HUBUNGAN METODE TEKA-TEKI SILANG BERBASIS TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2014/2015.

Teks penuh

(1)
(2)

RIWAYAT HIDUP

(3)

HUBUNGAN METODE TEKA-TEKI SILANG BERBASIS TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2014/2015/2008

Oleh:

Lidia Imelda Br Siregar 4113141045

Program Studi Pendidikan Biologi

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

JURUSAN BIOLOGI

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

(4)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala berkat dan kasihNya yang diberikan kepada penulis sehingga penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik.

Skripsi ini berjudul “Hubungan Metode Teka-Teki Silang Berbasis Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan T.P 2014/2015/”, disusun untuk tujuan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada Bapak Drs. Zulkifli Simatupang, M.Pd, sebagai Dosen Pembimbing Skripsi yang telah banyak memberikan bimbingan serta kritik saran kepada penulis sejak awal pembuatan proposal penelitian sampai skripsi ini selesai. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ibu Dra. Adriana YD. Lbn.Gaol, M.Kes, Ibu Dra. Martina Napitupulu, M.Sc, dan Bapak Drs. H. Mhd. Yusuf Nasution, M.Si, selaku Dosen Penguji yang juga telah memberikan masukan berupa kritik dan saran mengenai penelitian yang dilaksanakan. Ucapan terima kasih juga penulis sampaikan kepada Bapak Prof. Dr. rer.nat. Binari Manurung., selaku Dosen Pembimbing Akademik dan kepada seluruh Bapak dan Ibu Dosen serta Staf Pegawai Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan yang telah membantu penulis. Terima kasih juga penulis sampaikan kepada Bapak Drs. Jasmen Tampubolon,M.Si., selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 12 Medan dan Ibu Rosliana Panjaitan., selaku guru Biologi di SMA Negeri 12 Medan serta para guru dan staf pegawai SMA Negeri 12 Medan yang telah banyak membantu penulis dalam melakukan dan menyelesaikan penelitian ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh siswa SMA Negeri 12 Medan khususnya kelas XI IPA.

(5)

kepada abang (Sri Falmen Siregar,S.H) serta kakak penulis (Kurniani br.Siregar, S.Hut, dan Juliani Siregar) yang telah banyak memberikan dukungan baik secara moral maupun materil, doa serta motivasi sehingga penulis dapat menyelesaikan studi di Universitas Negeri Medan dan teristimewa penulis sampaikan terimakasih kepada kekasih hati Marhara Tua Marpaung,S.T, yang telah mendukung penulis dengan penuh kasih.

Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam penyelesaian skripsi ini, namun penulis menyadari masih banyak kekurangan baik dari segi isi, tata bahasa, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi penyempurnaan skripsi ini. Kiranya skripsi ini dapat bermanfaat dalam memperkaya khasanah ilmu pendidikan.

Medan, 2015 Penulis

(6)

HUBUNGAN METODE TEKA-TEKI SILANG BERBASIS TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2014/2015/2008

Lidia Imelda Siregar (4113141045) ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan T.P 2014/2015 serta kontribusinya. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan, dan sampel yang diambil sebanyak keseluruhan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 164 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling, dimana kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 sebagai control sedangkan kelas XI IPA-3 dan XI IPA-4 diajar menggunakan metode Teka-Teki Silang. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 30 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas menggunakan uji Liliofers sedangkan uji homogenitas digunakan uji Bartlet. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat korelasi yang tidak signifikan dari penggunaan Metode Teka-Teki Silang Berbasis Teks terhadap hasil belajar siswa pada α=0,05. Dari hasil perhitungan uji hipotesis penelitian diperoleh thitung =1,495, dan ttabel=2,0322. Nilai thitung < ttabel. Artinya ada hubungan metote teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 12 Medan namun tidak signifikan; dan (2) kontribusi metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa kelas XI sebesar 7%. Artinya pengaruh metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 12 Medan sebesar 7%.

(7)

RELATIONSHIPS OF WORDSQUARE BASED OF TEXT METHOD BY STUDENT RESULT ON MATERIAL “SYSTEM DIGESTION” IN CLASS

XI IPA SMAN 12 MEDAN ACADEMIC YEAR 2014/2015

Lidia Imelda Siregar (4113141045) ABSTRACT

The study aimed to determine relationships and the contribution of wordsquare based of text by student result on material system digestion in class XI IPA SMAN 12 Medan academic year 2014/2015. The study population was all student of class XI IPA SMAN 12 Medan, the sample in this study are all of the class XI IPA SMAN12 Medan consisting of 164 people. For sampling with total sampling technique, which class XI IPA 1 and XI IPA 2 as a control class, then class XI IPA 3 and XI IPA 4 by using wordsquare technique. The instrument used to collect data from the study is the multiple choice test of 30 questions from the 40 questions were valid. Before the data were analyzed first tested for normalty and homogeneity of data. Normality test using test homogeinity test used Liliofers while Bartlet test. The result showed : (1) the relationship of wordsquare based of text method by student result outcomes not significantly. From the results of the study hypothesis test calculations obtained t=1,495, and the table =2,0322. tcount>ttable. It means that the recording relationship of wordsquare based of text by student result outcomes of student of class XI IPA of SMAN12 Medan is not significant, and (2) the contribution of the recording relationship of wordsquare based of text method by student result outcomes at 7%. It means thatn the influence of the recording wordsquare based of the text method by student result outcomes 7%.

(8)

DAFTAR ISI

BAB II TINJAUAN TEORITIS 6

2.1. Kerangka Teoritis 6

2.1.1. Teori-Teori Belajar 6

2.1.2. Strategi Belajar Mengajar 8

2.1.3. Metode Pembelajaran 9

2.1.3.1. Faktor-Faktor dalam Menetukan Meode Pembelajaran 11 2.1.4. Penerapan Metode Teka-Teki Silang Berbasis Teks 13

2.1.3.1. Penelitian Terdahulu Tentang Penerapan Teka-Teki Silang 13 2.1.3.2. Kelebihan dan Keunggulan Metode Teka-Teki Silang

Berbasis Teks 14

2.1.3.3. Kelemahan Metode Teka-Teki Silang Berbasis Teks 15 2.1.3.4. Cara Membuat Teka-Teki Silang Berbasis Teks 16

(9)

3.4.2. Desain Penelitian 33

3.4.2.1. Diagram Alir Penelitian 35

3.4.2.2. Metode Pengajaran 36

3.4.2.3. Mengadakan Post Test 36

3.5. Instrumen Penelitian 36

3.6. Teknik Analisis Data 41

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 45

4.1. Menghitung Rata-Rata,Simpangan Baku,Varians XI IPA3 45 4.2. Menghitung Rata-Rata,Simpangan Baku,Varians XI IPA4 48

4.3. Uji Persyaratan Analisis 52

4.4. Menghitung Korelasi & Uji Hipotesis Penelitian 56 4.5. Kontribusi Metode Teka-Teki Silang 56

4.6. Uji Linier 57

4.7. Pembahasan 57

BAB V SIMPULAN DAN SARAN 60

5.1. Simpulan 60

5.2. Saran 60

(10)

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Salah satu paradigma kurikulum 2006 dan 2013 adalah penyelenggaraan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Dengan demikian, maka orientasi pembelajaran adalah mengaktifkan siswa menemukan sendiri pengetahuannya, dan menghubungkan dengan pengetahuan lamanya, membentuk suatu struktur kognitif yang khas untuk masing-masing anak. Karena itu, Jhon Dewey dalam Jumaidi (1916) mengemukakan, pembelajaran hendaknya berbasis pada pengalaman belajar yang dikenal dengan istilah hand-on experience .

Pembelajaran berbasis pengalaman merupakan pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks nyata yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Implikasinya adalah, siswa akan dapat lebih mudah memahami pelajaran dan dapat mengingat materi pembelajaran yang dipelajarinya dalam jangka waktu lama. Sehingga hasil belajar yang diperoleh akan menjadi lebih baik.

Namun kenyataannya, hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 12 Medan Provinsi Sumatera Utara menunjukkan, hasil belajar biologi pada sistem pencernaan siswa masih banyak di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan yaitu 75. Proses pembelajaran yang dilakukan masih banyak yang cenderung pasif (peserta didik hanya berpusat pada guru saja) bahkan terdapat beberapa siswa tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran.

(11)

Jika keadaan yang seperti ini terus berlanjut akan mengakibatkan terpuruknya hasil belajar siswa. Menurut Usman (2002), terdapat kriteria ketuntasan belajar perorangan dan klasikal, yaitu, (1) Seorang siswa dikataan tuntas belajar, jika siswa tersebut telah mencapai skor 67% atau 67 (dalam rentang 1-100) ; (2) Suatu kelas dikatakan tuntas belajar, jika kelas tersebut terdapat 85% yang memperoleh persentase skor lebih dari atau sama dengan 67%.

Berdasarkan masalah diatas perlu dicari solusi alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar dan mengaktifkan serta mengkreatifkan siswa dalam proses belajar-mengajar. Menurut Sifa (2014),terdapat beberapa metode yang dapat menjadi solusi mengaktifkan dan mengkreatifkan siswa, Diantaranya yaitu : a). Metode Time Token Arends yaitu metode yang menempatkan siswa sebagi subyek, b). Metode Kubus Pecah (Broken Square) yaitu metode penyususnan pecahan-pecahan bujur sangkar yang dilakukan berkelompok, c). Metode Sosiodrama, yaitu metode bermain peran untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial, d) Metode Picture and Picture, yaitu metode praktik yang sifatnya mengembangkan keterampilan siswa, e). Metode Teka-Teki silang, yaitu metode permainan di mana kita harus mengisi ruang-ruang kososng (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Dari kelima metode tersebut, metode teka-teki silang merupakan metode yang paling tepat untuk digunakan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada sistem pencernaan

(12)

Maka,berdasarkan pengertian diatas metode Teka-Teki silang sangat cocok untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan.

Sebelumnya, metode teka-teki silang telah dipakai beberapa peneliti seperti Siti Muzdalifah(2011), Titik Dwi Rahayu (2008), M. Khalilullah, S.Ag. MA(2012), keseluruhan dari peneliti tersebut menggunakan metode teka-teki silang biasa, dengan pertanyyaan yang telah disajikan dalam bentuk point. Dari beberapa uji penelitian, hasil belajar yang didapatkan siswa dalam menggunakan metode tersebut meningkat secara beurutan, 44,2%, 76,2%, dan 84,2%.

Mengacu pada paparan latar belakang di atas, perlu dilakukan penelitian tentang Hubungan Metode Teka-Teki Silang Berbasis Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan T.P 2014/2015.

1.2. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti mengidentifikasi masalah sebagai berikut :

1. Masih rendahnya hasil belajar biologi siswa

2. Proses pembelajaran yang dilakukan masih banyak yang cenderung pasif (peserta didik hanya berpusat pada guru saja)

3. Siswa tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran

4. Siswa tidak menjawab pertanyaan guru tentang pelajaran yang baru saja di-sampaikan.

5. Ketika diminta untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak dimengerti, siswa sering kali hanya diam.

1.3. Rumusan Masalah

(13)

1. Apakah ada hubungan metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan T.P 2014/2015?

2. Seberapa besar kontribusi metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan T.P 2014/2015?

1.4. Batasan Masalah

Dalam penelitian ini masalah yang diteliti dibatasi pada hubungan metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan T.P 2014/2015.

1.5. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah :

1. Untuk mengetahui hubungan metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan T.P 2014/2015

2. Untuk mengetahui kontribusi metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan T.P 2014/2015

1.6. Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah : 1. Membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa

2. Untuk siswa, dapat memperoleh keterampilan belajar yang efektif, salah satunya strategi bermain dengan metode Tek-Teki Silang yang dapat merubah suasana belajar siswa yang jenuh menjadi menarik sehingga siswa dapat memperoleh nilai yang baik.

(14)
(15)

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1 Silabus 63

Lampiran 2 RPP 66

Lampiran 3 Instrumen Penelitian 78 Lampiran 4 Lembar Teka-Teki Silang Berbasis Teks 87

Lampiran 5 Validasi instrument 79

Lampiran 6 Tingkat Kesukaran Soal 90

Lampiran 7 Daya Pembeda Soal 91

Lampiran 8 Teka-Teki Silang 92

Lampiran 9 Daftar Nilai Siswa 94

Lampiran 10 Perhitungan Distribusi Frekuensi 98

Lampiran 11 Uji Normalitas 100

Lampiran 12 Pehitungan nilai r 102

Lampiran 13 Uji Linier 104

Lampiran 14 Rumus Deskriptif 106

(16)

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN 5.1. Simpulan

Dari uraian hasil penelitian dapat diambil beberapa simpulan,yaitu :

1. Terdapat korelasi yang tidak signifikan dari penggunaan Metode Teka-Teki Silang Berbasis Teks terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan Manusia di SMA Negeri 12 Medan kelas XI IPA Tahun pembelajaran 2014/2015 pada α=0,05.

2. Kontribusi metode teka-teki silang berbasis teks terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok system pencernaan di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan yaitu sebesar 7%

5.2. Saran

Berdasarkan simpulan di atas, dapat disarankan bahwa :

1. Guru dapat melakukan pembelajaran melalui metode teka-teki silang secara berkelanjutan dalam meningkatkan hasil belajar siswa

(17)

DAFTAR GAMBAR

Halaman Gambar 2.1 Alat Pencernaan Manusia 19

Gambar 2.2 Mulut 20

Gambar 2.3 Struktur Gigi 20

Gambar 2.4 Gerakan Peristaltik Pada Kerongkongan 23

Gambar 2.5 Struktur Lambung 24

Gambar 2.6 Strukttur Usus 26

Gambar 2.7 Struktur Kolon 27

Gambar 4.1 Diagram Hasil belajar siswa pada materi system

pencernaan manusia di kelas XI IPA3 SMAN 12 Medan 46 Gambar 4.2 Diagram Hasil Metode Teka-Teki Silang Berbasis Teks

siswa pada materi system pencernaan manusia di kelas

XI IPA3 SMAN 12 Medan 48

Gambar 4.3 Diagram Hasil belajar siswa pada materi system

pencernaan manusia di kelas XI IPA4 SMAN 12 Medan 50 Gambar 4.4 Diagram Hasil Metode Teka-Teki Silang Berbasis Teks

siswa pada materi system pencernaan manusia di kelas

(18)

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., (2009), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Asril., (2011), Faktor-Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa SMA Hang Tuah 1 Jakarta. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Cahyo, Ristian,. (2010), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahawan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Punggelan Bnjarnegara. Skripsi FE- UNS, Semarang.

Djamarah, S., dan Zain, A., (2002), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Jumadi., (2003), Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya, Disampaikan pada Workshop Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum 2004 Madrasah Aliyah DIY, Jateng, Kalsel di FMIPA UNY.

Musdalifah, Siti,. (2011), Efektifitas Penerapan Metode Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Ma Nu 04 Al Ma’Arif Boja, Skripsi Fakultas Tarbiyah-IAINW, Semarang.

Porter, Bobbi De., (2002), Qantum Teaching, Kaifa, Bandung.

Sardiman, (2005), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Silberman, (2006), Active Learnig 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Penerbit Nusamedia, Bandung

(19)

Sudjana, Nana,.(2009). Penilaian Proses Belajar Mengajar, Penerbit Rosda Karya, Bandung.

Sudjana., (2005), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Syifa, (2014), 53 Metode Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Usman, U., (2002), Menjadi Guru Profesional, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...