PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR UNIT LAYANAN PENGADAAN TAHUN ANGGARAN 2012 POKJA PENGADAAN V (BARANG DAN JASA LAINNYA)

Teks penuh

(1)

PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

UNIT LAYANAN PENGADAAN TAHUN ANGGARAN 2012 POKJA PENGADAAN V (BARANG DAN JASA LAINNYA)

Sekretariat : Lantai II Bagian Umum Setda Kabupaten Kotawaringin Timur, Jalan Jend. Sudirman No. 1 Telp. (0531) 21050 SAMPIT

BERITA ACARA PEMBERIAN PENJELASAN (AANWIJZING)

Nomor : 027 / 16 - BAPP / LU / ULP - POKJA V / III / 2011

Pada hari ini Senin tanggal Dua Puluh Enam bulan Maret tahun Dua Ribu Dua Belas, bertempat di Sekretariat Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Kotim Kelompok Kerja (Pokja) Pengadaan V, berdasarkan pengumuman Pengadaan Barang/Jasa tanggal Sembilan Belas bulan Maret Tahun Dua Ribu Dua Belas, telah dilaksanakan Rapat Pemberian Penjelasan (Aanwijzing) untuk paket pekerjaan pelelangan umum sebagai berikut :

No. Nama Paket Pekerjaan Pagu Anggaran Nilai Total HPS SKPD Sumber Dana

1. Belanja Cetak Rp. 241.237.000,- Rp. 216.061.000,- RSUD Dr. Murjani

Sampit

APBD Kab. Kotim TA. 2012

2. Belanja Jasa Tenaga

Kebersihan dan Pembantu Umum di Sekretariat Daerah, Rujab KDH, dan Rujab Wakil KDH

Rp. 763.200.000,- Rp. 572.400.000,- Setda Kab. Kotim APBD Kab.

Kotim TA. 2012

3. Belanja Jasa Tenaga

Pemelihara Taman di Rujab KDH, Rujab Wakil KDH dan Sekretariat Daerah

Rp. 360.000.000,- Rp. 270.000.000,- Setda Kab. Kotim APBD Kab.

Kotim TA. 2012

4. Belanja Jasa Tenaga Tata

Boga dan Tenaga Loundry di Rujab KDH dan Rujab Wakil KDH

Rp. 288.000.000,- Rp. 216.000.000,- Setda Kab. Kotim APBD Kab.

Kotim TA. 2012

Rapat dipimpin oleh Ketua Kelompok Kerja Pengadaan V untuk menyampaikan penjelasan secara rinci pekerjaan tersebut diatas kepada para Calon Penyedia Barang/Jasa yang hadir. Pokok penjelasan dan penambahan serta perubahannya telah dilaksanakan dan disepakati bersama dalam rapat Penjelasan Pekerjaan, kesepakatan-kesepakatan dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

(1). Penjelasan Umum

a. Penyelenggaraan pekerjaan ini mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah termasuk lampiran-lampirannya, serta ketentuan lain yang tidak bertentangan;

b. Pengadaan Barang/Jasa Lainnya ini sangat diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten Kotim, kepada Penyedia Barang/Jasa Lainnya yang akan mendapatkan pekerjaan ini diminta betul-betul memperhatikan ketentuan-ketentuan spesifikasi dalam dokumen pengadaan pekerjaan ini; c. Metoda Pelelangan ini adalah Pelelangan umum dengan Pascakualifikasi, mengingat pengadaan

ini tidak termasuk kriteria pekerjaan kompleks, dimana dalam metoda ini peserta pelelangan yang akan dinilai kualifikasinya adalah 3 (tiga) peserta yang harga penawarannya terendah dan memenuhi syarat administrasi dan teknis;

d. Untuk memudahkan pemeriksaan dan bahan klarifikasi, sebaiknya copy data-data Calon Penyedia Barang/Jasa Lainnya dilampirkan, meskipun persyaratan ini tidak diharuskan sesuai ketentuan;

e. Setiap Peserta Pengadaan, baik atas nama sendiri maupun sebagai anggota Kemitraan hanya diperbolehkan untuk menyampaikan satu penawaran. Peserta Pengadaan yang menyampaikan lebih dari satu penawaran akan digugurkan.

f. Peserta Pengadaan Barang/Jasa Lainnya yang tidak mengikuti rapat penjelasan pekerjaan ini dianggap telah mengerti, memahami Dokumen Pengadaan dan oleh karenanya dianggap menyetujui hasil penjelasan ini;

g. Dalam hal peserta tidak hadir sebagaimana butir diatas, kepadanya tidak dilarang untuk memasukan Dokumen Penawaran dengan catatan telah mendaftar dan mengambil Dokumen Pengadaan sebelumnya;

(2). Penjelasan Dokumen Pengadaan

(2)

- 2 -

b. Cara Penyampaian Dokumen Penawaran :

(1). Dokumen Penawaran disampaikan sebanyak 2 (dua) rangkap, yang terdiri dari: dokumen asli 1 (satu) rangkap dan salinannya 1 (satu) rangkap ditandai “ASLI” dan “REKAMAN”.

(2). Dokumen penawaran dimasukkan dalam sampul dan ditulis “Dokumen Penawaran” dan ditulis nama paket pekerjaan ……… (sesuai paket pekerjaan yang diikuti), nama dan alamat peserta, serta ditujukan kepada Yth. Pokja V – ULP Kabupaten Kotawaringin Timur TA. 2011 dengan alamat Sekretariat Daerah Kab. Kotawaringin Timur Jln. Jend. Sudirman No. 01 Telp.(0531)21050 Sampit.

(3).Peserta menyampaikan langsung Dokumen Penawaran kepada Pokja ULP sesuai jadwal yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan, dan Pokja ULP memasukkan kedalam kotak/tempat pemasukan.

(4).Peserta dapat menyampaikan Dokumen Penawaran melalui pos/jasa pengiriman dengan ketentuan sudah diterima Pokja ULP sebelum batas akhir pemasukkan penawaran serta segala resiko keterlambatan dan kerusakan menjadi resiko peserta.

(5).Dalam hal Dokumen Penawaran disampaikan melalui pos/jasa pengiriman, maka sampul penutup dimasukkan ke dalam sampul luar yang mencantumkan nama paket pekerjaan dan alamat Pokja ULP.

(6).Untuk Dokumen Penawaran yang diterima melalui pos/jasa pengiriman :

- Pokja ULP mencatat waktu dan tanggal penerimaan Dokumen Penawaran pada sampul luar dan memasukkan ke dalam kotak/tempat pemasukkan; dan

- Apabila terlambat diterima, Pokja ULP membuka sampul luar untuk mengetahui alamat peserta. Pokja ULP segera memberitahukan kepada peserta yang bersangkutan untuk mengambil kembali seluruh Dokumen Penawaran. Pengembalian Dokumen Penawaran disertai dengan bukti serah terima.

(7).Penarikan, penggantian, pengubahan, atau penambahan Dokumen Penawaran harus disampaikan secara tertulis dan disampul serta diberikan tanda dengan penambahan pencantuman kata “PENARIKAN”, “PENGGANTIAN”, PENGUBAHAN’ atau “PENAMBAHAN”, sesuai dengan isi sampul tanpa mengambil Dokumen Penawaran yang sudah disampaikan sebelumnya.

(8).Pokja ULP membuat tanda terima Dokumen Penawaran.

(9).Pokja ULP menolak semua dan/atau sebagian tambahan Dokumen Penawaran yang masuk setelah batas akhir pemasukan penawaran.

(10).Pada batas akhir pemasukan penawaran, salah satu anggota Pokja ULP menutup pemasukan penawaran dengan mencoret tepat dibawah daftar peserta terakhir serta membubuhkan tanda tangan.

