KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Rintihan Dari Lembah Lebanon Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Psikologi Sastra.

12 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL

RINTIHAN DARI LEMBAH LEBANON

KARYA

TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY:

TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

SKRIPSI

Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat

Sarjana S-1

Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah

ERNY KURNIAWATI

A 310 090 105

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

ii

PERSETUJUAN

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINTIHAN DARI

LEMBAH LEBANON KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY:

TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Diajukan oleh:

ERNY KURNIAWATI A 310 090 105

Telah Disetujui Untuk Dipertahankan di Hadapan Dewan Penguji Skripsi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Progdi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah

Persetujuan Pembinbing,

Pembimbing

(3)

iii

PENGESAHAN

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINTIHAN DARI LEMBAH LEBANON KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY:

TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Yang Dipersetujui dan Disusun oleh:

ERNY KURNIAWATI A 310 090 105

Telah Dipertahankan di Depan Dewan Penguji Skripsi

pada Tanggal, 2 Maret 2013

dan telah Dinyatakan Memenuhi Syarat.

Susunan Dewan Penguji:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dekan,

(4)

iv

PERNYATAAN

Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Apabila ternyata terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya di atas, maka saya akan bertanggung jawab sepenuhnya .

Surakarta, 21 Februari 2013

(5)

v MOTTO

Tugas kita bukan untuk berhasil, tapi tugas kita adalah mencoba, karena dengan mencoba kita akan memperoleh kesempatan untuk berhasil.

(Mario Teguh)

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain

dan kepada Allahlah kamu berharap. (Q.S. AL Insiroh: 6-8).

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Alhamdulillah. Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT dan dengan segala kerendahan hati karya kecil ini kupersembahkan untuk.

1. Bapak dan Ibuku tercinta, Rokan dan Sri Rukini, terima kasih telah memberikan kasih sayang yang tulus dalam hidupku, yang selalu terucap disetiap hitungan detik dan disetiap sujud sucimu serta tiap tetes keringatmu adalah semangat bagiku.

2. Kakek dan Nenekku, Suyanto dan Parti, terima kasih atas nasihat, doa dan kasih sayang yang telah diberikan selama ini.

3. Adik-adikku tersayang, Arifin Kurniawan dan Endra Kurniadi yang telah memberikan semangat dan motivasi.

4. Yudi Setiaji yang telah memberikan motivasi, semangat, cinta dan kasih sayang, serta tempat keluh kesahku.

5. Sahabat-sahabatku Mbak Laili, Mbak Susi, Nyai, Hanik, Nita, Yink, Rina, Eka, Anis dan teman-temanku yang tidak bisa disebut satu-persatu terima kasih untuk persahabatan kalian yang tulus.

6. Teman-teman Duta Perpustakaan Ita, Lutfi, Yusuf, Salam, Atin, Mustofa, Fajar, Latifani, Mas Zul, Mas Rizky, Mas Agung, Mas Agus, Mbak Nuria, dan Mbak Istiana, terimakasih atas inspirasi, ilmu-ilmu, dan motivasinya. 7. Teman-teman seperjuanganku FKIP-PBSID angkatan ’09 terima kasih

(7)

vii

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur penulis panjatkan kepada Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi sesuai dengan yang penulis harapkan.

Skripsi ini disusun guna memenuhi persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Pendidikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Selama penyusunan skripsi ini, penulis tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Prof. Dr. Bambang Setiaji, Ms, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Bapak Drs. H. Sofyan Anif, M. Si. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Bapak Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum. selaku Ketua Progdi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas Muhammadiyah Surakarta, yang telah mengizinkan dan membantu terlaksananya penelitian ini.

(8)

viii

5. Ibu dan Bapak yang telah memberikan kasih sayang yang tulus dalam hidupku, yang selalu terucap disetiap hitungan detik dan disetiap sujud sucimu serta tiap tetes keringatmu adalah semangat bagiku.

6. Dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Progdi Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, terima kasih telah memberikan ilmunya kepada penulis, dan

7. Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.

Sebagai insan biasa, kesalahan dan kekurangan ada pada diri penulis dalam menyusun skripsi ini. Dengan segala kerendahan hati, penulis menerima kritik dan saran demi kesempurnaan skripsi ini. Akhirnya, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca umumnya.

Surakarta, 21 Februari 2013

(9)
(10)

x

BAB II BIOGRAFI TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY A. Riwayat Hidup Taufiqurrahman al-Azizy ... 24

B. Latar Sosial Budaya Taufiqurrahman al-Azizy ... 25

C. Hasil Karya Taufiqurrahman al-Azizy ... 26

D. Ciri Khas Taufiqurrahman al-Azizy ... 27

BAB III STRUKTUR NOVEL RINTIHAN DARI LEMBAH LEBANON A. Tema ... 31

B. Alur ... 34

C. Penokohan ... 44

D. Latar ... 59

BAB IV KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINTIHAN DARI LEMBAH LEBANON KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY A. Konflik Mendekat-Mendekat ... 68

(11)

xi

C. Konflik Menjauh-Menjauh ... 72 D. Implikasi Konflik Batin dalam Novel Rintihan dari Lembah Lebanon

karya Taufiqurrahman al-Azizy dalam Pembelajaran Sastra di SMA ... 78 BAB V PENUTUP

(12)

xii ABSTRAKSI

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINTIHAN DARI

LEMBAH LEBANON KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY

TINJAUAN: PSIKOLOGI SASTRA

Erny Kurniawati, A310090105, Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra

Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013, 89 Halaman

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Rintihan dari Lembah Lebanon, dan (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon karya Taufiqurrahman al-Azizy dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon tinjauan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Rintihan dari Lembah Lebanon karya Taufiqurrahman al-Azizy. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel dari internet dan data-data yang bersumber dari buku acuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi sumber. Adapun analisis datanya yaitu dengan teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik.

Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural pada novel Rintihan dari Lembah Lebanon yaitu tema tentang cinta suci seorang pemuda kepada kekasihnya. Alur dalam novel ini, yaitu alur mundur (Regresif). Tokoh-tokoh yang dianalisis dalam penelitian ini adalah tokoh utama yaitu Alif dan tokoh tambahan yaitu Aziz, Naysila, Lubna, Ehud, Soimah, Salman, Maria, Ghufron, dan Kang Rahmat. Latar dalam novel ini menggunakan latar tempat di kota Surakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Lebanon. Latar waktu terjadi selama kurang lebih 4,5 sampai 5 tahun, yaitu antara tahun 2006 sampai tahun 2011. Latar sosial yang digambarkan adalah Alif seorang anak yatim piatu yang harus tinggal di pondok pesantren sesuai dengan wasiat ayahnya. Unsur-unsur dalam novel tersebut yaitu tema, alur, penokohan dan latar saling berhubungan sehingga menciptakan sebuah keutuhan karena semuanya terjalin dengan baik.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...