BAB I PENDAHULUAN. terkecuali dunia pendidikan pada saat ini. Dalam perkembangan teknologi saat ini,

Teks penuh

(1)

1 1.1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang sangat cepat dan dalam era globalisasi ini sangat berarti bagi semua kalangan masyarakat terutama dari segi pendidikan. Perkembangan teknologi tersebut juga berdampak pada kehidupan, tidak terkecuali dunia pendidikan pada saat ini. Dalam perkembangan teknologi saat ini, informasi dalam ilmu pengetahuan menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh semua orang dan teknologi informasi juga harus didukung oleh sumber daya manusia yang berwawasan dan siap untuk menghadapi perkembangan tersebut.

Buku adalah jendela ilmu pengetahuan, maka dari itu setiap orang sangatlah membutuhkan buku yang merupakan salah satu media informasi. Perpustakaan adalah salah satu tempat yang paling tepat dalam mencari ilmu atau informasi yang banyak diminati setiap orang. Perpustakaan juga merupakan faktor penting yang mendukung peningkatan prestasi dan kualitas pendidikan, perpustakaan juga berfungsi sebagai salah satu faktor yang mempercepat dalam transfer ilmu pengetahuan. Oleh karena itu perpustakaan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam sistem pendidikan suatu lembaga. Selain itu juga perpustakaan merupakan penunjang yang sangat penting bagi suatu penelitian / riset ilmiah.

Mengingat perkembangan teknologi yang sangat pesat, Universitas Muhammadiyah Palembang ingin lebih meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggunakan teknologi khususnya komputer sebagai alat bantu untuk

(2)

mempermudah pekerjaan pada perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang dengan membuat aplikasi pengolahan data yang dapat memudahkan pekerjaan di perpustakaan tersebut khususnya pada saat peminjaman dan pengembalian buku. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang selama ini belum menggunakan sistem komputerisasi sebagai alat bantu dalam pekerjaan. Untuk itu diperlukan sistem komputerisasi yang baik yaitu sistem penyimpanan data dalam bentuk database. Dengan adanya sistem komputerisasi ini diharapkan sistem distribusi buku yang dipinjam atau dikembalikan akan lebih mudah dikontrol.

Untuk membuat aplikasi pengolahan data perpustakaan ini dilakukan penelitian dibagian pendataan buku, adapun alasannya yaitu untuk mendapatkan data peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pada saat ini sistem pengolahan data buku yang sedang berjalan pada perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang masih menggunakan cara manual. Dimulai dari proses saat akan menjadi anggota perpustakaan, data anggota masih disimpan di dalam buku catatan begitu pula dengan kartu anggotanya masih dilakukan secara manual yaitu data anggota yang terdapat pada kartu anggota ditulis dengan menggunakan pena. Data buku yang ada di perpustakaan ini disimpan dengan menggunakan buku catatan, begitu pula dengan proses peminjaman dan pengembalian buku yang masih dilakukan dengan cara mencatat di buku – buku catatan. Melihat situasi seperti ini, proses pencarian data di perpustakaan ini baik itu data anggota, data buku maupun data peminjaman dan pengembalian buku terkesan lambat dan dianggap belum maksimal mengingat buku – buku yang terdapat pada perpustakaan ini relatif

(3)

banyak. Saat ini perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki jumlah buku keseluruhan sebanyak 12.535 buku, dengan jenis buku diantaranya yaitu Umum, Agama, Pertanian, PAI, Kedokteran, Bahasa, Teknik, Hukum dan Ekonomi.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang mendapat perhatian dalam hal pengaturan manajemen secara komputerisasi sehingga kualitas pelayanan menjadi lebih baik dan cepat sesuai keinginan para anggota perpustakaan. Dengan adanya peran sistem komputerisasi dapat membantu dan mempermudah pengelolaan data perpustakaan. Oleh karena itu, penulis merancang suatu aplikasi untuk mempermudah peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan tersebut. Adapun judul yang diambil adalah “Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Buku pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang“.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas yang telah diuraikan sebelumnya, maka penulis dapat merumuskan masalah yang ada yaitu : “Bagaimana membuat Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Buku pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang dengan menggunakan aplikasi bahasa pemrograman PHP (Personal Hypertext Preprocessor) yang dirancang menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver?“ yang dapat menghasilkan informasi yang cepat serta membantu mempermudah pengelolaan data sesuai dengan apa yang diinginkan oleh bagian perpustakaan.

(4)

1.3 Batasan Masalah

Sesuai dengan latar belakang yang telah dikemukakan diatas dan agar penulisan tidak menyimpang dari materi yang ada, maka dalam penulisan tugas akhir ini perlu dibatasi ruang lingkup pembahasan yang meliputi : Data Anggota, Data Klasifikasi, Data Buku, Data User, Data Peminjaman Buku, dan Data Pengembalian Buku serta Laporan Data Anggota, Laporan Data Buku, dan Laporan Data Peminjaman dan Pengembalian Buku.

