BAB I PENDAHULUAN. tidak heran jika banyak perusahaan yang terobsesi dengan kepuasan konsumen.faktor faktor

Teks penuh

(1)

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kepuasan konsumen merupakan kesan atas kinerja dan harapan dari sebuah kinerja produk. Apabila produk tersebut tidak memenuhi harapan, maka konsumen akan merasa kecewa (Aris Marwanto (2015). Menurut Lovelock (2005:102), kepuasan pelanggan adalah keadaan emosional, sebuah gambaran reaksi pasca pembelian, dapatberupa kemarahan, ketidakpuasan, rasa jengkel atau kecewa, netralitas, kegembiraan atau kesenangan. Maka tidak heran jika banyak perusahaan yang terobsesi dengan kepuasan konsumen.Faktor–faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas produk, harga, dan distribusi.Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untukmelaksanakanfungsinyameliputi,dayatahan, keandalan, ketepatan, kemudahan operasidan perbaikan,sertaatributbernilailainnya. Untuk meningkatkan kualitas produk perusahan dapat menerapkan program “Total Quality Manajemen (TQM)”. Selain mengurangi kerusakan produk, tujuan pokok kualitas total adalah untuk meningkatkan nilai pelanggan. Harga adalah nominal yang ditetapkan oleh penyedia barang dan jasa yang sesuai dengan nilai, kualitas, atau fungsi dari barang dan jasa yang diproduksinya. Menurut Philip Kotler (2007:122) distribusi adalah suatu perangkat organisasi yang tergantung yang tercakup dalam proses yang membuat produk atau jasa menjadi digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.

Suatu kehidupan bermasyarakat tentunya mempunyai kebutuhan tersendiri guna menunjang segala sektor yang ada.Kebutuhan yang dimaksud diantaranya berupa kebutuhan dalam menjalani suatu aktivitas seperti bekerja, bersekolah dan lain-lain.Dalam melakukan kebutuhan tersebut masyarakat pasti membutuhkan sebuah alat transportasi.Alat transportasi

(2)

adalah perpindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan sebuah kendaran yang digerakan oleh manusia atau mesin. Alat transportasi sendiri terbagi menjadi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara.Alat transportasi tersebut antara lain sepeda motor, mobil dan lain – lain. Semua alat transportasi memiliki beragam fungsi, fungsi tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Fungsi alat transportasi adalah menghubungkan desa dengan kota dan sebaliknya. (www.pengertianpakar.com)

Dalam permasalahan ini alat transportasi yang dimaksud adalah jenis mobil.Tetapi banyak pengguna mobil baru yang tidak fokus dalam mengendarai di jalan raya. Walaupun sudah benar – benar fokus dalam mengendarai tetapi banyak individu lain yang tidak benar dalam mengendarai kendaraan yang dapat mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan. Kejadian yang di maksud adalah terjadinya kecelakaan, tersenggol mobil lain atau biasanya menyentuh garasi dan lain sebagainya.Untuk mengatasi hal tersebut penulis menawarkan sebuah alternatif daripada menjual mobil tersebut.Alternatif tersebut adalah pemakaian cat yang digunakan pada mobil untuk memperbarui kerusakan kecil maupun besar agar dapat terlihat seperti baru.Cat adalah produk yang digunakan untuk melindungi dan memberikan warna pada suatu objek atau permukaan dengan melapisinya dengan lapisan berpigmen. Jenis cat mobil yang digunakan yaitu cat dengan proses semprot. Ada pula merek cat untuk mobil antara lain Nax Autolux, Nax Mightylac GII, Pylac, Penta Supergloss, Top Color, Steel Gloss, Durogloss, dan Seiv.Cat yang digunakan untuk penelitian ini adalah cat Nax Autolux. Peran cat pada body mobil sangatlah penting karena pada saat akan menjual kembali para konsumen akan melihat cat dan warna mobil terlebih dahulu. Jika hanya pada cat dan warna konsumen telah puas maka kepuasan konsumen dari sisi cat telah terpenuhi. (www.bandung-nissan.com)

(3)

Tabel 1.1

Data Harga Merek Cat Mobil

No. Jenis Cat Ukuran Harga/kaleng

1 N.Autolux 1 Lt Rp 120.000

2 Nax Mightylac GII 1 Lt Rp 179.000

3 Pylac 1 Lt Rp 135.000 4 Penta Superglass 1Lt Rp 60.000 5 Top Color 1 Lt Rp 55.000 6 Steel Gloss 1 Lt Rp 85.000 7 Duro Gloss 1 Lt Rp 65.000 8 Seiv 1 Lt Rp 70.000

Jika dilihat berdasarkan tabel 1.1data harga produk cat di atas, cat merek Nax Autolux memiliki harga termahal dibanding pesaing lainnya dan yang paling murah adalah merek Top Color. Tetapi cat merek Nax Autolux ini memiliki kualitas produk paling bagus daripada merek lain. Sementara pada merek Nax Mightylac GII dan merek lainnya produknya terbagi menjadi 3 buah kaleng yang terdiri dari produk cat Nax Mightylac GII, Hardener dan Clear. Jadi harganya lebih murah dibandingkan cat merek Autolux. Lalu pencampuran cat Nax Mightylac GII ini sangatlah sulit karena harus sedikir demi sedikit dan harus samadengan warna dasar mobil. Sedangkan cat merek Autolux ini hanya 1 buah kaleng tanpa ada Hardener dan Clear jadi tidak perlu teknik pencampuran seperti pada cat merek Nax Mightylac GII.Lalu keunggulan cat Autolux ini adalah dari segi daya tutupnya yang cukup cepat atau cepat kering daripada merek Nax Mightylac GII.Dan kelemahan cat merek Nax Autolux ini adalah harganya yang terbilang cukup mahal.

(4)

Tabel 1.2 Hasil Data Prasurvey Cat Nax Autolux

No. PERTANYAAN

Setuju Tidak Setuju

Jumlah Persentase Jumlah Persentase 1. Cat Nax Autolux awet

dan tahan lama 13 52% 12 48%

2. Harga cat Nax Autolux

sesuai dengan kualitas 8 32% 17 68%

3. Cat Nax Autolux mudah

ditemui dan dicari 9 36% 16 64%

4. Saya puas memakai cat

Nax Autolux 10 40% 15 60%

Tabel 1.3 Hasil Data Prasurvey Cat Nax Mightylac GII

No. PERTANYAAN

Setuju Tidak Setuju

Jumlah Persentase Jumlah Persentase 1.

Cat Nax Mightylac GII awet dan tahan lama

10 40% 15 60%

2.

Harga cat Nax Mightylac GII sesuai dengan kualitas

11 44% 14 56%

3.

Cat Nax Mightylac GII mudah ditemui dan dicari

20 80% 5 20%

4. Saya puas memakai

cat Nax Mightylac GII 14 56% 11 44%

Berdasarkan tabel 1.2 diatas jumlah yang tidak puas terhadap cat Nax Autolux sebesar 15 orang dan cat Nax Mightylac GII sebesar 11 orang. Kondisi seperti ini dapat mempengaruhi kepuasan konsumen pada cat merek Autolux.Hasil penelitian (Hari Mulyono, 2010) menyatakan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.Berbeda dengan penelitian dari (Rahmad Nur Kasan, 2013) yang menyatakan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan

(5)

konsumen.Hal ini terdapat perbedaan hasil penelitian sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.Dengan pertimbangan diatas maka peneliti perlu melakukan penelitian lebih dalam untuk menguji pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen.Maka dari latar belakang di atas penulis membuat judul “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Cat Autolux di Kota Semarang”.

1.2 Rumusan Masalah

1. Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen cat Nax Autolux di Kota Semarang?

2. Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen cat Nax Autolux di Kota Semarang?

3. Bagaimana pengaruh distribusi terhadap kepuasan konsumen cat Nax Autolux di Kota Semarang?

1.3 Tujuan Penelitian

1. Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen cat Nax Autolux di Kota Semarang.

2. Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen cat Nax Autolux di Kota Semarang.

3. Untuk menganalisis distribusi terhadap kepuasan konsumencat Nax Autolux di Kota Semarang.

(6)

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat yang diperoleh dari penelitian adalah : a. Bagi perusahaan

Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukkan dalam mengevaluasi angka penjualan produk cat tersebut jika dibandingkan produk cat lain dan memahami permintaan konsumen dalam penggunaan cat ini.

b. Bagi penulis

Hasil penelitian ini adalah sarana dalam menerapkan dan memadukan pengetahuan yang telah diperoleh di bangku mata kuliah dengan praktek yang ada. c. Bagi akademik

Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan sebagai pembanding untuk penelitian sejenis.

1.5 Sistematika Penulisan BAB I : PENDAHULUAN

Pada bab ini dijelaskan tentang latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, sistematika penulisan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Tinjauan pustaka ini berisi kepuasan konsumen, mengukur kepuasan konsumen, metode pengukuran kepuasan konsumen, kualitas produk, konsep kualitas, konsep kualitas produk, harga, konsep harga, faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga,distribusi, fungsi saluran distribusi, penelitian terdahulu, kerangka konseptual, dan hipotesis.

(7)

Bab ini menjelaskan variabel penelitian dan definisi operasional, penentuan populasi dan sampel, teknik pengambilan sampel, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data, dan metode analisi data.

BAB IV : HASIL DAN PEMBAHASAN

Bab ini menjelaskan deskripsi objek penelitian, hasil penelitian, analisis data dan pembahasan

BAB V : PENUTUP

Bab ini memuat simpulan dan saran DAFTAR PUSTAKA

Figur

Tabel 1.2 Hasil Data Prasurvey Cat Nax Autolux

Tabel 1.2

Hasil Data Prasurvey Cat Nax Autolux p.4
Tabel 1.3 Hasil Data Prasurvey Cat Nax Mightylac GII

Tabel 1.3

Hasil Data Prasurvey Cat Nax Mightylac GII p.4
Related subjects :