BERITA ACARA PENJELASAN PELELANGAN (BAPP) ULANG / AANWIJZING

Download (0)

Teks penuh

(1)

BERITA ACARA PENJELASAN PELELANGAN (BAPP) ULANG / AANWIJZING

Pelelangan Ulang: Jasa Implementasi ESB (Enterprise Service Bus) No. 03-1/LELANG/MSP/2022. Pada hari ini Jumat tanggal 4 Maret 2022 melalui media Microsoft Teams (Video Conference). Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa serta wakil dari satuan kerja Pengguna Barang dan Jasa (User) telah menjelaskan dokumen pelelangan tersebut di atas terkait unsur administrasi dan teknis yang dihadiri oleh 5 (lima) peserta. Semua yang mengikuti aanwijzing melalui video conference (Microsoft Teams) diabsen dan terlampir dalam Daftar Hadir. Setelah Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa serta satuan kerja Pengguna Barang dan Jasa menjelaskan garis besar pelelangan, maka semua pertanyaan dari peserta dan jawaban dari Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa serta satuan kerja Pengguna Barang dan Jasa dicatat sebagai notulen seperti tersebut di bawah ini.

Administrasi:

1. ANTAM tidak menggunakan Keppres 80/Perpres 54/Perpres 70, yang ANTAM gunakan adalah kepdir No. 333.K/92/DAT/2017 tertanggal 20 Juni 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Rantai Pasokan (SCM) yang telah dilakukan Perubahan dengan Surat Keputusan Direksi No. 1033.K/92/DAT/2019 tanggal 1 Juli 2019 dan Surat Keputusan Direksi No. 1646.K/92/DAT/2019 tanggal 16 September 2019.

2. Metode Pelelangan Ulang menggunakan Metode 2 Sampul.

3. Administrasi Pelelangan Sistem 2 Sampul:

Dokumen dikirimkan melalui e-mail atau dapat menggunakan link google drive, untuk pengiriman fisik/hardcopy ditiadakan (kecuali Bid Bond). Untuk dokumen dibuat dalam 2 folder utama:

(a). Dokumen Adminitrasi dan Teknis, (b). Dokumen Penawaran Harga dan Bid Bond.

a. Dokumen Administrasi dan Teknis berisi:

• Dokumen Administrasi yang terdiri atas:

o Copy SMK ANTAM tahun 2021/2022 atau Biodata Perusahaan lengkap sesuai persyaratan di Dokumen Pengadaan;

o Surat Pernyataaan Tidak Berkolusi;

o Laporan Keuangan tahun 2020 yang telah diaudit oleh Akuntan Publik dengan Opini Wajar.

• Proposal Teknis:

Sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan dalam TOR.

b. Dokumen Penawaran Harga dan Bid Bond berisi:

• Penawaran harga di atas kertas kop surat perusahaan, dalam Bahasa Indonesia, bermaterai, beserta detail penawaran.

• Masa berlaku penawaran harga dan jaminan penawaran (Bid Bond) minimal 30 hari kalender sejak tanggal pembukaan pelelangan ulang.

• Jaminan Penawaran (Bid Bond) Asli dikirimkan dalam bentuk hardcopy ke PT ANTAM Tbk Up:

Procurement Bureau Head menggunakan amplop tertutup rapat atau dilak, dan diberi identitas Penyedia Barang dan Jasa.

(2)

4. Penawaran harga di atas Rp. 1 Milyar sebelum PPN 10% besaran nilai Jaminan Penawaran minimal 3%

dari total penawaran harga, sedangkan penawaran harga di atas Rp. 500 juta sampai dengan Rp. 1 Milyar sebelum PPN 10% besaran nilai Jaminan Penawaran minimal 1% dari total penawaran harga. Penawaran harga di bawah Rp. 500 juta tidak menggunakan jaminan penawaran.

5. Surat Jaminan Penawaran (Bid Bond) diterbitkan oleh Bank Umum, Nasional atau Bank Asing bukan dari Asuransi atau Bank Perkreditan Rakyat.

6. Nomor lelang yang dicantumkan dalam persyaratan administrasi, teknis, dan harga adalah 03- 1/LELANG/MSP/2022.

7. Jika terdapat nilai penawaran harga terendah yang sama dari dua atau lebih vendor yang memasukkan penawaran, maka akan dilakukan permintaan pemasukan penawaran harga kembali hanya kepada dua atau lebih vendor yang menawarkan harga terendah yang sama. Metode pemasukan penawaran harga kembali dilakukan secara manual tanpa melalui aplikasi e-SCM/e-mail dengan maksimal nilai penawaran adalah sesuai dengan nilai penawaran harga terakhir yang disampaikan.

8. Pembukaan penawaran dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2022 pukul 14.00 WIB.

9. Komunikasi dan pertanyaan terkait dokumen administrasi, teknis, maupun harga dapat disampaikan paling lambat pada hari Senin tanggal 7 Maret 2022 pukul 14.00 WIB melalui e-mail:

To: Ratri Sumarni (ratri.sumarni@antam.com) Cc: Adi Saputra (adi.saputra@antam.com).

10. Daftar pertanyaan beserta jawaban akan disampaikan kembali kepada seluruh peserta pengadaan setelah batas waktu pertanyaan telah ditutup.

Teknis:

1. Mitra kerja wajib melampirkan dokumen checklist pada penawaran.

2. Koreksi TOR item c.1.a, menjadi: Mitra kerja menyediakan semua komponen/konektor/script/plugin pendukung yang dibutuhkan untuk implementasi. Jika pada saat implementasi dibutuhkan lisensi untuk komponen, konektor atau plugin pendukung untuk kebutuhan point a(vii), maka segala biaya yang timbul menjadi beban Mitra Kerja dan jangka waktu lisensi minimal sesuai jangka waktu kontrak.

3. Produk, komponen/plugin dan support yang ditawarkan harus bisa digunakan pada bisnis komersial.

4. Mitra kerja dapat memasukkan penawaran yang bersifat konsorsium dan memakai data pendukung yang disediakan dari anggota konsorsium. Untuk penawaran yang bersifat konsorsium, wajib melampirkan dokumen resmi konsorsium.

Daftar Pertanyaan Administrasi:

Q Vendor dapat melakukan perubahan harga di sistem sebelum tanggal 15 Maret 2022 Pukul 14.00 WIB. Untuk tahap negosiasi yang menjadi acuan adalah harga yang diinput terakhir di sistem atau harga di dokumen penawaran awal (dokumen pdf)?

A Betul, untuk pemasukkan penawaran dilakukan sebelum tanggal 15 Maret 2022 Pukul 14.00 WIB dan untuk acuan harga pada tahap negosiasi adalah harga terakhir yang diinput peserta pada sistem e-proc.

(3)

Q Mekanisme untuk sampul 2 tetap di password ya?

A Betul, untuk dokumen Sampul 1 Administrasi dan Teknis tidak perlu di password, sedangkan untuk dokumen Sampul 2 Penawaran Harga dan Jaminan Penawaran disarankan untuk di password, karena hanya peserta yang lulus evaluasi Sampul 1 saja yang akan dibuka dokumen penawaran harganya.

Q Karena untuk kesempatan kali ini adalah tender ulang dan beberapa persyaratan terkait surat referensi bank dan jaminan penawaran, apakah bisa menggunakan dokumen sebelumnya atau harus membuat yang baru?

A Untuk dokumen jaminan penawaran selama nilai dan masa berlakunya masih cukup, kami persilakan untuk memakai dokumen yang lama/sebelumnya. Untuk dicek kembali masa berlaku dokumen penawaran harga dan jaminan penawaran minimal 30 hari kalender. Sedangkan, untuk surat referensi bank dapat menggunakan dokumen yang lama/sebelumnya (selama tidak ada perubahan pada nama dan nomor rekening).

Q Kalau pada lelang sebelumnya, untuk jaminan penawaran diantarkan ke Kantor ANTAM, apakah pada lelang ulang kali ini, untuk jaminan penawaran aslinya harus diserahkan ke Kantor ANTAM kembali?

A Untuk peserta yang sudah menyampaikan jaminan penawaran pada saat lelang awal, maka tidak perlu lagi menyampaikan dokumen asli ke Kantor ANTAM selama nilai dan masa berlaku jaminan penawaran masih sesuai ketentuan (30 hari), namun bagi peserta yang belum menyampaikan jaminan penawaran harus menyampaikan dokumen asli ke Kantor ANTAM Up: Procurement Bureau Head, Gedung ANTAM Tower A Lantai 3 sebelum tanggal 15 Maret 2022 Pukul 14.00 WIB.

Q Kalau saya melihat di aplikasi e-proc, belum muncul pekerjaan tersebut di e-proc? Kalau untuk dokumen yang di upload di aplikasi e-proc apakah sama dengan lelang sebelumnya, cukup surat penawaran harga dan jaminan penawaran?

A Betul, untuk setup di e-proc akan di invite setelah aanwijzing dan untuk dokumen yang di upload di sistem e-proc hanya surat penawaran harga dan jaminan penawaran (harap berhati-hati pada saat pemasukkan angka pada sistem e-proc karena nilai yang sudah di submit peserta pada sistem e- proc tidak dapat diubah jika terjadi kesalahan).

Q Untuk Sampul 2 yang di password, untuk password diserahkan/diinfokan ke panitia menunggu permintaan atau dikirim terpisah e-mail?

A Untuk password Sampul 2 dari kami akan request melalui e-mail jika Tim Lelang akan membuka Sampul 2, e-mail request password hanya dikirimkan kepada peserta yang telah lulus evaluasi administrasi dan teknis pada Sampul 1.

(4)

Daftar Pertanyaan Teknis:

Q Scope implementasi 3 bulan, maintenance 12 bulan, durasi kontrak 1 tahun? Delivery time 90 hari kalender.

A Durasi kontrak adalah 15 bulan Dengan detail implementasi 3 bulan (Business Requirement, Development, SIT, UAT, Go Live & Training) dan Maintenance 1 tahun.

Q Maintenance aplikasi selama 1 tahun, terkait SPOC apakah ini hal yang sama atau berbeda ya?

Artinya kita alokasikan mandays apakah bisa orang yang sama?

A Bisa orang yang sama, bisa orang yang berbeda, hanya 1 pintu untuk komunikasi ke Mitra Kerja.

Q Terkait lisensi point 1 a.i dan a.ii, apakah lisensi user cakupannya termasuk disini?

A Termasuk disini, artinya tidak ada batasan lisensi. Tidak ada batasan di TPS, processor dan core.

Artinya bebas mendeploy dimanapun.

Q Untuk metode evaluasi penawaran masih sama, kombinasi antara harga dan teknis?

A Penilaian pertama itu 2 Sampul, jadi teknis dulu, jika lulus teknis baru ke penilaian harga.

Q Terkait poin 1 a.v minimal memiliki fungsi high availability aktif pasif, penawaran vendor akan di compare apple to apple, apakah tidak sebaiknya disamakan aktif aktif atau aktif pasif, karena akan berpengaruh ke harga?

A Kalau dari user berharap aktif aktif, namun untuk kondisi infrastuktur saat ini di ANTAM masih mengakomodir aktif pasif. Dipersilakan bagi vendor yang akan menawarkan aktif aktif.

Q Dari vendor sudah koordinasi dengan principal, dari principal merekomendasikan untuk aktif aktif, namun karena di ANTAM requirement aktif pasif, jadi tidak ada masalah jika vendor berbeda dengan principal ya?

A Tidak ada masalah, yang penting ada support dari Mitra Kerja, dan principal harus mensupport Mitra Kerja tersebut.

Q Untuk check list masih ada pembaruan, untuk updatenya akan dikirimkan setelah rapat penjelasan?

A Untuk dokumen update akan dikirimkan setelah rapat penjelasan.

Q Pada sesi Q and A proses tender sebelumnya ada informasi TPS 0,35 jika diperbolehkan mungkin dapat diinformasikan untuk estimasi growth 5 tahun kedepan seperti apa? Karena vendor harus support sampai dengan 5 tahun kedepan.

A Untuk ESB ini akan dilead oleh intenal ANTAM atau bisa juga di eksternal, kemungkinan untuk TPS growth bisa di angka 100 sd 1.000, karena rencana ANTAM akan membuat microservice yang jadi penghubung semua API. Intinya terkait TPS, dari kami harapannya ESB yang ditawarkan mampu mengakomodir API yang di hit secara terus menerus tanpa ada masalah koneksi seperti connection pool, dll.

(5)

Q Untuk tenaga ahli, ada 2 engineer dan 1 project manager, untuk project manager apakah ada persyaratan khusus?

A Untuk project manager bebas saja, lalu untuk 2 engineer tadi jika mau diangkat menjadi project manager dipersilakan.

Q Untuk project manager adalah salah 1 dari 2 orang technical consultant, jadi cukup 2 orang ya?

Kecuali jika project manager terpisah dari 2 orang technical consultant ini?

A Betul, jika project manager termasuk dalam 2 orang technical maka cukup 2 orang tersebut.

Berita Acara Penjelasan ini merupakan bagian dari Dokumen Pengadaan, disampaikan ke peserta sehingga mengikat pihak PT ANTAM Tbk dan peserta pengadaan.

Wakil Peserta: Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa

serta Wakil Pengguna Barang dan Jasa:

1. PT Cybertrend Intrabuana Tri Hastuti

1. Supply Chain Management Ratri Sumarni

2. PT Fusi Solusi Transformasi Ibnu

3. PT Mitra Integrasi Informatika Hanif Salafi

Dessy Auri Wiwi Indriyani Dasril

4. PT Konsulindo Informatika Perdana Abdullah Hafizul Abror

Fransisca Rizki Aprianto Rizki Harris

Angkasa Wardhana

5. PT Swamedia Informatika Bunga Rivani Septiandari Andri Kurniawan

Aditya Eka P

Putri Ayu Mayasari 2. ICT

Nicolas Saroha SP Marpaung Adithya Widi Maulana Muhammad Nurhidayat

(6)

Lampiran Dokumentasi:

Figur

Memperbarui...

Referensi

Related subjects :