BAB III PEMBAHASAN. penjualan produk ke seluruh bagian di dunia. Melalui e-business, PT. INDOMOBIL

Teks penuh

(1)

24

PEMBAHASAN

3.1. Tinjauan Perusahaan 3.1.1. Sejarah Perusahaan

PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL NISSAN merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang sudah menggunakan sistem e-business untuk mendukung proses bisnisnya. Penggunaan sistem e-e-business pada perusahaan otomotif merupakan kebutuhan yang sangat penting karena perusahaan ini memiliki cabang yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan bekerjasama dengan yang ada di luar negeri sehingga sangat membantu proses penyaluran informasi dan penjualan produk ke seluruh bagian di dunia. Melalui e-business, PT. INDOMOBIL TRADA NASIONAL NISSAN dapat berkolaborasi secara lebih kreatif, mengatur bisnis operasi dan sumber daya lebih efektif, serta dapat bertahan di era saat ini dimana perubahan ekonomi sangat cepat.

Nissan pertama kali masuk secara resmi ke Indonesia pada tahun 1969 dengan nama Datsun melalui Agen Tunggal PT Indokaya yang didirikan oleh H. Abdul Wahab Affan bersama dengan saudara-saudaranya.Jenis kendaraan yang diproduksi pada tahun itu adalah pick up, multi purpose (jip) dan sedan dengan produksi rata-rata 750 unit/bln yang dipasarkan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lampung, Bengkulu, Palembang, Padang, Balikpapan, Ujung Pandang, Medan dan Manado.

(2)

Pada tanggal 14 April 1981, keagenan tunggal Datsun dipegang oleh PT. Wahana Wirawan.Produksi awalnya adalah Multi Purpose Vehicle (Jeep Nissan Patrol 2800cc 4WD) dan sedan Nissan Laurel, Sunny dan Stanza (khusus untuk taksi). Disamping menjual kendaraan Nissan kepada umum, PT. Wahana Wirawan juga memasarkan kendaraan taksi di seluruh Indonesia.

Pada tahun 1984 dibentuk perusahaan baru bernama PT. Nayaka Wirawan yang berfungsi sebagai Sole Distributor sedangkan PT. Wahana Wirawan sendiri tetap sebagai pemegang Agen Tunggal Nissan di Indonesia.

Akhir tahun 1986, PT. Nayaka Wirawan dijual kepada Indomobil Group dan tahun 1989 PT Nayaka Wirawan dibubarkan dan selanjutnya didirikan PT. Indocitra Buana pada 23 November 1989.

Perusahaan ini bersama-sama dengan Nissan Motor Co. Jepang merencanakan mendirikan Manufacturing Engine dipakai di dalam negeri dan diekspor kembali ke Jepang.Mengingat kapasitas produksinya yang tinggi, maka selain kendaraan Nissan, INM juga memproduksi Kendaraan merk lainnya seperti Volvo, SsangYong, VW dan lain-lain. Untuk pemasaran Nissan di Indonesia, PT. Indocitra Buana mengangkat beberapa penyalur dan bengkel Nissan di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Pada 1 November 1999, PT. Indobuana Autoraya resmi bergabung dengan Nissan Group. Pendirian PT. Indobuana Autoraya melengkapi struktur perusahaan dalam group Nissan Sangyong menjadi 4 perusahaan yaitu sebagai berikut :

a) PT Wahana Wirawan sebagai Agen Tunggal dan Pemegang Merk Nissan b) PT Indocitra Buana sebagai Sole Distributor Merk Nissan

(3)

c) PT Indomobil Trada Nasional sebagai Sales Operation (Retailer)

d) PT Indobuana Autoraya sebagai Agen Tunggal dan Pemegang Merk SangYong.

Pada pertengahan tahun 2001 dengan telah bergabungnya Nissan dengan Renault secara Internasional, maka di Indonesia pun dijalinlah kerjasama antara Indomobil Group dalam hal ini diwakili oleh PT. Auto Euro Indonesia dan RenaultPerancis untuk memasarkan kendaraan Renault di Indonesia dengan dukungan awal manajemen, jaringan pemasaran dan layanan purna jual Nissan.Saat ini, struktur perusahaan Nissan adalah sebagai berikut :

1. PT. Nissan Motor Indonesia sebagai Agen Tunggal dan Pemegang Merk Nissan

2. PT. Nissan Motor Distributor Indonesia sebagai Sole Distributor Merk Nissan 3. PT. Wahana Wirawan sebagai Sales Operation (Join penyalur)

4. PT. Indomobil Trada Nasional sebagai Sales Operation (Retailer)

5. PT. Auto Euro Indonesia sebagai Agen Tunggal dan Pemegang Merk Renault. Untuk kedepannya, Nissan semakin optimis dapat memperluas pangsa pasarnya di Indonesia dengan dukungan penuh dari Nissan Jepang selaku pemegang saham terbesar, produk-produk Nissan unggulan, jaringan pemasaran yang semakin luas dan dukungan dari para pencinta kendaran Nissan sendiri yang selama ini merasa puas atas pelayanan purna jual Nissan.

(4)

3.1.2. Struktur Organisasi dan Fungsi

Di dalam suatu perusahaan terdapat struktur organisasi. Bentuk dari struktur organisasi tergantung dari tujuan dan operasi perusahaan. Struktur organisasi adalah suatu alat dalam mencapai suatu tujuan perusahaan dimana dengan adanya stuktur organisasi iniakan tercipta kerjasama antar bagian organisasi dalam mencapai sebuah tujuan perusahaan. Struktur organisasi harus mempunyai keadaan yang fleksibel. Dan juga dapat dibuat penyesuaian tanpa harus mengubah struktur perusahaan secara menyeluruh. Stuktur organisasi pada perusahaan ini adalah sebagai berikut:

Gambar III.1 Struktur Organisasi

(5)

Keterangan Struktur Organisasi:

A. Kepala Cabang (Branch Manager) Mempunyai tugas sebagai berikut:

a) Melaksanakan kebijakan-kebijakan yang telah ditentukan oleh manajemen kantor pusat untuk dilaksanakan di kantor cabang.

b) Memikirkan strategi pemasaran untuk memperoleh order penjualan. Melakukan pengamatan dan analisa keadaan pasar otomotif serta harganya. Memimpin, mengelola,merencanakan,dan melaksanakan pemasaran serta membuat rencana kerja bagian penjualan.

c) Menetapkan, mengelola, dan melaksanakan arah cabang dan sasaran strategi. Sasarannya antara lain: mencapai target penjualan melalui wiraniaga yang menjadi bawahannya.

d) Mencapai kepuasan pelanggan. B. Kepala Keuangan ( Finance Head )

Tugas-tugasnya antara lain:

a) Tercapainya tertib administrasi keuangan cabang yang dapat mendukung operasi penjualan tunai maupun kredit.

b) Tercapainya pemeliharan seluruh aset dan harta cabang dengan baik dan benar. Tercapainya pemeliharaan seluruh aset dan harta cabang terutama dibidang administrasi.

c) Mengelola administrasi cabang,termasuk administrasi kepersonaliaan. d) Memonitor dan mengawasi pelaksanaan kebijakan perusahaan dibidang

(6)

e) Membantu menyusun arah strategi cabang. C. Sales head

Tugas-tugasnya meliputi:

a) Mengkoordinasi seluruh wiraniaga dalam rangka meningkatkan penjualan. Membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh wiraniaga.

b) Membantu bagian stok dalam hal pencarian kendaraan dan tukar menukar kendaraan dengan cabang lain.

c) Menggarap pelanggan yang membeli kendaraan dalam jumlah besar. D. Workshop Head

Tugas-tugasnya meliputi :

a) Mengontrol dan mengkoordinasi aktivitas operasional bengkel general/body repair di cabang-cabang Indomobil Nissan untuk tercapainya kepuasan pelanggan serta profitWorkshop Nissan.

b) Menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan bengkel. c) Pembinaan dan pengembangan personel workshop. E. Wiraniaga (Salesman)

Tugasnya sebagai berikut:

a) Membentuk dan mengarahkan calon konsumen dalam hal menentukan pilihan atau pembelian kendaraan Nissan sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan.

b) Mencari calon pembeli.

(7)

d) Melaksanakan program customer relation dan program kepuasan pelanggan.

F. Kasir

Tugas-tugasnya antara lain:

a) Menerima dan melakukan pembayaran baik melalui tunai maupun giro Seijin dengan kepala administrasi atau kepala cabang. Menjaga keamaan dan kerahasiaan harta milik perusahaan.

b) Membuat laporan kas dan rekonsiliasi bank baik harian maupun bulanan dan kemudian dikirimkan ke kantor pusat.

G. Account Staff.

Tugas-tugasnya antara lain:

a) Melakukan pengaturan administrasi keuangan.

b) Menyusun dan membuat laporan keuangan perusahaan. c) Menyusun dan membuat laporan perpajakan perusahaan. d) Melakukan pembayaran gaji karyawan.

e) Menyusun dan membuat surat-surat yang berhubungan dengan perbangkan dan kemampuan keuangan perusahaan.

H. Finance admin staff.

Tugas-tugasnya antara lain:

a) Melakukan stock opname setiap akhir bulan untuk melihat ada/tidaknya selisih jumlah barang digudang dan catatan keuangan.

b) Mengarsip seluruh dokumen transaksi untuk menjaga ketertiban administrasi dan memudahkan penelusuran dokumen.

(8)

c) Menerima, memeriksa tagihan dari vendor dan membuat rekapnya untuk memastikan pembayaran terkirim tepat waktu.

I. Spare part.

Tugas-tugasnya antara lain:

a) Menjaga dan memantau ketersediaan spare part yang ada.

b) Bertanggung jawab terhadap tugas-tugas administrasi dibagian gudang spare part.

J. Foreman.

Tugas-tugasnya antara lain:

a) Memeriksa hasil pekerjaan teknisi.

b) Memantau dan mengawasi pekerjaan teknisi.

c) Memberikan pekerjaan kepada teknisi yang diawasinya. K. Teknisi.

Tugas-tugasnya antara lain:

a) Melakukan kegiatan perbaikan kendaraan. b) Melaksanakan 5S.

c) Menjaga alat perbaikan kendaraan.

d) Mengikuti training yang diadakan oleh perusahaan. L. Service Advisor.

Tugas-tugasnya antara lain;

a) Melayani pelanggan yang akan melakukan service. b) Menerangkan harga dan jasa service.

(9)

3.2. Analisis Kebutuhan

Di era globalisasi sekarang kebutuhan akan kemudahan dalam mendapatkan sesuatu barang menjadi prioritas customer dalam melakukan pembelian sehingga tidak membuang waktu mereka dalam melakukan transaksi pembelian.

Efektifitas suatu bisnis juga tidak dapat ditekan pada faktor tempat saja namun harus memperhatikan juga faktor pelayanan dan kemudahan dalam pembelian barang tersebut sehingga dapat membuat hemat biaya dan waktu.

Oleh karena itu website pemesanan online akan memudahkan konsumen mendapatkan produk yang diinginkan dengan cara mudah, praktis dan customer yang ingin membeli aksesoris mobil mereka dapat melakukan transaksi pembelian dimana saja dan kapan saja .

Berikut merupakan spesifikasi kebutuhan (system requirement) dari sistem penjualan online :

1. Tahapan Kebutuhan User / Pengunjung a) User dapat melihat informasi terbaru b) User dapat melihat informasi catalog

c) User dapat melihat ketersediaan stock barang

d) User dapat memilih daftar ketika belum menjadi member e) User dapat melakukan login dengan akun yang dimiliki 2. Tahapan Kebutuhan Member :

a) Member dapat melakukan pemesanan aksesoris yang diinginkan. b) Member dapat melihat daftar pesanan.

(10)

3. Tahapan Kebutuhan Admin :

a) Admin dapat mengelola data produk b) Admin dapat mengelola data pemesanan c) Admin dapat mengelola data admin d) Admin dapat mengelola data member

3.3. Perancangan Perangkat Lunak

Perancangan perangkat lunak merupakan penjelasan detail yang berkaitan dengan seluruh program, baik itu tampilan program maupun proses berjalannya program yang sudah dirancang.

3.3.1. Rancangan Antar Muka

A. Rancangan antar muka login admin.

Gambar III.2.

(11)

B. Rancangan halaman index admin

Gambar III.3. Rancangan index admin

(12)

C. Rancangan Antar Muka data propinsi

Gambar III.4.

(13)

D. Rancangan Antar Muka data kategori

Gambar III.5.

(14)

E. Rancangan Antar Muka data pelanggan

Gambar III.6.

(15)

F. Rancangan Antar Muka pemesanan barang

Gambar III.7.

(16)

G. Rancangan Antar Muka konfirmasi transfer

Gambar III.8.

(17)

H. Rancangan Antar Muka laporan

Gambar III.9.

(18)

I. Rancangan Antar Muka index user

Gambar III.10.

(19)

J. Rancangan Antar Muka profil

Gambar III.11. Rancangan Antar Muka profil.

(20)

K. Rancangan Antar Muka barang

Gambar III.12.

(21)

L. Rancangan Antar Muka panduan belanja

Gambar III.13.

(22)

M. Rancangan Antar Muka konfirmasi belanja

Gambar III.14.

(23)

3.3.2. Rancangan Basis Data A. Entity Relationship Diagram

Perancangan perangkat lunak atau pembuatan suatu aplikasi, pada intinya adalah untuk mengolah data menjadi informasi. Agar data dapat diolah, sebelumnya data harus dikumpulkan atau disimpan pada suatu tempat penyimpanan terntunya dalam bentuk data digital. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, terdapat banyak data dari beberapa entitas yang harus diolah agar dapat menjadi informasi yang berguna.

Tabel yang dibuat adalah tabel admin yang berisi data akun administrator sebagai pengelola website. Table pemesanan adalah untuk menyimpan data pesanan pelanggan Namun sebagai penyimpanan data sementara dibuatlah tabel tmp_keranjang. table pemesanan_item berfungsi menyimpan data pemesanan barang yang belum dibayar. table Untuk konfirmasi disediakan halaman konfirmasi yang ditampung dalam table konfirmasi.

table barang untuk menampung data barang dan disediakan pula table kategori yang menyimpan data aksesoris kendaraan sesuai kategorinya. Semua kegiatan tersebut tidak akan berjalan jika tidak ada pelanggan sebagai pembeli, maka disediakan tabel pelanggan untuk menampung informasi data pelanggan. Untuk melihat hubungan keterkaitan data antar tabel, dapat dilihat pada diagram ERD berikut.

(24)

Gambar III.15. Entity Relational Diagram

(25)

B. Logical Relational Structure(LRS)

LRS (Logical Record Structure) Adalah representasi dari struktur record-record pada tebel-tabel yang terbentuk dari hasil antar himpunan entitas. Menentukan kardinalitas, jumlah table dan Foreign Key (FK).

Berikut ini adalah diagram LRS:

Gambar III.16. Logical Relational Structure

(26)

C. Spesifikasi File

Penjelasan dari ERD yang telah dibuat, dibagi berdasarkan entitas dan menjadi tabel-tabel dalam database atau basis data. Tabel-tabel tersebut mempunyai spesifikasi sebagai berikut.

1. File Barang

Nama file : barang

Akronim : barang.myd

Fungsi :untuk menyimpan data barang Panjang record :233 byte

Tipe file : File Master Akses file : Random Media file : Hard Disk Field Key : kd_barang

Software : MySQL

Tabel III.1. Spesifikasi File barang

No Elemen data Nama Field Tipe Size Ket

1. kode barang kd_barang Char 5 Primary Key

2. nama barang nm_barang Varchar 100 -

3. harga modal harga_modal Integer 10 -

4. harga jual harga_jual Integer 10 -

5. stok Stok Integer 4 -

6. keterangan keterangan Text - -

7. gambar file_gambar Varchar 100 -

(27)

2. File kategori

Nama file : kategori Akronim : kategori.myd

Fungsi : untuk menyimpan data kategori barang Panjang record : 104 byte

Tipe file : File Master Akses file : Random Media file :Hard Disk Field Key : kd_kategori

Software :MySQL

Tabel III.2. Spesifikasi File kategori

No Elemen data Nama Field Tipe Size Ket 1. kode kategori kd_kategori char 4 Primary key 2. nama kategori nm_kategori Varchar 100 -

3. File konfirmasi

Nama file : konfirmasi Akronim : konfirmasi.myd

Fungsi :untuk konfirmasi harga kecustomer Panjang record :72 byte

(28)

Akses file : Random Media file :Hard Disk

Field Key : id

Software :MySQL

Tabel III.3.

Spesifikasi File konfirmasi

No Elemen data Nama Field Tipe Size Ket

1. id id Integer 4 Primary key

2. no pemesan no_pemesanan Varchar 8 Foreign key 3. nama pelanggan nm_pelanggan Varchar 50 -

4. Jumlah transfer Jumlah_transfer integer 10 -

5. keterangan keterangan text - -

6. tanggal tanggal Date - -

4. File pelanggan

Nama file : pelanggan Akronim : pelanggan.myd

Fungsi : untuk menyimpan data pelanggan Panjang record : 238 byte

Tipe file : File Master Akses file : Random Media file :Hard Disk Field Key : kd_pelanggan

(29)

Tabel III.4.

Spesifikasi File pelanggan

No Elemen data Nama Field Tipe Size Ket

1. kode pelanggan kd_pelanggan char 6 Primary Key

2. nama pelanggan nm_pelanggan Varchar 50 -

3. kelamin kelamin enum „pria‟,‟wanita‟ -

4. email email Varchar 50 -

5. nomer telepon no_telepon Varchar 12 -

6. username username Varchar 20 -

7. password password Varchar 100 -

8. tanggal daftar tgl_daftar date - -

5. File Admin

Nama file : admin

Akronim : admin.myd

Fungsi :untuk menyimpan data admin Panjang record : 158 byte

Tipe file : File Master Akses file : Random Media file :Hard Disk

Field Key : id

Software :MySQL

Tabel III.5. Spesifikasi File Admin

No Elemen data Nama Field Tipe Size Ket

1. id id Integer 2 Primary Key

2. username username varchar 30 -

(30)

6. File Pemesanan

Nama file : pemesanan

Akronim : pemesanan.myd

Fungsi : untuk menyimpan data pesanan Panjang record : 335 byte

Tipe file : File Master Akses file : Random Media file :Hard Disk Field Key : No_pemesanan

Software :MySQL

Tabel III.6. Spesifikasi pemesanan

No Elemen data Nama Field Tipe Size Ket

1. no pemesanan no_ pemesanan char 8 Primary Key

2. kode pelanggan kd_pelanggan char 6 -

3. tgl pemesanan tgl_pemesanan Date - -

4. nama penerima nama_ penerima Varchar 50 -

5. alamat lengkap alamat_lengkap Varchar 200 -

6. kode provinsi kd_provinsi char 3 Foreign key

7. kota kota Varchar 50 -

8. kode pos kode_ pos Varchar 6 -

9. nomor telepon no_ telepon Varchar 12 -

(31)

-7. File pemesanan_item

Nama file : pemesanan_item Akronim : pemesanan_item.myd

Fungsi : untuk menyimpan data pesanan barang yang belum dibayar

Panjang record :32 byte Tipe file : File Master Akses file : Random Media file :Hard Disk

Field Key : id

Software :MySQL

Tabel III.7.

Spesifikasi File pemesanan_item

No. Elemen data Nama Field Tipe Size Ket

1. id id Integer 4 Primary Key

2. no pemesanan no_pemesanan char 8 -

3. kode barang kd_barang Integer 5 -

4. harga harga Integer 12 -

(32)

8. File provinsi

Nama file : provinsi Akronim : provinsi.myd

Fungsi :untuk menyimpan data provinsi Panjang record :115 byte

Tipe file : File master Akses file : Random Media file :Hard Disk Foreign Key : kd_provinsi

Software :MySQL

Tabel III.8. Spesifikasi File provinsi

No. Elemen data Nama Field Tipe Size Ket

1. kode provinsi kd_ provinsi Char 3 Primary key 2. nama provinsi nm_provinsi Varchar 100 Foreign key

(33)

3.3.3. Rancangan struktur navigasi A. Struktur navigasi user

Gambar III.17. Struktur Navigasi user

Index berfungsi untuk menampilkan halaman utama website secara keseluruhan yang kemudian didalamnya terdapat menu atau pilihan-pilihan yang dapat diakses pengunjung. Kemudian Home, halaman ini fungsinya memanggil kembali halaman utama(Index). Setelah itu ada profil, bagian ini berfungsi untuk menghubungi admin perihal apapun seperti kritik dan saran melalui alamat yang tertera pada halaman ini ataupun nomor telepon yang dapat dihubungi. pada halaman barang ini berisikan daftar dan informasi dari berbagai macam produk yang ditawarkan oleh perusahaan, dalam website ini produk yang ditawarkan berupa aksesoris mobil dari Nissan. Kemudian ada panduan, pada bagian ini dijelaskan secara berurut cara bagaimana pengunjung memesan produk dan bagaimana melakukan pembayaran. Kemudian konfirmasi, konfirmasi merupakan fasilitas yang

(34)

disediakan untuk pelanggan melakukan konfirmasi ke admin apabila sudah melakukan transfer ke rekening Nissan.

B. Struktur Navigasi Admin

Gambar III.18. Struktur Navigasi Admin

(35)

Struktur navigasi untuk admin, pada bagian awal halaman ini terdapat Login Admin, ini berfungsi untuk masuk ke dalam pengaturan website sebagai administrator. Kemudian setelah itu, ada beberapa bagian website yang diperuntukkan sebagai otoritas administrator. Pada bagian Home, halaman ini sebagai index halaman administrator dimana terdapat pilihan-pilihan yang hanya dapat diakses oleh admin diantaranya terdapat menu Dashboard, Password admin, data provinsi, data kategori, data barang, data pelanggan, pemesanan barang, konfirmasi transfer, laporan dan Logout.

Password admin pada halaman ini berfungsi untuk mengganti password admin. Data provinsi pada halaman ini berfungsi untuk menentukan biaya pengiriman ke pelanggan didalamnya terdapat tombol aksi upload untuk menambah data provinsi dan harga transfer dan terdapat juga tombol aksi edit untuk mengedit data provinsi dan harganya dan terdapat juga tombol aksi delete untuk menghapus. Data Kategori pada halaman ini berfungsi untuk menentukan barang sesuai dengan kategori mobilnya, didalamnya terdapat tombol aksi upload untuk menambah data kategori mobil dan terdapat juga tombol aksi edit untuk mengedit data kategorinya dan terdapat juga tombol aksi delete untuk menghapus.

Data barang pada halaman ini berfungsi untuk menambah barang dan data harganya didalamnya terdapat tombol aksi upload untuk menambah data barang dan harga barang dan terdapat juga tombol aksi edit untuk mengedit data barang dan harganya dan terdapat juga tombol aksi delete untuk menghapus. Data pelanggan pada halaman ini berfungsi untuk menyimpan data pelanggan yang sudah mendaftar

(36)

didalamnya terdapat tombol aksi delete untuk menghapus data. Pemesanan pelanggan pada halaman ini berfungsi untuk melihat daftar pesanan pelanggan didalamnya terdapat tombol aksi “batalkan” atau “bayar” yang berfungsi untuk merubah atau membatalkan status pelanggan yang membeli barang dan juga terdapat tombol aksi lihat berfungsi untuk melihat transaksi pembayaran.

Konfirmasi transfer pada halaman ini berfungsi untuk konfirmasi pelanggan yang sudah melakukan transfer ke perusahaan didalamnya terdapat tombol aksi delete berfungsi untuk menghapus data konfirmasi pelanggan. Laporan pada halaman ini berfungsi untuk melihat laporan keseluruhan barang, data pelanggan, laporan pemesanan masuk dan laporan pemesanan lunas. Pada bagian terakhiri ada Logout, logout berfungsi untuk admin keluar dari otoritas pengaturan web.

3.4. Implementasi dan Pengujian Unit 3.4.1. Implementasi

A. Implementasi Rancangan Antar Muka

Implementasi rancangan antar muka pada website ini berdasarkan hasil rancangan antar muka.

1. Halaman login admin

Pada halaman Administrator, admin harus melakukan login terlebih dahulu untuk dapat menggunakan modul-modul yang tersedia. Jika login berhasil, maka menu atau pilihan-pilihan yang sesuai dengan kategori user tersebut akan ditampilkan.

(37)

Gambar III.19. Halaman login admin 2. Halaman muka index Administrator

Pada halaman ini admin dapat mengakses menu-menu yang hanya terdapat dibagian administator seperti dashboard, password admin,data provinsi,data kategori,data barang,data pelanggan,pemesanan barang,konfirmasi transfer, laporan, logout dan lain-lain

Gambar III.20.

(38)

3. Halaman index user

Halaman ini berfungsi sebagai tampilan pertama pada saat user atau

pengunjung membuka website. Terdapat berbagai macam menu seperti login, dan home,profil,barang,panduan,konfirmasi,kategori produk dan lain-lain

Gambar III.21. Halaman index user

(39)

4. Halaman profil

pada halaman ini user akan diperlihatkan alamat email,alamat,nomer telepon perusahaan nissan

Gambar III.22. Halaman profil

(40)

5. Halaman pemesanan Barang

Dalam halaman web ini pelanggan dapat melihat daftar barang apa aja yang dijualoleh web nissan

Gambar III.23.

(41)

6. Halaman panduan belanja

Dalam halaman web ini merupan urutan dalam melakukan pemesanan barang dan terdapat menu untuk customer mendaftar sebagai anggota dulu

Gambar III.24. Halaman panduan belanja

(42)

7. Halaman konfirmasi belanja

Dalam halaman web ini customer melakukan konfirmasi kepada Nissan bila sudah melakukan transfer.

Gambar III.25.

(43)

B. Spesifikasi Sistem Komputer

Berikut ini adalah spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak minimum yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan website e-commerce ini.

1. Spesifikasi Perangkat Keras a. Server

1) CPU

(a) Processor Intel® Pentium® Core i5 (b) RAM DDR2 4 GB

(c) Hard Disk 500 GB 2) Mouse

3) Keyboard

4) Monitor dengan resolusi layar minimum 1024x768 5) Koneksi internet dengan kecepatan 2 Mbps. b. Client

1) CPU

(a) Processor Intel® Pentium® 3 (b) RAM DDR2 1GB

(c) Hard Disk 20 GB 2) Mouse

3) Keyboard

4) Monitor dengan resolusi layar minimum 1024x768 5) Koneksi internet dengan kecepatan 56 kbps.

(44)

2. Spesifikasi Perangkat Lunak 1. Server

a. Sistem operasi yang umum digunakan seperti: Microsoft Windows atau Linux(Ubuntu, Fedora, dan lain-lain).

b. Aplikasi bundle web server seperti: Xampp, WampServer, php2triad yang terdiridari beberapa komponen, diantaranya:

(1) Aplikasi Apache Server v2 (2) Aplikasi PHP Server v5 (3) Aplikasi MySQL Server v5 (4) Aplikasi phpMyAdmin v3

c. Aplikasi Web Lihat seperti Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome.

2. Client

a. Sistem operasi yang umum digunakan seperti: Microsoft Windows atau Linux (Ubuntu, Fedora, dan lain-lain).

b. Aplikasi Web Lihat seperti Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome.

3.4.2. Pengujian Unit

Pengujian terhadap program yang dibuat menggunakan blackbox testing yang fokus terhadap proses masukan dan keluaran program.

(45)

A. Pengujian Terhadap Form Login

Tabel III.9.

Hasil Pengujian Black Box Testing Halaman Login

No. Skenario

pengujian Test case

Hasil yang diharapkan Hasil Pengujian Kesimpulan 1. Username dan password tidak diisi kemudian klik tombol login Username : (kosong) Password : (kosong) Sistem akan menolak akses user Sesuai harapan Valid 2. Mengetikkan username dan tidak mengisi password kemudian klik tombol login Username : dewi Password : (kosong) Sistem akan menolak akses user Sesuai harapan Valid 3. Username tidak diisi atau kosong dan mengisi password kemudian klik tombol login Username : (kosong) Password : dewi123 Sistem akan menolak akses user Sesuai harapan Valid 4. Mengetikkan salah satu kondisi salah pada username atau password kemudian klik tombol login Username : dewi (benar) Password : 123dewi (salah) Sistem akan menolak akses user Sesuai harapan Valid 5. Mengetikkan dengan benar pada Username : moko (benar) Password : Sistem akan menerima akses user Sesuai harapan Valid

(46)

username atau password kemudian klik tombol login 085229(benar)

B. Pengujian Terhadap Form Pemesanan Tabel III.10.

Hasil PengujianBlack Box Testing Halaman Pemesanan

No. Skenario

pengujian Test case

Hasil yang diharapkan Hasil Pengujian Kesimpulan 1. nama, alamat, provinsi, kota tujuan, kode pos, telepon tidak diisi kemudian klik tombol simpan Nama : Fikri Alamat: (kosong) provinsi : (kosong) Kota tujuan : (kosong) Kode pos: (kosong) Telepon : (kosong) Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “EROR!” Sesuai harapan Valid 2. Mengetika n nama dan alamat,pro vinsi, kota tujuan, kode pos, telepon tidak diisi kemudian klik tombol simpan Nama : Fikri Alamat: Jl. J buntu provinsi : (kosong) Kota tujuan: (kosong) Kode pos : (kosong) Telepon : (kosong) Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “EROR!” Sesuai harapan Valid 3. Mengetika n Nama : Fikri Alamat: Jl. J Sistem akan menolak akses user dan Sesuai harapan Valid