1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.4.1 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian dari Tugas Akhir ini adalah :

1. Membangun sistem informasi peminjaman dan pengembalian buku secara komputerisasi.

2. Membuat suatu aplikasi program dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

3. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi penulis dalam melakukan penelitian sekaligus bekal untuk penelitian – penelitian selanjutnya.

4. Menyelesaikan tugas akhir yang merupakan syarat program studi Manejemen Informatika pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma Palembang.

1.4.2 Manfaat Penelitian

1. Meningkatkan mutu pelayanan pada perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang.

(5)

3. Membantu mempermudah proses peminjaman dan pengembalian buku pada perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang.

4. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi pihak – pihak yang berkepentingan sebagai sumber informasi dalam penelitian yang sama.

1.5 Metodologi Penelitian

1.5.1 Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Palembang yang beralamat di Jalan Jend. Ahmad Yani 13 Ulu Palembang. Adapun waktu yang diperlukan dalam penelitian ini dimulai dari bulan April 2010 sampai dengan bulan Juli 2010.

1.5.2 Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas, penelitian dilakukan dengan cara :

1. Metode Observasi

Pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan secara langsung di tempat penelitian yaitu perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang khususnya pada perpustakaan berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada serta mencatat hasil dari pengamatan tersebut.

2. Metode Wawancara

Penulis melakukan tanya jawab secara langsung kepada kepala perpustakaan dan petugas perpustakaan Universitas Muhammadiyah

(6)

Palembang mengenai hal – hal yang berhubungan dengan data anggota, data buku, serta data peminjaman dan pengembalian buku.

3. Metode Kepustakaan

Data yang dikumpulkan secara tidak langsung dari sumber-sumber lainnya dan dengan mempelajari buku – buku yang menjadi bahan pembelajaran yang memiliki hubungan dengan objek penelitian.

1.6 Tahap Pengembangan Sistem

Untuk membuat suatu sistem dibutuhkan beberapa tahapan agar didapat suatu sistem yang benar – benar bermanfaat sesuai kebutuhan. Menurut Supriyanto (2005:271), tahap – tahap dalam pengembangan sistem sesuai dengan System Development Life Cycle (SDLC) meliputi tahapan sebagai berikut :

1. Perencanaan Sistem (system planning)

Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan – kebutuhan sumber daya seperti perangkat fisik, manusia, metode (teknik dan operasi), dan anggaran yang sifatnya masih umum (belum detail/rinci).

2. Analisis Sistem (system analysis)

Tahap analisis sistem adalah tahap penelitian atas sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau diperbarui. Tahap ini merupakan tahap kritis dan sangat penting karena akan dapat menentukan berhasil tidaknya sistem yang akan dibangun atau dikembangkan.

(7)

3. Desain / Perancangan Sistem (system design)

Tahap Desain Sistem adalah tahap setelah analisis sistem yang menentukan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru. Tujuan pada tahap desain adalah untuk memenuhi kebutuhan kepada para pemakai, serta memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli teknik lain yang terlibat. 4. Penerapan / Implementasi Sistem (system implementation)

Tahap implementasi atau penerapan adalah tahap dimana desain sistem dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan. 5. Perawatan Sistem (system maintenance)

Tahap pemeliharaan merupakan tahap yang dilakukan setelah tahap implementasi, yang meliputi pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan dan peningkatan sistem.

1.7 Sistematika Penulisan

Agar Tugas Akhir ini tersusun secara sistematis, maka penulis menyusun Tugas Akhir ini dalam 5 (lima) bab sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini penulis menjelaskan secara terperinci mengenai latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, tahapan pengembangan sistem serta sistematika penulisan.

(8)

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini penulis memuat tentang kajian teori yang berhubungan dengan penelitian serta menjelaskan sejarah ringkas Universitas Muhammadiyah Palembang, wewenang dan tanggung jawab organisasi di Universitas Muhammadiyah Palembang.

BAB III KONSEP APLIKASI

Pada bab ini berisi rancangan aplikasi yang dibuat penulis untuk mendukung penelitian, serta menemukan jawaban dan solusi atas permasalahan yang terdapat pada perumusan masalah.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini berisi hasil penelitian dan tampilan aplikasi yang telah dibuat berdasarkan hasil analisa dari permasalahan yang terjadi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini penulis menarik kesimpulan dari data – data yang telah dianalisis pada bab sebelumnya dan memberikan saran – saran yang mungkin akan berguna bagi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :