Rencana Pembangunan dan Rencana Kerja Pemerintah Bab VI Penutup

Teks penuh

(1)

RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD)

PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2016

PENUTUP

(2)

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN VI - 2

RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 201 6

BAB VI

PENUTUP

Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2016 berlaku dari tanggal 1 Januari sampai tanggal 31 Desember 2016. Langkah-langkah persiapan dimulai sejak tanggal ditetapkan hingga pelaksanaannya.

Keberhasilan pelaksanaan RKPD tahun 2016 untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan tergantung pada sikap mental, tekad, semangat, ketaatan dan disiplin para penyelenggara pemerintahan dan dukungan dari para penyelenggara pemerintah, baik pemerintah daerah maupun masyarakat.

Dalam kaitan itu, seluruh penyelenggara pemerintahan, dengan dukungan masyarakat, perlu secara bersungguh-sungguh melaksanakan program dan kegiatan pembangunan sebagaimana yang tertuang dalam RKPD tahun 2016 yang sinergi dan terpadu baik antar maupun inter sektor, agar lebih efektif dan efisien sehingga mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata.

RKPD Provinsi Kalimantan Selatan 2016 merupakan RKPD perdana dan transisi bagi RPJMD 2016-2020 yang menjadi baseline perencanaan pembangunan daerah hingga ditetapkannya RPJMD 2016-2020. Penyusunan RKPD ini menjadi acuan bagi seluruh SKPD dalam menyusun dan melaksanakan rencana kerja sehingga tingkat keberhasilan dari rencana ini akan menentukan pula keberhasilan dari pemerintahan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam pelaksanaannya, RKPD 2016 memerlukan langkah-langkah praktis dan strategis. Beberapa kaidah pelaksanaan yang perlu mendapat perhatian adalah sebagai berikut :

1. RKPD Tahun 2016 sebagai pedoman penyusunan RAPBD, perlu dijabarkan dalam Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KU-APBD) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016 dan Penyusunan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2016. Adapun KU-APBD dan PPA berisi pengelompokan urusan yang bersifat wajib dan/atau pilihan dengan mengacu pada Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 dan Permendagri Nomor 59 Tahun 2007 tentang Revisi Permendagri Nomor 13 Tahun 2006.

2. Untuk menyusun rencana tindak bagi pencapaian prioritas pembangunan dan dalam rangka menjamin terlaksananya kegiatan-kegiatan tersebut, serta untuk terwujudkannya sinergitas semua pihak yang terkait, maka setiap prioritas akan dikoordinasikan oleh masing-masing Asisten Sekretaris Daerah, yaitu :

(3)

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN VI - 2

RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 201 6

Misi I :

Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia, terkait aspek sosial budaya, pemuda & olahraga, serta agama

B. Asisten II Bidang Ekonomi dan Keuangan mengkoordinasikan penyusunan rencana tindak bagi pencapaian :

Misi II :

Mendorong pengembangan perekonomian lokal/daerah (agroindustri, ketahanan pangang, daya beli)

Misi III:

Menunjang / Memfasilitasi Pembangunan dan Pengembangan Kuantitas dan Kualitas Infrastruktur Utama, Infastruktur Dasar, dan Fasilitas Publik Lainnya

Misi IV: .

Mendorong & Memfasilitasi Penurunan Tingkat Degradasi Kuantitas Dan Kualitas SDA Dan LH

C. Asisten III Bidang Administrasi Umum mengkoordinasikan penyusunan rencana tindak bagi pencapaian :

Misi V :

Peningkatan Kualitas, Akuntabilitas Transparansi Kinerja Pemda, …………. dan Peningkatan Pelayanan Publik

3. Masyarakat dan dunia usaha wajib berperan serta dalam pembangunan, baik sebagai pelaksana maupun sebagai pengawas pelaksanaan kebijakan dan program/kegiatan.

4. Untuk menjaga efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program, setiap Kepala SKPD wajib melakukan pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan/kegiatan melalui upaya koreksi dan melaporkannya secara berkala 3 (tiga) bulanan kepada Gubernur melalui Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan.

5. Kepala Bappeda menghimpun dan menganalisis hasil pemantauan pelaksanaan rencana pembangunan/kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing Kepala SKPD.

6. Pada akhir tahun anggaran 2016, setiap Kepala SKPD wajib melakukan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Rencana Pembangunan/Kegiatan Tahun 2016.

(4)

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN VI - 2

RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 201 6

8. Staf Ahli Gubernur ditugaskan untuk turut serta mengawal, mengamati dan memantau pelaksanaan RKPD dan selanjutnya memberikan saran dan pendapat yang konstruktif secara lengkap kepada Gubernur/Wakil Gubernur.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...