Yanagisawa-san kemudian diminta untuk bekerja membuat penerus Mazda2. Berbeda dari proyek-proyek sebelumnya seperti CX-9 dan BT-50 yang semuanya merupakan mobil besar.

Yanagisawa-san menjelaskan bahwa lebih mudah untuk merancang sebuah mobil besar daripada mobil kecil.

“Karena mobil kecil memiliki lebar dan panjang yang sedikit, lebih sulit untuk mengungkapkan elemen ‘Gerakan Menerkam’ yang menggarisbawahi bahasa desain Mazda, Kodo,” katanya.

“Di belakang, misalnya, karena mobil kecil kurang lebar dan padat, lebih sulit untuk mengekspresikan sikap seperti cheetah menerkam,” tambahnya.

Hatchback kecil konvensional menderita bentuk monobox yang

meskipun fungsional tapi tidak menyampaikan kesan kuat dan cepat. Berbeda dengan Mazda6 dan Mazda3, Mazda2 lebih pendek yang berarti bahwa dia tidak dapat mengungkapkan kesan gerakan yang cepat seperti cheetah mengejar mangsa.

Solusinya adalah dengan mengubah ekspresi dari Mazda6 dan 3 yang menampilkan gerak menerkam, dia menunjukkannya di Mazda Hazumi Concept, desain yang kemudian dipilih untuk menggantikan Mazda2.

Hazumi Concept memiliki A-pilar lebih gagah. “Dengan menarik A-pilar agak belakang sambil mempertahankan pivot point yang sama di atap, ini mampu memberikan ilusi bahwa bobot terkonsentrasi di paruh belakang mobil tanpa mengorbankan ruang kabin,” katanya.

Sebuah garis dan kontur di atas lengkungan roda belakang juga memberikan ilusi bahwa energi sedang dikompresi di bagian belakang, seperti cheetah yang berjongkok, bersiap-siap untuk menerkam.

Yanagisawa-san menjelaskan bahwa Hazumi berarti “terikat” atau “tumbuh” dalam bahasa Jepang.

Pada versi produksi, empat lampu LED daytime running light juga dirancang untuk meniru mata cheetah. Perlakuan yang sama berlaku untuk lampu belakang.

Mazda bersusah payah untuk memproduksi mobil dengan gaya unik yang membedakannya dari mobil kebanyakan. “Mobil hanyalah benjolan logam di atas roda, tetapi desain Kodo meniupkan kehidupan ke dalam benjolan logam tersebut. Itu filosofi desain Mazda.”

Melihat bahwa Mazda2 sebelumnya memenangkan 2008 World Car of the Year, Yanagisawa-san merasakan sedikit tekanan untuk melihat Mazda2 mengulangi hal yang sama.

“Meskipun tentu senang melihat pekerjaan seseorang diberi penghargaan bergengsi, desainer mobil tidak berniat untuk merancang sebuah mobil untuk memenangkan penghargaan.”

“Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan produk baik yang akan dihargai oleh pembeli,” katanya.

Mazda2 memang unik, mobil kecil yang terlihat premium, ini terpampang dari desain interior yang menetapkan patokan baru; setidaknya ini berdasarkan pada mobil spesifikasi

Headlamp terinspirasi dari mata cheetah.

(8)

Singapura buatan Jepang yang kami uji. Di bagian dalam, kabinnya akan dengan mudah bersaing dengan banyak model entry-level dari merek-merek mewah Jerman. Ganti lencana Mazda dengan empat cincin dan kabin dapat dengan mudah dianggap sebagai generasi penerus Audi A1. Itu adalah sesuatu yang bagus.

Dashboard mobil ini dilapisi kulit two-tone. Bahkan di sisi bawah, tempat di mana lutut akan bergesekan, juga berlapis kulit. Bahan plastik yang digunakan berkualitas sangat tinggi. Sedangkan, bahan di kemudi terasa seperti itu diambil dari BMW. Panel pintu memiliki pola seperti serat karbon.

Menariknya, desain interior yang sangat baik ini bisa dikreditkan kepada dua wanita – desainer interior Mie Tanaka, dan desainer warna dan material Yuki Suga.

MENgHANcURKAN PERSEPSI

Penjelasan singkat yang diberikan oleh tim pengembangan all-new Mazda2 adalah untuk menghancurkan persepsi tentang seperti apa mobil

kecil harus terlihat.

“Tujuan kami dalam mendesain ulang Mazda2 adalah untuk menghancurkan persepsi orang tentang apa yang mobil kecil bisa perbuat. Di setiap area --desain, driving performance, fungsionalitas dan sebagainya-- kami bertujuan untuk menantang semua harapan dan saya tidak ragu kami bisa melakukan itu,” lugas general manager of global sales and marketing Mazda Yasuhiro Aoyama.

“Jika kami dapat memastikan all-new Mazda2 bisa menjadi hit global --seperti produk generasi baru kami yang lain--, maka itu akan menjadi pendorong pertumbuhan merek Mazda. Kami bermaksud untuk

membuat itu terjadi,” papar Aoyama. Berdasarkan dua lap perjalanan singkat berkecepatan tinggi di Tokachi International Speedway Jepang, semua atribut all-new Mazda2 memang mengesankan kedinamisan. Handling sangat baik, dan kabin sangat tenang bahkan di atas kecepatan 160 km/jam dan hujan deras yang memukul atap.

All-new Mazda2 diharapkan akan diperkenalkan di pasar ASEAN antara akhir 2014 dan awal 2015, bergantung pasarnya. Mobil ini akan diproduksi di pabrik AutoAlliance di Thailand, di samping Ford Fiesta (tapi kedua model tidak lagi berbagi komponen umum), serta akan disokong secara eksklusif oleh mesin SkyActiv-G 1.5-litre.

Varian sedan juga sudah ada dalam rencana, tetapi baru akan diperkenalkan kemudian.

KODO DAN MASA DEPAN

DESAIN MAzDA

Selama dekade terakhir, kita telah melihat pengubahan bahasa desain Mazda dari Nagare ke Kodo. Ada pertanyaan berapa lama lagi bahasa

(9)

desain Kodo akan bertahan. Yanagisawa-san mengatakan: “Itu agak sulit untuk dikatakan. Filosofi desain Kodo adalah untuk mentransfer citra dari hewan yang cepat ke mobil. Desain bisa berubah, tapi filosofi masih akan tetap untuk beberapa tahun mendatang.”

Saat ini salah satu faktor eksternal utama yang mempengaruhi arah desain otomotif adalah kinerja keselamatan. Tes kecelakaan yang makin ketat, serta tes tabrakan pejalan kaki yang dilakukan oleh organisasi-organisasi NCAP telah memaksa banyak perusahaan mobil untuk memperkenalkan desain lebih bulat di depan, dengan grille lebih bulat dan tinggi di tengah. Hal ini bertentangan dengan banyak etos desain yang baik, yang mencari grille rendah dengan desain tajam.

Yanagisawa-san berpendapat bahwa solusi desain Mazda saat ini sudah optimal dalam memberikan kinerja keselamatan saat kecelakaan yang baik tapi masih terlihat baik secara visual.

“Jika terlalu rendah, itu tidak baik, tetapi jika terlalu tinggi juga tidak baik. Tinggi (grille) saat ini memberikan kinerja keamanan baik dan ideal untuk memproyeksikan identitas merek yang kuat. Baik desainer dan insinyur menyepakati hal ini.”

Kami juga meminta pendapat Yanagisawa-san terkait trend saat ini di mana banyak perusahaan mobil mulai mengadopsi desain serupa di semua mobil mereka. Menggunakan contoh bagaimana miripnya semua kendaraan Audi, kami mengatakan kalau hal itu sangat bagus untuk membangun identitas merek, tapi kurang bagus dalam membangun identitas model secara individual.

Dia lalu menjelaskan bahwa meskipun benar ada beberapa kompromi dalam identitas model untuk mempromosikan identitas merek yang kuat, kinerja Audi yang kuat di seluruh dunia adalah indikator baik terkait bagaimana sebuah filosofi desain melakukan pekerjaannya.

“Di antara semua merek, Audi mengikuti identitas merek secara umum. Banyak model mereka terlihat sangat mirip, dari A1 sampai A8,” katanya.

“Mazda bukan perusahaan besar, jadi kami tidak bisa mengikuti perusahaan seperti Toyota (yang memiliki identitas desain model yang sangat kuat untuk semua model mereka, tetapi memiliki identitas desain merek yang lemah). Bagi kami, lebih penting untuk membangun citra merek secara umum agar kuat di semua mobil kami,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa ini juga merupakan alasan lain mengapa semua mobil penumpang Mazda yang baru-baru ini lahir diperkenalkan dengan warna eksterior Soul Red.

“Soul Red dipilih untuk mempromosikan identitas merek, meskipun identitas individu mungkin bisa dibandingkan

dengan Toyota, namun Mazda tidak memiliki niat untuk menjadi seperti Toyota. Mazda lebih kecil dan perlu menggunakan cara-cara kreatif untuk mempromosikan dirinya.

Yanagisawa-san memilih jalur karier ini untuk mengejar cinta masa kecilnya untuk mendesain mobil. Ambisi utamanya adalah untuk merancang sebuah supercar, sesuatu yang belum dapat dia lakukan di Mazda.

Mazda memang masih membuat roadster MX-5, namun Yanagisawa-san ingin sekali diberi kesempatan untuk merancang mobil sport yang tepat untuk Mazda. Kita hanya perlu melihat ke mobil pribadinya, Mazda RX-8, untuk memahami keinginannya yang membara untuk merancang pengganti terakhir mobil sport rotary Mazda ini.

Atas: Desainer Yuki Suga mengendarai MX-5 generasi pertama. Kanan: Mie Tanaka, desainer yang menentukan warna dan bahan memberikan hasil akhir berkualitas.

(10)

anyak perusahaan asuransi bermotor di Malaysia menyambut baik langkah yang diambil pemerintah untuk melakukan deregulasi asuransi industri kendaraan pada tahun 2016 mendatang. Ketika sebagian kecil perusahaan asuransi mendapatkan kesulitan untuk menyesuaikan ke persaingan yang lebih kompetitif pada tahun 2016, para pemain yang telah mapan justru melihat ini sebagai perkembangan postitif atas mulai berkembangnya pasar mobil saat ini

Deregulasi pasar juga memungkinkan perusahaan asuransi untuk lebih baik dalam membedakan perusahaan mereka dari para kompetitor dan menciptakan produk yang cocok bagi konsumen mereka.

Saat ini, premi asuransi kendaraan di Malaysia dikendalikan oleh Bank Sentral Malaysia yaitu Bank Negara Malaysia. Contohnya, semua penyedia layanan asuransi bermotor di Malaysia memberikan harga berbeda pada kelompok yang sama. Premi asuransi ditentukan dari nilai mobil. Berbeda dengan pengemudi yang tidak melakukan klaim selama lima tahun, pertimbangan juga diberikan untuk beberapa faktor lain seperti sejarah kendaraan dan pengemudi.

Dalam pasar yang dideregulasi, perusaahan asuransi diharapkan mengadopsi sistem premi berdasarkan profil sang pengendara. Pengemudi yang telah memiliki sejarah baik dan

oleh Bank Negara pada tahun 2011. Kami sudah mempersiapkan ini,” ungkap Yen Saw CEO Tokio Marine Insurance pada Automotive Industry Review.

Dia pun menambahkan bahwa aturan dari asuransi kendaraan di Malaysia ini harus segera diselesaikan dan sedikit banyak akan mengambil pelajaran dari perkembangan pasar di seluruh dunia.

PENgEMUDI BAIK AKAN

DIBERI PENgHARgAAN

Dia pun mencontohkan Singapura. Di sana, bagi para pengendara yang memiliki catatan bagus dalam mengemudi dapat mendaftarkan dirinya untuk mendapat sertifikat dari Land Transport Authority (LTA). Pengemudi yang memiliki ini akan mendapatkan diskon khusus atas asuransinya.

Sebaliknya, pengemudi dengan riwayat mengemudi buruk justru bisa mendapatkan penalti. Semakin bagus mobilnya, biaya perbaikannnya juga cenderung akan meningkat dan banyak asurasi di pasar negara maju yang menggunakan peraturan cukup ketat.

Beberapa asuransi di Singapura akan menolak untuk menjadi klien atas pengemudi yang telah membuat klaim lebih dari SGD 30.000 dalam 3 tahun terakhir. Bahkan, beberapa perusahaan asuransi tidak akan mengasuransikan pengemudi yang telah membuat lebih dari 2 klaim

B

PERSIAPAN DEREgUlASI

ASURANSI KENDARAAN DI

MAlAYSIA PADA TAHUN 2016

Bisnis Aftermarket Berpotensi Terkena Imbas

Pengendara yang

memiliki sejarah baik

dalam berkendara

dan menggunakan

kendaraan yang

‘standard’ akan

mendapat premi

yang lebih rendah.

Sebaliknya,

pengendara muda

yang menggunakan

mobil dengan

perfoma tinggi akan

membayar lebih

tinggi.

menggunakan kendaraan ‘standard’ dapat dikenakan biaya lebih rendah. Sementara para pengemudi muda dengan mobil berperfoma tinggi bisa dikenakan biaya lebih tinggi.

(11)

dalam 3 tahun terakhir, berapapun biayanya.

MASAlAH UNTUK MOBIl

MODIfIKASI

Secara terpisah, Automotive Industry Review juga membandingkan secara singkat syarat dan ketentuan dari beberapa asuransi kendaraan terkemuka di Singapura. Kami pun menemukan bahwa banyak dari mereka yang tidak menjamin mobil yang telah dimodifikasi bahkan meski modifikasi tersebut telah disetujui oleh LTA sekalipun.

Untuk mobil yang sudah mengalami sedikit modifikasi (tidak memerlukan persetujuan dari LTA), perusahaan asuransi hanya akan membayar ganti rugi jika telah terbukti bahwa modifikasi tersebut bukanlah penyebab dari kecelakaan. Bahkan, jika perusahaan asuransi akhirnya setuju untuk membayar kerusakan, mereka hanya akan mengganti bagian yang masih asli dari pabrik.

PENgEMUDI MUDA DAPAT

DIKENAKAN BIAYA lEBIH

Pengendara yang berusia di bawah 30 tahun dapat dikenakan biaya yang lebih tinggi. Di negara seperti Inggris, premi asuransi kendaraan bagi pengendara muda bisa lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil itu sendiri! Namun, ini dapat diakali dengan cara mendaftarkan diri mereka sebagai pengemudi tambahan di polis asuransi kendaraan orang tua mereka.

DERITA MOBIl DENgAN

PERfOMA TINggI

Di Singapura, brand kendaraan yang memiliki perfoma tinggi seperi Subaru sering mendapat penalti dari pihak asuransi. Sebaliknya, brand kendaraan yang lebih merakyat seperti Toyota justru dikenai biaya lebih rendah.

ORANg DENgAN MOBIlITAS

TINggI MEMBAYAR BIAYA

lEBIH

Dalam deregulasi pasar, pekerjaan

pengemudi pun juga menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan premi asuransi kendaraan bermotor mereka. Seseorang yang hanya berkendara di pagi hari dan pulang di malam hari akan membayar premi lebih rendah ketimbang orang dengan pekerjaan yang memaksa mereka untuk mengemudi lebih banyak.

Lokasi di mana kendaraan di parkir, apakah itu di lokasi yang aman atau tidak juga menjadi faktor lain dalam penilaian.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aturan mengenai pembiayaan asuransi kendaraan bermotor tahun 2016 masih belum rampung. Hal-hal yang kami sampaikan di atas adalah sejumlah arah yang mungkin diambil oleh perusahaan asuransi, dan penilaian berdasarkan pengalaman yang didapatkan dari negara bersangkutan.

Yen Saw (kedua dari kiri) dan Executive Director Than Chong Motor Holdings, Rosie Tan (kedua dari kanan) meluncurkan Major Motor Medical insurance.

(12)

BM bersubsidi mulai dirasakan langka di beberapa daerah. Kelangkaan ini didorong karena kebijakan Pertamina sebagai distributor tunggal BBM bersubsidi di Indonesia untuk melakukan penghematan. Langkah ini harus dilakukan karena kuota BBM bersubsidi telah berkurang.

Berdasarkan APBN-P 2014, kuota BBM bersubsidi dikurangi dari sebelumnya 48 juta KL menjadi hanya 46 juta KL. Jumlah ini hanya diperkirakan berlangsung hingga pertengahan November sampai pertengahan Desember untuk Solar dan Premium.

“APBN-P 2014 telah menegaskan kuota BBM bersubsidi tidak dapat melebihi kuota. Kondisi ini hanya memberi kita dua pilihan, yang pertama adalah mendistribusikan BBM bersubsidi seperti biasa dengan konsekuensi kuota BBM bersubsidi habis sebelum akhir tahun, pertengahan November untuk Solar dan pertengahan Desember untuk Premium, dan kemudian masyarakat harus membeli BBM non-subsidi pada akhir tahun. Atau pilihan kedua adalah dengan mengatur volume distribusi setiap hari sehingga kuota BBM bersubsidi bisa cukup sampai akhir tahun, “kata Ali Mudakir, Vice President

Corporate Communication Pertamina. Penghematan dengan menyesuaikan volume distribusi itu dinilai menjadi pilihan yang tepat oleh Pertamina. Penghematan dilakukan dengan menghentikan pasokan BBM bersubsidi di sejumlah daerah. Seperti Jakarta Pusat, sejak 1 Agustus mereka tidak menjual solar bersubsidi lagi.

Kemudian dari tanggal terakhir 4 Agustus 2014, penjualan Solar bersubsidi di beberapa titik dibatasi dari pukul 08:00 sampai 18:00. Pembatasan tersebut akan fokus pada

daerah industri dan pertambangan. Sementara itu, untuk SPBU yang terletak di jalur utama distribusi logistik tidak akan dilakukan pembatasan.

Berikutnya mulai 6 Agustus 2014, seluruh SPBU yang terletak di jalan tol tidak akan menjual Premium lagi. SPBU yang terletak di jalan tol hanya akan menjual Pertamax Series: Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamina Dex.

Secara teknis, lanjut Ali, Pertamina melakukan pengaturan BBM

Antrian panjang yang sekarang jamak ditemui pada sore hari.

PEMERINTAH MElAKUKAN

SEgAlA cARA UNTUK

MEMPERTAHANKAN

KUOTA BBM BERSUBSIDI

Saat Ini Masih Belum Ada Pengaruh Pada Penjualan

Mobil, Namun Dampak Jangka Panjang Akan

Bergantung Pada Besaran Kenaikannya

(13)

bersubsidi secara prorata sesuai alokasi volume BBM bersubsidi untuk masing-masing SPBU dan lembaga penyalur lainnya yang telah dilakukan terhitung sejak 18 Agustus 2014. “Untuk tetap menjamin ketersediaan BBM di masyarakat, Pertamna menyediakan BBM non-subsidi yang meliputi Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Solar non-subsidi.”

Adapun, terjadinya fenomena antrian dan disusul habisnya BBM bersubsidi pada sore hari di SPBU bukan merupakan kelangkaan BBM, tapi konsekuensi dari penyaluran BBM bersubsidi yang disesuaikan dengan kuota yang tersedia. Adapun Stok BBM yang ada di Pertamina berada pada level di atas 18 hari kebutuhan nasional.

“Habisnya alokasi harian BBM bersubsidi di SPBU pada sore hari merupakan konsekuensi logis dari pengaturan penyaluran BBM bersubsidi sesuai dengan sisa kuota yang telah ditetapkan dalam UU APBN-P 2014. Dengan pengaturan ini, sangat diharapkan pengertian dan kesadaran masyarakat pengguna mobil pribadi mulai membiasakan diri menggunakan BBM non subsidi.”

PENjUAlAN MOBIl TIDAK

TERKENA IMBAS

APM di Indonesia tidak khawatir penjualan akan mengalami penurunan. Hal ini disampaikan oleh Davy Tuilan J, 4W Sales, Marketing & DND Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS).

“Tidak dijualnya lagi BBM bersubsidi di jalan tol masih belum mempengaruhi penjualan mobil Suzuki. Karena mereka (pelanggan Suzuki yang menggunakan BBM bersubsidi) masih bisa membelinya di luar jalan tol,” ungkapnya

Meski demikian, ia menyarankan pelanggan untuk menggunakan BBM non-subsidi Suzuki “Tidak akan ada masalah jika menggunakan

BBM bersubsidi, namun perfoma kendaraan pasti berbeda. Semakin tinggi oktannya, maka akan lebih baik perfomanya,” tutur Davy.

Senada dengan Davy, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor pun mengatakan bahwa pembatasan BBM bersubsidi tidak akan mempengaruhi penjualan mobil di Indonesia secara signifikan “Tidak ada efek, karena

sekarang banyak kendaraan sudah menggunakan bahan bakar non-subsidi,” ungkapnya.

PEMERINTAHAN BARU

Sementara itu, sejak terpilihnya Joko Widodo dan Jusuf Jalla untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode tahun 2014-2019, beredar rumor yang mengatakan bahwa mereka akan menaikkan harga BBM bersubsidi untuk menjaga ketersediaan BBM bersubsidi. Selain itu, dalam beberapa kesempatan, Jusuf Kalla mengatakan bahwa untuk memecahkan masalah, pemerintah harus menaikkan harga BBM bersubsidi. Diharapkan dengan menaikkan harga BBM bersubsidi, maka masyarakat akan lebih efisien pada konsumsi bahan bakar.

Menanggapi hal ini, Amelia Tjandra pun tidak mau ambil pusing “Jika Pemerintah meminta seperti itu, maka lakukanlah. Kami mengikuti kebijakan Pemerintah saja,” tegasnya. Dia juga tidak bisa memastikan seberapa besar pengaruh kenaikan harga BBM terhadap pertumbuhan industri otomotif negara ini.

Namun menurutnya, pasar otomotif Indonesia sangat mungkin terpengaruh terhadap penjualan BBM “Mungkin saja terpengaruh, bergantung dari besarnya kenaikan BBM itu sendiri. Namun biasanya hal itu hanya berpengaruh sesaat, sekitar 3 bulan dan kemudian akan kembali normal secara perlahan,” jelasnya.

Hal ini karena permintaan untuk membeli mobil pasti masih ada “Permintaan untuk mobil pasti masih ada. Mereka bisa melakukan penyesuaian terhadap gaya hidupnya. Jadi biasanya beli bensin cukup Rp 500.000 sekarang menjadi Rp 700.000, perbedaan antara 200 ribunya harus dia ambil dari gaya hidupnya untuk membeli bensin, “ pungkasnya.

Di beberapa

daerah seperti

Jakarta Pusat, SPBU

Pertamina sudah

tidak lagi menjual

solar bersubsidi

sejak 1 Agustus

lalu. Sementara di

beberapa daerah

lain khususnya

di kawasan

industri dan

pertambangan,

penjualan

Premium dibatasi

waktunya mulai

dari pukul 18.00

hingga 18.00 sejak

4 Agustus lalu.

(14)

rodusen kendaraan di Thailand berharap banyak akan terjadinya peningkatan pendapatan dari pasar ekspor semester 2 tahun 2014. Hal ini dikarenakan Federation of Thai Industries (FTI) melaporkan bahwa terjadi penurunan hasil produksi sebanyak 28,5% pada 7 bulan pertama di tahun 2014 menjadi hanya 1,1 juta mobil.

FTI memperkirakan bahwa produksi kendaraan akan turun dari 2,5 juta kendaraan (2013) menjadi hanya 2,2 juta kendaraan. Jumlah ini turun 10,5 persen karena permintaan pasar dalam negeri yang cenderung turun. Meski demikian permintaan ekspor diharapkan bertahan di angka 1,2 juta kendaraan.

Surapong Paisitpatanapong, Ketua FTI mengatakan bahwa hasil produksi diharapkan dapat mencapai 180.000 unit per bulan hingga kuartal keempat. Meski permintaan di dalam negeri surut namun jumlah ekspor meningkat. Produksi untuk export berkembang sebesar 10,2 persen (year-to-year) dibanding tahun lalu dan jumlah produksi ekspor dalam 7 bulan pertama naik 4,53 persen.

Sementara itu, Thailand Daily juga

melaporkan bahwa Thai Industries Sentiment Index menunjukkan peningkatan sentimen positif pada manufaktur hingga 89,7 poin pada bulan Juli dari sebelumnya hanya menyentuh angka 88,4 poin.

Kebijakan Pemerintah yang lebih jelas serta kondisi politik yang kini stabil berkontribusi terhadap sentimen positif ini.

TOYOTA DAN HONDA

PANgKAS PRODUKSI

MEREKA DI THAIlAND

Meskipun FTI memperkirakan pasar otomotif akan turun dari tahun lalu dari 1,2 juta menjadi hanya 1 juta kendaraan, beberapa produsen kendaraan Jepang justru lebih pesimis.

Contohnya adalah Toyota Motor Thailand yang telah memangkas jumlah produksi mereka dari sebelum bisa mencapai 1,5 juta menjadi hanya 920.000. Mereka juga memperkirakan penjualan mobil mereka akan turun dari 445.464 kendaraan menjadi hanya 330.000 kendaraan.

Sementara itu, Honda Automobile Thailand telah menurunkan target penjualan tahunan mereka hingga 31 persen dari sebelumnya. Thailand sebelumnya sudah memberi

keringanan dengan intensif pajak untuk pembelian mobil pertama pada tahun 2012 hingga 2013. Pick-up dengan kapasitas mesin di bawah 1,5 liter pun berhak untuk mendapatkan keuntungan yang sama hingga THB 100.000.

Keringanan ini berakhir pada 31 Desember 2013 dan kisah peningkatan penjualan yang telah berlangsung selama 2 tahun itu pun kini menguap begitu saja.

Penjualan domestik menurun namun permintaan ekspor meningkat.

PRODUSEN MOBIl DI THAIlAND

BERgANTUNg PADA PENINgKATAN

EKSPOR DI SEMESTER KEDUA

P

cONTAcT US

icar Asia (Indonesia) limited

Gedung Buncit 36

Jalan Warung Jati Barat No.36,

Jakarta Selatan - 12550

+62 21 7808010

Sales Enquiries

OPINUS SINUhAJI

opinus.sinuhaji@icarasia.com

Editor

hANS ChEONG

hans.cheong@icarasia.com

Indonesia correspondent

SYUBhAN AKIB

syubhan@icarasia.com

ADI hIDAYAT

adi.hidayat@icarasia.com

Thailand correspondent

PISAN ITTIWATTANAKUL

pisan.i@icarasia.com

Art Director

KAM LI MEI

(15)
(16)

#

1

#

2

#

3

#

4

#

5

#

6

#

7

#

8

#

9

#

10

BRANDS

TOYOTA

HONDA

MERCEDES-BENZ

JEEP

BMW

SUZUKI

MITSUBISHI

DAIHATSU

VOLKSWAGEN

NISSAN

Toyota Avanza

Honda Jazz

Toyota Innova

Honda CR-V

Honda Civic

Toyota Fortuner

Toyota Kijang

Mitsubishi Pajero

Isuzu Panther

Honda City

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...