PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 55/I SRIDADI TEMA 2 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUB TEMA 2 PERISTIWA PERISTIWA PENTING - Repository Unja

13 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

ix

PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL

BELAJAR SISWA KELAS V SDN 55/1 SRIDADI TEMA 2

PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA 2

PERISTIWA-PERISTIWA PENTING

SKRIPSI

Oleh :

ZAMZAM KHAIRANI A1D111003

- - -

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JAMBI

(2)

ix

PERNYATAAN

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini ,

Nama : ZAMZAM KHAIRANI

NIM : A1D111003

Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan : Ilmu Pendidikan

Fakultas : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dengan ini menyatakan bahwa skripsi dengan judul “Pengaruh metode Tanya Jawab terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VSDN 55/1 Sridadi Tema 2 Peristiwa dalam KehidupanSubtema 2 Peristiwa-peristiwa Penting” benar-benar karya sendiri dan bukan merupakan jiplakan dari hasil penelitian orang lain.

Bila dikemudian hari saya terbukti mengingkari pernyataan di atas, saya bersedia kesarjanaan saya dan segala kewenangan yang melekat pada kesarjanaan tersebut dibatalkan, dan menerima saksi sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Muara Bulian , 2017

(3)

ix

PERNYATAAN

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini ,

Nama : ZAMZAM KHAIRANI

NIM : A1D111003

Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan : Ilmu Pendidikan

Fakultas : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dengan ini menyatakan bahwa data nilai yang tercantum dalam transkip nilai sementara adalah benar. Bila dikemudian hari terbukti salah, saya bersedia sidang skripsi yang telah dilaksanakan BATAL.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Muara Bulian , 2017

(4)

ix

PERNYATAAN

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini ,

Nama : ZAMZAM KHAIRANI

NIM : A1D111003

Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan : Ilmu Pendidikan

Fakultas : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dengan ini menyatakan bahwa tanda tangan yang tercantum pada skripsi adalah benar. Bila dikemudian hari terbukti salah, saya bersedia sidang skripsi yang telah dilaksanakan dinyatakan BATAL.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Muara Bulian , 2017

(5)

ix

ABSTRAK

Khairani, Zamzam.2017. “Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 55/1 SridadiSridadi Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 Peristiwa-peristiwa Penting”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendiidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd dan Pembimbing (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd.

Kata kunci : Metode Tanya Jawab, hasil belajar.

Pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. Strategi pembelajaran merupakan langkah-langkah sistematik yang digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya. Metode pembelajaran merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara lain ceramah, tanya-jawab, diskusi sebagaimana telah ditentukan dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 103 Tahun 2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pada metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 55/1 Sridadi Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 Peristiwa-peristiwa Penting.

Metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa.Hasil belajar adalah terjadinya perubahan dari hasil masukan pribadi berupa motivasi dan harapan untuk berhasil dan masukan dari lingkungan berupa rancangan dan pengelolaan motivasional tidak berpengaruh terhadap besarnya usaha yang diarahkan oleh siswa untuk mencapai tujuan belajar. Menurut buku panduan pembelajaran, pada kelas V Sekolah Dasar, pada semester satu terdapat 5 tema dimana tiap tema terdiri dari 3 subtema yang diuraikan dalam 6 pembelajaran.

Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen karena dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 55/1 Sridadi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu atau Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design.Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test yang berbentuk tes objektif. Validitas instrumen tes diuji dengan rumus korelasi product moment dan untuk mengetahui reliabilitasnya diuji dengan teknik formula alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya.

(6)

ix

(7)

ix

KATA PENGANTAR

Puji Syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah S.W.T sang maha pencipta langit dan bumi beserta isinya, yang telah memberikan nikmat dan karunia terutama nikmat sehat kepada penulis.Penelitian Tindakan kelas ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Penelitian yang diberi judul “PENGARUH METODE TANYA JAWAB

TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 55/1 SRIDADI TEMA 2 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA 2 PERISTIWA-PERISTIWA

PENTING”. Pada hakikatnya merupakan upaya untuk memperoleh informasi tentang

pengaruh metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 55/1 Sridadi dalam pembelajaran Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 Peristiwa-peristiwa Penting dengan mempertimbangkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 103 Tahun 2014.

