Evaluasi Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni Di Kota Payakumbuh

Teks penuh

(1)

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM REHABILITASI SOSIAL RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI KOTA PAYAKUMBUH

SKRIPSI

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Sosial

Universitas Sumatera Utara

Disusun Oleh : ELSA FEBRINA

090902011

DEPARTEMEN ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

(2)

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DEPARTEMEN ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL

Nama : Elsa Febrina Nim : 090902011

ABSTRAK

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM REHABILITASI SOSIAL RUMAH

TIDAK LAYAK HUNI DI KOTA PAYAKUMBUH

Rumah memiliki fungsi yang sangat besar bagi individu dan keluarga tidak saja mencakup aspek fisik, tetapi juga mental dan sosial. Untuk menunjang fungsi rumah sebagai tempat tinggal yang baik maka harus dipenuhi syarat fisik yaitu aman sebagai tempat berlindung, secara mental memenuhi rasa kenyamanan dan secara sosial dapat menjaga privasi setiap anggota keluarga, menjadi media bagi pelaksanaan bimbingan serta pendidikan keluarga. Dengan terpenuhinya salah satu kebutuhan dasar berupa rumah yang layak huni,diharapkan tercapai ketahanan keluarga. Ketidakberdayaan masyarakat memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni berbanding lurus dengan pendapatan dan pengetahuan tentang fungsi rumah itu sendiri. Pemberdayaan fakir miskin juga mencakup upaya Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSTLH).

Penelitian ini dilakukan di Kota Payakumbuh. Tipe penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 25 kepala keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan studi kepeustakaan, sedangkan teknik analisis data deskriptif yang diperoleh lalu diinterpretasikan dengan teknik yang dipakai adalah teknik analisa tabel data tunggal.

Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa evaluasi pelaksanaan program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni di kota payakumbuh sudah berjalan dengan baik. Evaluasi dilihat dari berbagai indicator yaitu ketepatan waktu,dan ketepatan pengerjaan, ketepatan sasaran. Program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hunian yang layak sehingga masyarakat mampu menjalankan peran dan fungsi sosialnya dengan lebih baik sehingga diharapkan pemerintah dan masyarakat bersama-sama menunjang keberhasilan program untuk peningkatan dimasa yang akan dating.

(3)

UNIVERSITY OF NORTH SUMATRA

FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE SCIENCE DEPARTMENT OF SOCIAL WELFARE

Name: Elsa Febrina Nim: 090902011

ABSTRACT

EVALUATION OF SOCIAL REHABILITATION PROGRAM UNINHABITABLE HOUSES CITY PAYAKUMBUH

The house has a very large function for individuals and families not only include the physical aspects, but also mentally and socially. To support the function of the house as a good place to live then the physical requirements that must be met as a safe haven, mentally fulfilling sense of comfort and socially to maintain the privacy of every member of the family, became a medium for the implementation of the guidance and education of the family. With the fulfillment of one of the basic needs for decent housing, families are expected to achieve resilience. Powerlessness communities meet the needs of decent housing is directly proportional to the income and knowledge of the function of the house itself. Poor empowerment also includes Social Rehabilitation efforts Homes Not Livable (RSTLH).

This research was conducted in Payakumbuh. This type of research uses descriptive study with a sample of 25 households. Data collection techniques using questionnaires, observation, and study kepeustakaan, while the descriptive data analysis techniques obtained and interpreted by the technique used is the technique of analyzing a single data table.

Based on the data analysis we concluded that the evaluation of the implementation of social rehabilitation programs uninhabitable houses in town payakumbuh already well underway. Evaluation of various indicators is seen timeliness, and accuracy of workmanship, precision targeting. Social rehabilitation program uninhabitable housing is very helpful community in meeting the needs of adequate shelter so that communities are able to perform the role and social function better so expect the government and the community together to support the success of the program in the future improvement of dating.

(4)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatNya telah memberikan kesehatan, kekuatan, kesabaran dan kemudahan, Walaupun penulis sadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan mengingat keterbatasan pengetahuan, waktu dan kemampuan penulis miliki. Maka dengan segala kerendahan hati, penulis mohon adanya perbaikan dan penyempurnaan tulisan ini, yang tentunya mengharapkan koreksi dan saran dari segenap pembaca sekalian.

Skripsi ini berjudul “Evaluasi Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni Di Kota Payakumbuh”. Yang merupakan salah satu

syarat untuk menyelesaikan studi pada program strata satu (S-1), Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Dengan segala keterbatasan penulis berharap penelitian ini bermanfaat bagi penulis khususnya, dan pembaca tentunya.

Selama menyelesaikan skripsi ini penulis telah banyak menerima bantuan, bimbingan, serta dukungan dari berbagai pihak baik moril maupun materil. Maka dengan segala kerendahan hati ppenulis menghaturkan terima kasih kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Badaruddin, M.Si, selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

2. Ibu Hairani Siregar, S.Sos, M.SP selaku Ketua Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial.

(5)

4. Seluruh Bapak dan Ibu Dosen serta Pegawai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara untuk segala ilmu pengetahuan selama perkuliahan.

5. Seluruh Staff dan Pegawai di Kantor Dinas Sosial Kota Payakumbuh yang telah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu penulis.

6. Teristimewa kepada kedua orangtuaku Bapak Destia Warman dan Mamaku Lisnar, yang telah merawat penulis dengan penuh kasih sayang yang tulus serta

telah banyak mengorbankan waktu, materi yang tak terhitung nilainya serta motivasi dan doa untuk keberhasilan penulis dalam meraih cita-cita.

7. Kepada abangku Dodi Irwanto dan Yunaldi makasi ya untuk semua, dan kakakku yang cantik dan bawel Yulia Fitri, serta buat adikku yang jelek Jefri Nolanda dan Kedua Keponakanku yang mentel Nurul dan Diego tersayang. Terima kasih untuk semua bentuk dukungan yang kalian berikan kepadaku, terima kasih untuk terus membuatku tersenyum.

8. Seluruh keluarga besar yang selalu memberikan dukungan dan semangat untukku serta do’a yang selalu menyertai langkahku.

9. Kepada yang aku sayangi Affandi Nurdin yang selalu memberikan semangat dan repetan disaat penyelesaian skripsi ini, terimakasih ya abang buncitku sayang. Semoga mimpi kita jadi nyata dan Allah merestui kita. Dan terima kasih juga kepada mama Nurhayati untuk semua dukungan dan do’anya.

(6)

11. Teman seperjuangan bimbingan bang iin: rey ulinakaban. Teman-teman seperjuangan 09 di kelas dulu, juli, melani , novita, teja, gomos, budi, eky, citra, febri, brema, ezwin, raihana, oci, rizky, bang dani, bang octo, udin, bang jeriko, surya, windi, irene, friska, heny, hot, mesra dan yang lainnyasemoga kita semua dapat mengejar cita-cita kita dan terima kasih setulusnya atas kebersamaan yang selama ini tercipta.

12. Seluruh keluarga besar IMIKS

13. Seluruh responden di Payakumbuh yang telah membantu penulis selama ini dalam mejalankan penelitian. Penulis ucapkan banyak terimakasih atas data dan informasinya.

14. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, namun banyak membantu dalam memberikan moril maupun materil bagi terselesainya skripsi ini, penulis banyak ucapkan terimakasih.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih memerlukan kritik dan saran yang sifatnya membangun, untuk itu sangat diharapkan masukannya. Akan tetapi penulis telah semaksimal mungkin berusaha memberikan yang terbaik. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat agi rekan-rekan mahasiswa dan semua pihak yang membutuhkannya. Semoga Allah Yang Maha Esa memberi perlindungan, kesehatan dan berkatNya kepada kita semua.

Medan, 2014

Penulis,

(7)

DAFTAR ISI

ABSTRAK………

ABSTRACT………...………. ii

KATA PENGANTAR………. iii

DAFTAR ISI……...………. iv

DAFTAR TABEL……..………... v

DAFTAR BAGAN...……… vi

DAFTAR LAMPIRAN……… vii

BAB I PENDAHULUAN 1.1Latar Belakang ... 1

1.2Perumusan Masalah ... 5

1.3Pembatasan Masalah…...……….. 5

1.4Tujuan dan Manfaat Penelitian ... 5

1.4.1 Tujuan Penelitian ... 5

1.4.2 Manfaat Penelitian ... 6

1.5 Sistematika Penulisan ... 6

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Evaluasi ... 8

(8)

2.1.3 Proses Evaluasi ... 10

2.6Rehabiltasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni ... 18

2.6.1 Kriteria Kepala Keluarga Penerima Bantuan Rehabiltasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni ………..…………... 18

2.6.2 Kriteria Sarana dan Prasarana Lingkungan……… 19

2.6.3 Kelompok Penerima Bantuan………. 19

2.6.4 Tim Pembangunan Sarling……….. 20

2.6.5 Prosedur Pengusulan Kegiatan……… 21

2.6.6 Pelaksanaan Kegiatan……….. 22

2.6.6.1 Prinsip Pelaksanaan ... 22

2.6.6.2 Tahapan Pelaksanaan Bantuan ... 23

2.6.6.3 Pelaporan ... 24

2.6.7 Penyaluran, Pencairan dan Penggunaan Dana ... 25

2.6.7.1 Penyaluran ... 25

2.6.7.2 Penggunaan Dana ... 26

2.6.8 Sanksi ... 27

2.7 Kesejahteraan Sosial ... 27

(9)

2.8 Kerangka Pemikiran ... 32

2.9 Defenisi Konsep dan Operasional ... 34

2.9.1 Definisi Konsep ... 34

2.9.2 Definisi Operasional ... 35

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Tipe Penelitian... 37

3.2 Lokasi Penelitian ... 37

3.3 Populasi dan Sampel ... 38

3.3.1 Populasi ... 38

3.3.2 Sampel ... 38

3.4 Teknik Pengumpulan Data ... 39

3.5 Teknik Analisis Data ... 40

BAB IV DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN 4.1 Sejarah Kota Payakumbuh ... 41

4.2 Demografi ... 47

4.3 Perekonomian ... 48

4.4 Kependuduka ... 49

4.5 Pendidikan ... 50

4.6 Kesehatan dan Sanitasi ... 51

BAB V ANALISIS DATA 5.1Analisis Karakter Umum Responden ... 54

(10)

5.4 Terwujudnya Hunian yang layak bagi keluarga penerima bantuan ... 64 BAB VI PENUTUP

(11)

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Rincian Penggunaan Dana Bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak

Layak Huni………...……. 26

Tabel 2.2 Rincian Penggunaan Dana Sarling………...……. 26

Tabel 4.1 Data Sekolah Di Kota Payakumbuh………... 50

Tabel 5.1 Distribusi Responden Berdasarkan Jenis Pekerjaan... 55

Tabel 5.2 Distribusi Responden berdasarkan Pendidikan Terakhir... 55

Tabel 5.3 Distribusi Responden Berdasarkan Jumlah Anggota Keluarga... 56

Tabel 5.4 Ditribusi Responden Berdasarkan Pengetahuan Mengenai Tujuan Program……….. 57

Tabel 5.5 Distribusi Responden Berdasarkan Pengetahuan Mengenai Sasaran Prorgram………... 58

Tabel 5.6 Distribusi Responden Berdasarkan Pengetahuan Mengenai Sumber Dana Yang Diguanakan... 59

Tabel 5.7 Distribusi Responden Berdasarkan Bahan Bangunan... 60

Tabel 5.8 Distribusi Responden Berdasarkan Jumlah Tukang Ahli... 60

Tabel 5.9 Distribusi Responden Berdasarkan Ketepatan Waktu Penyaluran Dana Bantuan Dengan Waktu Pengerjaan Rehabilitasi Rumah…... 61

Tabel 5.10 Distribusi Respoden Berdasarkan Kesanggupan Masyarakat Dalam Menggunakan Dana Swadaya... 62

(12)

Tabel 5.13 Distribusi Responden Berdasarkan Tingkat Keamanan Menempati Rumah Yang Telah Direhabilitasi………... 64 Tabel 5.14 Distribusi Responden Berdasarkan Pengaruh Hasil Rehabilitasi

Terhadap Kelas Sosial Dalam Hidup Bermasyarakat... 65

(13)

LAMPIRAN

1. Daftar Pertanyaan (kuesioner)

2. Lembaran Pengesahan Judul Proposal 3. Surat Keputusan Dosen Pembimbing 4. Berita Acara Seminar Proposal Penelitian 5. Lembaran Bimbingan

6. Surat Izin Penelitian Dari Fakultas Ilmi Sosial Ilmu Polotik Universitas Sumatera Utara

7. Surat Izin Penelitian dari PT. Perkebunan Nusantara II 8. Lembaran Persetujuan Seminar Proposal

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...