SANWACANA. Alhamdulillahirobbil alamin segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat

Teks penuh

(1)

SANWACANA

Bismillahirrohmanirrohim.

Alhamdulillahirobbil’alamin segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberi rahmat serta nikmat-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul Analisis Kebijakan Pemindahan Pusat Pemerintahan Dari Kota Bandar Lampung Ke Kabupaten Lampung Selatan Sebagai Upaya Pemerataan Pembangunan Dan Perubahan Ekonomi Masyarakat sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Selama penyusunan skripsi ini penulis menyadari banyak sekali tantangan dan hambatan yang dihadapi. Penulis juga menyadari keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Segala dorongan dan motivasi yang penulis dapatkan dari berbagai pihak telah mampu memberikan rasa semangat kepada diri penulis. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis ingin memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dalam menjalani studi dan penyusunan skripsi yakni:

1. Kedua Orang Tuaku Bapak Satria dan Ibu Rosmawati yang telah memberikan motivasi, pengorbanan, semangat yang luar biasa kepadaku hingga bisa menjadi seperti ini. Semoga ini menjadi tahapan yang indah bagi penulis untuk dapat membahagiakan kalian dikemudian hari. Semoga

(2)

dengan keimanan untuk terus berikhtiar, kerja keras untuk terus berupaya, tawakal untuk berserah diri kepada Allah S.W.T, serta doa dan dukungan dari bapak dan ibu yang menjadikan penulis mendapatkan kesuksesan dalam rencana hidupnya. Terima kasih untuk segalanya yang telah diberikan, semoga Allah senantiasa memberikan nikmat dan rahmat yang begitu indah disetiap waktu-Nya. Aamiin Ya Allah Ya Rabbal’alamin. 2. Kakakku Suwandi, Rudi Dham Hudi, Deni Saputra dan Mbakku Resti

Trinawati. Terima kasih untuk segala yang telah diberikan.

3. Bapak Dr. Noverman Duadji, M.Si. selaku dosen pembimbing utama yang telah memberikan kritik dan saran serta arahannya kepada penulis dalam penyelesaian dan penyempurnaan skripsi ini. Terima kasih banyak atas arahan dan dukungannya serta pengetahuan dan pemahaman yang telah diberikan yang membuat penulis ingin selalu berkembang.

4. Bapak Simon Sumanjoyo Hutagalung, S.A.N., M.PA., selaku dosen pembimbing kedua penulis sekaligus sekretaris jurusan. Terima kasih atas masukan, nasihat, bimbingan dan kesabarannya selama penyusunan skripsi ini.

5. Bapak Dr. Dedy Hermawan, S.Sos., M.Si., selaku dosen pembahas skripsi sekaligus sebagai ketua jurusan Ilmu Administrasi Negara. Terima kasih atas segala arahan dan masukan yang telah diberikan.

6. Bapak Drs. Agus Hadiawan, M.Si., selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

7. Ibu Dra. Dian Kagungan, M.H., selaku dosen pembimbing akademik yang telah memberikan banyak motivasi dan masukannya untuk penulis.

(3)

8. Seluruh pengajar dosen Jurusan Ilmu Administrasi Negara tanpa terkecuali, yang selama ini telah memberikan ilmunya kepada penulis dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Semoga ilmu yang telah diberikan selama ini bermanfaat dan berguna bagi penulis kedepannya. 9. Seluruh staff dan karyawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang

telah banyak membantu kelancaran administrasi selama penulis menjadi mahasiswa dan memberikan pelayanan yang baik.

10. Terima kasih kepada Bapak Meydiandra E.P selaku Anggota Badan Pengelola Kota Baru Lampung atas data dan informasi yang diberikan untuk penyelesaian skripsi ini.

11. Bapak Belli Pahlupi S.T, MT., selaku Kasubid Tata Ruang Bappeda Provinsi Lampung dan Endang Wahyuni ST, M.Si., selaku Kasubid Prasarana Wilayah Bappeda Provinsi Lampung, terima kasih atas data dan informasi yang telah diberikan untuk penyelesaian skripsi ini.

12. Terima kasih kepada Ibu Hj. Nurjannah, S.Sos., selaku Kasubag Penyusunan Peraturan Perundang-undangan DPRD Provinsi Lampung atas data dan informasi yang telah diberikan untuk penyelesaian skripsi ini. 13. Terima kasih kepada Bapak Ir. Zainal Abidin, MT., selaku Kepala Biro

Administrasi Pembangunan Pemerintahan Provinsi Lampung atas data dan informasi yang telah diberikan untuk penyelesaian skripsi ini.

14. Terimakasih kepada rekan-rekan seperjuanganku angkatan 2010 ADUSELON (Angkatan ke Dua Belas Sekelompok Mahasiswa Publik Administration).

(4)

Ucapan terima kasih yang tulus dari hati tercurahkan untuk kalian. Abdurrahman (siapapun bakalan sakit hati kalo photo disamping lu nam, kalo gak di crop ya setidaknya diblurin... sedih), Ali Normi (yang selalu ngebahagiain pacar-pacar orang....lanjutkan lai!!), Desmon (selalu dibutuhin disemua kondisi), Thio (temen yang asik buat ngobrol segala bahasan, tapi sayangnya lamaaa), Datas (pake baju tas kalo maen futsal, keringet apa minyak coiii), Erisa (wanita yang baik hati, idaman temen gw yang selalu lamaaa tadi), Ghali Billridho (gw rasa yang kenal lu kenal juga dengan satu kata ini, woles!), Pandu (baik sama semua orang kaya ibu peri, iya dong!!), 3Yadi (hanya makan dan tidur saat dia terdiam), Tupik (mandi pik mandi! Tour gaet yang mabokan ya cuma lu pik), Daus (yang takut cicak), Yulia Purba (ongkir ke rumah gw berapa sis?), Rachmani (awal perkenalan di perpus unila dan berlanjut sampe sekarang...dah kaya sinetron. Sukses itu hanya buat orang-orang pekerja keras kaya lu bro, yakin aja!), keluarga besar himafam: Rana Sum (apa sih yang gak gw tau dari lu, aseik), Cahya (mba cay), Rahma (Allahuakbar abang!!!), Tasya (bpk gw polisi, hmm boong ternyata). Banyak cerita yang mungkin tak cukup tertuliskan, banyak canda tawa yang mungkin tak habis diceritakan, banyak perjalanan sedih dan pilu yang mungkin selalu terkenang, dan banyak ketidakjelasan yang tak kunjung terselesaikan.

Ucapan terima kasih yang spesial pake telor untuk kalian. Izal OS (zal...ngutang zal), Wayan (sabar yan, dikit lagi dikit lagi tenang aja pasti nikah), Gideon (tipi matiin ion, abang dikosan temenin, urut ion kalo

(5)

keseleo, minum obat diare obat sakit kepala jangan lupa, minum jamu juga ion biar fit badannya, temenin kalo ada temen yang ngajak pergi ion, angkat kalo ada tlp, ada sms bls ion...apa lagi ya? hmmm). Banyak cerita yang dapat menjadi bahan candaan, renungan, curhatan. Kalian selalu ada bukan semata saat bahagia tapi disaat penulis mengalami kesusahan, semoga kita dapat seperti itu selamanya.

Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas segala bentuk bantuan untuk kalian semua. Bunga Janati (curhat curhat dan curhat), Dwi Enggar (keliatan perfect kalo gak ngomong), Indah Pratiwi (kiting), Maya Larasati (cantik dan fashionable). Buat geng ce’es kentel: Aden (Pak Ketum), Hepsa, Risky “Bogel”, Rizal “Beg”, Efridho, Satria (bertemu di BNI untuk pertama kali dan gak taunya 1 jurusan, semenjak itu ngerepotin nanya info terus), Ardi (otot lu mana di sekarang?), Ali Samsu (pes cu?), Loy (cieee sama nona), Tian (cariin gw 1000 ceri peng, demi cewe bisa masa demi temen gak bisa), Karina (doraemonnya nobita), Corie (bawel), Nona (cieee sama loy), Nuzul (smart dan cantik), Shela dan Mery. D’mutar geng: Yogis, Ade, Anjas, Fadri, Aris, Jodi Prayuda. Batak community: Dora, Jenni, Shari Putri dan gak ketinggalan Sriani dan si cantik Selli Mutiara. Bunga Mayang, Enggi, Julyan Fadhly (auuu auuuu), Mona, Astria, Sari Sukma, Annisa, Chandra, Dita, Gerri, Gusti, Helsi, Intan Ayu, Lica, Roofi’i (ketua angkatan gw), Uyung, Nurul Fatmita, Sahara, Cita, Dewinta, Hanny, Indah Putri (gaje zzz), Lusy Dian, Maritha, Nurul Anninda, Putri Nika Sari (Puteli), Maya (yang sudah berkeluarga), Rizka Sallya.

(6)

Terimakasih semuanya atas segala hal yang telah diberikan selama kita beraktualisasi diri dan berproses bersama di Jurusan Ilmu Administrasi Negara maupun diluar kampus. Semoga kita sukses semua. Amin Ya Allah.

15. Keluarga besar HIMAGARA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara) dan IKAGARA (Ikatan Alumni Mahasiswa Administrasi Negara), Terima kasih telah membimbing dan mengarahkan dalam kehidupan berorganisasi.

16. Teman-teman KKN Tematik 2013 (Kuliah Kerja Nyata) di Pekon Kutawaringin Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Firdaus Roguska (Ilmu Admninistrasi Negara), Tubagus Riki Andrian (Ilmu Komputer), Herdy Alwan Novantra, Tiara, Nurul Aini (Hukum), Hesty Prihastuti (Ilmu Komunikasi), Amelia Sagita Putri (Kedokteran), Anne Marie (Teknik), dan Riezka Rosalia. Terima kasih atas pengalaman berharga yang mengesankan selama 40 hari.

17. Keluarga besar SWALIBPALA. Ini bukan sekedar sebuah organisasi pecinta alam, namun sudah menjadi bagian dari keluarga penulis. Terima kasih untuk semuanya, ilmu, kekeluargaan, kebersamaan dan pengalaman yang telah diberikan selama ini. Salam Lestari!!!

18. Untuk sahabat 3Serangkai: Hardian Kurniawan dan Hariatno Ary Murti. Terima kasih atas segala bentuk bantuan dan kebersamaan yang kalian berikan selama ini. Semoga kita sukses semua!! Aaammiinnn

19. Beserta seluruh pihak yang terkait dan telah memberikan kontribusi dalam penyusunan skripsi ini yang tidak bisa dituliskan satu per satu.

(7)

20. Terkhusus untuk satu wanita yang tidak henti-hentinya memberikan semangat dalam hidup penulis selama ini yaitu Berlian Feni Agustine, S.E.I. Bukan hanya di sanwacana ini nama-Mu diletakan di akhir, namun di hati ini juga insyaallah menjadi yang terkahir. Terima kasih untuk segalanya.

Bandar lampung, 04 Maret 2015 Penulis,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :