Strategi Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Dalam Usaha Meningkatkan Arus Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Samosir

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

STRATEGI DINAS PARIWISATA SENI DAN BUDAYA DALAM USAHA

MENINGKATKAN ARUS KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN

SAMOSIR

Nama : Peselia Yenita Sagala NIM : 130903197

Departemen : Ilmu Administrasi Negara Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pembimbing : Drs. Rasudyn Ginting, M.Si

Kabupaten Samosir merupakan Kabupaten yang dikenal sebagai daerah yang memiliki potensi wisata. Kabupaten Samosir memiliki bentuk daya tarik wisata kawasan budaya, kawasan lindung, kawasan alam binaan, dan kawasan terbuka. Unggulnya sektor pariwisata di Kabupaten Samosir tidak lepas dari campur tangan pemerintah daerah khusunya Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Samosir. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Seni dan Budaya menetapkan visi Samosir Menjadi Daerah Tujuan Pariwisata dengan Daya Tarik Wisata Berbasis Ekowisata yang Berdaya Saing.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Dinas Pariwisata Seni dan Budaya dalam usaha meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Kabuapten Samosir. Dan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya dalam usaha meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Kabuapten Samosir.

Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat. Informan dalam penelian adalah Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, Kepala bidang pengembangan wisata, Kepala bidang pemasaran wisata, yang berkaitan langsung dengan topik penelitian ini. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi melalui dokumen-dokumen tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis SWOT dengan memperhatikan keseluruhan aspek internal dan eksternal organisasi yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya dalam usaha meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Kabupaten Samosir sudah baik, tetapi belum cukup optimal hal ini dikarenakan kurangnya dana operasional, masyarakat Samosir yang kurang terbuka terhadap hal-hal baru. Sehingga faktor-faktor tersebut menjadi hambatan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya dalam usaha meningkatkan arus kunjugan wisatawan di Kabupaten Samosir.

Kata kunci: Strategi, Analisis SWOT.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...