KESIAPAN IMPLEMENTASI SAK ETAP: STUDI KASUS PADA PENGUSAHAUMKM ROTI DAN KUE YANG TERDAFTAR PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DI SURABAYA

15 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

KESIAPAN IMPLEMENTASI SAK ETAP: STUDI KASUS PADA PENGUSAHAUMKM ROTI DAN KUE YANG TERDAFTAR

PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DI SURABAYA OLEH: WIHANDY KRISTIADI 3203010067 JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA

(2)

KESIAPAN IMPLEMENTASI SAK ETAP: STUDI KASUS PADA PENGUSAHA UMKM ROTI DAN KUE YANG TERDAFTAR

PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DI SURABAYA

SKRIPSI Diajukan kepada FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan

Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi OLEH: WIHANDY KRISTIADI 3203010067 JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA

(3)

HALAMAN PERSETUJUAN

SKRIPSI

KESIAPAN IMPLEMENTASI SAK ETAP: STUDI KASUS PADA PENGUSAHA UMKM ROTI DAN KUE YANG TERDAFTAR

PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DI SURABAYA

Oleh:

WIHANDY KRISTIADI 3203010067

Telah Disetujui dan Diterima dengan Baik Untuk Diajukan Kepada Tim Penguji

Pembimbing I Pembimbing II

Jesica Handoko, SE., M.Si., AK J.TH. Budianto T., SE., ST., MM., AK., QIA

(4)

HALAMAN PENGESAHAN

Skripsi yang ditulis oleh: Wihandy Kristiadi NRP: 3203010067. Telah diuji pada tanggal 29 Januari 2014 Dan dinyatakan LULUS oleh Tim Penguji.

Ketua Tim Penguji,

Marini Purwanto, SE., M.Si., Ak. NIK. 321.98.0342

Mengetahui,

Dekan, Ketua Jurusan,

Dr. Lodovicus Lasdi, MM. Ariston Oki Esa,SE.,MA,.Ak., BAP. NIK. 321.99.0370 NIK. 321.03.0566

(5)

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH dan PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH

Demi perkembangan ilmu pengetahuan, saya sebagai mahasiswa Unika Widya Mandala Surabaya:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama : Wihandy Kristiadi NRP : 3203010067

Judul Skripsi : Kesiapan Implementasi SAK ETAP: Studi Kasus Pada Pengusaha UMKM Roti dan Kue yang Terdaftar Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Surabaya.

Menyatakan bahwa tugas akhir skripsi ini adalah ASLI karya tulis saya. Apabila terbukti karya ini merupakan plagiarism, saya bersedia menerima sanksi yang akan diberikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Saya menyetujui pula bahwa karya tulis ini dipublikasikan atau ditampilkan di internet atau media lain (digital library Perpustakaan Unika Widya Mandala Surabaya) untuk kepentingan akademik sebatas sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta.

Demikian pernyataan keaslian dan persetujuan publikasi karya ilmiah ini saya buat dengan sebenarnya.

Surabaya, 31 Januari 2014 Yang menyatakan

(6)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yesus Kristus atas segala kasih, karunia, dan penyertaan-Nya sehingga skripsi ini berhasil diselesaikan. Skripsi ini disusun sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Penyusunan Skripsi ini tidak akan berhasil dengan baik tanpa bantuan, bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada:

1. Dr. Lodovicus Lasdi, MM., selaku Dekan Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

2. Ariston O. A, SE., AK., BAP., selaku Ketua Jurusan Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

3. Jesica Handoko, SE., M.Si., AK., selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan banyak waktu dalam memberikan bimbingan, dukungan, semangat, berbagi suka, duka dan petunjuk berharga untuk membimbing penulis dalam penyelesaian Skripsi ini.

4. J.TH. Budianto T., SE., ST., MM., AK., QIA., selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan waktu dalam memberikan bimbingan dan saran-saran yang berguna untuk membimbing penulis dalam penyelesaian Skripsi ini.

(7)

5. Segenap Dosen Fakultas Bisnis Universitas Widya Mandala Surabaya yang telah banyak memberikan ilmu pengetahuan selama masa studi.

6. Pimpinan dan staf Tata Usaha Fakultas Bisnis Universitas Widya Mandala Surabaya.

7. Papa, Mama, Cece, dan Koko penulis, serta seluruh keluarga besar penulis yang memberikan dukungan baik secara moral, material, dan kasih saying, serta nasihat yang berguna.

8. Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Surabaya yang telah membantu penulis dan para pengusaha UMKM yang bersedia meluangkan waktu, tenaga dan pikiran saat penulis mendatangi tempat usaha pemilik UMKM.

9. Sahabat-sahabat perjuangan penulis yang telah ikut memberikan bantuan dan dukungan, terutama kepada: Agung Putra Sulaiman, Evania, Cicilia, Amelia Tolica, Christian (AC), Fanny Trenggono, Vanessa, Indah PS, dan teman-teman lainnya yang membantu Skripsi ini dari awal hingga akhir sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

10. Marry Setiady yang telah sangat membantu penulis dengan meminjamkan berbagai literatur yang berguna dalam penyusunan Skripsi ini.

11. Sang kekasih Lily Prayitno, SE yang memberi semangat kepada penulis.

(8)

12. Himawan Praptomo yang membantu penulis dalam mengunjungi tempat-tempat UMKM dan memberi penulis literatur yang berguna dalam penyusunan Skripsi ini.

13. Semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Terima kasih banyak atas segala doa, dukungan, semangat, bantuan baik secara formil maupun materil.

Penulis menyadari bahwa dalam Skripsi ini masih terdapat kekurangan, maka dari itu kritik maupun saran yang membangun sangat diharapkan demi perbaikan Skripsi ini. Semoga Skripsi ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.

Surabaya, Januari 2014

(9)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ………... i

LEMBAR PERSETUJUAN ………... ii

HALAMAN PENGESAHAN ………. iii

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH ……….. iv

KATA PENGANTAR ………. v

DAFTAR ISI ………... viii

DAFTAR TABEL ………... x

DAFTAR GAMBAR ………... xi

DAFTAR LAMPIRAN ……… …. xii

ABSTRAK ……….. xiii

ABSTRACT ……….. xiv

BAB 1. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah ………. 1

1.2 Rumusan Masalah ……….. 6

1.3 Tujuan Penelitian ……… 7

1.4 Manfaat Penelitian ……….. 7

1.5 Sistematika Penulisan ………. 8

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Penelitian Terdahulu ……….. 9

2.2 Landasan Teori ……… 11

BAB 3. METODE PENELITIAN 3.1 Desain Penelitian ………. 36

(10)

3.3 Metode Pengumpulan Data ………. 37 3.4 Populasi, Sampel, dan Teknik

Pengambilan Sampel ………... 38 3.5 Teknik Analisis Data ………... 38 BAB 4. ANALISIS DAN PEMBAHASAN

4.1 Karakteristik Obyek Penelitian ……… 41 4.2 Deskripsi Data ……….. 42 4.3 Analisis dan Pembahasan ………. 62 BAB 5. SIMPULAN DAN KETERBATASAN

PENELITIAN

5.1 Kesimpulan ……… 94 5.2 Keterbatasan dan Saran ……… 96 DAFTAR PUSTAKA

(11)

DAFTAR TABEL

Halaman Tabel 2.1. Kriteria Usaha Mikro Kecil dan

Menengah ……….. 12

Tabel 2.2. Klasifikasi Usaha Menurut Jumlah Tenaga Kerja ………. 14

Tabel 4.1. Tingkat Pengembalian Kuisioner ……… 42

Tabel 4.2. Bagian Demografis Responden ………... 43

Tabel 4.3. Bagian Kredit Bank ………. 46

Tabel 4.4 Sistem Akuntansi dan Laporan Keuangan …… 50

Tabel 4.5. Bagian Standar Akuntansi UMKM …………. 56

Tabel 4.6. Laporan Laba Rugi ……….. 77

Tabel 4.7. Laporan Perubahan Ekuitas ……….. 79

Tabel 4.8. Neraca ……… 80

(12)

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 2.1. Rerangka Berpikir ………. 35

Gambar 4.1. Kesiapan Responden ………. 62

Gambar 4.2. Faktur Pembelian Tunai ……… 70

(13)

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman Lampiran 1. Kuisioner

Lampiran 2. Daftar UMKM Roti dan Kue Lampiran 3. Tabel Perkembangan Data Usaha

Mikro, Kecil, Menengah, dan Usaha Besar Tahun 2011-2012

(14)

ABSTRAK

Standar Akuntansi Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) disusun oleh DSAK-IAI. SAK ETAP ditujukan untuk Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah di Indonesia untuk mempermudah penyusunan Laporan Keuangan. Dengan adanya laporan keuangan, diharapkan masalah Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah di bidang keterbatasan modal dapat teratasi. Hal ini dikarenakan Laporan keuangan sebagai salah satu syarat Bank dalam memberikan pinjaman kredit pada pengusaha.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kesiapan para pelaku UMKM dalam mengimplementasikan SAK ETAP dengan sampel UMKM Roti dan Kue yang terdaftar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran 20 kuisioner dan terdapat 14 kuisioner yang dapat diolah menjadi data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 35,71% pelaku UMKM Roti dan Kue yang terdaftar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Surabaya yang siap mengimplementasikan SAK ETAP. Selanjutnya penelitian ini merekomendasikan rancangan laporan keuangan yang sesuai SAK ETAP dan karakteristik bisnis untuk UMKM Roti dan Kue yang terdaftar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Surabaya. Kata kunci: SAK ETAP, UMKM, Pengajuan Kredit, Perancangan Laporan Keuangan.

(15)

ABSTRACT

Without Public Accountability Accounting Standards (SAK ETAP) prepared by DSAK-IAI. SAK ETAP intended for Small, Micro and Medium Enterprises in Indonesia to facilitate the preparation of financial statements. With the financial statements, the expected issue of Small, Micro and Medium Enterprises in the field of capital limitations can be overcome. This is because the financial statements as a condition of the Bank in providing loans to entrepreneurs. This study aims to examine the readiness of SMEs in implementing SME sample SAK ETAP with bread and cakes are registered at the Department of Trade and Industry in Surabaya. This study was conducted by distributing questionnaires and 20 contained 14 questionnaires that can be processed into the data. The results of this study indicate that there is a 35.71% SMEs bread and cakes are registered at the Department of Trade and Industry in Surabaya are ready to implement SAK ETAP. Furthermore, this study recommends that the draft financial statements in accordance with SAK ETAP and business characteristics for SMEs bread and cakes are registered at the Department of Trade and Industry in Surabaya.

Keywords: SAK ETAP, SME, Credit Application, Designing Financial Reports

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :