ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia TAHUN 2010-2014.

Teks penuh

(1)

i

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA

PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

TAHUN 2010-2014

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Jurusan AkuntansiPada Fakultas Ekonomi dan Bisnis

UniversitasMuhammadiyah Surakarta

DisusunOleh :

DESHINTA MARGAPUTRI B 200 120 393

PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

(2)
(3)
(4)

iv MOTTO

Ilmu itu adalah mengenal dan beramal. Pelajarilah segala ilmu yang kamu sukai. Tetapi ingatlah bahwa Allah SWT tak akan memberikan manfaat dari ilmu

tersebut sebelum kamu mengamalkan terlebih dahulu. ( Al-Hikmah )

Jika kita bekerja keras dengan cara, niat dan tekad yang baik, kita bisa meraih impian. Karena mimpi adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi, tanpa

mimpi orang tidak akan bisa menggerakkan dirinya ke mana-mana. ( Merry Riana )

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan) kerjakan dengan sesungguhnya (urusan) yang lain dan

hanya kepa Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. ( Q.S Al Insyiroh, 6-8 )

Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka

menyukainya atau tidak. ( Aldus Huxley )

Disaat menunggu itu sudah terasa membosankan, disaat itu pula kita velajar optimis akan sebuah pengharapan.

(5)

v

PERSEMBAHAN

Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya hingga terselesaikan skripsi ini, kupersembahkan karya kecil ini spesial untuk:  Allah SWT, sang penguasa ruang dan waktu, serta memberikan hidup dan

memegang kematian setiap makhluk. Tanpa-Nya tulisan ini tiada bermakna. Semoga dari awal proses hingga karya ini selesai dapat memberikan amalan bagi kita semua. AMIN.

 Semoga sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW sang Revolusioner sejati yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti.

 Bapak dan Ibu tercinta wujud baktiku kepadamu, terima kasih atas doa dan kasih sayang yang telah engkau berikan, pengorbanan yang tiada lekang, dukungan dan kebahagiaan yang begitu indah dalam hidupku, rangkaian tasbih dalam doa-doa malam yang tiada pernah putus, semoga tetesan butir-butir keringatmu terwujud sebagai keberhasilan dan kebahagianku.

 Saudara-saudaraku tercinta yang telah memberi semangat dan dukungannya untukku, serta bimbingan yang penuh kesabaran dan penuh harapan demi kesuksesanku, terimakasih untuk semua yang kalian berikan untukku.

 Seseorang yang dulu pernah menjadi Bagian dari Hidupku Listio Priambada ini wujud buktiku padamu bahwa aku telah berjuang menyelesaiakan karya ini, terimakasih atas semangat, pembelajaran, dan motivasi yang kau berikan padaku. Semoga Allah akan membuat segalanya indah pada waktunya.

(6)

vi

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014” dengan lancar.

Skripsi ini disusun dengan maksud untuk memenuhi tugas dan persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Program Studi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Didalam penyusunan skripsi ini penulis menyadari sepenuhnya tanpa adanya bimbingan, dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Maka dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada yang terhormat:

1. Bapak Dr. Triyono, M. Si, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Bapak Dr. Zulfikar, SE, M.Si, selaku Ketua Program Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Ibu Dra. Nursiam, MH, Ak, CA , selaku Pembimbing Skripsi yang dengan sabar dan tulus memberikan banyak masukan, arahan, bimbingan kepada penulis dalam penelitian demi kemajuan skripsi penulis.

(7)

vii

5. Seluruh Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi penulis.

6. Ibu Ira selaku staff PPA FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah membantu dalam pengolahan data.

7. Bapak dan ibu tercinta yang dengan kasih sayang mereka berdua telah mendidik dengan dukungan materil, moril, dan spiritual serta motivasinya, sehingga penulis bisa meyelesaikan skripsi ini.

8. Kakak, adik, sahabat-sahabatku ( Putri, Hanifa, Ulfiana, Jarita, Rizka, Dita, Yuliana, Sindi, Gita, Diandra, Ninda ), teman-teman kost Arqeezain ( Manda, Tya, Tika, Erlina, Ririn ), teman-teman kampus, teman-teman SMA ( Tysha, Farah, Felika, Dian, Widiya, Caca ), yang telah memberikan motivasi, dukungan, perhatian, masukan dan kerjasamanya.

9. Berbagai pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

(8)

viii DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN ... iii

HALAMAN MOTTO ... iv

(9)

ix

G. Auditor Client Tenure ... 24

H. Opinion Shopping ... 25

I. Reputasi Auditor ... 27

J. PenelitianTerdahulu ... 28

K. PengembanganHipotesis ... 31

L. Model Penelitian ... 39

BAB III METODE PENELITIAN ... 41

A. DesainPenelitian ... 41

B. Populasi, Sampel dan Teknik PengambilanSampel ... 41

C. Data danSumber Data ... 42

D. Teknik Pengumpulan Data ... 42

E. DefinisiOperasionalVariabeldanPengukurannya ... 42

F. MetodeAnalisis Data ... 48

1. Analisis Diskriptif ... 48

2. Analisis Regresi Statistik Inferensial ... 48

a. Menilai Kelayakan Model Regresi ... 49

b. Menilai Model Fit (Overall Model Fit Test) ... 50

c. Menganalisisi Koefisien Determinasi (Nagelkerke R Square) ... 51

d. Matriks Klasifikasi Model ... 51

e. Estimasi Parameter dan Interpretasinya ... 51

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 53

A. Sebaran Data Penelitian ... 53

(10)

x

C. PengujianHipotesis ... 57

1. Interpretasi Analisis Regresi Logistik ... 58

2. Uji Kelayakan Model (Hosmer and Lemeshow Test) ... 60

3. Model Fit (Overall Model Fit Test) ... 60

4. Koefisien Determinasi (Negelkerke R Square) ... 61

5. Matriks Klasifikasi Model ... 61

6. Uji Wald ... 62

D. Pembahasan ... 65

BAB V PENUTUP ... 76

A. Kesimpulan ... 76

B. Keterbatasan Penelitian ... 77

C. Saran ... 77 DAFTAR PUSTAKA

(11)

xi

DAFTAR TABEL

Tabel 4. 1. Sebaran Data Penelitian ... 53

Tabel 4. 2. StatistikDiskriptif ... 54

Tabel 4. 3. HasilPersamaanRegresiLogistik ... 58

Tabel 4. 4. Hosmer and Lemeshow Test ... 60

Tabel 4. 5. Model Summary ... 60

(12)

xii

DAFTAR GAMBAR

(13)

xiii

DAFTAR LAMPIRAN

1. Lampiran 1 KodedanNama Perusahaan 2. Lampiran 2 Tabulasi Data

(14)

xiv ABSTRAK

Opini audit going concern merupakan opini audit yang dikeluarkan oleh auditor untuk memastikan apakah perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Going concern adalah salah satu konsep yang paling penting yang mendasari pelaporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh kondisi keuangan perusahaan, ukuran perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, client tenure, opinion shopping, reputasi auditor terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian ini menggunakan 34 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014. Sampel diperoleh secara purposive sampling. Data penelitian dianalisa dengan analisis regresi logistik.

Hasil penelitian adalah kondisi keuangan perusahaan, ukuran perusahaan, opinion shopping, dan reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan auditor client tenure dan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.

(15)

xv ABSTRACT

Going concern audit opinion issued an audit opinion by the auditor to determine whether the company can maintain its viability . Going concern is one of the most important concepts underlying financial reporting . The purpose of this study is to analyze and provide empirical evidence of the influence of the company's financial condition , the size of the company , the audit opinion the previous year , client tenure , opinion shopping , the reputation of the auditor's going concern audit opinion on the companies listed in the Indonesia Stock Exchange .

This study uses 34 companies listed on the Stock Exchange in 2010-2014 . Samples were obtained by purposive sampling . Data were analyzed using logistic regression analysis .

The results showed that the company's financial condition , the size of the company , opinion shopping , and the reputation of the auditor does not affect the going concern audit opinion . While the client auditor tenure and the previous year's audit opinion affect the going concern audit opinion .

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...