Apa Saja yang Dilakukan oleh Orang Tekni

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Apa Saja yang Dilakukan oleh Orang

Teknik Kimia?

Disusun oleh:

Putri Aldriana

(2)

Apa Saja Yang Dilakukan Oleh Orang Teknik Kimia?

Teknik Kimia secara definisi yaitu ilmu yang mempelajari rekayasa untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa digunakan untuk keperluan manusia, berlandaskan ilmu kimia.

Teknik Kimia merupakan program studi yang mempelajari teknologi perancangan pabrik. Pabrik yang dirancang dapat berupa pabrik kimia, bioproses, makanan, dan masih banyak yang lainnya. Hampir seluruh pabrik yang ada di dunia dirancang oleh sarjana Teknik Kimia. Perancangan pabrik yang dimaksud disini adalah merancang proses-proses yang terjadi dalam pabrik, sepert perancangan reaksi dalam reaktor untuk menghasilkan produk yang diharapkan, sistem penggunaan sumber daya yang ada di pabrik, pengendalian proses, dan lain sebagainya.

Mengembangkan atau desain proses baru atau re-desain, memperbaiki, atau troubleshoots proses, untuk membuat atau melakukan sesuatu secara ekonomis, aman, dan efisien mungkin.

Sebuah proses adalah setap operasi (atau kelompok operasi) yang memungkinkan sesuatu yang harus dicapai.

Sebuah proses teknik kimia adalah proses yang memakan waktu satu materi atau sedikit energi (atau kombinasi) dan membuat dari itu bahan lain atau sedikit energi (atau kombinasi).

(3)

Seorang sarjana Teknik Kimia pada prakteknya akan diminta untuk merancang proses pabrik yang baru ataupun memperbaiki proses yang telah ada. Pada awalnya, sarjana Teknik Kimia memulai pekerjaan dengan perancangan neraca massa yang terjadi dalam proses suatu pabrik. Pada tahap ini, dapat dicari kapasitas produksi, berapa bahan baku yang dibutuhkan, hingga akhirnya berapa jumlah produksi barang yang dihasilkan. Dalam perancangan proses industri, sudah tentu harus diperhatkan faktor-faktor lainnya, sepert keandalan proses produksi, apakah terlalu mahal atau sudah cukup murah, juga faktor keamanan pabrik, agar tdak terjadi kecelakaan dalam pabrik, sepert ledakan dan sebagainya. Pada tahap selanjutnya, dilakukan perancangan (bio)reaktor, perancangan sistem perpipaan, penentuan sistem penggunaan sumber daya dan pengendalian proses. Jika proses produksi menghasilkan limbah, seorang sarjana Teknik Kimia harus merancang sistem pengolahan limbah agar tdak merugikan lingkungan. Selain itu, seorang sarjana Teknik Kimia kuga dapat ditugaskan untuk melakukan peningkatan kapasitas produksi pabrik, misalnya dari 500 ton/tahun menjadi 1000 ton/tahun.

Dengan demikian, mereka terlibat dalam berbagai kegiatan sepert:

 desain, pengembangan dan pengoperasian pabrik proses  penelitan dan pengembangan produk baru dan proses  manajemen operasional teknis dan penjualan

Selain itu seorang alumni Teknik Kimia dapat memiliki prospek kerja yang cukup luas, sepert pada industri atau bidang sebagai berikut :

Industri Proses Kimia (misal Industri pupuk, pengolahan minyak bumi, kertas, polimer, gas, logam, makanan, obat-obatan, dll)

Pabrik Pengelolaan Proses Kimia

(4)

 Instansi Pemerintah (misalnya pada BPOM yang mengawasi atau menelit

obat dan makanan)

Instansi Pendidikan (menjadi dosen di universitas-universitas)

Instansi / lembaga penelitan (menjadi laborer di suatu perusahaan)

Bank

Wirausaha (membuka lapangan kerja sendiri misalnya mendirikan suatu pabrik)

Sarjana teknik kimia biasanya bekerja di pabrik yaitu Pulp and Paper. Mengapa orang Teknik Kimia bekerja di pabrik Pulp and Paper dan apa sajakah yang mereka kerjakan atau mereka lakukan di pabrik itu?

Pada hakikatnya orang teknik kimia selalu dibutuhkan dalam suatu pabrik, seprt halnya pada pabrik pulp and paper orang teknik kimia sangat dibutuhkan. Adapun bagian-bagian yang dilakukan orang teknik kimia di pabrik pulp and paper yaitu menformulasikan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kertas, memproses bahan tersebut hingga menjadi kertas. Adapun jabatan atau posisi orang teknik kimia dalam pabrik yaitu Bagian Processing dan Quality

De Inking plan (yaitu proses pemisahan tnta dari kertas)

Stock Preparation (yaitu proses pemisahan antara kertas dengan serat

kayunya)

Colouroom (yaitu proses pemberian pemuth atau warna pada kertas, disini

(5)

Pada bagian ini juga teknik kimia sangat berperan pentng dalam proses pembuatan kertas, yakni pencampuran adonan kertas dengan ditambahkan formula-formula lainnya yakni bahan kimia yang akan digunakan dalam proses

tersebut.

II. Bagian Quality Control

Boiler (mesin penghasil uap panas dan sekaligus mengatur temperatur dan tekanan

Produksi

Dapur Chemical (merupakan bagian dari produksi dimana pada tahap ini kertas sudah

menjadi bubur dan siap untuk diproduksi dengan ditambah bahan-bahan kimia)

Quality Control

Laboratorium Kimia (yaitu proses pengecekan bahan yang masuk sebelum diolah misalnya saja pengecekan H2SO4 yang

(6)

Proses diatas menunjukkan bahwa teknik kimia sangat dibutuhkan dalam suatu pabrik, dimana setap bagian di dalam pabrik selalu ada orang teknik kimia, maka dari itu teknik kimia dapat dikatakan bagian yang sangat pentng bagi bekembangnya suatu pabrik atau perusahaan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...