MEDIA SOSIAL studi DAN PELAJAR

Teks penuh

(1)

MEDIA SOSIAL DAN PELAJAR

Di era globalisasi ini, teknologi semakin maju. Tidak dapat dipungkiri hadirnya Media Sosial semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, bisnis, dan sebagainya. Dengan semakin majunya internet maka media sosial pun ikut berkembang pesat. Media sosial merupakan situs dimana seseorang dapat membuat web page pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang tergabung dalam media sosial yang sama untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Penelitian ini dalam bentuk kuesioner. Kuesioner ini sebagai alat untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan media sosial dan pelajar.

Kuesioner ini dilakukan pengisian oleh 31 orang responden yang antara lain bertujuan untuk menilai pengetahuan mahasiswa, seberapa sering media sosial digunakan, dan fungsi media sosial itu sendiri pada perkuliahan.

Secara ringkas jawaban responden atas seluruh pertanyaan kuesioner menunjukk an hasil sebagai berikut:

1. Hasil penilaian 31 jawaban responden dari 5 pertanyaan mengenai latar belakang responden dalam penggunaan Media Sosial dapat disimpulkan bahwa sekitar 87,1% Pelajar mengetahui cara untuk mendapatkan informasi dari Media Sosial. 19% bahwa pelajar menggunakan media sosial untuk sharing.

2. Sedangkan pertayaan mengenai tempat pelajar mengakses media sosial yang terdiri dari 3 pertanyaan, lebih sering di akses oleh responden (Pelajar) hampir 58 %.

(2)

HASIL PENELITIAN

A. Data Responden

Pembahasan pertama yaitu mengenai profil dari responden yang mana menyangkut data pribadi responden yang telah mengisi kuesioner media sosial dan Pelajar. Berikut laporan hasilnya:

Diagram 1.1 Data Responden

(3)

Diagram 1.2 Usia Responden

Dari diagram lingkaran tersebut dapat dijelaskan bahwa responden pada penelitian kali ini yang berumur 18 tahun sebanyak 5 orang (16,1%), yang berumur 17 tahun sebanyak 7 orang (22,6%), yang berumur 16 tahun sebanyak 8 orang (25,8%), yang berumur 15 tahun sebanyak 7 orang (22,6%), dan yang beumur 14 tahun sebanyak 4 orang (12,9%).

Diagram 1.3 Sekolah Responden

(4)

B. Latar Belakang Responden

Selanjutnya yang akan dibahas yaitu pengetahuan pelajar mengenai penggunaan media sosial dari segi pengetahuan dan segi waktu yang di gunakan, serta dalam penggunaannya baik dari segi waktu / media yang dipakai. Disini responden bisa memilih lebih dari satu. Berikut penjelasannya:

Dari tabel di atas menunjukkan pengetahuan dari pelajar sebagai responden sekitar27 orang (87%) media sosial untuk mendapatkan informasi , dan 22 orang (71%) media sosial sebagai media komunikasi.

Dari tabel tersebut sebanyak 7 orang (23%) menggunakan internet selama 3 jam , ≥ 6 jam 13 orang (42%), 7 orang (23%) menggunakannya selama 4 jam, dan 3 oramng (10%) nya lagi

menggunakan internet ≤ 2 jam.

Dari tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat ≥ 6 jam sering mengakses media sosial dalam sehari .

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

1. Pengetahuan mengenai media sosial (bisa memilih

lebih dari satu)

Media sosial sebagai media

komunikasi 22 71%

Media sosial untuk mendapatkan

informasi 27 87%

Media sosial untuk sharing 6 19%

Media sosial sebagai jembatan

untuk memulai bisnis 7 23%

Media sosial untuk ajang

popularitas 13 42%

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

2. Waktu yang dihabiskan dalam

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

(5)

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

5. Apa yang ada cari di Media

Pembahasan selanjutnya mengenai penggunaan media sosial.

Media sosial yang dimiliki atau digunakan pelajar. Pemilihannya bisa lebih dari satu dan akan dijelaskan sebagai berikut:

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa semua pelajar mempunyai media sosial

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

2. Media sosial apa yang anda

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

1. Apakah anda mempunyai media sosial ?

Iya 31 100%

(6)

Hampir sama seperti penggunaan media sosial, waktu yang dipakai untuk mengakses media sosial sebanyak 9 orang (29%) mengakses selama ≥ 6 jam, 8 orang (26%) selama 3 jam,

sebanyak 5 orang (16%) selama ≤ 2 jam, dan 5 jam sebanyak 3 orang (10%), dan 6 orang

(19%) menggunakan selama 4 jam.

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

4. Apakah anda sering membuka media sosial saat pembelajaran ?

Iya 5 16%

Tidak Pernah 3 10%

Kadang-kadang 22 71%

Dari tabel di atas menunjukkan hampir semua responden atau sekitar 71% pelajar kadang-kadang membuka media sosial saat pembelajaran berlangsung, 5 orang (16%) iya. Dan 3 orang (10%) tidak pernah membuka media sosial saat pembelajaran berlangsung.

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

5. Apakah anda pernah berpikir tentang dampak negatif menggunakan

media sosial ?

Iya 26 84%

Tidak Pernah 5 16%

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa pelajar pernah berpikir dampak negatif menggunakan media sosial sebanyak 26 orang (84%). Dan adapun pelajar yang tidak pernah berpikir tentang dampak negatif menggunakan media sosial sebanyak 5 orang (16%).

Pernyataan Jawaban Frekuensi Persentase

(7)

D. Media Sosial dan Pembelajaran

Selanjutnya yang akan dibahas adalah pengaruh dari media sosial dan perkuliahan, apakah mahasiswa setuju/tidak, pernyataannya sebagai berikut:

1. Medsos untuk sharing materi pembelajaran

Frequency Percent sangat setuju dengan pernyataan itu.

2. Medsos untuk diskusi materi pembelajaran

Frequency Percent

(8)

3. Medsos untuk sharing interest

Pernyataan mengenai kegunaan media sosial untuk sharing interest, terdapat 13 orang (41,9%) pelajar yang setuju dan 4 orang (12,9%) sangat setuju.

4. Medsos untuk konsultasi dengan guru

(9)

Pernyataan mengenai kegunaan media sosial untuk kuis dan sekitar 13 orang (41,9%) setuju, dan hanya 1 orang (3,2%) yang tidak setuju.

6. Media sosial untuk berkoordinasi dengan teman

Frequency Percent

Sama dengan pernyataan sebelumnya, media sosial untuk berkoordinasi dengan teman sebanyak 15 orang atau sekitar (48,4%) setuju dan hanya 1 orang(3,2%)yang ragu-ragu.

7. Media sosial untuk pengumuman

Frequency Percent

Pernyataan mengenai media sosial digunakan untuk pengumuman, sebanyak 12 orang atau sekitar (38,7%) setuju, 8 orang (25,8%) ragu-ragu, dan 1 orang (3,2%) tidak setuju.

5. Media sosial untuk Kuis

(10)

8. Medsos untuk volling

9. Medsos tidak mempengaruhi waktu pembelajaran

Frequency Percent

(11)

10.Medsos tidak membuat kecanduan

Ternyata pernyataan mengenai media sosial tidak membuat seseorang kecanduan banyak yang ragu-ragu yaitu sekitar 11 orang (35%). 9 orang (29%) tidak setuju, dan 7 orang (22,6%) setuju.

E. Kesimpulan

Figur

Tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 25 orang (81%) yang dicari di internet adalah film/lagu

Tabel di

atas menunjukkan bahwa terdapat 25 orang (81%) yang dicari di internet adalah film/lagu p.5

Referensi

Memperbarui...