LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN JL. Prambanan-Piyungan KM 1,5 Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

169 

Teks penuh

(1)

LAPORAN

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

PERIODE 15 JULI

15 SEPTEMBER 2016

SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

JL. Prambanan-Piyungan KM 1,5 Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Disusun dan diajukan guna memenuhi persyaratan dalam menempuh mata kuliah PPL

Dosen Pembimbing: Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

Disusun Oleh:

Nanda Yulanda Ramadani

NIM. 13520241056

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA

FAKULTAS TEKNIK

(2)
(3)

iii

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur atas limpahan rahmat dan karunia-NYA, sehingga penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhammadiyah Prambanan ini bisa selesai seiring dengan selesainya kegiatan PPL di sekolah tersebut. Walaupun dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan ini mengalami berbagai macam halangan dan rintangan, namun berkat hidayah-NYA hal tersebut bukan merupakan suatu alasan untuk berhenti berusaha.

Keberhasilan pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah Prambanan tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Sehingga dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1. Anis Sri Hartati, S.Kom, selaku guru pembimbing di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta.

2. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta.

3. Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, yang telah memberikan izin pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta.

4. Dr. Drs. Putu Sudira, M.P, selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

5. Drs. Iskak Riyanto, selaku kepala sekolah SMK Muhammadiyah Prambanan.

6. Wagiman, S.Si.,selaku Guru Pembimbing PPL di SMK Muhammadiyah Prambanan.

7. Seluruh Guru dan Karyawan di SMK Muhammadiyah Prambanan.

8. Seluruh siswa-siswi SMK Muhammadiyah Prambanan, khususnya kelas XI Multimedia yang senantiasa antusias mengikuti pembelajaran.

9. Semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah Prambanan, yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Penyusunan laporan ini disadari benar masih jauh dari kesempurnaan sehingga perlu pembenahan. Sehingga segala kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk kesempurnaan di masa mendatang.

Laporan ini diharapkan berguna bagi penulis, mahasiswa, SMK Muhammadiyah Prambanan, UniversitasNegeri Yogyakarta, serta seluruh pembaca.

(4)

iv

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... .... ii

KATA PENGANTAR ... ... iii

DAFTAR ISI ... .. iiv DAFTAR TABEL ... .... v

DAFTAR GAMBAR ... vi

DAFTAR LAMPIRAN ... .. vii

ABSTRAK ... . viii

BAB I. PENDAHULUAN GAM A. Latar Belakang ... .... 1

GAM B. Tujuan PPL ... 2

GAM C. Manfaat PPL ... 2

GAM D. Analisis Situasi ... 3

GAM E. Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan PPL ... 16

BAB II. PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN ANALISIS HASIL GAM A. Persiapan Program Kegiatan PPL ... .. 19

GAM B. Pelaksanaan Kegiatan PPL ... .. 23

GAM C. Analisis Hasil Pelaksanaan dan Refleksi ... .. 26

BAB III. PENUTUP GAM A. Kesimpulan ... .. 29

GAM B. Saran ... .. 29

(5)

v

DAFTAR TABEL

(6)

vi

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Denah SMK Muhammadiyah Prambanan ... 6

Gambar 2. Tampilan SMK Muhammadiyah Prambanan ... 6

Gambar 3. SMK Muhammadiyah Prambanan ... 7

Gambar 4. Tempat Parkir SMK Muhammadiyah Prambanan ... 8

Gambar 5. Halaman SMK Muhammadiyah Prambanan ... 8

Gambar 6. Kamar Mandi SMK Muhammadiyah Prambanan ... 8

Gambar 7. Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan (1) ... 9

Gambar 8. Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan (2) ... 10

Gambar 9. Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan (3) ... 10

Gambar 10. Tampak Depan Bengkel Mesin ... 11

Gambar 11. Kegiatan Siswa di Bengkel Mesin ... 11

Gambar 12. Bengkel Otomotif ... 11

Gambar 13. Tampak Depan Ruang UKS ... 12

Gambar 14. Kegiatan Ekstrakulikuler Pecinta Alam ... 12

Gambar 15. Peleton Inti SMK Muhammadiyah Prambanan... 13

Gambar 16. Kegiatan Volley Ball ... 13

Gambar 17. Kegiatan Olahraga Sepak Bola ... 13

Gambar 18. Tempat Wudhu ... 14

Gambar 19. Masjid SMK Muhammadiyah Prambanan ... 14

Gambar 20. Kegiatan Siswa Membaca Al-Quran ... 15

Gambar 21. Pelaksanaan KBM ... 15

(7)

vii

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Matriks Program Kerja PPL Individu Lampiran 2. Laporan Mingguan Pelaksanaan PPL

Lampiran 3. Kalender Pendidikan SMA/SMK Tahun 2014/2015 Lampiran 4. Silabus Komposisi Foto Digital XI/1

Lampiran 5. Program Semester Ganjil Komposisi Foto Digital Lampiran 6. RPP Komposisi Foto Digital

(8)

viii

PELAKSANAAN KEGIATAN PPL UNY 2016

LOKASI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Oleh :

Nanda Yulanda Ramadani 13520241056

Pendidikan Teknik Informatika

ABSTRAK

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMK Muhammadiyah Prambanan, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus. Teori praktik Komposisi Foto Digital yang diampukan ke Kelas XI MM, frekuensi tatap muka satu kali dalam satu minggu, dimana alokasi waktunya 4x45 jam pelajaran. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain observasi, demonstrasi, eksperimen, diskusi kelompok, penugasan, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide power point, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang sudah menjadi ciri khas anak SMK. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

(9)

1 BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Tenaga pendidik dalam pelaksanaan sistem pendidikan dipandang sebagai faktor utama keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan nasional seperti yang tercantum dalam UU No. 2/1989 pasal 4, yaitu “Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya,dan seluruhnya” yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”.

Mengingat besarnya andil tenaga pendidikan (guru) dalam menentukan keberhasilan sistem pendidikan di Indonesia ini, maka sangat perlu menciptakan guru-guru professional, yaitu yang memiliki beberapa keterampilan profesionalitas seperti: sifat kepribadian yang luhur, penguasaan bidang studi, menguasai metode pengajaran, memiliki keterampilan mengajar dan atau keterampilan di bidang pendidikan.

Berdasarkan hal tersebut, Universitas Negeri Yogyakarta sebagai perguruan tinggi yang mempunyai misi dan tugas untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga-tenaga pendidik yang siap pakai, mencantumkan beberapa mata kuliah pendukung yang menunjang tercapainya kompetensi di atas, salah satunya yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL bertujuan untuk memberi pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah lainnya sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang professional, memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya.

(10)

2 Penyelenggaraan mata kuliah PPL mengacu pada UU guru dan dosen No. 14 Tahun.2005, yakni empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial.

Sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa telah melakukan kegiatan sosialisasi antara lain pra-PPL melalui mata kuliah Pengajaran mikro (microteaching) dan observasi di sekolah, tujuannya yaitu agar mahasiswa mengetahui gambaran aktivitas pembelajaran di sekolah termasuk situasi dan kondisi di dalam kelas. Dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa diterjunkan ke sekolah/lembaga dalam jangka 2 bulan terhitung mulai 15Juli sampai 15 September 2016 untuk dapat mengenal, mengamati, dan mempraktikan semua kompetensi yang diperlukan bagi seorang guru/tenaga pendidik. Bekal pengalaman yang telah diperoleh diharapkan dapat dipakai sebagai modal untuk mengembangkan diri sebagai calon guru/tenaga pendidik yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis (profesional kependidikan).

B. Tujuan PPL

Adapun tujuan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai berikut :

1. Mahasiswa praktikan dapat mempersiapkan apa saja yang diperlukan sebelum mengajar layaknya seorang guru profesional.

2. Mahasiswa praktikan dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik dan benar

3. Mahasiswa praktikan dapat menyampaikan materi kepada peserta didik sesuai dengan kompetensi dan keterampilan dasar mengajar.

4. Mahasiswa praktikan dapat mengevaluasi, menilai serta mengetahui prestasi belajar siswa selama proses belajar mengajar diampu oleh mahasiswa praktikan. 5. Mahasiswa praktikan dapat mengevaluasi cara mengajar yang digunakan melalui

penilaian oleh peserta didik dalam aspek kompetensi dan keterampilan dasar mengajar.

C. Manfaat PPL

1. Manfaat PPL / Magang III bagi Mahasiswa

a. Menambah pemhaman dan penghayatan mahasiswa tentang prose pendidikan dan pembelajaran di sekolah.

(11)

3 c. Memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelahaan, perumusan dan

pemecahan masalah pembelajaran dan pendidikan yang ada di sekolah. d. Memperoleh pengalam dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran

di sekolah.

2. Manfaat PPL bagi Sekolah

a. Memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional.

b. Mendapatkan bantau pemikiran, tenaga, ilmu dan teknologi dalam merencanakn serta melaksanakan pengembangan pembelajaran di sekolah. c. Meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan sekolah.

3. Manfaat PPL bagi Universitas Negeri Yogyakarta

a. Memperoleh umpan balik dari sekolah atau lembaga guna pengembangan kurikiukum dan IPTEKS yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

b. Memperoleh berbagai sumber belajar dan menemukan berbagai permasalahan untuk pengembangan inovasi dan kualitas pendidikan.

c. Terjalin kerja sama yang lebih baik dengan pemerintah daerah dan instansi yang terkait untuk pengembangan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

D. Analisis Situasi

SMK Muhammadiyah Prambanan berlokasi di JL. Prambanan – Piyungan KM 1, Getak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta tepatnya di kaki bukit Boko. Sekolah ini didukung oleh tenaga pengajar sebanyak 92 orang, yakni 18 orang guru PNS DPK, 5 orang guru tetap yayasan, 55 orang guru tidak tetap, 14 orang guru tidak tetap PNS. Ruang kelas terdiri dari ruang kelas teori dan praktek.

Sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar terdiri atas berbagai fasilitas seperti ruang multimedia, perpustakaan, koperasi. Selain itu juga ada lagi fasilitas khusus yang disediakan untuk kepentingan jurusan yaitu

1. Teknik Pemesinan ada mesin CNC, mesin bubut, mesin frais, mesin gerinda, laboratorium komputer (Autocad), mesin las, dan ruang kerja bangku.

2. Teknik Elektronika Industri terdapat PLC, Pneumatic, laboratorium komputer, Audio Video, dan ruang kerja bangku.

3. Teknik Otomotif terdapat sarana bengkel yang lengkap, Mesin Las, mesin bensin, mesin solar, mesin motor, mesin mobil, body mobil, lab komputer dan peralatan bengkel yang dengan teknologi EFI.

(12)

4 SMK Muhammadiyah Prambanan juga melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler seperti sepak bola, band, drumband, komputer, pramuka, PKS, yang bertujuan agar siswa mampu meningkatkan potensi dan bakat intelektualnya.

Dari observasi mahasiswa di SMK Muhammadiyah Prambanan, hasil yang dapat dilihat antara lain:

1. Kondisi Fisik

SMK Muhammadiyah Prambanan berlokasi di JL. Prambanan – Piyungan KM 1, Getak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta tepatnya di kaki bukit Boko. Sekolah ini didukung oleh tenaga pengajar sebanyak 92 orang, yakni 18 orang guru PNS DPK, 5 orang guru tetap yayasan, 55 orang guru tidak tetap, 14 orang guru tidak tetap PNS. Ruang kelas terdiri dari ruang kelas teori dan praktek.

Gambar 1. Denah SMK Muhammadiyah dari Google Maps

(13)

5

Gambar 3. SMK Muhammadiyah Prambanan Dilihat dari Google Earth

Sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar terdiri atas berbagai fasilitas seperti ruang multimedia, perpustakaan, koperasi. Selain itu juga ada lagi fasilitas khusus yang disediakan untuk kepentingan jurusan yaitu

4. Teknik Pemesinan ada mesin CNC, mesin bubut, mesin frais, mesin gerinda, laboratorium komputer (Autocad), mesin las, dan ruang kerja bangku.

5. Teknik Elektronika Industri terdapat PLC, Pneumatic, laboratorium komputer, Audio Video, dan ruang kerja bangku.

6. Teknik Otomotif terdapat sarana bengkel yang lengkap, Mesin Las, mesin bensin, mesin solar, mesin motor, mesin mobil, body mobil, lab komputer dan peralatan bengkel yang dengan teknologi EFI.

Semua fasilitas tersebut sangat dibutuhkan dalam mengembangkan potensi peserta didik dalam mengembangkan skill yang dibutuhkan untuk memasuki lapangan kerja.

SMK Muhammadiyah Prambanan juga melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler seperti sepak bola, band, drumband, komputer, pramuka, PKS, yang bertujuan agar siswa mampu meningkatkan potensi dan bakat intelektualnya.

Dari observasi mahasiswa di SMK Muhammadiyah Prambanan, hasil yang dapat dilihat antara lain:

a. Kondisi Fisik Sekolah

(14)

6

Gambar 4. Tempat Parkir SMK Muhammadiyah Prambanan

Gambar 5. Halaman SMK Muhammadiyah Prambanan

(15)

7 b. Potensi Guru

Masih ada guru-guru yang tidak memahami kurikulum 2013 c. Potensi Karyawan

Masih ada karyawan yang belum menguasai IT (data base dan e-mail). d. Fasilitas KBM (Media)

Fasilitas KBM yang terdapat di SMK Muhammadiyah Prambanan masih kurang lengkap, misalnya tiap kelas belum terdapat projector, sebagai media pendukung KBM.

e. Perpustakaan

Ruang perpustakaan menjadi salah satu fasitiltas yang sangat perlu di perhatikan. Perpustakan menjadi sarana siswa dalam menambah ilm dan mencari informasi yang lebih luas. Penambahan buku perlu ditingkatkan agar siswa mempunyai banyak referensi tentang ilmu yang sejenis ato bermacam macam. Dengan peningkatan pelayanan yang diberikan mungkin siswa akan lebih merasa nyaman untuk belajar di dalam ruang perpustakaan. Dari observasi yang kami lakukan masih ada beberapa kekurangan antara lain : 1. Pendataan pengunjung masih manual.

2. Koleksi buku kurang lengkap.

3. Struktur organisasi perpustakaan masih berupa kertas A4. 4. Tulisan dinding perlu perbaikan dan penambahan.

(16)

8

Gambar 8. Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan (2)

Gambar 9. Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan (3)

f. Laboratorium /Bengkel

(17)

9

Gambar 10. Tampak Depan Bengkel Mesin

Gambar 11. Kegiatan Siswa di Bengkel Mesin

Gambar 12. Bengkel Otomotif

g. Organisasi dan Fasilitas UKS

(18)

10 Di ruang UKS obat-obatan yang tersedia masih kurang lengkap. Oleh karena itu di UKS memerlukan penambahan agar siswa yang mengalami kecelakaan mungkin itu di bengkel dapat segera di tolong. Pada gambar 10 ruang UKS terletak di dalam ruang Kesiswaan.

Gambar 13. Tampak Depan Ruang UKS

h. Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)

Pengelolaan administrasi di SMK Muhammadiyah Prambanan sudah cukup baik. Tetapi masih ada beberapa papan administrasi yang memerlukan pembenahan. Ada juga papan administrasi yang perlu diperbarui data atau informasinya.

i. Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK Muhammadiyah Prambanan sebagai berikut : Pecinta Alam, Tonti, Volly, dan Sepak Bola.

(19)

11

Gambar 15. Peleton Inti SMK Muh. Prambanan

Gambar 16. Kegiatan Olahraga Volley Ball

Gambar 17. Kegiatan Olahraga Sepak Bola

j. Koperasi Siswa

(20)

12 k. Tempat dan Kegiatan Ibadah

1. Secara umum sudah baik, akan tetapi belum ada atap untuk tempat wudlu. 2. Setiap tanggal 19 ada kegiatan pengajian guru dan karyawan.

Gambar 18. Tempat Wudhu

Gambar 19. Masjid SMK Muh. Prambanan

l. Kesehatan Lingkungan

1. Secara umum, penghijauan sudah baik dan tertata rapi, banyak terdapat pohon rindang, tetapi di sebagian tempat sekitar prodi otomotif kurang terawat dan taman di depan ruang kelas belum dimaksimalkan penataannya.

2. Jumlah tempat sampah sudah mencukupi. Hampir di depan setiap ruangan terdapat tempat sampah, namun sebagian sudah rusak dan kurang tertata rapi.

(21)

13

m. Pelaksanaan KBM

Sebelum jam pelajaran pertama, siswa selalu melaksanakan tadarus Al-Qur’an selama 15 menit. Siswa yang melakukan kegiatan praktik di bengkel, pelajaran dimulai dengan berdo’a tanpa membaca Al-Qur’an terlebih dahulu.

Gambar 20. Kegiatan Siswa Membaca Al-Qur'an

Gambar 21. Pelaksanaan KBM

2. Visi dan Misi SMK Muhammadiyah Prambanan

Visi :

Terwujudnya SMK Muhammadiyah Prambanan sebagai pencetak sumber daya manusia yang berakhlak mulia, profesional, dan berwawasan global

Misi :

1) Membangun Kultur yang islami.

(22)

14 3) Pelayanan prima.

Tujuan:

1) Menyiapkan peserta didik untuk dapat mewujudkan tujuan pendidikan Muhammadiyah.

2) Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi pada program keahlian yang dipilihnya.

3) Menyiapkan peserta didik agar memiliki sikap profesional dan memiliki jiwa entrepreneur.

4) Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi.

5) Menyiapkan peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

6) Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.

3. Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah suatu bagan yang menunjukan suatu kepengurusan instansi/lembaga yang telah diatur secara sistemik dan terorganisir sesuai kinerja masing-masing divisi.

(23)

15

STRUKTUR ORGANISASI

SMK Muhammadiyah Prambanan

(24)

16

E. Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan PPL

Dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang meliputi Pra-PPL, dan PPL.Pra PPL adalah kegiatan sosialisasi PPL lebih awal kepada mahasiswa melalui observasi PPL ke sekolah. Dalam kegiatan pra-PPL ini mahasiswa melakukan observasi proses belajar mengajar di kelas sebagai bekal persiapan melaksanakan PPL nantinya. Kemudian dalam kegiatan PPL mahasiswa diterjunkan ke sekolah untuk dapat mengamati, mengenal, dan mempraktikkan semua kompetensi yang diperlukan bagi guru. Pengalaman yang diperoleh tersebut diharapkan dapat dipakai sebagai bekal untuk calon guru yang sadar akan tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga profesional pendidikan.

Tanpa perencanaan yang baik tentunya pelaksanaan tidak akan sesuai dengan harapan, adapun rumusan kegiatan PPL yang direncanakan antara lain:

1. Pembuatan Administrasi Guru

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk menunjang tugas seorang guru maka diperlukan berbagai administrasi pembelajaran yang meliputi :

a. Silabus

b. Kalender Akademik c. Program Tahunan d. Program Semester e. Jadwal Mengajar

f. Analisis Materi Pembelajaran g. Daftar Buku Pegangan

h. Pencapaian Target Kurikulum i. Data Perbaikan Peserta Didik j. Data Pengayaan Peserta Didik k. Lembar Penilaian Pengetahuan l. Lembar Penilaian Keterampilan

m. Lembar Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial 2. Praktik Mengajar Terbimbing

(25)

17 Dalam praktik terbimbing ini semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata diklatnya masing-masing. Bimbingan dilaksanakan pada waktu yang telah disepakati praktikan dengan guru pembimbing masing-masing.

Kegiatan praktik mengajar meliputi: 1) Membuka pelajaran :

a) Salam pembuka b) Berdoa

c) Presensi d) Apersepsi

e) Memberikan motivasi 2) Pokok pembelajaran :

a) Mengamati b) Menanya c) Mengeksplorasi d) Mengasosiasi

e) Mengkomunikasikan 3) Menutup pelajaran :

a) Membuat kesimpulan b) tugas dan evaluasi c) Berdoa

d) Salam Penutup 3. Pendampingan Mengajar

Pendampingan mengajar merupakan kegiatan mendampimpingi mahasiswa praktikan lain yang sedang melaksanakan proses mengajar. Dalam hal ini seorang pendamping dapat ikut serta dalam menyiapkan materi pembelajaran, media pembelaran, mengkondisikan kelas, serta membantu dalam menyampaikan materi pembelajaran

4. Kegiatan Non Mengajar

(26)

18 5. Kegiatan Sekolah

Kegiatan sekolah yang rutin dan wajib dilaksanakan adalah upacara sekolah yang dilaksanakan tiap hari Senin.

6. Konsultasi dengan Guru Pembimbing Lapangan

Konsultasi dengan Guru Pembimbing Lapangan (GPL) dilakukan untuk mendapat bimbingan dalam kegiatan mengajar, menyiapkan materi ajar, dan evaluasi pembelajaran.

7. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan

Konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dilakukan untuk mendapat arahan dan solusi dari permasalahan yang ditemukan selama kegiatan PPL berlangsung. Selain itu konsultasi dengan DPL bertujuan untuk mendapat bimbingan dalam pembuatan laporan PPL.

8. Pembuatan Perangkat Pembelajaran

Kegiatan pembuatan perangkat pembelajaran bertujuan untuk menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyusun materi pembelajaran, membuat media pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

9. Piket

Kegiatan piket bertujuan membantu pekerjaan staff atau guru di sekolah. Piket yang telah direncanakan adalah di Perpustakaan, Ruang Tata Usaha, Ruang BP, dan Ruang Pengajaran. Pelaksanaan piket dilakukan dengan sistem rolling pergantian tempat piket setiap minggunya.

10. Pembuatan Laporan

Penyusunan laporan pertanggungjawaban mahasiswa praktikan yang berisi kegiatan-kegiatan yang dilaksakan pada saat PPL di SMK Muhammadiyah Prambanan.

11.Penarikan PPL

(27)

19 BAB II

PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN ANALISIS HASIL KEGIATAN PPL

Program PPL yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Prambanan berlangsung selama dua bulan, dimulai sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Uraian tentang hasil pelaksanaan program individu tersebut sebagai berikut :

A. Persiapan Kegiatan PPL

Persiapan kegiatan PPL dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam melaksanakan PPL baik berupa persiapan fisik maupun mental. Sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan PPL, persiapan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :

1. Pengajaran Mikro (Micro Teaching)

Pengajaran mikro (micro teaching) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Materi yang didalami dalam mata kuliah tersebut adalahmengenai bagaimana cara mengajar yang baik sekaligus melakukan praktik mengajar dimana peserta yang diajar adalah teman sendiri. Setelah mengikuti mata kuliah micro teaching, diharapkan mahasiswa mampu melakukan manajemen pembelajaran dari tahap persiapan hingga selesai dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang yang telah disusun

2. Pembekalan PPL

Pembekalan PPL diadakan oleh lembaga pengelola PPL (LPPMP) dengan tujuan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa pelaksana dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik. Dalam proses pembekalan, mahasiswa dibekali dengan informasi mengenai kemungkinan-kemungkinan yang akan dihadapi di lembaga lokasi PPL. Selain itu, pembekalan juga menghimbau agar program yang dilaksanakan dalam kegiatan PPL disesuaikan dengan pengalaman/ konsentrasi bidang yang ditekuni.

3. Observasi Pembelajaran di Kelas

(28)

20

peraturan yang berlaku di sekolah. Observasi dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan . Berikut merupakan hal-hal yang diobservasi di SMK Muhammadiyah Prambanan :

a. Perangkat Pembelajaran 1) Buku administrasi guru b. Proses Pembelajaran

1) Membuka pelajaran

Guru memberikan salam kepada peserta didik, selanjutnya guru mengkondisikan kelas agar peserta didik siap untuk menerima materi yang akan diberikan. Pembukaan pembelajaran diikuti dengan melakukan presensi siswa kemudian guru memotivasi siswa agar lebih bersemangat mengikuti proses pembelajaran dan lebih berkonsentrasi pada pembelajaran.

2) Penyajian materi

Guru menyampaikan materi dengan cara menjelaskan materi, mengaitkan materi pembelajaran dengan hal-hal yang ada di sekitar. 3) Metode pembelajaran

Dalam menyampaikan materi, guru menggunakan metode pembelajaran berupa ceramah serta demonstrasi.

4) Penggunaan waktu

Alokasi waktu yang tersedia adalah 180 menit, dapat diuraikan sebagai berikut : pembukaan selama 20 menit, diisi dengan membuka pelajaran, presensi siswa, apersepsi, serta motivasi untuk peserta didik. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan kegiatan inti, yaitu mengisi materi selama 120 menit. Kegiatan penutup 20 menit, yaitu review materi yang sudah disampaikan serta menyampaiakn materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

5) Gerak

a) Guru memberikan contoh tugas dengan menunjukkan hasil tugas dari tahun lalu.

b) Guru mengecek kesiapan setiap peserta didik dengan cara berkeliling di dalam kelas.

c) Guru menjelaskan materi dengan dengan cara demontrasi.

(29)

21

e) Guru melakukan pendekatan dengan siswa yang malas mengikuti pelajaran dan hanya bermain di kelas.

6) Cara memotivasi siswa

Cara memotivasi siswa disaat siswa sudah mulai jenuh dengan keadaan kelas, guru mengalihkan perhatian siswa dengan cara bercerita sejenak, sehingga dapat mengurangi kejenuhan siswa ketika mengikuti pembelajaran.

7) Teknik bertanya

Guru menanyakan materi sebelumnya, guru juga menanyakan materi yang baru diberikan secara acak kepada peserta didik dan guru juga memberikan contoh kepada siswa agar mudah mengikuti pembelajaran.

8) Teknik penguasaan kelas

Teknik penguasaan kelas dilakukan dengan cara mengkondisikan siswa agar tetap berkonsentrasi selama proses pembelajarn berlangsung, selalu memperhatikan saat guru menjelaskan materi, serta guru mampu membangkitkan motivasi siswa. Guru melakukan pendekatan kepada siswa dalam mengerjakan tugas dengan cara mendatangi dan mengecek pekerjaan siswa masing-masing.

9) Penggunaan media

Guru menggunakan media papan tulis, komputer, serta proyektor dalam proses pembelajaran.

10)Bentuk dan cara evaluasi

Bentuk dan cara evaluasi dengan cara memberikan penugasan kepada siswa.

11)Menutup pembelajaran

(30)

22

c. Perilaku Siswa

1) Perilaku siswa di dalam kelas

a) Siswa memperhatikan penjelasan guru

b) Siswa berdiskusi dengan temannya tentang materi yang diberikan oleh guru

c) Siswa bermalas-malasan dan bermain HP saat guru mengecek tugas siswa lain.

2) Perilaku siswa di luar kelas

Siswa ada yang istirahat di dalam kelas, di depan kelas memakan bekal bersama temannya dan ada yang makan di kantin.

Berdasarkan observasi diatas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar sdah berlangsung dengan baik. Sehingga mahasiswa PPL hanya tinggal melanjutkan saja, dengan membuat persiapan mengajar, seperti :

a) Rencana pelaksanaan pembelajaran b) Menyusun materi

c) Media pembelajaran d) Rekapitulasi nilai e) Analisis hasil belajar f) Alokasi waktu

4. Konsultasi dengan Guru Pembimbing

Agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik serta lancar, maka sebelum praktik mengajar, mahasiswa PPL melakukan konsultasi dengan guru pembimbing tentang Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP), materi yang akan digunakan, dan penilaian siswa.

5. Persiapan Mengajar

Sebelum pelaksanaan praktik mengakar di kelas, mahasiswa melakukan beberapa persiapan untuk kelancaran selama proses pembelajaran. Proses tersebut meliputi :

a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) b. Materi pembelajaran

(31)

23

B. Pelaksanaan Kegiatan PPL

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih dua bulan selama semester khusus dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 di SMK Muhammadiyah Prambanan

1. Pelaksanaan Pembuatan RPP

Dalam pelaksanaan kegiatan PPL, mahasiswa mendapat tugas untuk mengajar kelas XI MM dengan mata pelajaran Komposisi Foto Digital. Penentuan guru pembimbing dan mata pelajaran yang akan diampu oelh mahasiswa ditentukan oleh pihak sekolah. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan silabus Komposisi Foto Digital serta disesuaikan juga dengan program pendidikan dan pelatihan keahlian masing-masing. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan satuan pembelajaran untuk praktik.

2. Pelaksanaan Penyusunan Materi Pembelajaran

Penyusunan materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik diperlukan agar dalam pelaksanaan pembelajaran nantinya dapat berjalan dengan baik dan tertata dengan rapi. Pembuatan materi pembelajaran dilakukan beberapa hari sebelum mahasiswa mengajar di kelas setelah berkonsultasi dengan guru pembimbing. Dalam penulisan materi pelajaran penulis mengacu pada materi yang dibuat oleh guru pembimbing, buku milik mahasiswa sendiri, dan materi lain dari internet yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.

3. Pelaksanaan Pemilihan Metode Mengajar

Metode mengajar merupakan teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual ataupun secara kelompok agar pelajaran dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Pemilihan metode mengajar dilakukan bersamaan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode mengajar yang digunakan selama kegiatan belajar mengajar materi Komposisi Foto Digital menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, praktik, dan penugasan.

(32)

24

pembelajaran kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi dan penugasan kepada siswa dengan pendampingan.

4. Pelaksanaan Pemilihan Media Pembelajaran

Sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar di SMK Muhammadiyah Prambanan cukup lengkap. Terdapat laptop yang disediakan sekolah. Selain itu beberapa siswa juga memanfaatkan laptop yang mereka miliki sendiri untuk mengerjakan tugas selama proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak terhambat, karena pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital diharuskan menggunakan komputer sebab saat diskusi dan mengerjakan tugas yang diberikan menggunakan software yang ada di laptop. Selain fasilitas laptop, sekolah juga menyediakan LCD yang berfungsi dengan sangat baik. Untuk mendukung terselenggaranya pembelajaran di kelas. Dengan tersedianya fasilitas yang lengkap di sekolah, maka demonstrasi yang menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar diantaranya adalah papan tulis atau white board, spidol, komputer, dan LCD.

5. Pelaksanaan Praktik Mengajar

(33)

25

Tabel 1. Jadwal mengajar pelajaran Komposisi Foto Digital

HARI JAM

Tabel 2. Agenda pendidik mata pelajaran Komposisi Foto Digital kelas

No Hari,

Tanggal Kelas

Jam

Ke

Mata

Pelajaran Materi

(34)

26

1. Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi adalah proses penilaian untuk mengoreksi kegiatan yang telah terjadi atau dilakukan selama proses kegiatan berlangsung. Evaluasi didahului dengan pengukuran, pengukuran didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk membandingkan pengamatan dengan kriteria. Sementara penilaian adalah kegiatan menafsirkan dan menggambarkan hasil pengukuran.

Pengukuran tersebut dapat bersifat kualitatif maupun kuantitatif dengan maksud untuk memeriksa seberapa jauh materi atau metode dapat mencapai tolak ukur yang ditetapkan. Evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Komposisi Foto Digital yaitu penugasan untuk siswa.

C.Analisis Hasil Pelaksanaan dan Refleksi

1. Analisis Hasil Pelaksanaan

Hambatan yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah sebagai berikut :

a. Analisis hasil pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3 RPP untuk 6 pertemuan, mata pelajaran Komposisi Foto Digital kelas XI MM. Hambatan saat menyusun RPP antara lain kurangnya pemahaman penulis dalam format RPP karena masih belum paham dalam penilaian yang digunakan. Kemudian, terdapat perubahan dalam format RPP karena pergantian kurikulum yang digunakan.

b. Analisis hasil pemilihan sumber mengajar

Sumber buku masih terbatas jadi harus mencari referensi buku serta mencari referensi dari internet.

c. Analisis hasil pemilihan metode mengajar

(35)

27

cukup kesulitan untuk mengalokasikan waktu 4x46 menit digunakan untuk teori.

d. Analisis hasil pemilihan media pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan adalah white board, spidol, power point, dan LCD. Fasilitas yang tersedia di kelas sudah mencukupi sehingga dalam penyampaian materi tidak terhambat pada media.

e. Analisis hasil praktik mengajar

Mahasiswa telah melakukan kegiatan belajar mengajar selama 6 kali pertemuan dengan materi yang berbeda pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital di kelas XI MM. Hambatan yang dihadapi adalah ada beberapa siswa yang sering ngobrol sendiri dan tidak mendengar penjelasan mahasiswa.

f. Analisis hasil evaluasi pembelajaran

Mahasiswa telah melakukan evaluasi dalam bentuk tugas mandiri yaitu membuat soal secara bertahap. Evaluasi pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital yaitu kelas XI MM. Dari hasil evaluasi tersebut semua siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital.

2. Refleksi Hasil Pelaksanaan PPL

Beberapa hambatan serta masalah yang muncul selama pelaksanaan PPL yang disebutkan diatas perlu diberikan suatu penanganan atau refleksi, agar pelaksanaan program tersebut dapat berjalan lebih baik. Adapun program-program yang perlu diberikan diantaranya adalah :

a. Refleksi terhadap pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Hambatan pada saat pembuatan RPP adalah kurangnya pemahaman penulis dalam format RPP, sehingga dilakukan revisi untuk memperbaiki tatanan RPP. Solusinya adalah memastikan format RPP yang benar untuk bisa menjadi acuan sehingga tidak perlu mengulang dalam pembuatan RPP.

(36)

28

Penyiapan materi pelajaran terdapat hambatan, diantaranya adalah referensi buku yang diberikan masih kurang. Kemudian kompetensi yang dimiliki mahasiswa masih kurang karena pendalaman materi yang didapatkan di kampus masih kurang, sehingga mahasiswa perlu mempelajari sendiri dari awal dengan bimbingan guru pembimbing. Solusinya adalah dengan mencari referensi buku serta mencari materi yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan dari sumber internet.

c. Refleksi terhadap hasil memilih metode mengajar

Metode mengajar menemukan sedikit hambatan karena, dalam metode demonstrasi yang dilakukan beberapa siswa masih tertinggal. Sehingga mahasiswa perlu beberapa kali mengulangi instruksi. Kemudian masih dilanjutkan lagi dengan pendampingan siswa. Solusinya dengan memberi pengetahuan lebih dalam tentang software yang digunakan, agar siswa bisa lebih mengenal dan hafal cara mengaplikasikan software yang digunakan.

d. Refeksi terhadap hambatan saat praktik mengajar

Hambatan yang dihadapi saat mahasiswa menerangkan yakni siswa sering mengobrol sendiri dan tidak mendengarkan penjelasan dari mahasiswa. Siswa juga terkadang bermalas-malasan dalam mengikuti instruksi yang diberikan oleh mahasiswa. Solusinya dengan melakukan pendekatan terhadap siswa yang tidak memperhatikan dan bermalas-malasan.

e. Refleksi terhadap hasil evaluasi pembelajaran

Hasil evaluasi didapat bahwa masih terdapat siswa yang ketercapaiannya dalam mengerjakan tugas masih kurang dibandingkan dengan siswa lain. Solusinya yaitu memberikan peringatan kepada isswa untuk bisa mengejar ketertinggalannya.memilih media pembelajaran

(37)

29 BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Setelah pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhammadiyah Prambanan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 maka dapat disimpulkan bahwa :

1. PPL merupakan sarana bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan jurusan pendidikan untuk mendapatkan pengalaman dalam mengajar. 2. Dalam kegiatan pengajaran dibutuhkan persiapan yang matang agar tujuan

dari pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang silabus dan tujuan yang telah ditentukan.

3. Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk lebih aktif dan fungsi guru merupakan sebagai fasilitator, sehingga fasilitas yang digunakan harus lebih lengkap dan terupdate.

4. PPL adalah salah satu kegiatan mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang diperoleh mahasiswa ketika di bangku perkuliahan dan dapat dijadikan untuk memajukan pembelajaran di sekolah.

5. PPL dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab mahasiswa sebagai calon pendidik dan dapat professional dalam mengajar atau mendidik siswa.

6. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa telah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebanyak 3 RPP, melakukan kegiatan praktik mengajar sebanyak 6 kali pertemuan di kelas XI MM.

7. Dalam pelaksaan PPL terdapat hal yang menjadi penghambat yang bisa diselesaikan oleh mahasiswa dengan adanya guru pembimbing sekolah ataupun DPL dari Universitas Negeri Yogyakarta.

B. Saran

Untuk peningkatan keberhasilan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan dalam rangka menjalin hubungan antara pihak sekolah dan Universitas Negeri Yogyakarta, terdapat beberapa saran yaitu :

1. Bagi SMK Muhammadiyah Prambanan

(38)

30

b. Meningkatkan hubungan baik dengan Universitas Negeri Yogyakarta yang telah terjalin dengan baik agar menjadi hubungan timbale balik antara SMK Muhammadiyah Prambanan dengan Universitas Negeri Yogyakarta.

c. Meningkatkan sarana dan prasarana untuk kegiatan mengajar, agar pengajar lebih mudah dan terbantu dalam menyampaikan materi pelajaran. 2. Bagi Pihak Universitas Negeri Yogyakarta

a. Meningkatkan hubungan baik dengan sekolah yang digunakan sebagai lokasi PPL sehingga mahasiswa dalam melaksanakan PPL tidak mengalami kesulitan.

b. Bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan tetap dipertahankan dan ditingkatkan agar mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL tidak terkendala.

c. Pengontrolan dari pihak penanggung jawab (LPPMP) hendaknya dilakukan secara berkala, agar ketertiban pelaksanaan PPL dapat tercapai. d. Pemberian informasi dapat lebih disebarluaskan atau diumumkan dengan

cara lain agar tidak terdapat berita yang tidak pasti. 3. Bagi Mahasiswa Adik Angkatan

a. Sebelum pelaksanaan PPL, mahasiswa terlebih dahulu mempersiapkan diri dari segimateri yang akan diberikan dalam pelaksanaan PPL, agar PPL dapat terlaksana dengan baik.

b. Persiapkan baik mental maupun fisik sebelum melaksanakan PPL. Kita tidak akan tahu bagaimana situasi kelas yang akan di hadapi di kelas saat pelaksanaan pengajaran.

c. Selalu menjaga nama baik diri dan almamater dengan menaati tatatertib dan kontrak PPL yang telah ditentukan dengan penuh kedisiplinan dan tanggungjawab.

d. Selalu melakukan bimbingan baik dengan guru pembimbing ataupun dosen pembimbing

(39)

31

DAFTAR PUSTAKA

Arif Bagus Yulianto, 2015. Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SMK NEGERI 1 KALASAN. Periode 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015.

Tim Pembekalan PPL UNY. 2016. Menteri Pembekalan PPL 2013. Yogyakarta: LPPMP UNY.

Tim PPL UNY. 2016. Panduan PPL. Yogyakarta: LPPMP UNY.

Tim UPPL, 2016, Panduan Pengajaran Mikro Universitas Negeri Yogyakarta 2012, UNY PRESS, Yogyakarta.

(40)
(41)

MATRIKS PROGRAM KERJA PPL UNY

TAHUN: 2016/2017

Universitas Negeri Yogyakarta

NOMOR LOKASI :

NAMA SEKOLAH/LEMBAGA : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

ALAMAT SEKOLAH/LEMBAGA

: Jln. Prambanan – Piyungan, Gatak, Bokoharjo, Sleman, Yogyakarta

NO PROGRAM/KEGIATAN JUMLAH JAM PER MINGGU JUMLA

H JAM

I II III IV V VI VII VIII IX X

A. KEGIATAN MENGAJAR

1. Pembuatan Program PPL

a. Observasi 2 2

b. Menyusun Matrik Program PPL 2 2

2. Administrasi Pembelajaran/guru 2 2

3. Persiapan Kegiatan Pembelajaran

1. Konsultasi Guru Pembimbing 1 1 1 1 1 1 1 7

2. Menyiapkan Materi dan Membuat Media 2 2 2 2 2 2 2 14

(42)

5. Praktik Mengajar di Kelas 4 4 4 4 4 4 24

6. Evaluasi Pekerjaan Siswa 2 2 2 2 2 2 2 14

B. KEGIATAN NON MENGAJAR

7. Kegiatan Sekolah

a. Upacara Bendera Hari Senin 1 1 1 1 1 5

b. Upacara HUT RI 17 Agustus 2 2

8. Program Tambahan

a. Pendampingan PLS 80,5 80,5

b. Menjaga Ruang Piket 9 9 9 9 9 9 9 63

c. HAORNAS 21,5 21,5

d. Pembuatan Laporan PPL 15 15

e. penarikan 1 1

(43)
(44)

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Kamis, 23 Juni 2016 -Rapat pembentukan panitia PLS - Pembentukan panitia PLS sementara - Pembeagian tugas penanggung

jawab

-Ketidakhadiran anggota panitia membuat kesulitan

menentukan pembagian tugas.

-Kehadiran lebih ditekankan.

2 Selasa, 28 Juli 2016 -Rapat persiapan PLS - Pembentukan panitia PLS - Koordinasi fixsasi kegiatan

- Persiapan ruangan untuk TM hari Rabu

-

-FO2

Kelompok Mahasiswa

(45)

3 Rabu, 29 Juli 2016 -Technical Meeting - Persiapan TM - Apel

- Pembentukan pengurus kelas - Mengawasi jalannya TM - Ishoma

-

-4 Jumat, 15 Juli 2016 - Rapat PLS - Penyampaian pengumuman terbaru mengenai peraturan PLS 2016/2017 - Persiapan peralatan dan penugasan

setiap Sie

-

-5 Sabtu, 16 Juli 2016 -Apel

-Persiapan PBB -PBB

-Ishoma

-Rapat evaluasi

- Mengikuti apel dilapangan

- Membantu pengecekan penugasan siswa baru

- Membantu mengondisikan siswa untuk mengikuti PBB

- Menyeleksi siswa untuk paskib

(46)

-Sleman, Juli 2016

Mengetahui, Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Drs Putu Sudira, M.P. NIP. 19641231 198702 1 063

Guru Pembimbing Lapangan

Anis Sri Hartati, S.Kom NBM. 967743

Mahasiswa PPL

(47)

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Senin, 18 Juli 2016 -Upacara pembukaan PLS -Cek penugasan siswa baru -PBB

-Wiyata mandala dan ketertiban -Ishoma

-Rapat Evaluasi Panitia

- Mengikuti upacara pembukaan PLS - Mengikuti acara sampai selesai

-

-2 Selasa, 19 Juli 2016 - Apel

- Cek penugasan siswa - PBB

- Materi keislaman - Ishoma

- Berpartisipasi dan membantu pengondisian rangkaian acara sampai selesai

-

-FO2

Kelompok Mahasiswa

(48)

- Rapat evaluasi panitia

3 Rabu, 20 Juli 2016 - Apel

- Cek penugasan siswa - PBB

- Materi ke IPM an - Ishoma

- Rapat Evaluasi

- Berpartisipasi dan membantu pengondisian rangkaian acara sampai selesai

-

-4 Kamis, 21 Juli 2016 - Apel

- Cek penugasan siswa - Outbond

- Ishoma

- Rapat Evaluasi

- Berpartisipasi dan membantu pengondisian rangkaian acara sampai selesai

-

-5 Jum’at, 22 Juli 2016 - Menginap disekolah - Berpartisipasi dan membantu

pengondisian rangkaian acara sampai selesai

(49)

-Sleman, Juli 2016

Mengetahui, Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Drs Putu Sudira, M.P. NIP. 19641231 198702 1 063

Guru Pembimbing Lapangan

Anis Sri Hartati, S.Kom NBM. 967743

Mahasiswa PPL

Nanda Yulanda Ramadani NIM. 13520241056 6 Sabtu, 23 Juli 2016 - Menginap disekolah - Berpartisipasi dan membantu

pengondisian rangkaian acara sampai selesai

(50)

-LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Senin, 25 Juli 2016 - Mengikuti Upacara Bendera - Datang ke jurusan untuk

menemui guru pembimbing - Melihat jadwal mengejar - Piket

- Setelah mengikuti upacara kemudian datang ke jurusan melihat jadwal mengajar dan menemui guru pembimbing. - Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

--Guru pembimbing belum ditentukan

-FO2

Kelompok Mahasiswa

(51)

2 Selasa, 26 Juli 2016 - Mencari silabus Komposisi Foto Digital

- Piket

- Mendownload dari internet dan melihat materi apa saja yang akan dipersiapkan untuk mengajar

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

--

-3 Rabu, 27 Juli 2016 - Mencari materi komposisi foto digital

- Sementara mencari diinternet -Koneksi internet , sehingga kurang leluasa untuk mengakses dan mencari informasi dari internet.

-4 Kamis, 28 Juli 2016 - Pembagian ulang guru pembimbing

- Meminta solusi pembuatan RPP

- Fiksasi guru pembimbing

- Disarankan untuk membuat RPP 6 pertemuan.

- Ditunjukan prosem milik gpl

-

-5 Jum’at, 29 Juli 2016 - Piket - Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran

(52)

-Sleman, Juli 2016

Mengetahui, Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Drs Putu Sudira, M.P. NIP. 19641231 198702 1 063

Guru Pembimbing Lapangan

Anis Sri Hartati, S.Kom NBM. 967743

Mahasiswa PPL

(53)

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Senin, 01 Agustus 2016 - Mengikuti Upacara Bendera

- Piket

- Mengikuti upacara bendera

- Piket dilakukan dari pagi setelah upacara

- Menjawab pertanyaan siswa tentang jam kosong

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-FO2

Kelompok Mahasiswa

(54)

2 Selasa, 02 Agustus 2016 - Melengkapi materi - Membuat media belajar - Membuat test pemahaman - Bimbingan dengan gpl - Piket

- Melengkapi materi pengenalan fotografi yaitu jenis – jenis fotografi dan membuat media belajar

- Membuat evaluasi pemahaman\ - Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-3 Rabu, 03 Agustus 2016 - Mengecek kembali persiapan mengajar - Mengambil daftar

kehadiaran

- Mengajar di lab MM - Test pemahaman - Evaluasi

- Mengecek bahan dan RPP

- Mengabsen siswa dengan memanggil nama menurut absen sekligus perkenalan

- Menanyakan materi apa saja yang sebelumnya disampaikan oleh guru mata pelajaran KFDG

- Meneruskan pembelajaran dengan menambahkan materi Jenis – Jenis Fotografi

- Menyajikan beberapa gambar untuk

- Siswa kurang focus dalam pembelajaran sehingga keadaan kelas kurang kondusif.

(55)

dikelompokan sesuai jenisnya

- Melakukan kegiatan memoto 5 jenis fotografi di lingkungan sekolah

4 Kamis, 04 Agustus 2016 - Mengoreksi tes pemahaman tertulis - Piket

- Mengoreksi soal tes pemahaman tertulis

- Menyicil membuat RPP untuk pertemuan selanjutnya

- Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-5 Jum’at, 05 Agustus 2016 - Piket - Piket dilakukan dari jam 07.00 –

13.00

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari

(56)

-Sleman, Agustus 2016

Mengetahui, Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Drs Putu Sudira, M.P. NIP. 19641231 198702 1 063

Guru Pembimbing Lapangan

Anis Sri Hartati, S.Kom NBM. 967743

Mahasiswa PPL

Nanda Yulanda Ramadani NIM. 13520241056 itu.

(57)

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Senin, 08 Agustus 2016 - Mengikuti Upacara Bendera

- Piket

- Mengikuti upacara bendera

- Piket dilakukan dari pagi setelah upacara - Menyiapkan peralatan tulis KBM dan

menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-FO2

Kelompok Mahasiswa

(58)

2 Selasa, 09 Agustus 2016 - Melengkapi materi - Membuat media

belajar - Membuat test

pemahaman

- Bimbingan dengan gpl - Piket

- Melengkapi materi jenis – jenis kamera dan membuat media pembelajaran.

- Membuat test pemahaman. - Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-3 Rabu, 10 Agsutus 2016 - Mengecek kembali persiapan mengajar - Menyiapkan proyektor - Menyampaikan materi - Test pemahaman - Evaluasi

- Mengecek bahan dan RPP

- Mengabsen siswa dengan memanggil nama menurut absen.

- Mengulas materi minggu lalu.

- Meneruskan pembelajaran dengan menyampaikan materi jenis – jenis kamera.

- Menampilkan materi melalui power point. - Melakukan identifikasi jenis – jenis kamera dan memahami cirri – cirri, kelemahan dan kelebihannya.

- Siswa kurang focus dalam pembelajaran sehingga keadaan kelas kurang kondusif.

(59)

-4 Kamis, 11 Agustus 2016 - Mengoreksi tes pemahaman tertulis - Membuat RPP - Piket

- Mengoreksi soal tes pemahaman tertulis - Menyicil membuat RPP untuk pertemuan

selanjutnya

- Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-5 Jum’at,12 Agustus 2016 - Piket - Piket dilakukan dari jam 07.00–13.00

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

(60)

-Sleman, Agustus 2016

Mengetahui, Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Drs Putu Sudira, M.P. NIP. 19641231 198702 1 063

Guru Pembimbing Lapangan

Anis Sri Hartati, S.Kom NBM. 967743

Mahasiswa PPL

(61)

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Senin, 15 Agustus 2016 - Mengikuti Upacara Bendera

- Piket

- Mengikuti upacara bendera

- Piket dilakukan dari pagi setelah upacara - Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-FO2

Kelompok Mahasiswa

(62)

2 Selasa, 16 Agustus 2016 - Rapat pleno - Perwalian wali murid kelas X -

-3 Rabu, 17 Agsutus 2016 - Upacara HUT Indonesia - Upacara Detik – detik proklamasi, HUT Indonesia ke-71

-

-4 Kamis, 18 Agustus 2016 - Membuat RPP - Piket

- Menyicil membuat RPP untuk pertemuan selanjutnya

- Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

(63)

-Sleman, Agustus 2016

Mengetahui, Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Drs Putu Sudira, M.P. NIP. 19641231 198702 1 063

Guru Pembimbing Lapangan

Anis Sri Hartati, S.Kom NBM. 967743

Mahasiswa PPL

Nanda Yulanda Ramadani NIM. 13520241056 5 Jum’at, 19 Agustus 2016 - Piket - Piket dilakukan dari jam 07.00–13.00

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

(64)

-LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Senin, 22 Agustus 2016 - Mengikuti Upacara Bendera

- Piket

- Mengikuti upacara bendera

- Piket dilakukan dari pagi setelah upacara - Menyiapkan peralatan tulis KBM dan

menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-FO2

Kelompok Mahasiswa

(65)

2 Selasa, 23 Agustus 2016 - Melengkapi materi - Membuat media belajar - Membuat test

pemahaman

- Bimbingan dengan gpl - Piket

- Melengkapi materi jenis–jenis kamera dan membuat media pembelajaran.

- Membuat test pemahaman. - Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-3 Rabu, 24 Agustus 2016 - Mengecek kembali persiapan mengajar - Menyiapkan proyektor - Menyampaikan materi - Test pemahaman - Evaluasi

- Mengecek bahan dan RPP

- Mengabsen siswa dengan memanggil nama menurut absen.

- Mengulas materi minggu lalu.

- Meneruskan pembelajaran dengan menyampaikan materi jenis – jenis kamera mengenai perawatan dan penggunaan kamera.

- Menampilkan materi melalui power point dan video tentang perkembangan kamera. - Melakukan identifikasi jenis–jenis kamera

dan memahami bagian – bagian kamera dengan member keterangan pada gambar

- Siswa kurang focus dalam pembelajaran sehingga keadaan kelas kurang kondusif.

(66)

-yang telah disediakan

4 Kamis, 25 Agustus 2016 Kamis, 18 Agustus 2016 - Membuat RPP - Piket

- Menyicil membuat RPP untuk pertemuan selanjutnya

- Piket dilakukan dari pagi - Menyiapkan peralatan tulis

KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat - Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

(67)

-Sleman, Agustus 2016

Mengetahui, Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Drs Putu Sudira, M.P. NIP. 19641231 198702 1 063

Guru Pembimbing Lapangan

Anis Sri Hartati, S.Kom NBM. 967743

Mahasiswa PPL

Nanda Yulanda Ramadani NIM. 13520241056 5 Jum’at, 26 Agustus 2016 - Piket - Piket dilakukan dari jam 07.00–13.00

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

(68)

-LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Senin, 29 Agustus 2016 - Mengikuti Upacara Bendera

- Piket

- Mengikuti upacara bendera

- Piket dilakukan dari pagi setelah upacara - Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

(69)

2 Selasa, 30 Agustus 2016 - Melengkapi materi - Membuat media belajar - Membuat test pemahaman - Bimbingan dengan gpl - Piket

- Melengkapi materi jenis – jenis kamera dan membuat media pembelajaran. - Membuat test pemahaman.

- Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-3 Rabu, 31 Agustus 2016 - Mengecek kembali persiapan mengajar - Menyiapkan proyektor - Menyampaikan materi - Test pemahaman - Evaluasi

- Mengecek bahan dan RPP

- Mengabsen siswa dengan memanggil nama menurut absen.

- Mengulas materi minggu lalu.

- Meneruskan pembelajaran dengan menyampaikan materi alat bantu pemotretan.

- Siswa membuat power point dan mempresentasikan di depan kelas . - Melakukan identifikasi kegunaan alat

bantu pemotretan.

- Siswa kurang focus dalam pembelajaran sehingga keadaan kelas kurang kondusif.

(70)

-4 Kamis, 01 September

- Piket dilakukan dari pagi

- Menyiapkan peralatan tulis KBM dan menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-5 Jum’at, 02 September

2016

- Piket

- Mempersiapkan laporan

- Piket dilakukan dari jam 07.00–13.00 - Menyiapkan peralatan tulis KBM dan

menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

- Mencari informasi dan refrensi mengenai laporan PPL.

(71)

-Sleman, September 2016

Mengetahui, Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Drs Putu Sudira, M.P. NIP. 19641231 198702 1 063

Guru Pembimbing Lapangan

Anis Sri Hartati, S.Kom NBM. 967743

Mahasiswa PPL

(72)

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL UNY TAHUN: 2016/2017

Nama Sekolah/Lembaga : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Alamat Sekolah/Lembaga : JL. Prambanan–Piyungan KM 1, Getak,

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakartal

Guru Pembimbing : Anis Sri Hartati, S.Kom

Nama Mahasiswa : Nanda Yulanda Ramadani

No. Mahasiswa : 13520241056

Fak./Jur./Prodi. : Teknik/P.T. Elektronika/P.T. Informatika

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Putu Sudira, M.P.

No Hari / Tanggal Kegiatan/Materi Hasil Hambatan Solusi

1 Senin, 05 September 2016 - Mengikuti Upacara Bendera

- Persiapan Laporan - Piket

- Mengikuti upacara bendera

- Piket dilakukan dari pagi setelah upacara - Menyiapkan peralatan tulis KBM dan

menyiapkan presensi guru. Memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwa pelajaran pada hari itu.

- Memencet bel peringatan ganti pelajaran dan istirahat

-

-FO2

Kelompok Mahasiswa

Figur

Gambar 1. Denah SMK Muhammadiyah dari Google Maps
Gambar 1 Denah SMK Muhammadiyah dari Google Maps . View in document p.12
Gambar 2. Tampilan  SMK Muhammadiyah dari Google Street View
Gambar 2 Tampilan SMK Muhammadiyah dari Google Street View . View in document p.12
Gambar 3. SMK Muhammadiyah Prambanan Dilihat dari Google Earth
Gambar 3 SMK Muhammadiyah Prambanan Dilihat dari Google Earth . View in document p.13
Gambar 6. Kamar Mandi SMK Muhammadiyah Prambanan
Gambar 6 Kamar Mandi SMK Muhammadiyah Prambanan . View in document p.14
Gambar 5. Halaman SMK Muhammadiyah Prambanan
Gambar 5 Halaman SMK Muhammadiyah Prambanan . View in document p.14
Gambar 4. Tempat Parkir SMK Muhammadiyah Prambanan
Gambar 4 Tempat Parkir SMK Muhammadiyah Prambanan . View in document p.14
Gambar 7. Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan (1)
Gambar 7 Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan 1 . View in document p.15
Gambar 8. Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan (2)
Gambar 8 Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan 2 . View in document p.16
Gambar 9. Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan (3)
Gambar 9 Ruang Perpustakaan SMK Muhammadiyah Prambanan 3 . View in document p.16
Gambar 10. Tampak Depan Bengkel Mesin
Gambar 10 Tampak Depan Bengkel Mesin . View in document p.17
Gambar 12. Bengkel Otomotif
Gambar 12 Bengkel Otomotif . View in document p.17
Gambar 11. Kegiatan Siswa di Bengkel Mesin
Gambar 11 Kegiatan Siswa di Bengkel Mesin . View in document p.17
Gambar 14. Kegiatan Ekstrakulikuler Pecinta Alam
Gambar 14 Kegiatan Ekstrakulikuler Pecinta Alam . View in document p.18
Gambar 13. Tampak Depan Ruang UKS
Gambar 13 Tampak Depan Ruang UKS . View in document p.18
Gambar 17. Kegiatan Olahraga Sepak Bola
Gambar 17 Kegiatan Olahraga Sepak Bola . View in document p.19
Gambar 16. Kegiatan Olahraga Volley Ball
Gambar 16 Kegiatan Olahraga Volley Ball . View in document p.19
Gambar 15. Peleton Inti SMK Muh. Prambanan
Gambar 15 Peleton Inti SMK Muh Prambanan . View in document p.19
Gambar 18. Tempat Wudhu
Gambar 18 Tempat Wudhu . View in document p.20
Gambar 19. Masjid SMK Muh. Prambanan
Gambar 19 Masjid SMK Muh Prambanan . View in document p.20
Gambar 20. Kegiatan Siswa Membaca Al-Qur'an
Gambar 20 Kegiatan Siswa Membaca Al Qur an . View in document p.21
Gambar 21. Pelaksanaan KBM
Gambar 21 Pelaksanaan KBM . View in document p.21
Gambar 22. Struktur Organisasi
Gambar 22 Struktur Organisasi . View in document p.23
Tabel 2. Agenda pendidik mata pelajaran Komposisi Foto Digital kelas
Tabel 2 Agenda pendidik mata pelajaran Komposisi Foto Digital kelas . View in document p.33
Tabel 1. Jadwal mengajar pelajaran Komposisi Foto Digital
Tabel 1 Jadwal mengajar pelajaran Komposisi Foto Digital . View in document p.33
gambar dengan kriteria tertentu
gambar dengan kriteria tertentu. View in document p.84
gambar dengan kriteria tertentu
gambar dengan kriteria tertentu. View in document p.85
gambar dengan teknik zoom
gambar dengan teknik zoom . View in document p.87
gambar tanpa
gambar tanpa. View in document p.99
gambar yang sudah disediakan.
gambar yang sudah disediakan. View in document p.101
gambar terakhir yang Anda tangkap atau putar kembali pada monitor
Anda tangkap atau putar kembali pada monitor. View in document p.119

Referensi

Memperbarui...

Unduh sekarang (169 Halaman)