BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Pada bab ini akan dibahas hasil temuan penelitian yang telah diformulasikan dalam

12  48  Download (0)

Teks penuh

(1)

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini akan dibahas hasil temuan penelitian yang telah diformulasikan dalam bentuk tema. Pembahasan hasil penelitian ini dimasudkan untuk memperoleh gambaran secara umum yang mendasari temuan-temuan penelitian. Dengan demikian pembahasan dari penelitian ini difokuskan pada aspek-aspek permasalahan yang telah diteliti secara kualitatif deskriptif. Kemudian dilakukan analisis substantif teoritik dengan mengacu kepada teori atau pendapat para ahli yang berkaitan dengan temuan penelitian yang telah dipaparkan.

Dengan mengacu kepada rumusan masalah dan tujuan penelitian, maka berdasarkan pada temuan penelitian yang ada maka sistematika pembahasan yang akan dilakukan adalah : (1) Deskripsi hasil penelitian, yaitu gambaran tentang lokasi penelitian. (2) Gambaran tentang Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta. (3) Gambaran Tentang Peran Tenaga Kependidikan Dalam Penyelenggaraan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta.

4.1 Deskiripsi Hasil Temuan Peneliti

Penelitian ini berlokasi di Satuan PAUD Sejenis Mekar Desa Limbato Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Secara geografis Satuan PAUD Sejenis Mekar Terletak didesa Limbato ditengah-tengah Kota Tilamuta dan sangat dekat dengan pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat pemerintahan Kabupaten Boalemo, tidak heran jika penduduk desa ini begitu padat dan hiterogen.

Satuan PAUD Sejenis Mekar berdidri sejak tanggal 01 Januari tahun 2008, dan penyelenggara pada Satuan PAUD Sejenis Mekar ini adalah Ibu Asmun Danial.

Kondisi fisik sekolah, ruang belajar, dan sarana prasarana serta media pembelajaran masih dalam kondisi baik. Kendati demikian, walaupun ruang belajar, dan sarana prasarana serta media pembelajaran yang ada sering terkena oleh bencana banjir

(2)

dan dilihat dari segi jumlah masih perlu pengembangan demi memperlancar pembelajaran untuk meraih tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Jumlah anak didik di Satuan PAUD Sejenis Mekar pada tahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 24 orang yang terdiri dari 16 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan.

Adapun yang menjadi alasan peneliti menjadikan lokasi ini sebagai tempat penelitian karena lembaga pendidikan tersebut terletak dekat kediaman peneliti, sehingga dengan demikian akan mempermudah peneliti dalam melakukan proses penelitian.

Dalam usaha mengantisipasi perkembangan teknologi dan moderenisasi serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Tenaga Kependidikan yang ada dikelompok Satuan PAUD Sejenis Mekar sementara melanjutkan pendidikan strata satu (SI), serta sering mengikuti seminar-seminar baik tingkat Kabupaten, tingkat provinsi maupun berskala nasional guna untuk mendukung dan meningkatkan kelancaran proses pengembangan dan Penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis Mekar itu sendiri, karena sehubungan dengan hal itu tentu saja orang tua dan masyarakat menginginkan peningkatan mutu yang terus menerus yang bermuara pada kualitas lulusan yang dihasilkan.

Dalam pelaksanaan daerah yang layak anak, sudah sangat jelas tidak lepas dari peran tenaga kependidikan, tenaga pendidik dan masyarakat dalam pengembangan potensi anak. Peran inilah yang kemudian menjadi fenomenal yang terjadi di Desa Limbato. Berbagai macam peran tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan satuan pendidikan Anak Usia Dini sejenis Mekar dilakukan seperti pembuatan media pembelajaran, Alat Peraga yang ada di dalam ruangan dan alat peraga yang ada di luar ruangan sering diperbaharui oleh Tenaga kependidikan dengan menggunakan bahan dan alat seadanya

(3)

yang ada dilingkungan sekitar Satuan PAUD Sejenis Mekar guna untuk memenuhi kebutuhan dan pengembangan potensi anak.

4.2 Diskripsi Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo Pendidikan Anak Usia Dini merupakan program pendidikan yang dirintis oleh organisasi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, hal ini tidak lepas dari program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta organisasi dan lembaga swadaya lainnya untuk mewujudkan program tersebut.

Sebagai suatu organisasi yang bergerak dalam bidang kesejahteraan keluarga dalam hal ini PKK yang merupakan gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya Keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berahlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungannya, (Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Departemen Dalam Negeri 2005). Karena itu sebagai organisasi perempuan yang berada sampai pada tingkat pedesaan, maka gerakkan PKK dituntut untuk mampu mengembangkan sikap dan perilaku kemandirian pribadi keluarga dan masyarakat agar nantinya masing-masing keluarga mampu bersaing dan menerima globalisasi. Tantangan yang dihadapi antara lain : perkembangan sumber daya manusia, pergeseran tata nilai, pemanfaatan sumber daya alam dan ilmu teknologi, perkembangan tatanan internasional dan penanganan manajemen pemerintah dan pembangunan Nasional yang dipengaruhi oleh berbagai faktor terkaid. Untuk itu perlu adanya ketahanan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera.

Berangkat dari tanggung jawab itulah maka bersama masyarakat Tilamuta, Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga mengajukan usulan proposal untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yakni Satuan PAUD Sejenis Mekar

(4)

pada tanggal 01 Januari 2008 kepada pemangku kepentingan yang ada di daerah. Realisasi dari permohonan tersebut di amini oleh pemerintah Kecamatan Tilamuta dan pembangunan Satuan PAUD Sejenis Mekar tersebut di anggarkan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Adapun dalam kepengurusan penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis Mekar adalah sebagai berikut :

Pengarah / Pembina : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boalemo Penanggung Jawab : PNFI Dinas Pendidikan Kabupaten Boalemo Pengelola / Penyeelenggara : Asmun Danial

Tutor : 1. Elvin Nasibu

1. Rukmin Usman

STRUKTUR ORGANISASI SATUAN PAUD SEJENIS MEKAR KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO

`

PEMBINA Kepala Dinas P dan K

Kabupaten Boalemo

PENANGGUNG JAWAB PNFI Dinas P dan K Kabupaten Boalemo PENGELOLA ASMUN DANIAL TUTOR ELVIN NASIBU TUTOR RUKMIN USMAN WARGA BELAJAR

(5)

4.3 Gambaran Tentang Subjek Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa, Peran Tenaga Kependidikan Dalam Penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo cukup besar. Peran yang dilakoni oleh tenaga kependidikaan dapat digambarkan antara lain meliputi sebagai pengamat dan penganalisa beragam pemanfaatan media pembelajaran, sebagai perencana penyelenggaraan yang baik, serta sebagai pengelola administrasi. Gambaran tentang subjek penelitian ini penting dikemukakan karena pada umumnya subjek dalam suatu penelitian kualitatif merupakan sumber informasi kunci.

Informasi kunci yang diambil yaitu Peran Tenaga Kependidikan Dalam Penyelengaraan Satuan PAUD Sejenis Mekar. Adapun gambaran umum subjek penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut :

1) Ibu Asmun Danial ; merupakan penyelenggara Satuan PAUD Sejenis Mekar, dengan kualifikasi pendidikan SMA. Ia lahir di Tilamuta Pada Tanggal 12 Desember 1970. Sebagai seorang penyelenggara ia mempunyai dedikasi yang tinggi, sekalipun ia seorang penyelenggara yang memiliki kualifikasi pendidikan SMA, namun ia mempunyai kepedulian terhadap pendidikan Anak Usia Dini. Sebagai seorang penyelenggara ia telah mampu memenuhi tanggung jawabnya baik dilihat dari sisi pedagogik. Ia juga mempunyai kompetensi kepribadian sebagai seorang pendidik. Demikian pula yang terkait dengan kompotensi sosial, ia telah mampu menunjukkan kemampuannya dalam berkomunikasi baik dengan pemerintah daerah, orang tua murid atau dengan peserta didik.

(6)

2) Elvin Nasibu adalah salah seorang Tutor di Satuan PAUD Sejenis Mekar, dengan pendidikan terakhir SMA, dilahirkan di Tilamuta tanggal 13 Juni 1977. Memiliki pengalaman mengajar kurang lebih 2 tahun sebelum bergabung dengan Satuan PAUD Sejenis Mekar. Sebagai seorang Pendidik ia telah memiliki kompotensi pedagogik, kompotensi kepribadian dan kompotensi sosial.

3) Rukmin Usman adalah merupakan Tutor di Satuan PAUD Sejenis Mekar, ia dilahirkan di Tilamuta tanggal 25 Oktober 1971. Memiliki pengalaman mengajar kurang lebih 4 tahun sejak didirikan Satuan PAUD Sejenis Mekar ia telah melaksanakan tugasnya di lembaga tersebut dengan kualifikasi pendidikan terakhir adalah SMA. Sebagai seorang Pendidik ia telah memiliki kompotensi pedagogik, kompotensi kepribadian dan kompotensi sosial, sama halnya dengan tenaga pendidik lainnya.

4.4 Deskripsi Hasil Penelitian

4.4.1. Peran Tenaga Kependidikan Dalam Penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis Mekar

Sebagai lembaga Satuan PAUD Sejenis yang sama halnya dengan Satuan PAUD Sejenis lainnya, maka Satuan PAUD Sejenis Mekar juga melaksanakan penyelenggaraannya sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Berkaitan dengan hal diatas, Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta menitik beratkan penyelenggaraan lembaganya pada pembentukan karakter, budi pekerti luhur, cerdas, ceria, terampil dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

4.4.2. Peran Tenaga Kependidikan Sebagai Perencana Pengelola Lembaga

Peran Tenaga Kependidikan di Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta saat ini sesuai dengan kondisi yang telah ditemui oleh peneliti saat melakukan

(7)

penelitian dilembaga tersebut bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga, maka tenaga kependidikan sebagai perencana pengelola lembaga telah merumuskan capaian yang akan dicapai dalam proses pengembangan lembaga tersebut. Adapun yang menjadi capaian yang dirumuskan oleh tenaga kependidikan di Satuan PAUD Sejenis Mekar bersama Masyarakat dan Stakeholder yang ada dilingkungan Satuan PAUD Sejenis Mekar adalah visi dan misi Satuan PAUD Sejenis Mekar. Dimana pada merumuskan visi dan misi ini dilaksanakan setelah tengah semester beroperasinya Satuan PAUD Sejenis Mekar. Selain itu juga tenaga kependidikan disatuan PAUD Sejenis Mekar melaksanakan penyelenggaraan program dengan prinsip-prinsip sebagai berikut :

a. Prinsip Penyelenggaraan Program

Sesuai dengan apa yang ada di lapangan maka perlu penulis sampaikan bahwa penyelenggaraan program satuan PAUD sejenis Mekar mengacu pada prinsip-prinsip berikut ini :

1. Optimalisasi Program

Program Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta dimaksudkan untuk memperkuat lembaga itu sendiri yang sudah berjalan kurang lebih 4 tahun.

2. Optimalisasi Ketenangan

Satuan PAUD Sejenis Mekar sering mengupayakan optimalisasi ketenangan lembaga tersebut serta ketenangan anak. Sebagai satu contoh optimalisasi ketenangan pada lembaga tersebut dengan melihat letak gedung satuan PAUD sejenis Mekar tersebut yang letaknya agak jauh dari jalan raya.

(8)

Untuk optimalisasi sarana dan prasarana sering kali tenga kependidikan dan tenaga pendidik memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia di lembaga tersebut dan bukan hanya itu saja, melainkan sering juga memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada diluar yang dimiliki oleh masyarakat sekitar.

b. Prinsip Pembelajaran

Pembelajaran yang silaksanakan pada Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta di dasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut :

1. Berdasarkan pada nilai-nilai agama 2. Berorientasi pada kebutuhan anak

3. Kegiatan belajar dilakukan melalui bermain 4. Anak sebagai pembelajar yang aktif

5. Menyediakan lingkungan yang mendukung prose belajar

6. Merangsang semua aspek perkembangan anak secara utuh dan terpadu 7. Memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar bagi anak 8. Mengembangkan kecakapan hidup anak

9. Menumbuhkan nilai-nilai semangat kebersamaan, cinta tanah air, dan kebangsaan dengan pembinaan karakter sejak dini.

4.4.3. Peran Tenaga Kependidikan Sebagai Pelaksana Pengelola Lembaga

Keberadaan tenaga kependidikan sebagai pelaksana pengelola lembaga bukanlah merupakan hal yang luar biasa. Sama halnya dengan tenaga kependidikan yang ada di Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta, dimana tenaga kependidikan yang ada di Satuan PAUD Sejenis Mekar ini setelah di wawancarai oleh penulis mengungkapkan bahwa pada tahap ini tenaga kependidikan di Satuan PAUD Sejenis Mekar melaksanakan perannya sebagai Pengelola Administrasi, Pengelola

(9)

Lingkungan Belajar Indoor dan Pengelola Lingkungan Belajar Outdoor. Hal ini dapat penulis deskripsikan seperti dibawah ini :

1) Tenaga Kependidikan Sebagai Pengelola Administrasi

Sesuai dengan temuan yang ada dilapangan, maka peneliti perlu menyampaikan bahwa di Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta saat ini telah memiliki beberapa administrasi penting yang merupakan data utama untuk beroperasinya suatu lembaga seperti Satuan PAUD Sejenis lainnya. Dimana di Satuan PAUD Sejenis Mekar saat ini memiliki buku administrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan lembaga tersebut. Beberapa administrasi tersebut adalah sebagai berikut : (1) Buku Induk Anak (2) Buku Data Pengelola Dan Pendidik (3) Daftar Hadir Pengelola Dan Pendidik (4) Daftar Hadir Anak (5) Buku Rencana Pembelajaran Harian (6) Buku Catatan Perkembangan Anak (7) Buku Tamu (8) Buku pendaftaran calon peserta didik (9) Jadwal kegiatan harian

2) Tenaga Kependidikan Sebagai Pengelola Lingkungan Belajar Indoor

Peran tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo sangat berpengaruh dan berperan penting pada pengelolaan Lingkungan Belajar Indoor yang juga merupakan salah satu tuntutan dalam pelaksanaan pendidikan pada Satuan PAUD Sejenis dan peran tenaga kependidikan sangat memiliki kedudukan yang besar dalam mengoptimalkan proses tersebut. Dikarenakan lingkungan sebagai unsur yang menyediakan sejumlah rangsangan, maka tenaga kependidikan yang ada di Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta begitu perhatian dan sering mencari cara untuk menciptakan lingkungan belajar sedemikian rupa, agar ketersedian objek-objek yang ada sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak walaupun hanya dengan alat seadanya.

(10)

Dalam merencanakan program yang sesuai dengan perkembangan anak, tenaga kependidikan yang ada di Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta menginstruksikan kepada tutor agar melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Menyediakan kegiatan berikut peralatan yang bervariasi yang dapat dipilih sendiri oleh anak.

2. Menawarkan kepada anak-anak untuk memilih apakah mereka ingin berpartisipasi dalam kelompok kecil atau melakukan kegiatan sendiri (individu)

3. Membantu dan memandu anak-anak yang tidak atau belum mampu memanfaatkan kemudahan dan kesenangan kegiatan pilihan sendiri dalam sesi kegiatan pilihan anak. 4. Memberikan kesempatan kepada anak untuk berinisiatif dan melakukan praktik

langsung mengenai kegiatan yang dipilihnya sendiri.

Tenaga kependidikan yang ada di Satuan PAUD Sejenis Mekar juga sering menciptakan dan menyediakan lingkungan belajar yang mendukung dan memudahkan sensorik anak untuk bersentuhan dengan lingkungan belajar sehingga setiap aspek perkembangan anak dapat berkembang sebaik-baiknya. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan perkembagan anak usia dini.

Karena faktor lingkungan memberikan pengaruh yang sangat besar untuk membedakan kualitas program di lembaga PAUD dan sejenisnya, maka tenaga kependidikan dan tutor yang ada di Satuan PAUD Sejenis sangat berhati-hati dalam merencanakan dan mengorganisir ruang kelas dan peralatannya, karena perencanaan dan pengorganisiran ruang kelas secara baik dan berhati-hati akan memberikan banyak keuntungan.

(11)

Ada dua alasan penting yang dijadikan tenaga kependidikan di Satuan PAUD Sejenis Mekar Tilamuta untuk mengelola lingkungan belajar outdoor diperuntukkan untuk anak-anak di lembaganya. Pertama, banyak kemampuan anak yang harus dikembangkan dan didapatkan oleh anak itu sendiri. Kedua, kebiasaan orang tua yang menjauhkan area bermain dari anak-anak karena berbagai faktor dan lebih memilih memberikan anak-anak tontonan, selain itu faktor lingkungan yang tidak aman membuat orang tua menjauhkan anak mereka untuk bermain di luar.

Bermain outdoor di Satuan PAUD Sejenis Mekar Kecamatan Tilamuta membuat anak dapat menikmati kesenangan dan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Berbagai macam area yang ada di lingkungan bermain outdoor yang ada di Satuan PAUD Sejenis Mekar dikelilingi oleh alam yang natural sehingga anak-anak dapat mengobservasi benda-benda yang ada disekitarnya.

Hal yang paling penting pula di ungkapkan oleh tenaga kependidikan yang ada di Satuan PAUD Sejenis Mekar bahwa dari penataan lingkungan outdoor, anak akan mendapatkan pengalaman yang unik. Misalnya science yang datang dengan sendirinya secara natural, yaitu berseksplorasi dan mengobservasi dengan tangannya sendiri. Anak dapat melihat tentang perubahan warna, memegang kulit kayu sebatang pohon, mendengar suara jangkrik atau mencium udara setelah hujan turun, anak-anak menggunakan semua perasaan mereka untuk belajar tentang dunianya.

Memperhatikan pentingnya tata lingkungan outdoor untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, tenaga kependidikan yang ada di Satuan PAUD Sejenis mekar sering memberikan perhatian serius dalam merancang dan menggunakan lingkungan belajar outdoor.

Prinsip penataan area belajar outdoor yang dilakukan di Satuan PAUD Sejenis Mekar adalah : (1) Memenuhi aturan keamanan (2) Harus sesuai dengan karakteristik

(12)

alamiah anak (3) Harus didasarkan pada kebutuhan anak dan (4) Secara estetis harus menyenangkan

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :