VARIASI BAHASA, ISI PESAN, DAN KODE BAHASA FACEBOOK UNTUK KOMUNIKASI VARIASI BAHASA, ISI PESAN, DAN KODE BAHASA FACEBOOK UNTUK KOMUNIKASI PERGAULAN DI INTERNET.

11 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

VARIASI BAHASA, ISI PESAN, DAN KODE

BAHASA FACEBOOK UNTUK KOMUNIKASI

PERGAULAN DI INTERNET

SKRIPSI

Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Mencapai Derajat Sarjana S1 Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah

Disusun Oleh : WIDYA PRATIWI

A 310 060 165

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

ii

PERSETUJUAN

VARIASI BAHASA, ISI PESAN, DAN KODE BAHASA

FACEBOOK UNTUK KOMUNIKASI PERGAULAN

DI INTERNET

Diajukan Oleh: WIDYA PRATIWI

A 310060165

Telah disetujui untuk dipertahankan di depan Dewan Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah

.

Persetujuan Pembimbing

Pembimbing I Pembimbing II

(3)

iii

PENGESAHAN

VARIASI BAHASA, ISI PESAN, DAN KODE BAHASA

FACEBOOK UNTUK KOMUNIKASI PERGAULAN DI

INTERNET

yang dipersiapkan dan disusun oleh :

WIDYA PRATIWI

A 310060165

Susunan Dewan Penguji

1. Drs, Andi Haris P, M. Hum. ( )

2. Drs. Yakub Nasucha, M. Hum. ( )

3. Drs. Agus Budi W, M.Hum ( )

Surakarta, 7 Maret 2011

Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dekan,

(4)

iv

PERNYATAAN

Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Apabila ternyata kelak atau di kemudian hari terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saua di atas, maka saya bertanggung jawab sepunuhnya.

Surakarta, 7 Maret 2011

(5)

v

MOTTO

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum

sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

(Terjemahan Q.S. Ar-Ra’d:11)

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Seiring dengan sembah sujud syukur pada Allah SWT karya sederhana ini penulis persembahkan kepada:

1. Ayah dan Bunda tercinta. Terima kasih telah memberikan, cinta, kasih sayang, semangat, doa, dan restu. Kebahagiaanku adalah kalian.

2. Kakakku tersayang Wida Pratama yang memberi dorongan dan semangat. Semoga kita menjadi anak-anak yang berbakti dan berakhlak mulia. Semoga kesuksesan kan kau raih.

3. Teman-teman PBSID angkatan 2006, khususnya kelas C. Terimakasih atas semangat dan perhatiannya.

4. Belahan jiwaku Dwi Setiadi yang selalu menemaniku saat suka dan duka, dan selalu memberiku dorongan semangat.

5. Sahabat tercintaku Titin dan Yanti yang selalu memberiku dorongan dan semangat.

(7)

vii

Puji syukur senantiasa penulis panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena berkat petunjuk serta inayah-Nya penulis dapat menyelesaikan

skripsi ini dengan lancar. Skripsi yang berjudul Pokok-Pokok Ajaran Islam dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El Shirazy: Tinjauan Sosiologi Sastra membahas tentang pokok-pokok ajaran Islam dalam novel Ketika Cinta Bertasbih dapat terselesaikan.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin menuangkan isi hati dan menyampaikan penghargaan serta rasa terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian skripsi ini.

1. Prof. Dr. Bambang Setiaji, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta yang memberikan kesempatan menuntut ilmu di UMS.

2. Drs. Sofyan Anif, M. Si, Selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan izin kepada penulis untuk menyusun skripsi ini.

3. Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

4. Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. Selaku Dosen Pembimbung Akademik dan sebagai Dosen Pembimbing I dalam penelitian ini, yang telah memberikan arahan, masukan, dan bimbingan serta semangat untuk tetap maju selama peneliti menyusun skripsi ini.

(8)

viii

6. Bapak dan Ibu dosen PBSID yang dengan tulus ikhlas mengajarkan ilmunya kepada kami yang sangat berguna untuk bekal dalam menjalani kehidupan di masa depan kelak.

7. Bapak dan Ibu yang senantiasa memberikan kasih sayang, doa dan dukungan kepada peneliti.

Semoga Allah membalas amal mereka dengan balasan yang sepadan karena penulis tidak bisa membalas amal mereka karena keterbatasan penulis sebagai manusia biasa.

Penulis menyadari bahwa karya sederhana ini masih banyak kekurangan, untuk itu demi kesempurnaannya kritik dan saran yang membantu sangat penulis harapkan. Semoga karya ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Surakarta, 7 Maret 2011

(9)

ix

BAB II LANDASAN TEORI A. Klasifikasi Variasi Bahasa ... 6

B. Kata ... 9

C. Perubahan Makna ... 10

D. Komunikasi ... 12

BAB III METODE PENELITIAN A. Objek dan Waktu Penelitian ... 17

B. Bentuk dan Strategi Penelitian ... 17

C. Data dan Sumber Data ... 18

D. Teknik Pengumpulan Data ... 19

(10)

x

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ... 89

A. Hasil Penelitian ... 24

B.Pembahasan ... 58

BAB V SIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN ... 60

A. Simpulan ... 60

B. Implikasi ... 60

C. Saran ... 61

(11)

xi ABSTRAK

VARIASI BAHASA, ISI PESAN, DAN KODE BAHASA FACEBOOK UNTUK KOMUNIKASI PERGAULAN DI INTERNET

Widya Pratiwi, A310060165, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

Surakarta, 2011, 90 halaman.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi unsur-unsur variasi bahasa, isi pesan, dan kode bahasa facebook yang digunakan untuk komunikasi pergaulan waktu di Internet dan mendeskripkan makna terjadinya penggunaan unsur-unsur variasi bahasa, isi pesan, dan kode bahasa facebook yang digunakan untuk komunikasi pergaulan di Internet. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode padan. Dan hasil variasi pola kalimat bahasa facebook yang digunakan dalam pergaulan di Internet kebanyakan menggunakan bahasa ragam tidak baku yaitu hanya dipakai sebagai alat komunikasi didalam lingkungan pergaulan sehari-hari yang biasanya sederhana dan ringkas. Bahasa facebook yang digunakan dalam pergaulan di Internet susunan kalimatnya Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) karena (1) terdapat banyak penggalan berupa penggalan kalimat, kelompok kata, dan suku kata, (2) kalimat-kalimatnya biasanya berupa kalimat tunggal, (3) sering mengandung kosa kata yang terpengaruh dialek atau bahasa daerah, (4) kosa kata yang biasanya berwujud kosa kata yang sangat umum dan mudah dimengerti kode-kode yang digunakan dalam bahasa facebook dalam komuniukasi hanyalah sebagai fungsi yang mendasarkan dari pada konvensi antar komunikatornya. Jika salah satu komunikasi tidak mengetahui arti dan kode yang di sampaikan oleh lawannya sudah barang tentu komunikasi tidak akan berjalan dengan baik. Alih kode untuk isi pesan aada 27 kode yang digunakan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...