Penelitian ini mengacu kepada prosedur penelitian kuantitatif eksperimen yang dilaksanakan di SDN 55/1 Sridadi, kelas V tahun pelajaran 2016 yaitu pada 2 kelas lima. Data diperoleh dari hasil belajar siswa selama seminggu tanpa pemberian tindakan berupa metode tanya jawab dan seminggu dalam pemberian tindakan yang dilanjutkan dengan hasil belajar akhir setelah pemberian tindakan.

Penelitian ini telah menemukan hasil bahwa penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 Peristiwa-peristiwa Penting pada siswa kelas V SDN 55/1 Sridadi.

Dalam kesempatan ini izinkan peneliti menghaturkan ucapan terima kasih kepada: 1. Drs. Arsil, M.Pd selaku Ketua Program

(8)

ix

6. Ibundaku Wiwik Herawati dan ayahandaku Tajuddin Siregar yang telah mendoakan serta memberi semangat dalam menulis skripsi.

7. Saripuddin Rangkuti selaku paman dan keluarga yang turut mendukung dalam proses pembuatan skripsi.

8. Adik-adikku Nurainun Siregar dan Astri Juwita Siregar serta adik sepupukuM.Roihan Rangkuti dan Rafli Sarma Rangkuti.

9. Sahabat terbaikku Putri Susanti dan Rosidah yang selalu memberikan dukungan. 10.Teman sejawat kelas A dan teman seperjuangan di PGSD

11.Serta semua pihak yang telah membantu, yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Penulis berharap dan berdoa semoga atas bantuan bapak,ibu dan saudara berikan mendapat ridho dari allah SWT berupa limpahan rahmat dan hidayah.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati

Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini dapat memberi manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Wasssalamualaikum wr.wb

Jambi, Januari 2017 Penulis

(9)

ix

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI... iii BAB I PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah

(10)

ix 2.1 Penelitian yang

Relevan... 12 2.2 Metode Pembelajaran Tanya

Jawab... 12

2.2.1Pengertian Metode Tanya Jawab... ...15

2.2.2 Dasar Pertimbangan Penggunaan Metode Tanya Jawab...16

2.2.3 Kelebihan dan Kelemahan Metode Tanya Jawab... 16 2.2.4 Pengertian Hasil

Belajar...17 2.2.5 Faktor yang Mempengaruhi Hasil

Belajar... 17 2.2.6 Tema 2 Peristiwa dalam

Kehidupan...19 2.3 Hipotesis Penelitian

... 20

2.4 Kerangka Berfikir... 21

BAB III METODE PENELITIAN

3.1Rancangan Penelitian... 24

3.2Lokasi dan Waktu Penelitian... 29

3.3Populasi dan Sampel

... ...30

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Penelitian

... 38 4.1.1 Tes Awal (Pre-test)

(11)

ix 4.1.2 Pelaksanaan Perlakuan (treatment)

... 43 4.1.3 Tes Akhir (Pos-test)

... 43 4.1.4 Pengujian Hipotesis

... 47 4.2 Pembahasan Hasil Penelitian

... 54

BAB V PENUTUP

5.1 Kesimpulan

... 56 5.2 Saran

... 56

DAFTAR PUSTAKA

(12)

ix

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman Tabel 3.1 Kisi-kisi Instrumen Tes Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 Peristiwa-Peristiwa Penting...31

Tabel 4.1Data pre-test kelompok kontrol ...39 Tabel 4.2Data pre-test kelompok eksperimen ... 40 Tabel 4.3 Hasil tes awal (pre-test) kelompok kontrol dan kelompok eksperimen...

Tabel 4.8 Hasil post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen ... 45 Tabel 4.9 Nilai akhir (post-test) kelompok eksperimen ... 46

Tabel 4.10Nilai akhir (post-test) kelompok kontrol ... 47

Tabel 4.11Hasil uji normalitas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen... 49

Tabel 4.12Hasil uji homogenitas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen ... 50

Tabel 4.13 Hasil uji-t pre-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen ...52

(13)

ix

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Halaman

1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelas V SD Tema 2 Subtema 2 2. Validasi butir soal pre-test dan post-test

3. Hasil validasi butir soal pre-test dan post-test

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...