255 smesco international expo puncak pameran umkm asean 98

Download (0)

Teks penuh

(1)

Smesco International Expo Puncak Pameran UMKM ASEAN

Written by Artikel

Wednesday, 02 June 2010 13:36 - Last Updated Wednesday, 09 June 2010 20:01

Persiapan ajang Smesco International yang akan digelar pada 14-18 Oktober

mendatangsemakin matang. Produk-produk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal pun siapbersaing dengan produk level internasional di ajang itu.

Ajang Smesco International yang diprakarsai Deputi Pemasaran Kementerian Negara Koperasi dan UKM ini memang digelar sebagai Big Bang even pameran produk JLJMKM di penghujung tahun ini.

Untuk tahun pertama penyelenggaraan Smesco International Expo kali ini cakupan negara peserta adalah skala ASEAN.

"Dari 10 negara ASEAN, tujuh diantaranya sudah terdaftar dan menyatakan kesediaannya hadir menjadi peserta pameran," kata Deputi Menteri Negara Koperasi dan UKM Bidang Pemasaran dan

Jaringan Usaha Ikhwan Asrin, kemarin.

Selain itu, saat ini persiapan pembuatan booth di Jakarta Convention Center tempat digelarnya pameran, sudah mencapai 90%. Menurut Ikhwan, ajang Smesco International Expo akan diagendakan sebagai even resmi setiap tahun yang penyelenggaraannya secara bergiliran antarnegara ASEAN.

Langkah tersebut merupakan realisasi dari harapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat peringatan Hari Koperasi di Samarinda, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.

"Menjadikan even ini menjadi even rutin di kawasan ASEAN memang target kami, sesuai harapan Presiden," ujar Ikhwan.Untuk menyaingi performa produk dari sejumlah negara

ASEAN, produk-produk kerajinan berbahan dasar logam, kayu dan bambu terpilih dari berbagai provinsi siap dipamerkan. Produk andalan lainnya antara lain batik dan kain tenun Nusantara. Dari 300-an etnis yang ada, Indonesia memang kaya akankoleksi tenun dan batik.

Secara umum, skema pemberdayaan dari sisi pemasaran produk UMKM yang akan diterapkan Deputi Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Negara Koperasi dan UKM adalah

dengan memberdayakan produk lokal terlebih dahulu, sebelum dipasarkan ke ajang internasional.

"Jangan langsung fokus ke pasar internasional, sementara pasar lokal terabaikan sehingga malah membuka peluang produk luar memasuki pasar dalam negeri."

Inti dari upaya Deputi Pemasaran dan Jaringan Usaha menggelar Smesco International Expo adalah menjadikan produk lokal bercitarasa internasional dan sesuai selera internasional.

Penyelenggaraan Smesco International Expo 14-18 Oktober mendatang akan disinergikan penyelenggaraannya dengan Smesco Festival. Ajang Smesco Festival itu memang merupakan

(2)

Smesco International Expo Puncak Pameran UMKM ASEAN

Written by Artikel

Wednesday, 02 June 2010 13:36 - Last Updated Wednesday, 09 June 2010 20:01

yang ketujuh kalinya diselenggarakan tahun ini.

RANGKAIAN PROSES Pameran Smesco Festival, jelas Ikhwan, merupakan ekspose dari hasil rangkaian proses pemberdayaan KUKM secara sistematis dari tahap seleksi dan tahap

pengembangan sebelumnya dan merupakan puncak event dari rangkaian Smesco daerah dan Smesco Tematik yang diselenggarakan sepanjang tahun.

Pameran ini, jelas Ikhwan, diarahkan sebagai etalase produk-produk unggulan KUKM dari setiap provinsi dan menjadi barometer trend dan kreativitas produk KUKM Indonesia.

Penyelenggaraan Smesco Festival diarahkan untuk menunjukkan eksistensi dan kepedulian Kementerian Negara Koperasi dan UKM dan instansi lainnya yang terkait dengan

pemberdayaan KUKM di pusat dan daerah, terhadap perkembangan UKM Indonesia. Smesco Festival dikemas secara informatif, inspiratif dan menghibur khalayak yang lebih luas.

Dengan mengambil tagline Festival Karya Kreatif KUKM, pameran ini diharapkan akan dikunjungi oleh pemangku kepentingan pemberdayaan KUKM, perwakilan negara sahabat, buyer/agent, peritel, panitia pengadaan barang dan jasa pemerintah di berbagai instansi pemerintah dan BUMN, dunia usaha, calon pengusaha, wisatawan dan masyarakat umum. Pada pembukaan Smesco Festival ke-6 tahun 2008 Wakil Presiden sangat menaruh perhatian besar terhadap pameran ini dan oleh sebab itu even ini adalah momentum yang tepat sebagai inspirasi, dukungan dan partisipasi semua pihak dalam pemberdayaan KUKM.

Peserta Smesco Festival Tahun 2009 tercatat 600 KUKM hasil binaan yang sinergis dari dinas-dinas yang membidangi pemberdayaan KUKM provinsi, kabupaten/Kota seluruh Indonesia dan instansi/lembaga terkait lainnya dan peserta dari luar negeri yang menempati 500 booth. Jika dibandingkan dengan tahun 2008 jumlah peserta Smesco Festival tahun 2009 relatif sama, namun diproyeksikan kunjungan akan mengalami kenaikan sebesar 10% dari tahun lalu atau 77.000 pengunjung termasuk para buyer asing dan perolehan transaksi diproyeksikan meningkat 10% atau sebesar Rp37,4 miliar.

"Optimisme ini didasari oleh beberapa pertimbangan antara lain ikutsertanya peserta asing, perbaikan kualitas konsep penyelenggaraan melalui proses rebranding dan koordinasi yang lebih intensif dengan dinas-dinas daerah dan promosi dan publikasi yang lebih intensif dan lebih awalj, katanya.

Sumber : Media Indonesia

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di