Perancangan Desain Poster Acara 9 Coustic Oleh Radio 99 ERS PT. Radio Swara Miliard Artha

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

Pada jaman modern sekarang ini, peran desain bisa dikatakan sangat penting. Desain bisa digunakan sebagai sarana informasi dan sarana promosi kepada publik yang cukup ampuh.

Tiap perusahaan berlomba untuk memasarkan dan mempromosikan produk yang mereka punyai lewat media-media promosi seperti media cetak, media elektronik dan lainnya. Disini peranan desainer sangatlah penting. Dimana dituntut untuk bisa kreatif dalam strategi promosi untuk memasarkan produk tersebut agar konsumen dapat tertarik untuk membeli.

Salah satu cara promosi yang cukup ampuh adalah dengan iklan di televisi. Dimana rata-rata konsumen suka menonton televisi. Dengan media promosi ini, biasanya konsumen akan tertarik untuk mencoba. Tapi pemasangan iklan di televisi saja tidak cukup, dan alternatif lain yang cukup ampuh adalah dengan memasang iklan di media cetak. Seperti brosur, poster dan media cetak lainnya.

(2)

ABSTRACT

In this modern era, the role of design can be said to be very important. Design can be used as a means of information and means of promotion to the public is quite powerful.

Each competing company to market and promote products that they have through media campaigns such as print media, electronic media and others. Here the role of designers is very important. Where required to be creative in promotional strategies to market the product so that consumers maybe interested in purchasing.

One way is powerful enough campaign with advertisements on television. Where the average consumer likes to watch television. With this media campaign, consumers typically will be interested to try. But advertising on television is not enough, and sufficiently powerful alternative that is by advertising in print media. Such as brochures,posters and other print media.

(3)

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Pada jaman modern sekarang ini, peran desain bisa dikatakan sangat penting. Desain bisa digunakan sebagai sarana informasi dan sarana promosi kepada publik yang cukup ampuh.

Tiap perusahaan berlomba untuk memasarkan dan mempromosikan produk yang mereka punyai lewat media-media promosi seperti media cetak, media elektronik dan lainnya. Disini peranan desainer sangatlah penting. Dimana dituntut untuk bisa kreatif dalam strategi promosi untuk memasarkan produk tersebut agar konsumen dapat tertarik untuk membeli.

Salah satu cara promosi yang cukup ampuh adalah dengan iklan di televisi. Dimana rata-rata konsumen suka menonton televisi. Dengan media promosi ini, biasanya konsumen akan tertarik untuk mencoba. Tapi pemasangan iklan di televisi saja tidak cukup, dan alternatif lain yang cukup ampuh adalah dengan memasang iklan di media cetak. Seperti brosur, poster dan media cetak lainnya.

(4)

1.2. Waktu dan Pelaksanaan Kerja Praktek 1.2.1 Waktu Kerja Praktek

Waktu pelaksanaan kerja praktek berlangsung selama kurang lebih 3 Bulan, terhitung dari mulai tanggal 23 Maret 2011 sampai dengan 2 Mei 2011. Atas kesepakatan bersama, praktikan melaksanakan Kerja Praktek setiap hari Senin dan Selasa, Rabu, kamis, per-minggunya.

1.2.2 Tempat Pelaksanaan Kerja Praktek

Praktikan melaksanakan Kerja Praktek di PT. SWARA MILIARD ARTHA (RADIO 99ERS) di BRI Tower 14th Floor Jl. Asia Afrika No. 57 – 59, Bandung 40111

1.3. Tujuan Pelaksanaan Kerja Praktek

Tujuan kerja praktek di Radio 99ers Bandung adalah selain untuk menjalankan mata kuliah kerja praktek yang didapat praktikan sebagai salah satu mata kuliah yang wajib dilaksanakan, tetapi juga untuk membantu pihak Radio 99ers dalam memberikan sarana promosi kepada publik.

Dengan keahlian praktikan dibidang Desain Komunikasi Visual, praktikan membuat beberapa media sarana promosi publik seperti, poster event dan iklan di sebuah majalah. Beberapa media tersebut merupakan sarana promosi yang cukup efektif dalam menyampaikan informasi kepada mayarakat luas, agar masyarakat dapat dapat tertarik terhadap produk yang di tawarkan maupun publik dapat mendapatkan sebuah informasi.

(5)

BAB II

TINJAUAN PT. RADIO SWARA MILIARD ARTHA

2.1 Sejarah Perusahaan

(6)

yaitu PT. Radio Swara Milliard Artha. Ninetyniners Radio 100 FM (99ers radio 100 FM) Bandung berada di BRI Tower Lantai 14 Jln. Asia Afrika No. 55-59 Bandung. Seperti halnya Radio Ninetyniners, memiliki konsep dasar sehingga selalu berpikiran untuk selangkah lebih baik dari yang sudah ada dan mempunyai nilai yang lebih positif, dan itulah merupakan sebuah janji.

2.2 Profil Perusahaan

Nama Perusahaan : RADIO 99ERS 100FM BANDUNG Bidang Perusahaan : Jasa Periklanan dan Media Komunikasi

Radio Frequency : 100FM Call Station : 99ERS

Statement Positioning : The Fungky Station Audience Call : 99ERS

Announcer Call : Fungky DJ

Slogan : Keep fungky, Be yourself, no matter what They say

Management : PT. Radio Swara Milliard Artha

Alamat : BRI Tower 14th Floor Jl. Asia Afrika No. 57- 59, Bandung 40111

Telp/Fax : 022 – 4222 666 / 022 – 421 9990 Hotline     :   0812 234 9999

(7)
(8)

2.2.2 Visi dan Misi Ninetyniners Radio 100 FM Bandung - Visi

ƒ Menjadi media promosi bagi kebutuhan periklanan perusahaan di kota Bandung Jakarta & sekitarnya.

- Misi

• Menjalin kerjasama dengan para pelaku bisnis/ klien.

• Memberikan info untuk pembaca dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dicerna. • Menyediakan sarana promosi bermutu. • Menyediakan pelayanan terbaik. • Memberikan informasi dengan mudah.

2.2.3 Pendengar

- Umur : 15 – 24 tahun

- S.E.S. : AB+ (Kapasitas pengeluaran Rp. 1juta/bln.)

- Gaya hidup : Aktif, Dinamis, Gaul, Modern, Konsumtif, High Brand Awarness, dan berdaya beli tinggi (high buying dan Spending power)

(9)

2.2.4 Format Siaran

Musik : Top 40 (Hits Player Radio) Proporsi : 70% Barat dan 30% Indonesia

Program Harian :

Tabel II.1 Format siaran Radio 99ers

2.2.5 Diskripsi Program Harian Ninetyniners Radio

1. Fungky Siaran Paginya Kamu (Fungky Siapa Kamu) Program siaran oleh 3 (tiga) orang pelajar SMU/Setingkat yang mewakili sekolahnya. Acaranya digelar selama 1 jam mulai jam 05.00- 06.00.

2. Fungky In The Morning (FITM / Morning Reality Bites)

a. Fungky E-mail of the day : Baca e-mail yang paling Menarik

b. Fungky Love Shot : Naksir seseorang? Ga Berani nyatain face to face? N

o.

Program Hari Waktu

(10)

c. Fungky Shit Shot : Kesel sama seseorang? Marahin on air aja.

d. Fungky Mistery Guests : Tiap hari selalu ada tamu. e. Fungky Storyquet : Requet 2 lagu yang ada cerita

khusus / pengalaman Khusus di belakangnya.

f. Fungky Message Party : SMS semua Pesan, kegiatan / Acara.

g. Fungky Situational : Pikiran atau ide – ide 99ers

secara sms.

3. Fungkyndo Request

Program Requets khusus lagu-lagu Hits Indonesia melalui Fungky Online 99ers, 420-9990 atau sms melalui 0811209990,acaranya digelar selama 2 jam mulai jam 09.00 – 11.00 Fungkyndo Request On Air : Sebuah insert special untuk 3 orang pendengar yang punya kesempatan untuk request lagu Indonesia favoritnya On Air.

