KATA PENGANTAR. Atas bantuan dan kerjasama semua pihak atas pemutakhiran data ini, kami ucapkan terima kasih.

Teks penuh

(1)
(2)

- 1 -

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya perbaikan Aplikasi Dapodik Pendidikan Dasar versi 4.1.0 tahun pelajaran 2015/2016 semester 2.

Peluncuran Aplikasi Dapodik Pendidikan Dasar versi 4.1.0 sebagai upaya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada para pemangku kepentingan pendataan pendidikan khususnya para operator dan pengguna data SD, SDLB, SMP dan SMPLB serta SLB. Dengan demikian di himbau kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota sebagai berikut:

1. Pemutakhiran data dapodik sekolah untuk Tahun Pelajaran 2015/2016 semester II menggunakan Aplikasi Dapodik versi 4.1.0 untuk jenjang SD, SMP dan SLB, dan versi 8.3.0 untuk jenjang SMA dan SMK yang dapat diakses di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. 2. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota segera mensosialisasikan dan melakukan Bimbingan Teknis

kepada operator sekolah di wilayah Kabupaten/Kota masing-masing.

3. Website pendataan yang semula beralamat di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id segera diintegrasikan ke dalam dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan demikian seluruh aktivitas dan manajemen pendataan dimigrasi ke alamat baru tersebut yang akan diluncurkan paling lambat akhir Januari 2016.

4. Pengelolaan data jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disatukan dalam Kelompok Kerja Data Pendidikan (KK Datadik) dengan menerbitkan Surat Keputusan pembentukan KK Datadik Provinsi/Kabupaten/Kota terbaru dengan melibatkan operator pendataan Dapodikdas dan Dapodikmen sebelumnya.

5. Untuk menjamin validitas faktual data dapodik yang dikirimkan oleh sekolah melalui online, maka kepala sekolah wajib mengunduh, mengesahkan sekaligus menyerahkan dokumen pakta Integritas yang dapat diakses di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id ke KK Datadik Kabupaten/Kota. 6. Diharapkan sekolah dapat memutakhirkan data semester II dan mengirimkan data ke pusat

selambat-lambatnya pada tanggal 29 Februari 2016.

Perbaikan aplikasi Dapodik Pendidikan Dasar dari versi 4.0.3 ke versi 4.1.0 akan mengawal Pemanfaatan data Dapodikdas untuk berbagai transaksi seperti penyaluran tunjangan guru, penyaluran dana BOS, penyaluran manfaat Program Indonesia Pintar, penyaluran bantuan sarana prasarana dan berbagai program lainnya, menuntut peningkatan kualitas data dari sisi kelengkapan, kebenaran dan kemutakhiran data serta integritas data.

Sekali lagi kami menyambut baik peluncuran Aplikasi Dapodik Pendidikan Dasar versi 4.1.0, dengan harapan dapat memberikan layanan yang lebih baik. Kami mengharapkan agar pengiriman data sekolah tahun pelajaran 2015/2016 semester 2 dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Atas bantuan dan kerjasama semua pihak atas pemutakhiran data ini, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, Januari 2016 Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran

(3)
(4)

- 3 -

BAGIAN 1

INFORMASI UMUM

1.1 PENJELASAN APLIKASI

Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar semester 2 pada tahun ajaran 2015/2016 akan dikawal oleh versi aplikasi baru yaitu Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 . Pada versi ini terdapat beberapa perbaikan dan pembaharuan di data PTK , Sarana Prasarana, Sekolah dan Peserta Didik. Gaya dan tampilan antarmuka pengguna aplikasi generasi ke-empat yang sebelumnya masih dipertahankan dengan beberapa modifikasi tambahan guna tetap menghadirkan pengalaman yang nyaman dalam menggunakan Aplikasi.

Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk Installer dikarenakan adanya perubahan dan penambahan struktur database. Sebelum melakukan installasi Pengguna disyaratkan untuk melakukan uninstall Aplikasi Dapodikdas versi sebelumnya.

(5)

- 4 -

1.2. DAFTAR PERUBAHAN

Daftar Perubahan versi 4.1.0 :

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter nama pesera didik menjadi 100 karakter.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Judul Buku" menjadi 200 karakter pada tabel Buku yang Pernah Ditulis PTK.

[Perbaikan] Pencegahan pemilihan kebutuhan khusus dilayani pada tabel Sekolah sebelum memasukan data pada tabel Program Inklusi untuk jenjang SD dan SMP Reguler.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Penyelenggara Diklat" menjadi 100 karakter pada tabel Diklat PTK.

[Perbaikan] Penambahan kolom "Sertifikat Diklat" pada tabel Diklat PTK.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Publikasi" menjadi 150 karakter pada tabel Karya Tulis PTK.

[Perbaikan] Penambahan kolom "URL Publikasi" pada tabel Karya Tulis PTK.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Nama" menjadi 50 karakter pada tabel Kesejahteraan PTK.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Penyelenggara" menjadi 100 karakter pada tabel Kesejahteraan PTK.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "SK Layanan Khusus" menjadi 80 karakter pada tabel Layanan Khusus.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "SK Mengajar" menjadi 80 karakter pada tabel Pembelajaran.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Instansi" menjadi 100 karakter pada tabel Penghargaan PTK.

[Perbaikan] Perbaikan penjelasan mengenai isian no SKHUN, No Peserta Ujian Nasional, dan No Seri Ijazah.

[Perbaikan] Penginputan NIK harus 16 digit pada tabel PTK.

[Perbaikan] Penguncian nama, tempat lahir, tanggal lahir dan NUPTK pada tabel PTK. [Perbaikan] Keterangan tambahan pada Elektronik Buku Pedoman Tabel PTK.

[Perbaikan] Pencegahan sinkronisasi jika masih ada data yang invalid. [Perbaikan] Formulir Sekolah baru.

[Perbaikan] Formulir PTK baru.

[Perbaikan] Formulir Peserta Didik baru.

[Perbaikan] Penginputan NIK harus 16 digit pada tabel Peserta Didik.

[Perbaikan] Keterangan tambahan pada Elektronik Buku Pedoman Tabel Prasarana.

[Perbaikan] Keterangan tambahan pada Elektronik Buku Pedoman Tabel Rombongan Belajar. [Perbaikan] Keterangan tambahan pada Elektronik Buku Pedoman Tabel Anggota Rombel. [Perbaikan] Keterangan tambahan pada Elektronik Buku Pedoman Tabel Peserta Didik. [Pembaruan] Jika memilih Perima KPS/KKS/PKH/KIP maka wajib mengisikan No.

KPS/KKS/PKH/KIP pada form Peserta Didik.

[Pembaruan] Jika memilih Layak diusulkan PIP maka wajib mengisikan Alasan layak PIP pada form Peserta Didik.

[Pembaruan] Menambahkan unduhan F-PTK beserta dengan data yang sudah dimasukan. [Pembaruan] Menambahkan keterangan NUPTK untuk isian pilihan Guru yang mengajar mata

pelajaran di tabel pembelajaran.

[Pembaruan] Fitur Tambah/Ubah akun PTK (username/password) untuk akses layanan kementerian.

[Pembaruan] Kolom "No.Registrasi Perpustakaan" di tabel Prasarana. [Pembaruan] Kolom "Tgl Hapus Buku" di tabel Prasarana.

(6)

- 5 -

[Pembaruan] Kolom "Tgl Hapus Buku" di tabel Sarana. [Pembaruan] Kolom "Alasan Hapus Buku" di tabel Sarana. [Pembaruan] Kolom "Tgl Hapus Buku" di tabel Buku & Alat. [Pembaruan] Kolom "Alasan Hapus Buku" di tabel Buku & Alat. [Pembaruan] Kolom "Semester" di tabel Tunjangan.

[Pembaruan] Kolom "SK Tunjangan" di tabel Tunjangan. [Pembaruan] Kolom "Tgl SK Tunjangan" di tabel Tunjangan.

[Pembaruan] Filter status hapus buku prasarana di tabel Prasarana. [Pembaruan] Filter status hapus buku prasarana di tabel Sarana. [Pembaruan] Filter status hapus buku prasarana di tabel Buku/Alat. [Pembaruan] Tabel Riwayat Pekerjaan PTK.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Blockgrant.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Buku/Alat.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Program Inklusi.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Inpassing Non PNS.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Prasarana.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Tunjangan.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Beasiswa Peserta Didik.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Beasiswa PTK.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Prestasi Peserta Didik.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Riwayat Sertifikasi.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Sarana. [Pembaruan] Menonaktifkan data rincian PTK bila PTK bukan terdaftar di sekolah induk. [Pembaruan] Pengecekan otomatis jika ada pembaruan aplikasi terbaru dari server pusat. [Pembaruan] Penambahan validasi warning bahwa PTK harus memiliki email.

(7)

- 6 -

BAGIAN 2

DESKRIPSI PERUBAHAN

2.1 INSTALLASI DAPODIKDAS VERSI 4.1.0

Aplikasi Dapodikdas Semester genap biasanya dikemas dalam bentuk patch atau updater, namun pada versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk installer dikarenakan ada penyesuaian struktur database. Hal ini memiliki konsekuensi untuk meng-uninstall aplikasi versi sebelumnya yang masih terpasang di komputer. Namun tidak perlu khawatir data sekolah yang sudah dikirim ke server tidak akan hilang dan dapat dipindahkan ke aplikasi dapodikdas melalui fasilitas generate prefill.

Prosedur installasi Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0

Untuk dapat login ke aplikasi, operator diminta untuk registrasi kembali. Setelah proses installasi selesai pengguna tidak diarahkan ke halaman login melainkan langsung ke halaman registrasi untuk melakukan registrasi operator. Pembaruan ini menambah efektif dan efisien proses installasi. Dianjurkan menggunakan alamat email yang asli dan sama dengan alamat email sebelumnya hal ini dikarenakan email tersebut akan digunakan sebagai akun single sign on (SSO) untuk masuk ke dalam aplikasi-aplikasi pemanfaatan Dapodik.

UNINSTALL APLIKASI VERSI SEBELUMNYA UNDUH MASTER APLIKASI DAN DATA PREFILL INSTALL APLIKASI DAPODIKDAS VERSI 4.1.0 LAKUKAN REGISTRASI

2

3

4

1

(8)

- 7 -

2.2 BERANDA

Pada beranda kita akan disajikan salahsatu perbedaan yang mencolok yaitu adanya status penggunaan kurikulum 2013 pada identitas sekolah. Jika dinyatakan tidak diizinkan maka sekolah tidak dapat menggunakan Kurikulum 2013 melainkan menggunakan Kurikulum KTSP.

[Perbaikan] Pencegahan sinkronisasi jika masih ada data yang invalid

[Pembaruan] Penambahan validasi warning bahwa PTK harus memiliki email

Pengguna disarankan memastikan memperhatikan menu validasi saat hendak melakukan sinkronisasi. Karena jika terdapat data yang invalid ( ) maka sinkronisasi tidak dapat dilakukan. Lalu bagi PTK yang tidak memiliki email akan mendapatkan peringatan/warning, tanda peringatan tidak mencegah pengguna untuk melakukan sinkronisasi.

(9)

- 8 -  [Perbaikan] Formulir Sekolah baru.

[Perbaikan] Formulir PTK baru.

[Perbaikan] Formulir Peserta Didik baru.

Formulir yang dapat diunduh di beranda Aplikasi dapodikdas telah diperbaharui sesuai dengan pembaharuan yang ada di versi 4.1.0

(10)

- 9 -

2.3 SEKOLAH

[Perbaikan] Pencegahan pemilihan kebutuhan khusus dilayani pada tabel Sekolah sebelum memasukan data pada tabel Program Inklusi untuk jenjang SD dan SMP Reguler.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "SK Layanan Khusus" menjadi 80 karakter pada tabel Layanan Khusus.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Blockgrant.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Program Inklusi.

Data blockgrant dan program inklusi yang berasal dari pusat tidak dapat di ubah dan dihapus. Ketika memilih salahsatu data blokgrant tersebut maka secara otomatis menu ubah, simpan dan hapus akan menjadi tidak aktif.

(11)

- 10 -

2.4 PESERTA DIDIK

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter nama peserta didik menjadi 100 karakter. [Perbaikan] Penginputan NIK harus 16 digit pada tabel Peserta Didik.

[Perbaikan] Perbaikan penjelasan mengenai isian no SKHUN, No Peserta Ujian Nasional, dan No Seri Ijazah.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Beasiswa Peserta Didik.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Prestasi Peserta Didik.

(12)

- 11 -

[Perbaikan] Keterangan tambahan pada Elektronik Buku Pedoman Tabel Peserta Didik. [Pembaruan] Jika memilih Perima KPS/KKS/PKH/KIP maka wajib mengisikan No.

KPS/KKS/PKH/KIP pada form Peserta Didik.

[Pembaruan] Jika memilih Layak diusulkan PIP maka wajib mengisikan Alasan layak PIP pada form Peserta Didik

Pembaruan didalam formulir peserta didik terdapat pada penambahan pillihan Layak/Tidak Layak diusulkan PIP (Tampilan awal = “Tidak”. Pilih “Ya” jika memang layak). Jika layak, pengguna dapat memilih alasan mengapa Peserta Didik tersebut layak diusulkan dalam PIP. Untuk data nama bank dan nomor rekening peserta didik tidak diisi oleh sekolah melainkan datanya akan diisi dari pusat.

Alasan layak diusulkan PIP:

1. Pemegang PKH/KPS/KKS/KIP 2. Penerima BSM 2014

3. Yatim Piatu/Panti Asuhan/Panti Sosial 4. Dampak Bencana Alam

5. Pernah Drop Out

6. Siswa Miskin/rentan miskin 7. Daerah Konflik

8. Keluarga Terpidana/ Berada di LAPAS 9. Kelainan Fisik

(13)

- 12 -

2.5 PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK)

Untuk memudahkan mempelajarinya,pembaharuan dan perubahan dalam data PTK akan disajikan dalam kelompok menu aplikasi sebagai berikut :

Data PTK

[Perbaikan] Penguncian nama, tempat lahir, tanggal lahir dan NUPTK pada tabel PTK. [Perbaikan] Penginputan NIK harus 16 digit pada tabel PTK.

Identitas PTK yang pada versi sebelumnya dibukakan kuncinyan kini dapa versi 4.1.0 dikunci kembali. Jika pengguna akan melakukan perubahan pada data-data yang dikunci tersebut, dapat dilakukan melalui vervalptk. Selanjutnya penginputan data NIK harus 16 digit, jika tidak terpenuhi maka data NIK tidak dapat disimpan.

[Perbaikan] Keterangan tambahan pada Elektronik Buku Pedoman Tabel PTK.

Data Rinci PTK

[Pembaruan] Menonaktifkan data rincian PTK bila PTK bukan terdaftar di sekolah induk. Data rinci PTK dapat dirubah pada PTK yang memiliki status induk dalam menu Penugasan. Jika status penugasa PTK di sekolah adalah bukan induk, maka data Rinci PTK tidak dapat diperbaharui.

(14)

- 13 -  [Pembaruan] Kolom "Semester" di tabel Tunjangan. [Pembaruan] Kolom "SK Tunjangan" di tabel Tunjangan. [Pembaruan] Kolom "Tgl SK Tunjangan" di tabel Tunjangan.

[Pembaruan] Tabel Riwayat Pekerjaan PTK.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Tunjangan.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Beasiswa PTK.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Riwayat Sertifikasi.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Judul Buku" menjadi 200 karakter pada tabel Buku yang Pernah Ditulis PTK.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Penyelenggara Diklat" menjadi 100 karakter pada tabel Diklat PTK.

(15)

- 14 -

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Publikasi" menjadi 150 karakter pada tabel Karya Tulis PTK.

[Perbaikan] Penambahan kolom "URL Publikasi" pada tabel Karya Tulis PTK.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Nama" menjadi 50 karakter pada tabel Kesejahteraan PTK.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Penyelenggara" menjadi 100 karakter pada tabel Kesejahteraan PTK.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "Instansi" menjadi 100 karakter pada tabel Penghargaan PTK.

Action Menu

[Pembaruan] Menambahkan unduhan F-PTK beserta dengan data yang sudah dimasukkan. Jika pengguna membutuhkan pengesahan data PTK yang telah diinput maka dalam versi 4.1.0 telah disediakan unduh data individu PTK dalam sebuah formulir (F-PTK) dengan format excel. Caranya adalah Pilih PTK yang akan kita unduh lalu menu unduh PTK berada di formulir PTK saat klik Ubah atau terdapat pula di Action menu.

(16)
(17)

- 16 -

Penugasan PTK

[Pembaruan] Fitur Tambah/Ubah akun PTK (username/password) untuk akses layanan kementerian.

PTK dapat memiliki akses layanan ke kementerian dengan data username dan password yang ditentukan melalui Aplikasi Dapodikdas. Caranya adalah melalui fitur Buat/Ubah Akun PTK di menupenugasan PTK. Fitur ini hanya dapat diakses oleh PTK yang memiliki status induk di sekolah. Pastikan pula data email di formulir PTK sudah diisi terlebih dahulu.

Catatan :

1. Diharapkan PTK yang bersangkutan yang menentukan dan memasukan password.

2. Alamat email PTK otomatis akan menjadi nama pengguna (username).

3. Alamat email PTK wajib valid.

(18)

- 17 -

2.6 SARANA DAN PRASARANA (SARPRAS)

[Pembaruan] Kolom "No. Registrasi Perpustakaan" di tabel Prasarana.

Nomor Registrasi perpustakaan hanya diisi untuk Prasarana yang memiliki jenis prasarana : a. Perpustakaan

b. Perpustakaan Multimedia

Selain dua jenis prasarana diatas, Nomor Registrasi Perpustakaan dapat dikosongkan

Nomor Registrasi perpustakaan didapat dari website resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia denga alamat http://npp.pnri.go.id/. Caranya adalah sebagai berikut :

 Akses alamat website http://npp.pnri.go.id/ lalu akan muncul halaman utama website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

(19)

- 18 -

 Pada aplikasi NPP pilih menu Profille Perpustakaan

(20)

- 19 -

[Pembaruan] Kolom "Tgl Hapus Pembukuan" di tabel Prasarana. [Pembaruan] Kolom "Alasan Hapus Pembukuan " di tabel Prasarana. [Pembaruan] Filter status hapus buku prasarana di tabel Prasarana.

Hapus Pembukuan bukan memiliki arti sebuah buku yang dihapus dalam sebuah Prasarana, melainkan memiliki arti penghapusan Prasarana dari Pembukuan Prasarana di Sekolah. Gunakan menu ini jika terdapat prasarana yang dihapus pembukuannya seperti dibongkar karena terkena gusuran, bencana alam, dan berpindah tangan .

JIka hendak melihat Prasarana mana saja yang dihapus pembukuannya, pengguna dapat menggunakan fasilitas filter Prasarana.

(21)

- 20 -

[Pembaruan] Kolom "Tgl Hapus Pembukuan" di tabel Sarana. [Pembaruan] Kolom "Alasan Hapus Pembukuan" di tabel Sarana. [Pembaruan] Filter status hapus pembukuan prasarana di tabel Sarana.

[Pembaruan] Kolom "Tgl Hapus Pembukuan" di tabel Buku & Alat. [Pembaruan] Kolom "Alasan Hapus Pembukuan" di tabel Buku & Alat. [Pembaruan] Filter status hapus pembukuan prasarana di tabel Buku/Alat.

(22)

- 21 -

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Buku/Alat.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Prasarana.

[Pembaruan] Menonaktifkan fitur ubah untuk record yang berasal dari pusat di tabel Sarana.

2.7 ROMBONGAN BELAJAR

[Pembaruan] Menambahkan keterangan NUPTK dan NIK untuk isian pilihan Guru yang mengajar mata pelajaran di tabel pembelajaran.

[Perbaikan] Penambahan panjang karakter "SK Mengajar" menjadi 80 karakter pada tabel Pembelajaran.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk tepat dalam memilih data PTK dalam pembelajaran serta mengakomodir nomor SK Pembagian Tugas Mengajar yang panjang sampai dengan 80 karakter.

(23)

- 22 -

2.8 PENGATURAN

[Pembaruan] Pengecekan otomatis jika ada pembaruan aplikasi terbaru dari server pusat. Jika tersedia update Aplikasi Dapodikdas versi terbaru dan komputer terkoneksi dengan internet, maka pengguna akan mendapat notifikasi update versi aplikasi saat login ke Aplikasi. Fitur ini memudahkan pengguna agar selalu menggunakan aplikasi versi terbaru.

(24)

- 23 -

Daftar Istilah

Backup Proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

Blockgrant Pemberian bantuan dana untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sosial politik, hukum atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan.

Dapodikdas Data pokok pendidikan dasar; Aplikasi data pendidikan yang digunakan untuk menjaring data pendidikan tingkat dasar (SD, SMP, dan SLB).

Data Periodik Data menurut periode tertentu; muncul atau terjadi di selang waktu yg tetap; data berkala (contoh pengisian di tabel peserta didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).

Generate Prefill Sebuah proses yang berguna sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik. Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf).

Inpassing Proses penyesuaian kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.

Install Proses pemasangan aplikasi kedalam komputer

KGB Kenaikan gaji yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan gaji berkala yaitu setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengisian KGB dapat ditemukan pada tabel Rincian Data PTK.

Kode Registrasi “kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan.Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi).

KPS Kartu Perlindungan Sosial; Kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan memiliki KPS, rumah tangga berhak menerima program-program perlindungan sosial, seperti : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku hingga tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan kode batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.

(25)

- 24 -

NPP Nomor Pokok Perpustakaan

PD Peserta didik; siswa; murid.

Pembaruan Penambahan atau pembuatan fitur aplikasi yang baru

Perbaikan Penyempurnaan fitur aplikasi yang sudah ada

PIP Program Indonesia Pintar

PKH Program Keluarga Harapan

Prefill Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah di semester yang lalu yang kemudian data tersebut di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data peserta didik baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.

PTK Pendidik dan Tenaga Kependidikan; guru; pengajar.

Rombel Rombongan belajar; kelas.

Sinkronisasi Fasilitas yang terdapat pada aplikasi Dapodikdas untuk mengirimkan data dari pengguna (operator sekolah) ke server pusat (Dapodikdas).

TMT Terhitung Mulai Tanggal

TST Terhitung Selesai Tanggal

Uninstall Penghapusan aplikasi dari komputer

Validasi Fasilitas di dalam aplikasi Dapodikdas yang bertujuan untuk mencegah data invalid masuk ke server pada saat pengguna melakukan sinkronisasi (online atau offline).

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :