HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN DAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA Hubungan asupan energi, protein dan perilaku hidup Bersih dan sehat (phbs) dengan kejadian pneumonia Pada balita di puskesmas tawangsari Kabupaten sukoha

Teks penuh

(1)

HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN DAN PERILAKU HIDUP

BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA

PADA BALITA DI PUSKESMAS TAWANGSARI

KABUPATEN SUKOHARJO

Skripsi ini Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat

Memperoleh ijazah S1 Gizi

Disusun Oleh:

RIRIN ANGGRAINI

J 310 110 055

PROGRAM STUDI ILMU GIZI

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

(2)

i

HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN DAN PERILAKU HIDUP

BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA

PADA BALITADI PUSKESMAS TAWANGSARI

KABUPATEN SUKOHARJO

Skripsi ini Disusun untuk Memenuhi Salah SatuSyarat

Memperoleh Ijazah S1 IlmuGizi

Disusun Oleh:

RIRIN ANGGRAINI

J310110055

PROGRAM STUDI ILMU GIZI

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

(3)

ii

DEPARTMENT OF NUTRITION SCIENCE FACULTY OF HEALTH SCIENCE MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF SURAKARTA BACHELOR THESIS ABSTRACT

RIRIN ANGGRAINI. J310110055

CORRELATIONS BETWEEN INTAKE OF ENERGY AND PROTEIN, CLEAN AND HEALTHY LIVING BEHAVIORS AND PNEUMONIA IN CHILDREN AT PRIMARY HEALTH SERVICE OF TAWANGSARI SUKOHARJO

Introduction: Acute respiratory infections (ARI) is a serious health problem, especially in children age 1-5 years old and if they can not get a good care and treatment they may get lower respiratory tract infection or pneumonia. Furthemore, there are many determinants of pneumonia including energy intake, protein intake and clean and healthy living behaviors.

Objective: The purpose of this research was to assess the correlations between energy intake, protein intake, and clean and healthy living behaviors and pneumonia in children at Primary Health Service of Tawangsari Sukoharjo.

Research method: This research used observational with cross-sectional design. The respondents were children aged 1-5 years old. Sampling used consequtive sampling technique. Pneumonia status data were obtained using ARY timer. Energy intake and protein intake data were obtained through interview using 24 hour food recall form for 3 days that were not consecutive and the clean and healthy behavior data were obtained through filling a questionnaire. Chi Square test were run to asses the correlations.

Results: There was a correlation between energy intake and pneumonia (p=0.017). There was a correlation between protein and pneumonia (p= 0.003). No correlation was found between clean and healthy living behaviors and pneumonia (p= 0.25). Conclusion:There was correlations between energy and protein intakes, and pneumonia in children at Primary Health Service of Tawangsari Sukoharjo. There was no correlation between clean and healthy living behaviors and pneumonia in children at Primary Health Service of Tawangsari Sukoharjo.

(4)

iii

PROGRAM STUDI ILMU GIZI FAKULTAS ILMU KESEHATAN SEHAT (PHBS) DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI PUSKESMAS TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO

Pendahuluan: Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) merupakan masalah kesehatan yang serius terutama pada anak usia 1-5 tahun dan apabila tidak mendapatkan perawatan dan pengobatan yang baik akan menjadi infeksi saluran pernafasan bawah atau pneumonia. Ada beberapa beberapa faktor yang mempengaruhi pneumonia yaitu asupan energi, asupan protein dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan energi, protein dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kejadian pneumonia pada balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo.

MetodePenelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan pendekatan crossectional. Sampel yang digunakan adalah balita usia 1-5 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik consequtive sampling, dengan menggunakan uji hubungan Chi-Square. Kejadian Pneumonia di ukur menggunkan ARY timer. Asupan Energi dan asupan protein diperoleh dengan wawancara menggunakan metote recall 24 jam selama 3 hari tidak berturut-turut dan PHBS diperoleh dengan cara pengisian kuesioner.

Hasil: Ada hubungan asupan energi dengan kejadian pneumonia (p=0,017). Ada hubungan asupan protein dengan kejadian pneumonia (p=0,003). Tidak ada hubungan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kejadian pneumonia (p=0,251).

Kesimpulan: Ada hubungan asupan energi dan protein dengan kejadian pneumonia pada balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Tidak ada hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan kejadian pneumonia pada balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo.

(5)

iv

HALAMAN PERSETUJUAN

Judul Penelitian :Hubungan Asupan Energi, Protein dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Kejadian Pneumonia pada balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo

Nama Mahasiswa : Ririn Anggraini Nomor Induk Mahasiswa : J310110055

Telah diuji dan dinilai Tim Penguji Skripsi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 8 Juli 2015 dan telah

diperbaiki sesuai dengan masukan Tim Penguji.

Surakarta, 10 Juli 2015

Menyetujui Pembimbing I

(Muwakhidah, SKM., M.Kes) NIP/NIDN: 865/06-2701-7302

Pembimbing II

(Dewi Pertiwi DK, S.Gz.,M.Gizi) NIDN. 06-1101-8602

Mengetahui,

Ketua Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

(6)

v

PENGESAHAN SKRIPSI

Judul Penelitian : Hubungan Asupan Energi, Protein dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo

Nama Mahasiswa : Ririn Anggraini

Nomor Induk Mahasiswa : J310110055

Telah dipertahankan di depan Tim Penguji Skripsi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan pada tanggal 8 Juli 2015 dan dinyatakan memenuhi syarat untuk

diterima.

Surakarta, 10 Juli 2015

Penguji I :Muwakhidah, SKM., M.Kes ( ) Penguji II :Luluk Ria Rakhma S.Gz., M.Gizi ( ) Penguji III :Setyaningrum Rahmawaty, A., M.Kes., Ph.D ( )

Mengetahui, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dekan

Dr. Suwaji, M.Kes

(7)

vi

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri dan didalamnya tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya. Pengetahuan yang diperoleh dari hasil penerbitan maupun yang belum/tidak diterbitkan sumbernya dijelaskan di dalam tulisan daftar pustaka.

Surakarta, 10 Juli 2015

(8)

vii

RIWAYAT HIDUP

Nama : Ririn Anggraini

Tempat/Tanggal lahir : Rawajitu, 20 Agustus 1993 Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Alamat : Medasari Rt.006/ Rw.006 Medasari Rawajitu Selatan, Tulang Bawang, Lampung

Riwayat Pendidikan : 1. Lulus SDN Medasari2005

2. Lulus SMPN Rawajitu Selatan 2008 3. Lulus SMAN Bringin 2011

(9)

viii

PERSEMBAHAN

Dengan mengucap Bismillah Alhamdulillah Ya Rabb…atas Nikmat yang telah Engkau berikan…Akhirnya Skripsi ini selesai juga dengan segala perjuangan yang ada. Halaman ini khusus untuk mereka yang selama ini mendukung, menyemangati dalam pembuatan skripsi ini. Tanpa mereka, skripsi ini tidak ada apa-apanya. Sepercik keberhasilan yang Engkau hadiahkan padaku ya Rabb..

♥ Kedua Orangtua ku ibu tercinta (Sulastri) dan Bapak (Sunarto) terimakasih untuk DOA yang tak pernah henti kau Panjatkan untuk anakmu ini. Tanpa doa’mu skripsi ini tiadalah berarti. Kakak tercinta Yayan Ariawan dan adikku M. Adnan Al-Ghifari penyemangatku dan semua keluarga besarku terimakasih atas do’a, dukungan dan semangatnya. Teman terbaikku M. Tanwin Aribiki yang tak pernah lelah untuk menyemangatiku. Terimakasih semuanya atas segala dukungan, dan cinta kasih yang tiada terhingga yang tiada mungkin dapat ku balas hanya dengan selembar kertas yang bertuliskan kata cinta & persembahan. ♥ Ibu Muwakhidah dan Ibu Dewi Pertiwi selaku dosen pembimbingku

terimakasih atas bimbingannya, segala nasehatnya, saya tidak akan lupa atas bantuan dan kesabaran dari ibu.

♥ Teman-teman Gizi khususnya Novi, Anis, Nabila, Reza, Arifatul, Retno, Nadya, Febrina, Rama, Ninda dan semua keluarga Gizi B 2011 serta teman-teman seperjuangan Gizi 2011 yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu terimakasih atas dukungan dan semangatnya.

♥ Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan yang turut membantu terselesaikanya Skripsi ini.

(10)

ix MOTTO

……

“Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…”

(QS. Al-Baqarah: 286)

“Sesungguhnya setelah ada kemudahan, maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh

(urusan) yang lain dan hanya kepadaTuhan-mu lah hendaknya kamu menggantungkan harapan”

(QS. AlamNasyroh: 6-8)

“Jangan putus asa, mencoba itu memang lambat, dan akan ada penghalang yang menghadang cita-cita itu.

Maka jangan pernah kalah olehnya” (DR. Aidh Al-Qarni)

“Dengan ilmu kehidupan menjadi mudah, dengan seni kehidupan menjadi indah dan dengan agama kehidupan menjadi terarah”

(11)

x

KATA PENGANTAR

Assalaamu'alaikumWr.Wb

Puji syukur kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat, hidayah dan Inayah-Nya yang tidak pernah bisa dihitung, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul “Hubungan Asupan Energi, Protein dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan kejadian pneumonia pada balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo” dengan baik tanpa halangan yang berarti.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi tugas akhir Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam penulisan Skripsi ini penulis banyak mendapatkan bimbingan dan bantuan serta saran dari berbagai pihak, maka dari itu penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada:

1. Bapak Dr. Suwaji, M.Kes, selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Ibu Setyaningrum Rahmawaty, A., M.Kes, Ph.D, selaku Ketua Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Ibu Muwakhidah, SKM, M.Kes selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya memberikan banyak bimbingan serta arahan dalam penyusunan skripsi ini dari awal hingga akhir.

4. Ibu Dewi Pertiwi DK, S.Gz.,M.Gizi selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya memberikan banyak bimbingan serta arahan dalam penyusunan skripsi ini dari awal hingga akhir.

(12)

xi

6. Kepada Bapak Totok Suroto, SKM selaku Ahli Gizi dan Ibu Purnami Selaku Bidan di Puskesmas Tawangsari yang Telah membantu saya dalam penelitian di PuskesmasTawangsari Kabupaten Sukoharjo.

7. Bapak dan Ibu Dosen Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

8. Kepada orang-orang yang sangat saya cintai kedua orang tua saya Bapak Sunarto dan Ibu Sulastri, Kakak saya Yayan Ariawan dan adik saya M. Adnan Al-Ghifari, teman terbaik saya M. Tanwin Aribiki dan seluruh keluarga besar yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu terimakasih karena selalu memberikan dukungan motivasi dan do’anya kepada saya.

9. Teman-teman dan sahabatku Progam Studi Ilmu Gizi S1 2011, Novi, Anis, Nabila, Reza, Arifatul, Retno, Nadya, Febrina, Rama, Ninda dan semua yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu, terimakasih sudah menjadi teman yang baik selama ini.

10. Pihak lain yang turut membantu kelancaran penyusunan skripsi ini yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Semoga amal baik yang telah diberikan senantiasa mendapatkan Ridho Allah SWT. Demikian pula penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat bagi semua pihak.

Wassalaamu'alaikum Wr. Wb

Surakarta, 10 Juli 2015

(13)
(14)

xiii

E. Hubungan Asupan Energi dan Kejadian ISPA ... 19

F. Hubungan Asupan Protein dan Kejadian ISPA ... 20

G. Hubungan PHBS dan Kejadian Pneumonia ... 21

H. Internalisasi Nilai-nilai Keislaman ... 24

I. Kerangka Teori ... 26

J. Kerangka Konsep ... 27

K. Hipotesis Penelitian ... 27

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Rancangan Penelitian ... 28

B. Waktu dan Lokasi Penelitian ... 28

C. Populasi dan Sampel ... 28

D. Variabel Penelitian ... 30

E. Definisi Operasional ... 30

F. Pengumpulan Data ... 31

G. Langkah-Langkah Penelitian ... 32

H. Pengolahan dan Analisis Data ... 34

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian ... 37

B. Karakteristik Sampel Penelitian ... 37

(15)

xiv

D. Hubungan Asupan Protein dengan Kejadian Pneumonia ... 48 E. Hubungan PHBS dengan Kejadian Pneumonia ... 51 F. Internalisasi Nilai-nilai Keislaman Terhadap Hubungan Asupan,

Energi, Protein dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

dengan kejadian Pneumonia ... 54 G. Keterbatasan penelitian ... 55 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan ... 56 B. Saran ... 57 DAFTAR PUSTAKA

(16)

xv DAFTAR TABEL

1. Klasifikasi Penyakit Pneumonia ... 7

2. Klasifikasi Tingkat Konsumsi Energi dan Protein ... 17

3. Kategori PHBS... 19

4. Definisi Operasional……… ... 30

5. Kategori Asupan Energi dan Protein ... 34

6. Kategori PHBS... 34

7. Kategori Pneumonia……… ... 35

8. Distribusi Sampel menurut Jenis Kelamin ... 38

9. Distribusi sampel menurut Umur ... 38

10. Distribusi responden menurut pendidikan ibu... 39

11. Distribusi responden menurut pekerjaan ibu ... 40

12. Distribusi responden menurut pendapatan ... 40

13. Distribusi sampel berdasarkan asupan energi... 41

14. Distribusi sampel berdasarkan asupan protein ... 42

15. Distribusi Responden berdasarkan PHBS rumah tangga ... 42

16. Distribusi Responden berdasarkan 10 indikator PHBS rumah tangga ... 43

17. Distribusi sampel berdasarkan kejadian pneumonia ... 45

18. Uji hubungan asupan energi dengan pneumonia ... 46

19. Uji hubungan asupan protein dengan pneumonia ... 48

(17)

xvi DAFTAR GAMBAR

(18)

xvii DAFTAR LAMPIRAN

1. Pernyataan Kesediaan Menjadi Responden 2. Identitas Responden

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...