HUBUNGAN PERILAKU MARTAROMBO DENGAN KEPEDULIAN SUKU BATAK TOBA TERHADAP SESAMA SUKU BATAK TOBA SKRIPSI

Teks penuh

(1)

HUBUNGAN PERILAKU

MARTAROMBO

DENGAN

KEPEDULIAN SUKU BATAK TOBA TERHADAP SESAMA

SUKU BATAK TOBA

SKRIPSI

Diajukan untuk memenuhi persyaratan Ujian Sarjana Psikologi

Oleh

ERIKA GRESIA SEREPMA SIHOMBING

081301098

FAKULTAS PSIKOLOGI

(2)

HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI

HUBUNGAN PERILAKU

MARTAROMBO

DENGAN

KEPEDULIAN SUKU BATAK TOBA TERHADAP SESAMA

SUKU BATAK TOBA

Dipersiapkan dan disusun oleh:

ERIKA GRESIA SEREPMA SIHOMBING 081301098

Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Pada Tanggal 26 Augustus 2014

Mengesahkan Dekan Fakultas Psikologi

Prof. Dr. Irmawati, M.Si, psikolog NIP. 19530131 198003 2 001

Tim Penguji 1. Rodiatul Hasanah S, M.Si., psikolog Penguji I

NIP. 197812192003122004 Merangkap Pembimbing

2. Rahma Fauzia, M.Psi Penguji II

NIP. 197905152010122002

(3)

LEMBAR PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi saya yang berjudul:

Hubungan Perilaku Martarombo dengan Kepedulian Suku Batak Toba Terhadap Sesama Batak Toba

adalah hasil karya sendiri dan belum pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi manapun.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan skripsi ini saya kutip dari hasil karya orang lain yang telah dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan ilmiah.

Apabila di kemudian hari ditemukan adanya kecurangan di dalam skripsi ini, saya bersedia menerima sanksi dari Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Medan, November 2014

(4)

Hubungan Perilaku Martarombo dengan Kepedulian Suku Batak Toba Terhadap Sesama Suku Batak Toba

Erika Gresia S. Sihombing dan Rodiatul Hasanah Siregar

ABSTRAK

Suku Batak Toba dikenal sangat melestarikan budaya dan identitas diri mereka. Adat istiadat, bahasa, pakaian tradisional, bahkan kepribadian terus dipertahankan oleh orang Batak Toba dimanapun mereka berada. Solidaritas kelompok orang Batak Toba ditunjukkan dengan keikutsertaan dalam mempersiapkan acara adat baik acara suka maupun duka. Orang Batak Toba memiliki kepedulian dan saling tolong menolong dalam berbagai situasi. Kepedulian adalah cara memelihara hubungan dengan orang lain yang disertai dengan komitmen dan tanggungjawab (Swanson,1991). Kepedulian ini terdorong oleh ikatan Dalihan Na Tolu yang mendasari setiap hubungan kekerabatan diantara orang Batak Toba sehingga dapat menanamkan persekutuan antar masyarakat Batak Toba. Salah satu hal penting yang dilakukan untuk mempertahankan persekutuan adalah martarombo. Martarombo adalah mencari titik pertalian darah terdekat untuk menentukan hubungan kekerabatan (Vergouwen, 2004).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku martarombo dengan kepedulian suku Batak Toba terhadap sesame suku Batak Toba. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 orang Batak Toba yang diperoleh dengan teknik incidental sampling. Alat ukur berupa skala kepedulian terdiri dari 43 aitem dan skala martarombo terdiri dari 10 aitem yang disusun sendiri oleh peneliti. Metode analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara perilaku martarombo dengan kepedulian suku Batak Toba terhadap sesame suku Batak Toba dengan nilai r sebesar 0,426 dan p sebesar 0,000.

(5)

The Relationship Between Martarombo Behavior with Caring of Batak Toba for other Batak Toba

Erika Gresia S Sihombing and Rodiatul Hasanah Siregar

ABSTRACT

Toba Batak people are known to be preserving their culture and identity. Customs, language, traditional clothing, and even personalitymaintained by the Batak Toba wherever they are. Solidarity of Batak Toba demonstrated by participation in preparing custom event joy and sorrow events.Batak Toba people do caring and help each other in a variety of situations.Caring is how to maintain a relationship with another person who is accompanied by a commitment and responsibility (Swanson, 1991).Caring is driven by bond Dalihan Na Tolu underlying each of kindship among Batak Toba so can embed alliance between society of Batak Toba. One important thing to do to maintain alliance is martarombo.Martarombo is questioning for consanguinity point nearest to determine kinship (Vergouwen, 2004).

This research aimed to determine the relationship martarombo behavior with caring ofBatak Toba for others Toba Batak. The number of samples of thisresearch were 100 Batak Toba people which obtained with incidental sampling technique.Measuring instrument consists of a 43-itemkepedulian scaleand a 10-item martarombo scale compiled by researcher based on dimensions of caring by Swanson (2000) and martarombo scale based on things that are done when doing martarombo. Methods of data analysis in hypothesis testing using Pearson Product Moment correlation techniques.

The results showed there is relationship between martarombo behavior with caringof Toba Batak for other Toba Batak with ris of 0.426 and pis 0,000.

(6)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah Bapa di surge untuk semua berkat dan penyertaanNya.Karena hanya karena Kasih Karunia-Nya saya mampu menyelesaikan penelitian ini, yang berjudul “Hubungan Perilaku Martarombo Dengan Kepedulian Suku Batak Toba Terhadap Sesama Suku Batak Toba”. Penelitian ini dilakukan dalam rangka memenuhi syarat mencapai Sarjana Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Pembuatan skripsi ini merupakan pengalaman pertama penulis, sehingga penulis mohon maaf jika sekiranya dalam skripsi ini terdapat kejanggalan-kejanggalan, baik isi maupun cara penulisannya, yang masih banyak kesalahan.

(7)

Peneliti menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari banyak pihak, sangatlah sulit menyelesaikan penelitian ini. Untuk itu peneliti mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1. Prof. Dr. Irmawati, M.Si, psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, beserta Pembantu Dekan I, II, dan III Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

2. Liza Marini, M.Psi, psikolog selaku dosen pembimbing akademik selama empat tahun lebih. Terima kasih kepada Ibu atas bimbingan dan arahannya selama menjadi mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

3. Rodiatul HasanahSiregar, M.Psi, pembimbing seminar dan skripsi. Terima kasih atas segala bimbingan, saran, arahan dan waktu yang selalu diluangkan hingga penyelesaian skripsi ini. Sangat berterimakasih kepada Ibu atas pengorbanan waktu dan tenaga yang luar biasa.

4. Kedua dosen penguji Ibu RahmaFauzia M.Psi dan Ibu Etti Rahmawati M.Si yang telah bersedia meluangkan waktu untuk menjadi dosen penguji serta memberikan masukan dan saran yang sangat berarti bagi penulis. 5. Seluruh staf pengajar dan pegawai Fakultas Psikologi Universitas

Sumatera Utara. Terimakasih atas pengabdian, bantuan dan dukungan yang diberikan.

(8)

7. Terimakasih juga saya ucapkan kepada teman-teman yang sering menghabiskan waktu bersama baik semasa kuliah, sharing, jalan, tugas kelompok, bahkan teman-teman yang membantu menyebarkan skala dsb yaitu Debby, Satri, Erika Sinaga, Rentika, Asda, Christine, Susi, Alfine, Laura, kakDewi, Siti, Friska, Hitler, Nisha, Ajeng, Rahma, Fatma, Dina, Rusli, Egi, Tasya, Nana Annisa, Sari, dan seluruh teman-teman seangkatan 2008 yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang selalu mendoakan dan mendukung saya. Terima kasih teman-teman untuk dukungan, perjuangan bersama dan kenangan manisnya. Juga kepada kak Erni, kakVivin dan Desy 09, sudah ikut membantu menyebarkan skala.

8. Teman-teman di Pelayanan UKM KMK USU UP Psikologi, adek-adek yang baik Lia, Rani, Tina, Grace, Irvine, Friska, Rahel, Kristin, Ester dan Susi Bancin. Terima kasih atas doa dan dukungannya selamaini.

9. Seluruh orang Batak Toba di kota Medan yang telah bersedia mengisi skala penelitian ini. Terima kasih atas kesedian dan waktunya.

(9)

Seluruh isi penelitian ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab peneliti. Peneliti menyadari bahwa penelitian ini masih banyak kekurangan. Karena itu , peneliti mengharapkan masukan dan kritik yang membangun guna pengembangan penelitian ini. Semoga penelitian ini membawa manfaat bagi rekan-rekan semua.

Medan, November 2014

(10)

DAFTAR ISI

D. Manfaat Penelitian 7

E. Sistematika Penulisan 8

BAB IILANDASAN TEORI 10

A. Kepedulian 10

1. Definisi Kepedulian 10

2. DimensiKepedulian 13

3. TujuanKepedulian 14

4. Faktor yang Mempengaruhi Kepedulian 15

B. Martarombo 17

(11)

11

E. Hipotesis Penelitian 23

BAB III METODE PENELITIAN 24

A. Identifikasi Variabel Penelitian 24

B. Definisi Operasional Variabel Penelitian 25 C. Populasi, Sampel dan Metode Pengambilan Sampel 26 D. Metode dan Alat Pengumpulan Data 28 E. Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur 32

1. Validitas Alat Ukur 32

2. Reliabilitas Alat Ukur 32

F. Hasil Uji Coba Alat Ukur 34

G. ProsedurPenelitian 37

1. Tahap Persiapan Penelitian 37

2. Tahap Pelaksanaan Penelitian 38

3. Tahap Pengolahan Data 38

H. MetodeAnalisa Data 38

BAB IV ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN 40

A. Karakteristik Subjek Penelitian 40

(12)

12

(13)

13

DAFTAR TABEL

Tabel 1 : Blue Print Skala Kepedulian Sebelum Uji Coba 30

Tabel 2 : Blue Print Skala Martarombo Sebelum Uji Coba 31

Tabel 3 : Distribusi Aitem-Aitem Setelah Uji Coba Skala Kepedulian 34

Tabel 4 : Distribusi Aitem-Aitem Setelah Uji Coba Skala Martarombo 36

Tabel 5 : Gambaran Karakteristik Subjek Penelitian 40

Tabel 6 : UjiNormalitas 41

Tabel 7 : UjiLinearitas 42

Tabel 8 : Korelasi antara Perilaku Martarombo dengan Kepedulian 42

Tabel 9 : Deskripsi skor hipotetik data Kepedulian 43

Tabel 10 :Kategorisasi Data hipotetik Kepedulian 44

Tabel 11 : Deskripsi Skor Hipotetik Data Perilaku Martarombo 44

Tabel 12 : Kategorisasi Data Hipotetik Kepedulian 45

(14)

14

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1.Uji daya beda aitem dan reliabilitas Skala PerilakuMartarombo 56 Lampiran 2.Uji daya beda aitem dan reliabilitas Skala Kepedulian 58 Lampiran 3 :SkalaT ry Out dan Penelitian Skala Martarombo dan Skala

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...