• Tidak ada hasil yang ditemukan

ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK MIRAI OCHA SKRIPSI

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2019

Membagikan "ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK MIRAI OCHA SKRIPSI"

Copied!
12
0
0

Teks penuh

(1)

ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK MIRAI OCHA

SKRIPSI

Diajukan sebagai salah satu syarat Untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1)

Pada Program sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

Disusun Oleh :

Muhammad Fajri Fahlevi 100907086

PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI BISNIS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

(2)

ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK MIRAI OCHA

Nama : M. Fajri Fahlevi

Departemen : Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Pembimbing : Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si ABSTRAK

Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya ditentukan oleh keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukannya. Salah satu jenis strategi yang umum bagi banyak perusahaan yaitu strategi marketing mix yang saat ini telah dilakukan oleh PT. Suntory terhadap produknya Mirai Ocha. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui langkah strategi marketing mix serta permasalahannya yang dilakukan PT. Suntory Garuda terhadap Mirai Ocha untuk dapat meningkatkan penjualan.

Menurut Sunyoto (2013:60) marketing mix merupakan variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk memengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. Menurut Assauri (2013:198) empat unsur strategi bauran pemasaran/marketing mix yaitu strategi produk, strategi harga, strategi penyaluran/distribusi dan strategi promosi. Menurut Kotler (2000:195) volume penjualan adalah barang yang terjual dalam bentuk uang untuk jangka waktu tertentu dan didalamnya mempunyai strategi pelayanan yang baik.

Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam (indepht interview) dan observasi non partisipan. Seluruh informan berjumlah 4 orang yang terdiri dari informan kunci, informan utama dan informan tambahan. Teknik Analisa yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data.

Dari data yang diperoleh, PT. Suntory Garuda telah berupaya dalam melakukan strategi marketing mix dan setiap variabelnya yaitu produk, harga, distribusi dan promosi dengan baik. Dari berbagai kegiatan tersebut mampu mendapatkan penjualan PT. Suntory Garuda sekitar 200 jutaan rupiah per bulan walaupun masih ada fluktuasi karena pesaing dan keadaan pasar yang berubah. Dalam hal produk seperti penciptaan kemasan yang menarik serta penciptaan image pada Mirai Ocha dengan menghubungkan strategi promosi seperti trip promo sudah sangat baik. Adapula strategi penetapan harga dengan strategi distribusi melalui pembagian margin harga pada saluran distribusi. Dari hal tersebut membawa pengaruh terhadap bauran pemasaran yang optimal dan mampu meningkatkan penjualan secara tidak langsung.

(3)

ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK MIRAI OCHA

Nama : M. Fajri Fahlevi

Departemen : Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Pembimbing : Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si

ABSTRACT

The success of acompany in achievingits objectivesdeterminedbythe success ofthe marketingstrategydoes. One type ofstrategythat is common tomanycompaniesthatmarketing mixstrategy, which has been conductedbyPT. Suntoryfor its productMiraiOcha. The purposeof this studywas to determine

themarketing mixstrategy stepsandthe issueconducted by PT.

SuntoryGarudaagainstMiraiOchatobe able toincrease sales.

According Sunyoto (2013: 60) the marketing mix is a variable or activities that constitute the core of the marketing system, a variable that can be controlled by the company to influence the reaction of the buyers or consumers. According Assauri (2013: 198) the four elements of the marketing mix strategy / marketing mix ie product strategy, pricing strategy, distribution strategy / distribution and promotion strategies. According toKotler(2000: 195) is thesalesvolumeof goodssoldin the formof moneyfor acertain period of timeandhave a strategyin whichgood service

The method usedin this researchis descriptive research witha qualitative approach. This study uses data collection techniques by means of in-depth interviews and non-participant observation. The wholeinformantconsists of 4people consisting ofkey informants, key informantsandinformantadditional. The analysistechniqueusedby the researchersisdata reduction, data presentation andconclusion/verification of data.

From the data obtained, PT. SuntoryGarudahas triedtodo themarketing mixstrategyand anyvariablesof product,pricing, distributionandpromotion ofgood. Fromthese activitieswere ableto get the salePT. SuntoryGarudaaround200million dollarspermonth, although there are fluctuationsdue tocompetitorsandmarket conditionschange. In the case of products such as the creation of attractive packaging and the creation of the image on the Mirai Ocha by connecting promotion strategies such trip has been very good promo. Unisex pricing strategies with distribution strategy through the distribution margin on the price of distribution channels. From thisaffected theoptimalmarketing mixandcan increaseindirect sales

(4)

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, karunia dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul “Analisis Marketing Mix dalam Meningkatkan Penjualan Pada Produk Mirai Ocha”.

Skiripsi ini disusun sebagai persyaratan dalam menyelesaikan jenjang pendidikan Strata-1 (S-1) pada Program Studi Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Penyusunan skripsi ini tidak terlepas dari petunjuk, bimbingan dari berbagai pihak, terutama penulis khusus mempersembahkan skripsi ini teruntuk kedua orang tua tersayang H. Mustafa Djafar dan Rohayati atas kasih sayang, pengorbanan, financial, dukungan dan doa tulus serta kakak dan abang tersayang Suryani Eka Mustika, Muhammad Ridwan dan Muhammad Triadi yang telah memberikan dukungan dan doa untuk penulis. Pada kesempatan ini juga penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Badaruddin, Msi, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara yang telah memberikan izin untuk menyelesaikan penelitian ini.

(5)

3. Bapak M. Arifin Nasution Sos. M.sp, Sekretaris Jurusan Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara yang telah memberikan izin untuk menyelesaikan penelitian ini.

4. Bapak Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si, Dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan, ilmu dan masukan kepada penulis sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.

5. Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, yang telah memberikan bekal ilmu yang tidak ternilai harganya kepada penulis selama belajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. 6. Kak Siswanti, yang selau memberikan motivasi, arahan, bimbingan dan

dukungan serta hal-hal positif untuk menjadikan penulis menjadi orang yang berguna bagi masyarakat.

7. Bang Farid dan seluruh Staf karyawan Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis yang telah memberikan kemudahan dalam persiapan berkas-berkas selama perkuliahan.

8. Bapak Yudi Permana Siregar serta seluruh karyawan yang telah membantu penulis dengan memberikan izin untuk melakukan penilitian ini.

(6)

10.Big Thanks kepada Ade Shafira Evani, S.Pdi sebagai sahabat dan orang yang tersayang yang selalu memberi dukungan dan motivasi kepada penulis untuk menyesaikan skripsi ini.

11.Semua pihak-pihak terkait yang telah membantu penulis menyelesaikan skripsi ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih banyak kesalahan dan kekurangan baik dari segi pembahasan maupun penyusunan yang disebabkan oleh adanya keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki penulis. Dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna dapat memberikan manfaat dan dorongan bagi peningkatan kemampuan penulis di masa yang akan datang.

Medan, Juni 2015

Penulis

(7)

DAFTAR ISI

ABSTRAK ... i

ABSTRACT ... ii

KATA PENGANTAR ... iii

DAFTAR ISI ... vi

DAFTAR TABEL ... ix

DAFTAR GAMBAR ... x

DAFTAR LAMPIRAN ... xi

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang... 1

1.2 Rumusan masalah ... 8

1.3 Tujuan penelitian ... 8

1.4 Manfaat penelitian ... 8

BAB II LANDASAN TEORITIS 2.1. Bauran pemasaran... 10

2.1.1. Produk... 12

2.1.2. Harga ... 15

2.1.3. Tempat ... 21

2.1.4. Promosi ... 24

2.2. Volume penjualan ... 28

(8)

2.2.3. Volume penjualan ... 31

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Bentuk penelitian ... 34

3.2 Lokasi penelitian ... 35

3.3 Informan penelitian... 35

3.4 Definisi konsep ... 36

3.5 Definisi Operasional ... 36

3.6 Teknik pengumpulan data ... 38

3.7 Teknik analisis data ... 40

BAB IV HASIL PENELITIAN 4.1. Gambaran umum lokasi penelitian ... 42

4.1.1. Profil singkat PT. Suntory Garuda Beverage ... 42

4.1.2. Visi dan misi PT. Suntory Garuda Beverage ... 44

4.1.3. Struktur organisasi ... 45

4.1.4. Tugas dan wewenang jabatan ... 46

4.2. Penyajian data ... 48

4.2.1. Data berkaitan bauran pemasaran ... 49

4.2.1.1. Produk ... 49

4.2.1.2. Harga... 52

4.2.1.3. Distribusi ... 56

4.2.1.4. Promosi ... 58

4.2.2. Data berkaitan penjualan ... 60

(9)

4.3. Analisis data ... 66

4.3.1. Analisis bauran Pemasaran ... 67

4.3.1.1. Produk ... 67

4.3.1.2. Harga... 68

4.3.1.3. Distribusi ... 69

4.3.1.4. Promosi ... 69

4.3.2. Analisis tingkat penjualan ... 70

4.3.3. Analisis lingkungan dan persaingan ... 71

BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan ... 72

(10)

DAFTAR TABEL

Tabel 1.1 Penghargaan Produk PT. Suntory Garuda ... 2

Tabel 2.1 Indikator variabel Bauran Pemasaran... 11

Tabel 3.1 Indikator variabel Penelitian ... 38

Tabel 4.1 Identitas Informan... 49

Tabel 4.2Daftar harga ... 53

Tabel 4.3Margin Harga ... 54

Tabel 4.4 Tingkat Penjualan ... 61

(11)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1 Teknik Analisis Data ... 40

Gambar 4.1 Penghargaan Mirai Ocha ... 43

Gambar 4.2 Struktur Organisasi ... 46

Gambar 4.3 Grafik Penjualan Mirai Ocha berdasarkan Volume ... 62

(12)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Pertanyaan Wawancara Lampiran 2 Lembar Observasi

Lampiran 3 Dokumentasi Promosi Penjualan

Referensi

Dokumen terkait

Bapak Muhammad Arifin Nasution,S.Sos,MSP, selaku Sekretaris Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/ Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan

Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara yang telah banyak memberikan. waktu dan dukungan

Bapak Muhammad Arifin Nasution, S.Sos, MSP selaku sekretaris jurusan Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara..

Ibu Siswati Saragi, S.Sos, M.SP, selaku administrator Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan yang

mengefektifkan kegiatan pemasaran perusahaan dalam melakukan perantara penjualan kepada konsumen juga dapat dilakukan dengan lebih dari satu perantara artinya dapat

Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan yang telah banyak membantu penulis selama kuliah dalam menyelesaikan

Ibu Siswati Saragi,S.sos, M.SP, selaku administrator Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan yang

Kak Siswati Saragi,Sos,MSP, selaku administrator Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan yang