B. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, maka masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut

Teks penuh

(1)

SARI

SUHARJONO, NIM : 1401901108, Kontribusi Tata Tertib Sekolah dan Sikap Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi LuhurAmbarawa Semester I Tahun Pelajaran 200412005.

Jurusan PSD S1, Universitas Negeri Semarang, 2005, 76 halaman. Dosen Pembimbing I Dra. Suprihatin, MD, M.Pd., Dosen Pembimbing II Drs. Fakhrudin, M.Pd.

Kata Kunci : Tata tertib sekolah, sikap disiplin, prestasi belajar.

Latar belakang penulisan skripsi ini didorong oleh keinginan pribadi sebagai seorang guru untuk mengetahui dan mengungkap permasalahan secara langsung kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Bagaimanakah hubungan kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2004/2005 Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa". Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V seniester I tahun pelajaran 2004/2005 Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa. Manfaat penelitian teoritis bagi peneliti yaitu untuk memperoleh bahan yang diperlukan dalam penulisan skripsi, serta pengembangan di bidang pendidikan. Sedangkan manfaat praktis adalah sebagai masukan dalam melaksanakan bimbingan kepada siswa sekolah dasar, untuk meningkatkan kesadaran dalam mematuhi peraturan atau tata tertib sekolah serta melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya di sekolah.

Metode penelitian dalam bentuk penelitian kualitatif mengetahui ada tidaknya hubungan dua variabel. Upaya memperoleh data dengan mengunakan angket, dokumentasi, uji validitas dan reliabilitas. Dalam Menentukan obyek penelitian, sebagai Populasi adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Tahun Pelajaran 2004/2005. Dalam menentukan

(2)

jumlah sampel digunakan tabel Krejcie dan Morgan yaitu dari 95 siswa diambil sampel 76 siswa.

Dari hasil penelitian ini, setelah data terkumpul langkah selanjutnya adalah mengolah data tersebut dengan analisa deskriptif prosentase dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh angka sebesar 0,528. setelah dikonsultasikan dengan r tabel product moment, taraf signifikan 5% yang menunjukkan nilai 0,226, sehingga diketahui bahwa r hitung lebill besar dari r tabel. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa Semester I Tahun Pelajaran 2004/2005 mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V" dapat diterima.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada korelasi yang positif dan signifikan antara tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa Semester I Tahun Pelajaran 2004/2005.

Saran bagi sekolah, mengingat adanya korelasi antara. kontribusi tata. tertib sekolah dan sikap disiplin sism,a serta. prestasi belajarnya, hendaknya sekolah meningkatkwi pelaksanaan tata tertib di sekolah. Agar kedisiplinan siswa. terhadap tata. tertib sekolah dapat dikembangkan sebagai bentuk peningkatan prestasi, maka perlu dipaharni dan disosialisasikan kepada, warga, sekolah, orang tua. dan masyarakat.

Bagi siswa, diharapkan memahami arti serta. manfaat tata. tertib sekolah serta. melaksanakannya dengan penuh kesadaran, agar tercipta. situasi dan kondisi sekolah yang kondusif, seliingga tercapai siswa. memiliki sikap disiplin serta menliliki prestasi belajar yang tinggi.

Bagi orang tua. diharapkan dapat terlibat dalam pelaksanaan tata tertib sekolah dalam bentuk usaha, pengawasan serta memberi pengertian kepada, anaknya di rumah.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, maka masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut

(3)

1. Bagaimanakah hubungan kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2004/2005 Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa ?

2. Bagaimanakah pola tingkah laku siswa terhadap tata tertib sekolah ?

C. Penegasan Istilah dalam Judul

Agar diperoleh persamaan pengertian dan penafsiran tentang judul skripsi “Kontribusi Tata Tertib Sekolah dan

Sikap Disiplin terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa Semester I

Tahun Pelajaran 2004/2005" maka parameter yang digunakan adalah: 1. Kontribusi artinya sumbangan. (Depdikbud, 1998:459).

2. Tata tertib adalah peraturan-peraturan yang harus diturut atau dilakukan oleh siswa Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa yang dibuat dan disusun oleh sekolah. Tata tertib erat kaitannya dengan disiplin karena disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesediaan untuk menepati atau mematuhi atau mematuhi dan mendukung ketentuan, tata tertib, peraturan, nilai serta kaidah-kaidah yang berlaku. 3. Sikap disiplin adalah kesiapan yang kompleks dari seseorang individu untuk

memperlakukan suatu obyek. (Rachmad Natawijaya, 1985:7).

4. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya) belajar, penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya, ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.

Dari pendapat-pendapat tersebut di atas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan Kontribusi Tata, Tertib Sekolah dan Sikap, Disiplin terhadap prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa Semester I Tahun Pelajaran 2004/2005 adalah : sumbangan sekolah berupa aturan-aturan yang harus dilaksanakan oleh siswa, yang dapat dijadikan pedoman dalam mewujudkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada waktu siswa berada di sekolah serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa.

(4)

D. Tujuan Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan tata tertib sekolah terhadap sikap siswa.

2. Mendeskripsikan hubungan tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar siswa. 3. Mendeskripsikan hubungan sikap siswa terhadap prestasi belajar.

E. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara akademis atau teoritis dan manfaat praktis antara lain:

1. Manfaat Akademis

Untuk memperoleh bahan yang diperlukan dalam penulisan skripsi, serta pengembangan di bidang pendidikan.

2. Manfaat praktis

Secara praktis hasil penelitian ini dapat memberikan masukan dalam melaksanakan bimbingan kepada siswa Sekolah Dasar, untuk meningkatkan kesadaran dan mematuhi peraturan atau tata tertib sekolah serta melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya di sekolah.

F. Sistematika Penelitian

Penyusunan laporan penelitian ini dibagi dalam tiga bagian dengan sitematika sebagai berikut:

1. Bagian awal memuat halaman judul, halaman pengesahan, persetujuan, sari, kata pengantar, daftar isi,

daftar tabel dan daftar lampiran.

2. Bagian naskah terdiri dari lima bab sebagai berikut :

Bab I : Pendahuluan, mernuat secara ringkas tentang Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan

Penulisan, Manfaat penulisan dan Sistematika Penulisan. Bab II : Terdiri dari Kajian Teori, kerangka Pikir dan Hipotesa.

(5)

Bab ini berisi tentang konsep dan teori yang diperoleh dari pustaka yang relevan atau berhubungan

dengan masalah yang diteliti.

Bab III : Metode dan Prosedur Kegiatan penelitian.

Bab ini memuat cara kerja penelitian yang meliputi bidang dan lokasi penelitian, bentuk dan strategi

penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data dan alat pengumpulan data. Di samping metode tersebut di atas, bagian ini juga memuat prosedur kegiatan penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, penyusunan laporan penelitian, dan pertanggung jawaban hasil laporan.

Bab IV: Hasil penelitian dan Pembahasan

Bab ini memuat dua hal yang utama ialah hasil penelitian dan pernbahasan hasil penelitian.

Bab V : Penutup.

Bab ini merupakan akhir dari penyusunan laporan penelitian. Setelah data yang diperoleh dianalisis dan dari hasil penelitian dapatlah diternukan deskripsi data yang sudah dianalisis berupa rumusan pokok-pokok penelitian.

Kemudian peneliti menarik suatu kesimpulan. Berdasarkan kesimpulan tersebut peneliti memberi saran-saran yang relevan.

3. Bagian akhir. Bagian ini memuat 2 (dua) hal pokok, yaitu: a. Daftar Pustaka

(6)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN SARI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR LAMPIRAN DAFTAR TABEL BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Rumusan Masalah

Penegasan Istilah Dalam Judul Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian

Sistematika Penelitian

BAB II KAJIAN TEORI KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESA

Kajian Teori

1. Tata Tertib Sekolah 2. Pengertian Sikap 3. Prestasi Belajar B. Kerangka Pikir C. Hipotesa

BAB III METODE PENELITIAN A. Lokasi Penelitian

B. Jenis Penelitian

C. Populasi & Pengambilan 1. Populasi dan sampel

... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... i ii iii iv vi viii xi xii 1 1 5 6 7 7 7 10 10 10 26 32 34 36 38 38 39 39 39

(7)

2. Varlabel

3. Metode Pengumpulan Data 4. Validitas dan Reliabilitas 5. Metode Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Gambaran Umum Subyek Penelitian B. Langkah - Langkah Penelitian

1. Persiapan Penelitian 2. Pelaksanaan Penelitian C. Penyajian Data Hasil Penelitian

1. Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah 2. Prestasi Belajar Siswa

D. Analisis Data dan Uji Hipotesa 1. Analisa Deskriptif Prosentase 2. Korelasi Product Moment E. Pembahasan Hasil Penelitian BAB V SIMPULAN DAN SARAN

A. Simpulan B. Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN-LAMPIRAN ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 40 41 45 50 56 56 57 57 59 59 59 61 62 62 63 69 72 72 73 75 77

(8)

DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi, 199 1. Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta.

Bimo Walgito, 1983. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar) Edisi Revisi, Yogyakarta Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Budi Raharjo, 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta.

Clemes Harris, Ph.d dan Bean Reynold Ed.M, 2001. Mengajarkan Disiplin kepada Anak, Jakarta : Mitra Utama.

Dawn, Lighter, 1999. 50 Cara Efektif Menanamkan Tingkah Laku Positif pada Anak, Terjemahan Chaterine Wicaksono, Yogyakarta: Kanisius.

Depdikbud, 1996. Disiplin dan Tata Tertib Sekolah Dasar, Jakarta, Direktorat Jendml Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdikbud, 2001. Manajetnen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), Jakarta, Direktorat Jendral l1endidikan Dasar dan Menengah.

Dimyati dan Mujiono, 1999. Belajar dan Pembclajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Dajuzak Ahmad 1, 1994. Pedoman Bimbingan dan flenyuluhan Siswa di Sekolah Dasar, Jakarta : Balai Pustaka.

Dajuzak Ahmad 2, 1996. Petunjuk Teknis Disiplin dan Tata tertib Sekolah Dasar, Jakarta, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Depdikbud.

Depdikbud, 2001. Manajeman Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gordon Thomas, 1996. Mengajar Anak Berdisiplin Diri di Rumah dan di Sekolah, Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Mar'at, 198 1. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukuran, Bandung: Ghalia.

Moh. Suryo, 1979. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung : CV. Ilmu Baru.

Noehi Nasution, 1997. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Oemar Harnalik, 1983, Metode dan Kesulitan Belaj ar, Bandung: Tarsito.

(9)

Russda Kotto S. dkk, 1996. Belajar dan Pembelajaran, Semarang, IKIP Semarang. Satmoko, 1989. Dasar-Dasar Pendidikan, Express, Semarang.

Slameto, 1998. Disiplin dalam Pendidikan, Salatiga, Satya Widya (Jurnal penelitian Pengembangan Kependidikan).

Sudjana, 1996. Metode Statistik, Bandung : Tarsito.

Sugiyono, 2002. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alumni.

Suharsimi Arikunto, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratek, Jakarta : Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata, 1998. Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT RaJa grafindo Persada.

Sutrisno, Hadi 1, 1983. Statistik, Yogyakarta, Fakultas psikologi UGM.

Sutrisno Hadi 2, 1990. Metodologi Research 1, Yogyakarta: Andi Offiset.

Tirtonegoro, Sutratinah, 1984. Menangani Anak Super Pandai, Jakarta: Gramedia.

... 2003. UURI Nornor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

Wasty Surachmad, 1998. Pentingnya Berperilaku Disiplin, Salatiga, Satya Widya (Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan).

William Stainback, Ed.D dan Susan Stainback, Ed.D, 1999. Bagaimana Membantu Anak Anda Berhasil di Sekolah . ...

Winkel, W.S, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo perkasa.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :