1 ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN TRANSAKSI JUAL BELI SANDANG DI TOKO JAYA MUKTI ABADI PASAR WAGE PURWOKERTO

13 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

1

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN TRANSAKSI JUAL BELI SANDANG DI TOKO JAYA MUKTI ABADI

PASAR WAGE PURWOKERTO

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Mencapai Gelar Sarjana Strata Satu (S-1)

oleh:

ESA APRIADITYA 0901040107

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

(2)

2

PERSETUJUAN

Skripsi berjudul

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN TRANSAKSI JUAL BELI SANDANG DI TOKO JAYA MUKTI ABADI

PASAR WAGE PURWOKERTO

oleh:

ESA APRIADITYA 0901040107

Usulan penelitian ini telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing pada 2013

Mengetahui:

Pembimbing I,

Dra. Hj. Tutut Tugiati, M.Hum NIP 19590817 198703 2 002

Pembimbing II,

Dra. Sri Utorowati, M.Pd NIK 2160059

ii

(3)

Skripsi Berjudul

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN TRANSAKSI JUAL BELI SANDANG DI TOKO JAYA MUKTI ABADI

PASAR WAGE PURWOKERTO

dipersiapkan dan disusun oleh: ESA APRIADITYA

0901040107

telah dipertahankan di depan Dewan Penguji pada tanggal 2013

dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk diterima sebagai kelengkapan mendapat gelar Sarjana Pendidikan

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

(4)

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ESA APRIADITYA

NIM : 0901040107

Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas / Universitas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan /

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Menyusun skripsi dengan judul:

Alih Kode dan Campur Kode Pada Tuturan Transaksi Jual Beli Sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi ini adalah hasil karya saya sendiri dan bukan dibuatkan oleh orang lain atau jiplakan atau modifikasi karya orang lain. Bila pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar kesarjanaan yang sudah saya peroleh.

Purwokerto, 19 Agustus 2013 Yang menyatakan,

ESA APRIADITYA NIM 0901040107

(5)

MOTTO

Semangat, tekad, usaha, keyakinan, dan doa adalah modal utama untuk mencapai kesuksesan

Kegagalan adalah awal dari kesuksesan yang tertunda

(6)

PERSEMBAHAN

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberi kenikmatan yang sungguh luar biasa dengan selesainya penulisan skripsi ini.

Dengan penuh rasa cinta kasih yang tulus, skripsi ini dipersembahkan untuk: 1. Kedua orang tua tercinta, Bapak Rekodiedi dan Ibu Murtiningsih, terima kasih

atas dukungan doa, kasih sayang, serta keihklasan yang tulus yang diberikan kepada penulis sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi ini dengan baik. 2. Adikku tercinta, Melia Dwi Renovriska yang menjadi penyemangat penulis. 3. Untuk Fiqih Kartika Murti, terima kasih atas kasih sayang, perhatian, kesabaran,

bantuan dan motivasi yang penuh semangat dan doa, sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

4. Teman-teman kontrakan, Phutut, Munawir, Sofyan, yang telah memberikan semangat, dukungan serta motivasi sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

5. Teman-teman PBSI C angkatan 2009 yang selalu memberikan semangat dan motivasi sehingga skripsi ini bisa selesai dengan baik.

6. Untuk semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan skripsi ini.

vi

(7)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji dan syukur atas keagungan Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Alih Kode dan Campur Kode Pada Tuturan Transaksi Jual Beli Sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto”. Skripsi ini tidak akan terselesaikan dengan baik tanpa peran dari berbagai pihak. Penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut serta membantu terselesaikannya penyusunan skripsi ini, yaitu:

1. Dra. Tutut Tugiati, M. Hum, pembimbing I yang telah dengan sabar mengarahkan dan memberikan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini.

2. Dra. Sri Utorowati, M. Pd, pembimbing II yang telah memberikan arahan dan bimbingannya dalam penyusunan skripsi ini.

3. Dewan Penguji Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

4. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penulisan skripsi ini.

Purwokewrto, 19 Agustus 2013

(8)

DAFTAR ISI

A. Penelitian Sejenis yang Relevan ………. 7

B. Bahasa ………. 8

BAB III METODOLOGI PENELITIAN ………. 36

A. Jenis Penelitian ………... 36

B. Data dan Sumber Data ……….... 37

C. Tahap Penelitian ………. 37

(9)

A. Alih Kode ………... 41

B. Campur Kode ………. 80

BAB V PENUTUP ……….. 108

A. Simpulan ……….... 108

B. Saran ………... 109

DAFTAR PUSTAKA ………. 110

(10)

DAFTAR TANDA

(1), (2), (3), … = Nomor Urut Tuturan

“…” = Tuturan

(…) = Konteks

‘…’ = Arti dalam Bahasa Indonesia

Cetak miring = Kata atau istilah dalam bahasa Jawa, Sunda, dan bahasa asing _______________ = Alih Kode Bahasa Jawa - Bahasa Indonesia

_______________ = Alih Kode Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa _______________ = Alih Kode Bahasa Indonesia - Bahasa Sunda _______________ = Campur Kode Bahasa Jawa - Bahasa Indonesia _______________ = Campur Kode Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa _______________ = Campur Kode Bahasa Indonesia - Bahasa Sunda

(11)

DAFTAR LAMPIRAN

(12)

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul “Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Transaksi Jual Beli Sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto” bertujuan untuk mendeskripsikan terjadinya alih kode dan campur kode dan tindak tutur pada transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto yang berjumlah 9 transaksi yang terdiri atas 29 tuturan alih kode dan 21 tuturan campur kode. Sumber data dalam penelitian ini adalah penjual dan pembeli yang melakukan transaksi jual beli di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto yang terdiri atas 4 penjual dan 15 pembeli.

Tahap penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar yaitu teknik sadap. Sebagai teknik lanjutan, yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL), dan teknik lanjutan yaitu teknik ganti. Tahap penyajian hasil analisis data menggunakan model penyajian informal.

Dari hasil analisis, ditemukan macam, faktor penyebab, dan tindak tutur alih kode dan campur kode pada tuturan transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto. Macam alih kode yang ditemukan pada tuturan transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto adalah macam alih kode intern yang meliputi tuturan bahasa Jawa-bahasa Indonesia 13 tuturan, bahasa Indonesia-bahasa Jawa 13 tuturan, bahasa Indonesia-bahasa Sunda 3 tuturan, sedangkan alih kode ekstern tidak ditemukan. Faktor penyebab alih kode yang ditemukan pada tuturan transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto adalah alih kode karena pengaruh keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kode yang dikuasai lawan bicara, pengaruh materi percakapan, pengaruh maksud-maksud tertentu, mensitir kalimat lain, dan kendornya penguasaan diri. Jenis tindak tutur yang ditemukan pada tuturan alih kode transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto adalah lokusi perintah, lokusi pernyataan, lokusi pertanyaan, ilokusi representatif (menunjukkan), ilokusi direktif (menyarankan), dan perlokusi persuade (membujuk). Macam campur kode yang ditemukan pada tuturan transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto adalah penyisipan unsur yang berwujud kata, penyisipan unsur yang berwujud frasa, penyisipan unsur yang berwujud perulangan kata. Faktor penyebab campur kode yang ditemukan pada tuturan transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto adalah identifikasi peranan registral, dan keinginan untuk menjelaskan dan menafsirkan. Jenis tindak tutur yang ditemukan pada tuturan campur kode transaksi jual beli sandang di Toko Jaya Mukti Abadi Pasar Wage Purwokerto adalah lokusi pernyataan, lokusi pertanyaan, lokusi perinah, dan ilokusi direktif (menyarankan).

(13)

ABSTRACT

The research entitled “Transfer Code and Combine Code on Utterances on Transaction Sell-Buy Clothing in The Jaya Mukti Abadi Shop at Pasar Wage Purwokerto” aims to describe happen transfer code and combine code and speech acts on transaction sell-buy in the Jaya Mukti Abadi Shop at Pasar Wage Purwokerto. This research is a qualitative descriptive research. The data in this research was utterances transaction clothing in the Jaya Mukti Abadi Shop at Pasar Wage Purwokerto amounted was 9 transaction consisting of 29 utterances of Combine Code and 21 transaction of 21 utterances transfer code. Source data in this research is seller and buyer carry out transaction sell-buy in the Jaya Mukti Abadi Shop at Pasar Wage Purwokerto consisting of 4 sellers and 15 buyers.

The stage of preparing data using is the provision of data with the basic techniques is the tapping technique. The subsequent that techniques, this is Involved Listen Free Talk (SBLC), recording technique, and notes technique. On the stage of analyze using used distribute (agih) method with the basic techniques for direct element (BUL), and the subsequent that technique was substitute technique. Stage the presentation of the results of data analysis using informal presentation method.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...