4. Fungky Classic

Program yang menyajikan lagu – lagu yang pernah Hits di tahun 90an sampai 2000 Tema obrolan santai seputar kehidupan anak muda di selingi dengan info dan gosip yang up to date, Mengundang opini atau cerita pendengar melalui sms Fungky Classiquet On The Air : Request lagu classic untuk 3 orang pendengar melalui 4209990.

5. Funky Request

(11)

digelar selama 3 jam mulai jam 13.00 – 16.00,Fungky request On The Air : Requets Lagu favorit pendengar untuk 3 orang penelpon melalui 4209990.

6. Fungky Hour

Fungky Hour Legular (selasa – kamis) Host by, FDJ DODDY 3d, FDJ Mitha Hapsari, FDJ Mia Astari.

7. Fungky Night Life

Program Requets Lewat sms 0811209990, Fungky Night Out : Informasi acara Entertaiment di kota Bandung, Fungky Clubbers date and request : Program request lagu On Air yang biasa memudahkan 99ers untuk jajian buat hangout bareng teman lewat 4209990 dan hanya untuk 3 orang penelpon.

8. Fungky Love (Reality Love in the Real World)

a. Fungky in Love :

• Membahas hal –hal yang jadi fenomena kalo orang lagi falling in love dan pacaran.

b. Fungky Love Romantis Abiss :

• Kirimin kata- kata paling romantic buat pacar atau kecengan, 99ers Radio bakalan bacaain special buat si dia.

• Inget saat romantic ketika pacaran, dan telepon ke 99ers Radio untuk certain secara on-air.

c. Fungky Love Bedtime Story :

(12)

Fungky Ramalan Cinta : Ngeramalin perjalanan cinta 99ers.

d. Fungky Hard For Me To Me Say I’m Sorry :

Ngerasa punya salah sama someone special ? Telepon aja ke 99ers Radio, minta maaf on air.

e. Funky Break Up :

Kalau sudah ngerasa hubungan sama pacar sudah tidak seperti yang di harapkan, mau putus tapi ngak berani ngomong langsung,minta putus saja on-air.

f. Funky Make-up :

Nyesel banget habis putus sama pacar ? mau ngajak balikan Telepon saja ke 99ers Radio dan rayu untuk minta balikan.

9. Fungky Late Night Show

Fungky Lastquest :

Request lagu –lagu pengantar bobo.

Fungky Ingetin :

• Ingetin 99ers atau teman – teman 99ers segala sesuatu untuk aktivitas besok.

Fungky Gosip :

• Bebas ngomogin atau ngejekin siapa saja.

Fungky Late Night Scary Story :

(13)

2.2.6 Sarana dan Prasarana Ninetyniners Radio 100 FM (99ers radio 100 FM) Bandung

No. Sarana Prasarana Banyaknya

(14)

Tabel II. 2 Sarana Prasarana Kantor Radio 99ers 2.2.7 Bidang Perusahaan

Radio 99ers merupakan salah satu media elektronik, melalui sebuah audio visual, tanpa sebuah gambar, Perusahaan ini bergerak di bidang periklanan dan sebagai Studio radio yang menginformasikan setiap kegiatan atau acara – acara di seputar kota bandung dan sekitarnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat bandung, selain itu radio 99ers juga sebagai radio anak muda No.1 selama 3 tahun berturut –turut, melalui department ini, 99ers dapat mengorgansasi event-event lokal maupun nasional muali dari launching, sampling, gathering, party dan event-event promosi lainya. 99ers juga menangani sindikasi program dengan beberapa radio top Indonesia.

2.2.8 Badan Hukum Perusahaan

(15)
(16)

jenderal atau komandan yang perintah atau kebijakannya harus dipatuhi bawahannya.

3. Desainer

Bertanggung jawab menangani naskah siap cetak dari para redaktur, yaitu semua naskah berita yang sudah diturunkan ke percetakan dan sudah diset bersih, desain cover dan perwajahan (tataletak, layout, artistik), dan hal-ihwal sebelum majalah dicetak. 4. Ditrisbution

Bertugas mengatur dan menjalankan distribusi sehingga penyiar melakukan siaran dan dapat sampai kepada pndengar tepat waktu, dan bertanggung jawab terhadap hubungan dengan pendengar.

5. Editor

Bertugas mengkoordinasi tugas staf redaksi dan Penulisan Naskah Siaran Sebagai Sajian Informasi Bagi Pendengar Di Radio 99ers serta melakukan editing tahap pertama.

6. Public Relations

Bertanggung jawab mengurusi masalah promosi. Selain itu juga bertugas membangun dan membina hubungan baik dengan pihak intern maupun ekstern perusahaan dengan tujuan menciptakan citra positif.

7. Account Executive

(17)

8. Produser

Di bawah para editor adalah para produser. Mereka merupakan prajurit di bagian redaksi. Mencari berita lalu membuat atau menyusunnya, merupakan tugas pokoknya.

9. Penyiar

Penyiar bertugas untuk menyiarkan siaran yang telah di buat oleh editor dan produser,dengan segmen-segmen tertentu.

(18)

BAB III

LAPORAN KERJA PRAKTEK

3.1 Peranan Praktikan Dalam Perusahaan

Peranan praktikan di Radio 99ers Bandung adalah sebagai desainer yang menangani proses perancangan beberapa sarana promosi seperti : poster event dan iklan di majalah. Praktikan dituntut untuk menuangkan kemampuan untuk berkreasi di dalam perencanaan pembuatan sarana promosi sesuai dengan keahlian praktikan yang didapat di bangku kuliah. Praktikan berperan langsung dalam dunia kerja nyata yang merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga karena didalamnya praktikan mendapatkan sesuatu yang tidak didapat di bangku kuliah.

3.2 Pekerjaan Praktikan Selama Kerja Praktek di Perusahaan

Praktikan mendapat tugas desain sesuai perintah dari Marketing Manager Radio 99ers Bandung. Praktikan mengerjakan rancangan media promosi yang di tugaskan oleh Bagian Marketing yang mengurus Advertising, Art and Decoration diantaranya perancangan desain poster event dan Iklan-iklan cetak.

(19)

Setelah melakukan sebuah kesepakatan maka praktikan akan langsung mengerjakan desain yang telah di sepakati tersebut. Didalam membuat sebuah desain praktikan membuat tampilan layout secara keseluruhan, dari mulai besar kecilnya ukuran media yang dibuat, jenis ilustrasi yang akan dipakai, jenis huruf yang akan dipakai, dan warna mana yang akan dipakai.

3.3 Metode Kerja Praktikan

• Membuat sketsa layout secara manual

• Memilih ide yang bisa dipakai atau menggabungkan beberapa ide

• Mengerjakan desain sesuai dengan konsep yang sudah dibuat • Membuat beberapa alternatif tugas atau pekerjaan

• Mengevaluasi tugas atau pekerjaan • Presentasi tugas atau pekerjaan

3.4 Perancangan Desain di 99ERS Radio Bandung

3.4.1 Perancangan Desain Poster Event Konsep Perancangan

(20)

Teknis Perancangan

Teknis Perancangan desain poster 9coustic Girls Domination dimulai dari ukuran layout, pemilihan huruf, dan warna dengan menggunakan Software Adobe Photoshop CS2 dan Adobe Illustrator CS2.

1. Format

Poster bewara ini berukuran A1, format yang digunakan adalah Portrait.

2. Layout

Praktikan menggabungkan dua elemen visual, yang pertama adalah ilustrasi, dan yang kedua adalah tipografi. Ilustrasi dipakai sebagai background dari poster. Peletakan logo Utama disimpan paling atas. untuk tipografi disusun sengaja tidak begitu rapi untuk mendukung konsep acara yang akan diadakan, tapi tetap terbaca.

3. Tipografi

Huruf yang digunakan pada poster event ini antara lain:

Giddyup Std

Arial Rounded MT Bold

(21)

4. Warna

Warna yang digunakan antara lain :

C = 100 R = 42 C = 85 R = 27 M = 95 G = 57 M = 50 G = 117 Y = 5 B = 144 Y = 0 B = 188

K = 0 K = 0

C = 80 R = 0 C = 75 R = 57 M = 10 G =167 M = 0 G = 181 Y = 45 B = 157 Y = 100 B = 74

K = 0 K = 0

C = 50 R = 140 C = 75 R = 215 M = 0 G = 196 M = 0 G = 223 Y = 100 B = 63 Y = 100 B = 35

(22)

C = 5 R = 249 C = 0 R = 247 M = 0 G = 237 M = 50 G = 147 Y = 90 B = 51 Y = 100 B = 30

K = 0 K = 0

C = 0 R = 239 C = 0 R = 237 M = 90 G = 65 M = 100 G = 28 Y = 85 B = 54 Y = 100 B = 36

K = 0 K = 0

C = 0 R = 238 C = 0 R = 0 M = 95 G = 43 M = 0 G = 0 Y = 20 B = 123 Y = 0 B = 0

K = 0 K = 100

C = 70 R = 41 C = 5 R = 249 M = 15 G = 170 M = 0 G = 237 Y = 0 B = 226 Y = 90 B = 51

(23)

Konsep Visual

(24)

Hasil Akhir Poster 9Coustic Girls Domination

(25)
(26)

BAB IV KESIMPULAN

Setelah melakukan kerja praktek di perusahaan radio 99ers Bandung,sesuai dengan syarat mata kuliah kerja praktek, maka penulis berkesimpulan, Kerja Praktek merupakan landasan dasar untuk kita sebagai tolak ukur dunia perkerjaan nantinya. Dimana penulis berkesempatan melakukannya di Radio 99ERS Bandung, yang mana pada kesempatan itu penulis belajar bagaimana promosi itu sesungguhnya dalam dunia kerja.

Penulis berkesempatan untuk membuat beberapa desain media promosi , sehingga mengetahui proses bagaimana mengolah sebuah ide atau konsep yang kemudian menjadi karya desain untuk dijadikan sebuah media promosi seperti membuat spanduk , poster , umbul – umbul dan sebagainya. Penulis juga mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan pengalaman berharga yang berkaitan dengan bidang promosi , sehingga penulis mendapat bayangan akan dunia kerja dalam bidang desain promosi nantinya. Selain itu ada juga saran bagi penulis yaitu agar penulis dapat mengerjakan tugas sesuai dengan harapan konsumen dalam hal konsep maupun waktu , sehingga konsumen merasa puas terhadap hasil desain penulis.

(27)
(28)

Laporan Kerja Praktek

PERANCANGAN DESAIN POSTER ACARA

9COUSTIC OLEH RADIO 99ERS

PT. RADIO SWARA MILIARD ARTHA

DK 36502 KERJA PRAKTEK

Oleh :

Chandra Husada

51907877

Desain Komunikasi Visual

Dosen Pembimbing :

Taufan Hidayatullah, M.Ds

FAKULTAS DESAIN

UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

BANDUNG

(29)

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR ... i

ABSTRAK ... ii

DAFTAR ISI ... iii

DAFTAR TABEL ... iv

DAFTAR GAMBAR ... .v

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kerja Praktek ... 1

1.2 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kerja Praktek ... 2

1.2 Tujuan Pelaksanaan Kerja Praktek ... .2

BAB II TINJAUAN PT. RADIO SWARA MILIARD ARTHA 2.1 Sejarah Perusahaan ... 3

2.2 Profil Perusahaan ... 4

2.2.1 Logo Perusahaan ... 5

2.2.2 Visi dan Misi Perusahaan ... 6

2.2.3 Pendengar ... 6

(30)

2.2.5 Diskripsi Program Harian 99ers Radio ... ..7

2.2.6 Sarana dan Prasarana 99ers Radio ... .11

2.2.7 Bidang Perusahaan ... .12

2.2.8 Badan Hukum Perusahaan ... 12

2.2.9 Struktur Organisasi Perusahaan ... 13

3.1.1 Diskripsi Jabatan ... 13

BAB III LAPORAN KERJA PRAKTEK 3.1 Peranan Pratikan Dalam Perusahaan ... 16

3.2 Pekerjaan Pratikan Selama Kerja Praktek ... 16

3.3 Metode Kerja Pratikan ... 17

3.4 Perancangan Poster di 99ers Radio Bandung ... 17

3.4.1 Perancangan Desain Poster Event ... 17

BAB IV KESIMPULAN Kesimpulan ... 23

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN LAMPIRAN ………25

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Surat Pernyataan Diterima Kerja Praktek Dari Perusahaan 3. Surat Pernyataan Selesai Kerja Praktek Dari Perusahaan 4. Lembar Daftar Hadir Kerja Praktek

5. Lembar Penilaian Perusahaan

6. Lembar Asistensi Laporan Kerja Praktek

(31)
(32)

DAFTAR PUSTAKA

Harimulya, Riki. (2009). ”Perancangan Desain Menu Dan Poster

Event Di Kampung Daun

Culture Gallery & Cafe”

. Fakultas Desain.

Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Dinata, Septyan. (2009). “Perancangan Desain Poster Itc Kebon

Kalapa

Kids Holiday”

. Fakultas Desain. Universitas Komputer

Indonesia. Bandung.

  

Wikipedia.

(2009).

Perusahaan

. Diakses pada 11 Juli 2009.

http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan

(33)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Chandra Husada yang biasa di panggil Chandra lahir di Blora – Jawa Tengah, 27 Januari 1988 sebagai anak ketiga dari tiga bersaudara, dari pasangan Sugihartanto (alm) dan Ki Ajar Wungu. Menghabiskan sebagian masa kecilnya hingga remaja di Kota Blora. Menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah di kota Blora hingga lulus SMK. Pernah bersekolah di SMK Katolik Santo Pius Blora dengan mengambil jurusan Otomotif.

Saat di SMK kelas 2 pernah mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Perusahaan bengkel resmi Toyota (Nasmoco) di kota Semarang selama 4 Bulan, sebagai mekanik bengkel resmi Toyota, Lulus di SMK pada tahun 2007. Setelah itu melanjutkan studi S1 di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Aktif menjadi Mahasiswa UNIKOM pada tahun 2007 dengan mengambil jenjang studi S1 di jurusan Teknik Komputer, pada tahun 2008 masih menjadi Mahasiswa UNIKOM tapi pada semester 2 pindah ke fakultas Desain mengambil jenjang pendidikan S1 di jurusan Desain Komunikasi Visual, dari tahun 2008, dan pernah melakukan kerja praktek di PT. RADIO SWARA MILIARD ARTHA di kota Bandung,dan sekarang masih aktif menjadi Mahasiswa UNIKOM hingga selesai jenjang studi S1 Desain Komunikasi Visual pada tahun 2012.

(34)

KATA PENGANTAR

Segala puji penulis panjatkan pada kehadirat Allah Swt. yang telah

memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga Laporan Kerja Praktek ini

dapat diselesaikan.

Dalam proses Kerja Praktek ini penulis banyak sekali mendapat

pengalaman yang berharga yang dihasilkan dari terjun langsung ke

lapangan, sehingga penulis dapat mengetahui bagaimana proses kerja dalam

dunia Desain Komunikasi Visual.

Laporan Kerja Praktek ini adalah hasil dari Kerja Praktek penulis di

Radio 99ers 100FM Bandung selama kurang lebih satu bulan. Didalamnya

memuat profil Radio 99ERS dan beberapa hasil tugas atau karya yang

penulis kerjakan selama kerja praktek.

Akhir kata, penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat

untuk semua.

(35)

Figur

Tabel II.1 Format siaran Radio 99ers

Tabel II.1

Format siaran Radio 99ers p.9

Referensi

Memperbarui...