(11).Segera setelah batas akhir pemasukan penawaran, ULP menyatakan kepada peserta bahwa saat pemasukan penawaran telah ditutup sesuai waktunya, menolak Dokumen Penawaran yang terlambat dan/atau sebagian tambahan Dokumen Penawaran, serta membuka Dokumen Penawaran yang masuk.

(12).Tidak diperkenankan mengubah tempat dan waktu batas akhir pemasukan penawaran kecuali keadaan kahar. Apabila terpaksa dilakukan perubahan tempat dan waktu batas akhir pemasukan penawaran maka perubahan tersebut harus dituangkan dalam Adendum Dokumen Pemilihan dan disampaikan kepada seluruh peserta.

c. Kelengkapan yang harus dilampirkan bersama Dokumen Penawaran : (1). Surat Penawaran;

(2). Jaminan Penawaran Asli; (3). Perincian Penawaran; (4). Daftar kuantitas dan harga; (5). Surat Kuasa (apabila ada);

(6). Surat Perjanjian Kemitraan/Kerja Sama Operasi (apabila ada); (7). Dokumen Penawaran Teknis;

(8). Dokumen Isian Kualifikasi (Formulir Isian Kualifikasi dan Pakta Integritas yang telah ditandatangani)

(3)

- 3 -

d. Pembukaan Dokumen Penawaran;

(1). Dokumen Penawaran dibuka dihadapan peserta pada waktu dan tempat sesuai ketentuan dalam Dokumen Pengadaan (Kamis, 29 Maret 2012 Jam. 12.00 WIB Tempat : Sekretariat Pokja V-ULP);

(2). Ketidakhadiran peserta pada saat pembukaan Dokumen Penawaran tidak boleh dijadikan dasar untuk menolak/menggugurkan penawaran;

(3). Perwakilan peserta yang hadir pada saat pembukaan Dokumen Penawaran menunjukkan tanda pengenal dan surat tugas kepada Pokja ULP;

(4). Bagi peserta perorangan yang hadir pembukaan Dokumen Penawaran tidak boleh diwakilkan, dan menunjukkan tanda pengenal kepada Pokja ULP.

(5). Pembukaan Dokumen Penawaran dilakukan pada hari yang sama segera setelah batas akhir pemasukan penawaran, yang dihadiri paling kurang 2 (dua) peserta sebagai saksi. (6). Apabila tidak ada peserta atau hanya ada 1 (satu) peserta sebagai saksi, maka ULP

menunda pembukaan Dokumen Penawaran selama 2 (dua) jam.

(7). Apabila setelah ditunda selama 2 (dua) jam, hanya ada 1 (satu) atau tidak ada peserta sebagai saksi, maka pembukaan Dokumen Penawaran tetap dilanjutkan dengan menunjuk saksi tambahan di luar Pokja ULP yang ditunjuk oleh Pokja ULP.

(8). Pokja ULP membuka kotak/tempat pemasukan Dokumen Penawaran dihadapan para peserta.

(9). Pokja ULP meneliti isi kotak/tempat pemasukan Dokumen Penawaran dan menghitung jumlah Dokumen Penawaran yang masuk dihadapan peserta.

(10). Apabila penawaran yang masuk kurang dari 3 (tiga) peserta maka pelelangan dinyatakan gagal.

(11). Dokumen penawaran dengan sampul bertanda “PENARIKAN”, “PENGGANTIAN”, “PENGUBAHAN”, atau ”PENAMBAHAN”, harus dibuka dan dibaca terlebih dahulu.

(12). Dokumen penawaran yang telah masuk tidak dibuka apabila dokumen dimaksud telah disusuli dokumen dengan sampul bertanda “PENARIKAN”.

(13). Pokja ULP membuka sampul Dokumen Penawaran di hadapan peserta, kemudian dijadikan lampiran Berita Acara Pembukaan Dokumen Penawaran.

(14). Pokja ULP memeriksa dan menunjukkan dihadapan peserta mengenai kelengkapan Dokumen Penawaran yang meliputi:

a. surat penawaran yang di dalamnya tercantum masa berlaku penawaran dan mencantumkan harga penawaran;

b. Jaminan Penawaran asli;

c. rincian harga penawaran (daftar kuantitas dan harga), apabila diperlukan;

d. surat kuasa dari pemimpin/direktur utama perusahaan kepada penerima kuasa yang namanya tercantum dalam akta pendirian atau perubahannya (apabila dikuasakan); e. surat perjanjian kemitraan/kerja sama operasi (apabila ada);

f. dokumen penawaran teknis; h. dokumen isian kualifikasi; dan

i. dokumen lainnya yang dipersyaratkan dalam Dokumen Pengadaan (apabila ada).

15). ULP tidak boleh menggugurkan penawaran pada waktu pembukaan penawaran kecuali untuk yang terlambat memasukkan penawaran.

16). Salah satu anggota pokja ULP bersama 1 (satu) orang saksi memaraf Dokumen Penawaran asli yang bukan miliknya.

17). ULP segera membuat Berita Acara Pembukaan Dokumen Penawaran yang paling sedikit memuat:

a) jumlah Dokumen Penawaran yang masuk;

b) jumlah Dokumen Penawaran yang lengkap dan tidak lengkap;

c) kelainan-kelainan yang dijumpai dalam Dokumen Penawaran; (apabila ada) d) keterangan lain yang dianggap perlu;

e) tanggal pembuatan Berita Acara; dan

f) tanda tangan anggota pokja ULP dan wakil peserta yang hadir atau saksi yang ditunjuk oleh ULP bila tidak ada saksi dari peserta.

18). Dalam hal terjadi penundaan waktu pembukaan penawaran,maka penyebab penundaan tersebut harus dimuat dengan jelas dalam Berita Acara.

19). Setelah dibacakan dengan jelas, Berita Acara ditandatangani oleh anggota pokja ULP yang hadir dan 2 (dua) orang saksi.

(4)

- 4 -

20). Berita Acara dilampiri Dokumen Penawaran.

21). Salinan Berita Acara dibagikan kepada peserta yang hadir tanpa dilampiri Dokumen Penawaran dan ULP dapat mengunggah salinan tersebut melalui website K/L/D/I masing- masing yang dapat diunduh oleh peserta.

e. Metode Evaluasi :

1). Metode Evaluasi Penawaran yang digunakan adalah penilaian sistem gugur 2). Sebelum evaluasi penawaran, dilakukan koreksi aritmatik dengan ketentuan:

a). volume pekerjaan yang tercantum dalam daftar kuantitas dan harga disesuaikan dengan yang tercantum dalam Dokumen Pemilihan;

b). apabila terjadi kesalahan hasil perkalian antara volume dengan harga satuan pekerjaan maka dilakukan pembetulan, dengan ketentuan harga satuan pekerjaan yang ditawarkan tidak boleh diubah; dan

c). jenis pekerjaan yang tidak diberi harga satuan dianggap sudah termasuk dalam harga satuan pekerjaan yang lain dan harga satuan pada daftar kuantitas dan harga tetap dibiarkan kosong.

3). Hasil koreksi aritmatik dapat mengubah nilai penawaran sehingga urutan peringkat dapat menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari urutan peringkat semula.

4). Koreksi aritmatik untuk penawaran kontrak lump sump yang melampirkan daftar kuantitas dan harga hanya dilakukan untuk menyesuaikan volume pekerjaan yang tercantum dalam daftar kuantitas dan harga dengan yang tercantum dalam Dokumen Pemilihan tanpa mengubah nilai penawaran.

5). Pelaksanaan evaluasi dilakukan ULP terhadap 3 (tiga) penawaran terendah setelah koreksi aritmatik.

6) Apabila setelah koreksi aritmatik terdapat kurang dari 3 (tiga) penawar yang menawar harga kurang dari HPS maka proses lelang tetap dilanjutkan dengan melakukan evaluasi penawaran.

7) ULP melakukan evaluasi penawaran yang meliputi: a) evaluasi administrasi;

b) evaluasi teknis; dan c) evaluasi harga.

8) Para pihak dilarang mempengaruhi atau melakukan intervensi kepada Pokja ULP selama proses evaluasi.

9). Ketentuan umum dalam melakukan evaluasi selanjutnya mengacu kepada Dokumen Pengadaan.

f. Hal-hal yang menggugurkan penawaran : 1). Surat penawaran tidak ditandatangani oleh :

- Direktur utama/pimpinan perusahaan;

- Penerima kuasa dari direktur utama/pimpinan perusahaan yang nama penerima kuasanya tercantum dalam akte pendirian atau perubahannya;

- Kepala cabang perusahaan yang diangkat oleh kantor pusat yang dibuktikan dengan dokumen otentik;

- Pejabat yang menurut perjanjian kerja sama berhak mewakili perusahaan yang bekerja sama.

2). Jangka waktu berlakunya surat penawaran kurang dari waktu yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan.

3). Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan yang ditawarkan melebihi jangka waktu yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan.

4). Surat jaminan penawaran tidak diterbitkan olen Bank Umum, perusahaan penjaminan atau perusahaan asuransi yang mempunyai program asuransi kerugian (suretyship)sebagaimana yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan.

5). Masa berlaku surat jaminan penawaran kurang dari waktu yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan.

6). Nama peserta tidak sama dengan nama yang tercantum dalam surat Jaminan Penawaran. 7). Besaran Nilai Jaminan Penawaran kurang dari nilai jaminan yang ditetapkan dalam Dokumen

Pengadaan.

8). Besaran nilai Jaminan Penawaran tidak dicantumkan dalam angka dan huruf.

9). Nama Pokja ULP yang menerima Jaminan Penawaran tidak sama dengan nama ULP yang mengadakan pelelangan;

(5)

- 5 -

10). Paket pekerjaan yang dijamin tidak sama dengan paket pekerjaan yang dilelangkan.

11). Penawaran tidak lulus dalam persyaratan/evaluasi penawaran (administrasi, teknis, harga dan Kualifikasi) seperti ketentuan yang ada dalam Dokumen Pengadaan.

g. Jenis kontrak yang akan digunakan :

1). Jenis kontrak yang akan digunakan dalam pelelangan ini berdasarkan cara pembayaran kontrak adalah Kontrak Lumpsum.

h. Ketentuan dan cara evaluasi berkenaan dengan preferensi harga atas penggunaan produksi dalam negeri:

1). Preferensi harga untuk barang/jasa dalam negeri diberlakukan pada pengadaan barang/jasa yang dibiayai rupiah murni tetapi hanya berlaku untuk pengadaan barang/jasa bernilai diatas Rp. 5.000.000.000,00 (Lima Miliar Rupiah), sesuai dengan Perpres No. 54 Tahun 2010 pasal 98 ayat (2) dan ketentuan dalam Dokumen Pengadaan.

i. Ketentuan tentang penyesuaian harga :

1). Penyesuaian harga diberlakukan terhadap Kontrak Tahun Jamak berbentuk Kontrak Harga Satuan berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang telah tercantum dalam Dokumen Pengadaan dan/atau perubahan Dokumen Pengadaan (ayat 1.a pasal 92 Perpres No. 54 Tahun 2010).

j. Ketentuan dan cara sub kontrak sebagian pekerjaan kepada usaha mikro dan usaha kecil serta koperasi kecil :

1). Apabila penyedia yang ditunjuk adalah penyedia Usaha Mikro, Usaha Kecil dan koperasi kecil, maka dalam kontrak dimuat ketentuan bahwa pekerjaan tersebut harus dilaksanakan sendiri oleh penyedia yang ditunjuk dan dilarang diserahkan atau disubkontrakkan kepada pihak lain.

2). Apabila penyedia yang terpilih adalah penyedia bukan Usaha Mikro, Usaha Kecil dan koperasi kecil, maka dalam kontrak dimuat:

a. penyedia wajib bekerja sama dengan penyedia Usaha Mikro, Usaha Kecil dan koperasi kecil, antara lain dengan mensubkontrakkan sebagian pekerjaannya;

b. dalam melaksanakan kewajiban di atas penyedia terpilih tetap bertanggungjawab penuh atas keseluruhan pekerjaan tersebut;

c. bentuk kerjasama tersebut hanya untuk sebagian pekerjaan yang bukan pekerjaan utama; dan

d. membuat laporan periodik mengenai pelaksanaan ketetapan di atas. k. Besaran, masa berlaku dan penjamin yang dapat mengeluarkan jaminan

1). Besaran Nilai Jaminan Penawaran yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan sebesar 2% x HPS, yaitu sebagai berikut :

No. Nama Paket Pekerjaan Pagu Anggaran Nilai Total HPS Nilai Jaminan Penawaran Masa Berlaku Jaminan Penawaran

SKPD 1. Belanja Cetak Rp 241.237.000 Rp 216.061.000 Rp 4.321.220 60 Hari Kalender RSUD Dr. Murjani Sampit

Rp 4.320.000 4. Belanja Jasa Tenaga Tata Boga dan Tenaga Loundry

di Rujab KDH dan Rujab Wakil KDH

Rp 288.000.000 Rp 216.000.000 Setda Kab. Kotim

60 Hari Kalender

60 Hari Kalender

60 Hari Kalender Rp 11.448.000

Rp 5.400.000 2. Belanja Jasa Tenaga Kebersihan dan Pembantu

Umum di Sekretariat Daerah, Rujab KDH, dan Rujab Wakil KDH

Rp 763.200.000 Rp 572.400.000 Setda Kab. Kotim

3. Belanja Jasa Tenaga Pemelihara Taman di Rujab KDH, Rujab Wakil KDH dan Sekretariat Daerah

Rp 360.000.000 Rp 270.000.000 Setda Kab. Kotim

2). Besaran nilai jaminan pelaksanaan untuk nilai penawaran terkoreksi antara 80% (delapan puluh perseratus) sampai dengan 100% (seratus perseratus) dari nilai total HPS adalah sebesar 5 % (lima perseratus) dari nilai kontrak.

3). Besaran nilai jaminan pelaksanaan untuk nilai penawaran terkoreksi dibawah 80 % dari nilai total HPS adalah sebesar 5 % (lima perseratus) dari nilai total HPS.

(6)

- 6 -

5).Penyedia Barang/Jasa yang mengajukan sanggah banding wajib menyerahkan jaminan sanggahan banding yang berlaku 20 (dua puluh) hari kerja sejak pengajuan sanggahan banding. PPK/PPTK Kegiatan/Pekerjaan, Panitia, dan Calon Rekanan yang diwakilkan oleh peserta Aanwizing Sepakat untuk besaran Nilai Jaminan Sanggah Banding semua paket pekerjaan sebesar Rp. 7.500.000,- (Terbilang : Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

6). Surat jaminan diterbitkan olen Bank Umum, perusahaan penjaminan atau perusahaan asuransi yang mempunyai program asuransi kerugian (suretyship) sebagaimana yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan.

(3). Penjelasan Tambahan :

a. Dari PPK/PPTK Kegiatan/Pekerjaan : semua barang/pekerjaan yang ditawarkan oleh rekanan harus sesuai dengan spesifikasi/bahan yang dimintakan pada Dokumen Pengadaan sehingga mendapatkan barang/pekerjaan yang baik dan berkualitas.

b. Dari PPK/PPTK Kegiatan/Pekerjaan : semua ketentuan mengenai pelaksanaan pengadaan barang/jasa lainnya yang ditawarkan oleh rekanan harus sesuai dengan ketentuan yang dimintakan pada Dokumen Pengadaan (masa berlaku surat penawaran, masa berlaku jaminan penawaran, jangka waktu pelaksanaan pekerjaan, dan lain-lain).

c. Total harga akhir yang merupakan nilai penawaran atau total harga akhir penawaran dibulatkan dalam ribuan rupiah kebawah, misalnya Jumlah Penawaran sebelum dibulatkan sebesar Rp. 299.678.901,23 dibulatkan menjadi Rp. 299.678.000,00;

d. Formulir Isian Kualifikasi peserta pengadaan harus melampirkan foto copy data-data yang masih berlaku yaitu : SITU, HO, SIUP, NPWP, Tanda Daftar Perusahaan ( TDP ) dan Akte Pendirian Perusahaan/Perubahan Terakhir, SPT tahunan serta laporan bulanan PPh Pasal 21, PPh Pasal 23 (bila ada transaksi), PPh Pasal 25/Pasal 29 dan PPN (bagi Pengusaha Kena Pajak) paling kurang 3 (tiga) bulan terakhir dalam tahun berjalan atau persyaratan tersebut dapat diganti dengan menyerahkan Surat Keterangan Fiskal, KTP Calon Penyedia Barang/Jasa Lainnya, Surat Keterangan Domisili.

e. Para peserta penyedia barang/jasa lainnya, Pokja V-ULP Kab. Kotim dan PPK/PPTK Kegiatan sepakat bahwa waktu/jam yang dipergunakan dalam proses pengadaan barang/jasa lainnya adalah waktu/jam yang ada pada jam dinding disekretariat Pokja V-ULP Kab. Kotim.

f. Dari PPK/PPTK Kegiatan/Pekerjaan Pekerjaan Belanja Peralatan Kebersihan dan Bahan Pembersih, di tambahkan Surat Dukungan dari Distributor/Agen/Suplier/Toko untuk ketersedian barang hal ini diperlukan untuk menjamin kelancaran proses pelaksanaan dimaksud

(4). Tanya – Jawab :

a. Sulthan Noor dari CV. KETAPANG PERMAI, Paket Pekerjaan Belanja Peralatan Kebersihan dan Bahan Pembersih :

Pertanyaan : 1. Dalam Spesifikasi Teknis Barang pada Bab 12 SBD Huruf B. Belanja Bahan Pembersih Angka 19. Kapur Baru dalam Spesifikasi tertulis bungkus, sedangkan dalam satuan tertulis buah (140)

2. Dalam Spesifikasi Teknis Barang pada Bab 12 SBD Huruf B. Belanja Bahan Pembersih Angka 3. Sabun cair spesifikasi 900 ml, sedangkan pada Survey Pasar yang dilakukan / menurut saya (Sulthan Noor) produk dengan spesifikasi tersebut telah discontinue / tidak diproduksi lagi.

Jawab(PPTK) 1. Pengertian antara bungkus dan buah adalah identik / sama, hanya perbedaan penulisan antara DPA dan spek di lapangan

2. Hasil survey pasar dari PPTK masih ditemukan Sabun cair dengan spesifikasi 900 ml, sehingga kesimpulan tetap memakai SBD/RKS yang ada

b. HM. THOIYIB dari CV. GUSTI AKBAR, Paket Pekerjaan Belanja Peralatan Kebersihan dan Bahan Pembersih :

Pertanyaan : 1. Apakah di perlukan Jaminan Purna Jual untuk paket dimaksud 2. Apakah di perlukan data personel Tenaga Ahli untuk paket dimaksud 3. Apakah diperlukan brosur untuk barang – barang pada paket dimaksud

Jawab(PPTK) 1. Jaminan purna jual tidak diperlukan namun untuk barang – barang yang kadaluwarsa pada saat Serah Terima Barang harus dilaukan pergantian barang baru oleh Pihak Penyedia

2. Data Personel Tenaga Ahli di perlukan untuk kegiatan – kegiatan yang bersifat teknis dan akan di jelaskan di RKS / SBD, untuk kegiatan ini tidak diperlukan Tenaga Ahli

3. Pada surat penawaran diperlukan brosur / gambar dan disebutkan merk produk yang di tawarkan, sehingga barang yang ditawarkan dan yang akan diadakan sesuai

(7)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...