Hubungan Patron Klien antara Petani Sawit Lahan Gambut dengan Buruh Tani di Desa Rokan Baru Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir

Teks penuh

(1)

HUBUNGAN PATRON KLIEN ANTARA PETANI SAWIT LAHAN GAMBUT DENGAN BURUH TANI DI DESA ROKAN BARU

KECAMATAN PEKAITAN KABUPATEN ROKAN HILIR

SKRIPSI

Diajukan Oleh:

110901078 WAHYUDI RAMBE

DEPARTEMEN SOSIOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

(2)

ABSTRAK

Sudah menjadi rahasia umum apabila tanaman kelapa sawit mempunyai multipliereffectyang sangat luas bagi perekonomian di negeri ini. Prospek baik yang ditunjukkan oleh kelapa sawit membuat pihak pemerintah, swasta maupun masyarakat sama-sama menjadikan kelapa sawit sebagai “tiket” menuju kedaulatan ekonomi. Berbagai jenis lahan pun dibuka dan dimanfaatkan untuk mengembangbiakkan tanaman ini, termasuk salah satunya yaitu lahan gambut. Di Desa Rokan Baru, hampir seluruh masyarakatnya menggantungkan hidup dengan membudidayakan kelapa sawit di lahan gambut. Uniknya, dalam mengembangkan komoditas kelapa sawit tersebut, hubungan yang bersifat patron klien dibangun oleh beberapa petani pemilik lahan kelapa sawit yang berasal dari dalam desa dengan menjadi buruh tani kepada petani pemilik lahan kelapa sawit yang berasal dari luar desa. Hubungan patron klien yang dibangun ini mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi masyarakat perkebunan kelapa sawit di Desa Rokan Baru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti berusaha untuk menggambarkan pola hubungan patron klien dan implikasi dari hubungan tersebut terhadap kontinuitas usaha dan hubungan antara petani sawit lahan gambut dengan buruh tani.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk memahami permasalahan yang diteliti sehingga dapat memberikan masukan gambaran yang lebih mendalam tentang gejala-gejala dan gambaran yang akan diteliti. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menginterpretasikan pola hubungan patron klien dan implikasi dari hubungan tersebut terhadap kontinuitas hubungan antara petani sawit lahan gambut dengan buruh tani.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Lokasi penelitian adalah di Desa Rokan Baru, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir. Sedangkan interpretasi data dilakukan dengan menggunakan catatan dari setiap hasil turun lapangan.

Dari hasil temuan data di lapangan diketahui bahwa realitas hubungan patron klien yang dinyatakan oleh Scott dengan hubungan patron klien antara petani sawit lahan gambut dengan buruh tani memiliki kesamaan dan perbedaan. Hubunganpatron-klien yang dinyatakan Scott memang terpresentasikan dalam hubungan patron-klien antara petani dengan buruh tani, akan tetapi hubungan di antara keduanya sangat terbatas hanya pada dimensi ekonomi/hubungan kerja dan sosial saja.Hasil temuan juga menunjukkan bahwa tidak selamanya pandangan Scott (1972) mengenai pemenuhan kebutuhan berdimensi kultural dan dimensi obyektif sebagai faktor penentu kontinuitas hubungan patron klien. Akan tetapi terdapat unsur lainnya yang lebih kuat, yaitu ikatan kekerabatan atau kekeluargaan. Sebab, ikatan kekerabatan atau kekeluargaan yang terjalin antara petani dengan buruh tani membuat hubungan patron klien tetap berlanjut meskipun buruh tani tidak loyalitas kepada petani.

(3)

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul “Hubungan Patron Klien antara Petani Sawit Lahan Gambut dengan Buruh Tani di Desa Rokan Baru Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir”, guna memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Skripsi ini penulis persembahkan kepada kedua orang tua penulis yaitu Ayahanda Yanto Rambedan Ibunda Fatimah, sebagai tanda bakti dan rasa terima kasih dari penulis karena ayahanda dan ibunda telah mencurahkan kasih sayang yang tak terhingga dalam membesarkan serta mendidik penulis. Skripsi ini juga penulis persembahkan kepada saudara/i kandung penulis, Jerry FadhliRambe, YusnitaRambe, dan RaysaPinarikRambe, yang selama ini telah memberikan dorongan moral kepada penulis.

(4)

meluangkan waktunya untuk membimbing, mengarahkan, memberikan masukan serta saran dalam penulisan skripsi ini; Bapak Dr. Sismudjito, M.Si, yang telah memberikan masukan-masukan dan pengarahan pada seminar proposal serta pada ujian sidang meja hijau penulis; ucapan terima kasih kepada segenap dosen, staff, dan seluruh pegawai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara; Kepada teman-teman Sosiologi FISIP USU, khususnya teman-teman angkatan 2011 yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang turut membantu penulis dalam kritik, kebersamaan, dan segala dukungannya selama menuntut ilmu di Departemen Sosiologi FISIP USU; Ucapan terima kasih juga penulis ucapkan kepada para informan dan pihak-pihak lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Dalam penulisan skripsi ini, penulis telah berusaha secara maksimal, namun penulis menyadari sepenuhnya bahwa penulisan skripsi ini masih memiliki banyak kekurangan, kesalahan, keterbatasan, baik dari sistematika penulisan, materi, ataupun penyajiannya. Untuk itu saran dan kritik yang konstruktif sangat penulis harapkan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan penulisan skripsi ini. Demikianlah yang dapat penulis sampaikan, harapannya skripsi ini dapat menjadi dasar yang baik untuk penelitian yang akan dilakukan selanjutnya serta bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya, terutama bagi perkembangan bidang keilmuan sosiologi.Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.

Medan,19Oktober 2015 Penulis,

(5)

DAFTAR ISI

Lembar Persetujuan ... i

Abstrak ... ii

Kata Pengantar ... iii

Daftar Isi... v

Daftar Tabel ... vii

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang ... 1

1.2. Rumusan Masalah ... 12

1.3. Tujuan Penelitian... 12

1.4. Manfaat Penelitian... 12

1.5. Definisi Konsep ... 13

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Konsep dan Pola Hubungan Patron-Klien ... 17

2.2. Implikasi Hubungan Patron-Klien ... 24

2.3. Struktur Masyarakat Agraris ... 25

BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Jenis Penelitian ... 29

3.2. Lokasi Penelitian ... 29

3.3. Unit Analisis dan Informan ... 30

3.4. Teknik Pengumpulan Data ... 31

3.5. Interpretasi Data ... 32

3.6. Jadwal Penelitian ... 33

3.7. Keterbatasan Penelitian ... 33

BAB IV DESKRIPSI DAN HASIL ANALISIS DATA 4.1. Deskripsi Lokasi Penelitian ... 35

4.1.1. Sejarah Desa Rokan Baru ... 35

4.1.2. Letak Geografis ... 37

4.1.3. Komposisi Penduduk ... 38

4.1.4. Kebudayaan ... 40

4.1.5. Struktur Masyarakat Pertanian Desa Rokan Baru ... 41

4.2. Interpretasi Data Penelitian ... 48

4.2.1. Karakteristik Sosial Ekonomi Petani dan Buruh Tani Sebagai Bagian Dari Struktur Masyarakat Pertanian Desa Rokan Baru ... 48

4.2.2. Pola Hubungan Patron Klien antara Petani dengan Buruh Tani ... 55

4.2.3. Arus Pertukaran Barang atau Jasa ... 70

4.2.4. Eksploitasi danKontinuitas Hubungan Antara Petani (Patron) denganBuruh Tani (Klien) ... 73

BAB V PENUTUP 5.1. Kesimpulan... 80

(6)
(7)

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Jadwal Pelaksanaan Penelitian ... 33

Tabel 4.1 Rombongan Transmigrasi yang Didatangkan ke Desa RokanBaru Tahun 1880-1982 ... 35

Tabel 4.2 Jumlah Penduduk Berdasarkan Dusun ... 39

Tabel 4.3 Jumlah Penduduk Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin ... 40

Tabel 4.4 Jumlah Penduduk Berdasarkan Mata Pencaharian ... 39

Tabel 4.8 Profil Petani Kelapa Sawit dari Luar Desa Rokan Baru Berdasarkan Asal... 49

Tabel 4.9 Profil Petani Kelapa Sawit dari Luar Desa Rokan Baru Berdasarkan Luas Lahan dan Penghasilan ... 51

Tabel 4.10 Jenis Usaha/ Pekerjaan Lain yang Dimiliki Petani ... 52

Tabel 4.11 Luas Lahan Buruh Tani ... 53

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...