(47)

nama,alam at ,provinsi tujuan dan kota tujuan, kode pos, telepon tidak diisi kemudian klik tombol simpan buntu provinsi : Jakarta selatan Kota tujuan : (kosong) Kode pos: (kosong) Telepon : (kosong) menampilkan “EROR!” 4. Mengetika n nama,alam at ,provinsi tujuan dan kota tujuan, kode pos, telepon tidak diisi kemudian klik tombol simpan Nama : Fikri Alamat: Jl. J buntu provinsi : Jakarta selatan Kode pos : 12830 kota tujuan : (kosong) Telepon : (kosong) Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “EROR!” Sesuai harapan Valid 5. Mengetika n nama,alam at ,provinsi tujuan dan kota tujuan, kode pos, telepon tidak diisi kemudian klik tombol simpan Nama : Fikri Alamat: Jl. J buntu Kota : Jakarta selatan Kode pos : 12830 Provinsi : DKI Jakarta Telepon : (kosong) Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “EROR!” Sesuai harapan Valid

(48)

6. Mengetika n nama,alam at ,provinsi tujuan dan kota tujuan, kode pos, telepon tidak diisi kemudian klik tombol simpan Nama : Fikri(benar) Alamat: Jl. J buntu (benar) Kota : Jakarta selatan(bena r) Kode pos : 12830(benar ) Provinsi : DKI Jakarta(bena r) Telepon : 0856882616 7(benar) Sistem akan menerima akses user dan menampilkan halaman rincian Sesuai harapan Valid

C. Pengujian Terhadap Form konfirmasi pemesanan Tabel III.11.

Hasil PengujianBlack Box Testing konfirmasi pemesanan

No. Skenario

pengujian Test case

Hasil yang diharapkan Hasil Pengujian Kesimpulan 1. No pesanan,nam a pelanggan, jumlah transfer,keter angan,klik tombol kirim No pesanan : 0870 (benar) nama pelanggan: (kosong) jumlah transfer : (kosong) keterangan: (kosong) Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “EROR!” Sesuai harapan Valid 2. No pesanan,nam a pelanggan, jumlah transfer,keter angan,klik No pesanan : 0870 (benar) nama pelanggan: moko ( benar) jumlah transfer Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “EROR!” Sesuai harapan Valid

(49)

tombol kirim : (kosong) keterangan: (kosong) 3. No pesanan,nam a pelanggan, jumlah transfer,keter angan,klik tombol kirim No pesanan : 0870 (benar) nama pelanggan: moko ( benar) jumlah transfer : 450.000(benar ) keterangan: (kosong) Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “EROR!” Sesuai harapan Valid 4. No pesanan,nam a pelanggan, jumlah transfer,keter angan,klik tombol kirim No pesanan : 0870 (benar) nama pelanggan: moko ( benar) jumlah transfer : 450.000(benar ) keterangan: lunas(benar) Sesuai harapan Valid Sistem akan menerima akses user dan menampilkan halaman selanjutnya

Figur

Gambar III.1  Struktur Organisasi

Gambar III.1

Struktur Organisasi p.4
Gambar III.2.

Gambar III.2.

p.10
Gambar III.3.

Gambar III.3.

p.11
Gambar III.4.

Gambar III.4.

p.12
Gambar III.5.

Gambar III.5.

p.13
Gambar III.6.

Gambar III.6.

p.14
Gambar III.7.

Gambar III.7.

p.15
Gambar III.8.

Gambar III.8.

p.16
Gambar III.9.

Gambar III.9.

p.17
Gambar III.10.

Gambar III.10.

p.18
Gambar III.11.

Gambar III.11.

p.19
Gambar III.12.

Gambar III.12.

p.20
Tabel  yang  dibuat  adalah  tabel  admin  yang  berisi  data  akun  administrator  sebagai  pengelola  website

Tabel yang

dibuat adalah tabel admin yang berisi data akun administrator sebagai pengelola website p.23
Gambar III.15.

Gambar III.15.

p.24
Gambar III.16.

Gambar III.16.

p.25
Tabel III.3.

Tabel III.3.

p.28
Tabel III.5.

Tabel III.5.

p.29
Tabel III.6.

Tabel III.6.

p.30
Tabel III.7.

Tabel III.7.

p.31
Tabel III.8.

Tabel III.8.

p.32
Gambar III.17.

Gambar III.17.

p.33
Gambar III.18.

Gambar III.18.

p.34
Gambar III.20.

Gambar III.20.

p.37
Gambar III.19.

Gambar III.19.

p.37
Gambar III.21.

Gambar III.21.

p.38
Gambar III.22.

Gambar III.22.

p.39
Gambar III.23.

Gambar III.23.

p.40
Gambar III.24.

Gambar III.24.

p.41
Gambar III.25.

Gambar III.25.

p.42
Tabel III.9.

Tabel III.9.

p.45

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :