Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli.

12  15  Download (0)

Teks penuh

(1)

SENI MUSIK

SENI MUSIK

A. Pengertian Seni Musik

Seni adalah ekspresi atau ungkapan jiwa dan budaya manusia yang mengandung nilai estetika / keindahan dan dituangkan dalam sebuah karya berupa karya sastra, seni rupa maupun seni musik.

Musik merupakan bunyian atau suara yang dihasilkan dari sesuatu yang digetarkan, agar dihasilkan suara yang indah maka diperlukan keahlian untuk memainkannya. Jadi seni musik adalah hasil karya manusia yang mengandung nilai estetika yang berasal dari bunyi/suara.

B . Sejarah Musik Dunia

Musik sudah dikenal sejak zaman sebelum masehi. Pada saat itu mereka membuat musik atau bunyi-bunyian dari bahan-bahan alam yang tersedia dilingkungannya, seperti batu yang digesek-gesekan, gemerciknya air dan sebagainya untuk upacara adat, pemujaan dan lain-lain. Menurut zamannya perkembangan musik dibagi 6, yaitu:

1. Musik Zaman Kuno

Pada masa ini musik masih bersifat primitive religius, yang artinya musik hanya dipakai untuk sarana pemujaan yang berhubungan dengan adat dan Dirinya”. Sebagai seniman tidak hanya mengungkapkan apa yang terjadi diluar manusia tetapi juga yang terjadi dalam diri manusia. Mereka memperoleh suatu pandangan baru. Musik Renaisance lebih bersifat manusiawi.

4. Musik Zaman Barok dan Rokoko (1600-1750)

Pada zaman ini banyak ditemukan ornament-ornament pada hasil karya musik. Para komposisi seperti Johanes Sebastian Bach dan George Frederich Handel sangat berani dalam membuat ornament-ornament pada karya-karyanya, selain itu muncul improvisasi dari para pemain musiknya.

5. Musik Zaman Klasik Romantik (1750-1875 )

Ciri utama karya musik zaman klasik ini adalah ditandai dengan pemakaian beberapa tanda dinamik kresendo dan dekresendo. Ditemukan pula tanda tempo dalam lagu. Perkembangan selanjutnya pada zaman ini adalah komposisi karya musik, seperti harmoni, melodi, instrumentasi dan sebagainya.

C. Sejarah Musik Nusantara

(2)

memperkenalkan alat musik tiup yang sekarang dikenal dengan nama suling. Seiring masuknya agama Islam ke Indonesia, berkembang pula alat musik dari Arab, seperti rebana, gambus(sejenis gitar/mandolin), biola, akordeon, gendang dan seruling dengan ini terbentuklah orkes gambus.

D. Jenis Aliran Musik dan Tokohnya

Seiring berkembangnya zaman yang modern ini, di Indonesia banyak sekali aliran musik dan tokohnya. Berikut ini adalah beberapa aliran musik dan tokohnya yang ada di Indonesia:

1. Musik Klasik Indonesia

Musik klasik Indonesia ialah musik yang sudah lama ada di Indonesia. Beberapa nama besar dalam perkembangan musik klasik di Indonesia yaitu Ananda Sukarlan (seorang pianist) dan Trusutji Kamal (seorang pianist dan composer yang lahir di dalam lingkungan musik dengan latar belakang orang tua yang memahami biola). Kelompok musik yang membawakan aliran klasik ini, salah satunya yaitu, Group Andalas.

2. Musik Tradisional

Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, melainkan ada juga dipakai untuk pengobatan dan ada yang menjadi sarana komunikasi antara manusia dengan penciptanya, hal ini adalah menurut kepercayaan masing-masing orang saja. Musik tradisional yang ada di Indonesia, diantaranya gamelan, angklung, sasando dan lain-lain.

Ada juga musik tradisional yang berasal dari pengaruh kebudayaan luar, diantaranya gambang kromong, marawis dan keroncong. Tokohnya yaitu Mus Mulyadi, Mus Mujiono, Waljinah, Gesang, Pak Daeng Sutigna dan masih banyak lagi..

3. Musik Gospel

Musik gospel adalah sebuah genre musik yang dicirikan oleh vocal yang dominant (seringkali dengan menggunakan harmaoni yang kuat), liriknya yang bersifat religius, khususnya Kristen. Kebanyakan bentuk musik gospel menggunakan piano/organ Hammond, drum, gitar bas dan gitar listrik.

Di Indonesia, musik gospel banyak dipopulerkan oleh musisi seperti Franky Sihombing, Nikita dan masih banyak lagi.

4. Musik Jazz

Munculnya imej bagi jazz yang kurang menguntungkan ini berpangkal pada sebuah pengertian yang dominan bahwa fungsi utama musik adalah untuk menghibur dan memberikan kepuasan kepada khalayak dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Biasanya musik jazz ini bersifat ceria. Irama yang sering dipergunakan dalam jazz adalah swing, soul, bossanova dan sebagainya. Tokoh dalam musik jazz ini di Indonesia adalah Tompi, Glenn F dan lain-lain. 5. Musik Country

Musik country adalah campuran dari unsur-unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer. Musik country ini bersifat gembira.

Musik country di Indonesia di awal kemunculannya lebih mengadopsi musik cowboy. Beberapa malah cenderung ke Folk Song. Karena agak sesuai dengan lagu pop kala itu. Iwan Fals awalnya memang musik country, tetapi sekarang mungkin sudah tidak ada lagi kesan musik country-nya. Tokoh musik country yang masih ada hanya Tantowi Yahya.

6. Musik Rock

(3)

blues dan rhythm. Blues dan rhythm lalu memproduksi sebuah lagu yang beberapa orang diklaim sebagai lagu rock and roll pertama berjudul ‘Rocket’88 oleh Jackie Brenston.

Kelompok musik yang aliran rock adalah The Rock, Serius band, Rif, God Bless, Bentoel dan masih banyak lagi. Adapun tokoh musik rock yaitu Ahmad Dani, Gito Rollies, Ikang Fauzi, Ahmad Albar, Arman Maulana dan lain-lain.

7. Musik Populer

Musik populer atau musik pop adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyakan bersifat komersial. Kelompok musik/band yang beraliran musik populer/pop yaitu Peterpan, Ada Band, Five Minutes, ungu dan masih banyak lagi. Tokoh musik populer/pop yaitu Ariyanto, Rinto Harahap, Tommy J, Obbie Messak.

8. Musik Dangdut

Musik dangdut berasal dari Indonesia, jadi musik dangdut ini musik asli Indonesia. Suara khasnya yaitu gendang dan serulingnya. Musik dangdut merupakan musik bergaya semangat. Tokoh-tokoh dari musik dangdut ini yakni Rhoma Irama (Bang Haji), Elvi Sukaisih (Umi), A. Rafi, dan masih banyak lagi.

Seni musik merupakan salah satu jenis seni yang banyak disukai. Musik bisa menjadi media ekspresi seseorang baik itu ekspresi kebahagiaan, ekspresi kesedihan, dan berbagai jenis ekspresi diri seseorang.

Dalam beberapa budaya tradisional, musik juga bisa menjadi bagian dari ritual keagamaan. Selain dari pengertian seni musik yang bisa kita maknai saat ini ada beberapa pengertian seni musik menurut para ahli. Siapa saja para ahli tersebut? Mari kita simak dalam uraian berikut.

Suhastjarja

Suhastjarja merupakan seorang dosen senior di Fakultas Kesenian Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menempuh pendidikan di Amerika di sebuah institut bernama Peabody Institute. Berikut pendapat Suhastraja tentang seni musik.

Jadi, seni musik menurut Suhartjaja lebih kepada pengungkapan rasa keindahan seorang manusia yang diwujudkan di dalam nada atau bunyi yang pada akhirnya menghasilkan ritme dan harmoni.

Suhartjaja juga menjelaskan bahwa wujud rasa indah tersebut tidak hanya bisa dirasakan oleh satu orang saja tetapi oleh orang lain juga. Artinya musik dapat dirasakan bersama dan rasa indah yang seseorang rasakan tersampaikan juga pada orang lain.

Schopenhauer

Schopenhauer adalah seorang flsuf yang berasal dari Jerman, menurutnya seni musik atau musik adalah sebagai berikut.

Menurut pendapatnya, musik bisa merepresentasikan keadaan alam semesta di sekitar kita. Alam semesta bisa menjadi sebuah syair atau lirik yang indah jika diutarakan dalam bentuk musik.

Alam semesta pun banyak memberikan inspirasi bagi para pemusik yang memberikan berbagai jenis warna musik yang kemudian bisa dinikmati oleh banyak orang.

Dello Joio

(4)

Dello Joio lebih menekankan pada “belajar dari musik”. Belajar dalam hal ini bisa berarti banyak. Baik musik itu diiringi lagu atau hanya sebuah alunan saja, musik memberikan banyak pelajaran hidup, pelajaran penghargaan akan hidup, esensi dari kehidupan, dan berbagai pengetahuan lainnya.

JENIS-JENIS MUSIK

1. Musik berjenis pop adalah jenis musik yang mudah diterima oleh masyarakat. Jenis musik pop juga memiliki penggemar yang banyak. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis pop : Justin Bieber, Ungu Band, dan masih banyak yang lainnya.

2. Musik berjenis rock adalah musik yang sering disebut dengan musik aliran keras. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis rock : Linkin Park, Muse dan masih banyak yang lainnya.

3. Musik berjenis jazz adalah musik yang memiliki banyak improvisasi dari musik dasarnya. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis jazz : Andien, Abdul and The Cofee Theory dan masih banyak yang lainnya.

4. Musik blues adalah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari amerika serikat. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis blues : John Mayall, Jimy Hendrix dan masih banyak yang lainnya.

5. Musik dangdut adalah musik yang berkembang di indonesia sehingga sering disebut sebagai musik asli indonesia. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis dangdut : Rhoma Irama, Iis Dahlia dan masih banyak yang lainnya.

FUNGSI MUSIK

Merriam dalam bukunya The Anthropology Of Music menyatakan ada 10 fungsi dari music, yaitu :

1. Fungsi pengungkapan emosional

Disini musik berfungsi sebagai suatu media bagi seseorang untuk mengungkapkan perasaan atau emosinya. Dengan kata lain si pemain dapat mengungkapkan perasaan atau emosinya melalui musik.

2. Fungsi penghayatan estetis

Musik merupakan suatu karya seni. Suatu karya dapat dikatakan karya seni apabila dia memiliki unsur keindahan atau estetika di dalamnya. Melalui musik kita dapat merasakan nilai-nilai keindahan baik melalui melodi atupun dinamikanya.

3. Fungsi hiburan

Musik memiliki fungsi hiburan mengacu kepada pengertian bahwa sebuah musik pasti mengandung unsur-unsur yang bersifat menghibur. Hal ini dapat dinilai dari Melodi ataupun liriknya.

4. Fungsi komunikasi.

Musik memiliki fungsi komunikasi berarti bahwa sebuah musik yang berlaku di suatu daerah kebudayaan mengandung isyarat-isyarat tersendiri yang hanya diketahui oleh masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari teks atau pun melodi musik tersebut. 5. Fungsi perlambangan

Musik memiliki fungsi dalam melambangkan suatu hal. Hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek musik tersebut, misalmya tempo sebuah musik. Jika tempo sebuah musik lambat, maka kebanyakan teksnya menceritakan hal-hal yang menyedihkan. Sehingga musik itu melambangkan akan kesedihan.

(5)

Jika sebuah musik dimainkan, musik itu dapat merangsang sel-sel saraf manusia sehingga menyebabkan tubuh kita bergerak mengikuti irama musik tersebut. Jika musiknya cepat maka gerakan kita cepat, demikian juga sebaliknya.

7. Fungsi yang berkaitan dengan norma social

Musik berfungsi sebagai media pengajaran akan norma-norma atau peraturan-peraturan. Penyampaian kebanyakan melalui teks-teks nyanyian yang berisi aturan-aturan.

8. Fungsi pengesahan lembaga sosial.

Fungsi musik disini berarti bahwa sebuah musik memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu upacara . musik merupakan salah satu unsur yang penting dan menjadi bagian dalam upacara, bukan hanya sebagai pengiring.

9. Fungsi kesinambungan budaya.

Fungsi ini hampir sama dengan fungsi yang berkaitan dengan norma sosial. Dakam hal ini musik berisi tentang ajaran-ajaran untuk meneruskan sebuah sistem dalam kebudayaan terhadap generasi selanjutnya.

10.Fungsi pengintegrasian Masyarakat

Musik memiliki fungsi dalam pengintegrasian masyarakat. Suatu musik jika dimainkan secara bersama-sama maka tanpa disadari musik tersebut menimbulkan rasa kebersamaan diantara pemain atau penikmat musik itu.

Pada era Ini gak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap bidang kehidupan, musik menunjukan perannya yang essensial baik besar maupun kecil, baik secara langsung ataupun tidak, dari iklan, teater, Religi, (scooring music ), sampai dibidang Olahraga, Pertanyaannya adalah, apakah sekarang ini masih ada bidang kehidupan yang nggak tersentuh oleh musik sama sekali?

Musik sebagai sebuah seni merupakan kebutuhan Fisik dan Batin Manusia yang universal dan menjadi bagian dalam kehidupan manusia. musik timbul atau tercipta karena ada suatu hal yang ingin disampaikan oleh para pemusik tentunya, ide-ide, gagasan, pengalaman hidup, perjuangan hidup, dan lainnya yang ingin disampaikan kepada orang lain.. maksud dan tujuan Pemusik untuk membuat musik pastinya berbeda-beda, namun pastinya ada hal yang ingin disampaikan melalui karya tersebut, perbedaan inilah yang akhirnya memunculkan perbedaan dalam corak atau gaya bermusik.

Pemusik menciptakan musik adalah untuk Mengungkapkan pengalaman, Saya pernah bertanya pada salah satu Musisi Indonesia Mas Baron (eks GIGI ) fungsi musik buat mas Baron sendiri untuk apa, Beliau mengatakan, musik itu ya gambaran diri kita seutuhnya, Pengalaman hidup kita sendiri, juga melihat dari pengalaman orang lain, Jadi sebuah karya tercipta bukan hanya sebatas pengalaman pribadi pemusik, tapi juga pengalaman orang lain disekitar kita, tinggal bagaimana seorang pemusik mengemasnya atau meng create liriknya dan mengkolaborasikan dengan instrumen musik dan nada2 yang harmonis menciptakan musik atau lagu yang indah , sehingga atmospher dari musik itu sendiri mampu menyentuh hati penikmat musik atau orang lain yang mendengarnya..

(6)

baru biasanya adalah pemusik yang kritis, ide bisa muncul dari keinginan untuk memunculkan hal baru.

Fungsi musik buat penikmat Musik

Suatu waktu Saya pernah Melihat Beberapa Konser Musik Di Indonesia, Baik workshoop Instrumen Maupun Grup Band, baik di salah Satu Media Televisi ataupun PENTAS SENI Sekolah, kampus dan sebagainya. Para penikmat musik atau penonton menunjukan kecenderungan untuk menggerakan Fisiknya ketika pertunjukan berlangsung, ada yg menggoyangkan kepala, sekedar mengetuk-ngetuk jari ada yang paling ekstreem salto menabrakan tubuihnya ke sesama penikmat musik, dan gak jarang bisa sampai terluka.. jadi Fungsi musik bagi penikmat musik dalam hal ini adalah untuk Mengungkapkan Ekspresi Fisik manusia.. karena mereka merasa menjadi bagian dari Musik itu sendiri, Tersedot kedalam suasana musik itu sendiri,.

(7)

JENIS JENIS ALAT MUSIK & KEGUNAANYA

Alat Musik (Tradisional & Modern)

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat daribambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog.

Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dariUNESCO sejak November 2010.

sumber : angklung

Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan. Pemain piano disebutpianis.

(8)

Meskipun siapa penemu pertama piano, yang awalnya dijuluki gravecembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras), masih menjadi perdebatan, banyak orang mengakui, Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya. Piano juga bukan alat musik pertama yang menggunakan papan tuts dan bekerja dengan dipukul. Alat musik berprinsip kerja mirip piano telah ada sejak 1440.

Piano sendiri lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord. Hasrat itu

mendorong Marius dari Paris (1716), Schroter dari Saxony(1717),

dan Christofori (1720) dari Padua, Italia, untuk membuat piano. Namun, hasil utuh dan lengkap cuma ditunjukkan Bartolomeo Christofori. Dari piano ciptaan pemelihara harpsichord dan spinet (harpsichord kecil) di Istana Florentine - kediaman Pangeran Ferdinand de’Medici ==> piano

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja.

Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solomenggunakan

(9)

Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan

penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Bass atau Bas adalah suara rendah dalam bidang musik. Nada bass bisa dihasilkan baik dari suara manusia ataupun dari alat musik.

Beberapa alat musik yang bersuara bas:

§ Gitar bass (listrik)

§ Double bass (akustik)

sumber : bass

Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang

(10)

Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum

kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut "drummer".

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima.Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola, cello dan double bass atau kontra bass, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yang lainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertas musik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G.

Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biola seringkali disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional (lihat di bawah).

Di dalam bahasa Indonesia, orang yang memainkan biola disebut pemain biola (pebiola), atauviolinis (bahasa Inggris: Violinist - bedakan

(11)

Kendang, kendhang, atau gendang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih. Kendang kalih dimainkan pada lagu atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk kalih, dan ladrang irama dadi. Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran ,ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagi kendhang yang khas yaitu kendhang kosek.

Kendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional, yang sudah lama menyelami budaya Jawa. Kendang kebanyakan di mainkan sesuai naluri pengendang, sehingga bila dimainkan oleh satu orang denga orang lain maka akan berbeda nuansanya.

Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, biola dan kecapi.

(12)

Rebana (Bahasa Jawa: Terbang) adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian

di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh.

Bagi masyarakat Melayu di negeri Pahang, permainan rebana sangat populer, terutamanya di kalangan penduduk di sekitar Sungai Pahang. Tepukan rebana mengiringi lagu-lagu tradisional seperti indong-indong, burung kenek-kenek, dan pelanduk-pelanduk. Di Malaysia, selain rebana berukuran biasa, terdapat juga rebana besar yang diberi nama Rebana Ubi, dimainkannya pada hari-hari raya untuk mempertandingkan bunyi dan irama.

Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur

Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja. Di TVRI dan RRI, orkes gambus pernah membawakan acara irama padang pasir.

Orkes gambus mengiringi tari Zapin yang seluruhnya dibawakan pria untuk tari pergaulan. Lagu yang dibawakan berirama Timur Tengah. Sedangkan tema liriknya adalah keagamaan. Alat musiknya terdiri

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...