• Tidak ada hasil yang ditemukan

Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-1 Jurusan Sosiologi

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2019

Membagikan "Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-1 Jurusan Sosiologi"

Copied!
14
0
0

Teks penuh

(1)

i

PENURUNAN MINAT PETANI NANAS DI DESA

BIKANG DALAM PERSPEKTIF TINDAKAN

RASIONAL WEBER

SKRIPSI

Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-1

Jurusan Sosiologi

Diajukan Oleh : AZMI 501 12 11 005

JURUSAN SOSIOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

(2)
(3)
(4)

iv MOTTO

“ Setiap manusia tidak akan luput dari kesalahan, oleh karena

itu kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa untuk mencapai harapan yang kita tuju. Setiap tujuan untuk mencapai kesuksesan pasti ada rintangan didalam pencapaian

tersebut, kita sebagai manusia tidak boleh putus asa dalam pencapaian kesuksesan tersebut. Sebuah kesuksesan tidak akan kita dapat di awal akan tetapi kita dapatkan setelah dengan adanya usaha dengan keringat, tantangan, kesulitan

dan cucuran air mata. Maka itulah kesuksesan yang sebenarnya maju terus dan pantang mundur untuk mencapai

(5)

v

PERSEMBAHAN

Persembahan karya skripsi ini kutunjukan sebagai wujut rasa syukur dan terima kasihku kepada:

Allah SWT atas segala anugrah dan kemudahan jalan yang

diberikannya kepadaku sehingga skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.

Kepada orang tuaku tercinta. Bapak Masuri dan Ibu Dasilawati

yang telah bersabar membesarkanku dari kecil hingga dewasa, mencurahkan kasih sayang dan mendidikku serta senantiasa selalu memanjatkan doa dalam setiap sujutnya untuk ku serta mendukung ku dalam setiap langkah mengejar cita-citaku. Ku ucapkan Terimakasih.

Kepada Istriku Tercinta, Atika Sabellah. Terimakasih atas kasih

sayang dan perhatianmu. Hanya karena istriku Atika Sabellah, saya memiliki semangat untuk terus maju, dan terimakasih telah mensyuport ku hingga sampai deti ini.

Kepada Anakku tercinta dan tersayang Anindita Khairiniswa.

Terimakasih kepada anakku yang telah memberi senyuman kegembiraan kepada Ayah dalam kondisi susah maupun senang.

Kepada adik-adiku tersayang Abizar dan Alsya, terimakasih atas

dorongan yang adik berikan kepada kakak dan penyemangat yang besar buat kakak saat ini.

Kepada keponakanku Echa, Salu, Nizam dan suci, nanda.

Terimakasih atas syuport bantuan doa dalam uasahaku

menyelesaikan skripsi dan meraih gelar S. Sos ku ini.

Kepada teman-temanku Dadang, Rio dan Robi Ku ucapkan

terimakasih atas syuport serta motivasi dalam menyelesaikan skripsi ini.

Seluruh rekan-rekan jurusan Sosiologi angkatan 2012 kuucapkan

terimakasih atas dorongan dan dukungan kalian semua terimakasih semuanya.

(6)

vi

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Segala puji dan syukur yang tiada hentinya penulis ucapkan kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat, kemurahan dan kemudahan jalan yang diberikan dalam penyelesaian skripsi ini. Penulis menyadari bahwa hasil penulis skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan karena pada dasarnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan sar dan kritikan yang sifatnya membangun agar skripsi ini dapat menjadi bahan bacaan yang layak dan berguna bagi pembacanya. Pada kesempatan ini pula penulis hendak mengucapkan terimakasih kepada pembimbing 1 dan pembimbing 11 yang telah berjasa bagi penyelesaian skripsi ini.

Terimakasih yang sebesar-besarnya penulis ucapkan kepada Citra Asmara Indra, S.Sos, M.A. Selaku pembimbing I dan Jamillah Cholillah, S.Sos, M.A. Selaku pembimbing II. Yang telah meluangkan waktu tengah kesibukannya dengan memberi arahan dan masukan kepada penulis dalam proses penyusunan skripsi dan terimakasih sudah berbagi ilmu selama masa studi. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya penulis sampaikan pula kepada:

1. Dr. Ir. Muh Yusuf, M.si selaku Rektor Universitas Bangka Belitung.

2. Dr. Ibrahim, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu

Politik.

3. Citra Asmara Indra, S.Sos, M.A. Selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu

Sosial dan Ilmu Politik.

4. Sujadmi, S.Sos, M.A. Ketua Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial

(7)

vii

5. Luna Febriani, S.Sos, M.A. Selaku Seketaris Jurusan Sosiologi,

Terimakasih atas semangat dan bantuannya selama proses pengerjaan

skripsi ini.

6. Seluruh Dosen Fakultas Fisip Jurusan Sosiologi, Bapak Dr. Ibrahim,

M.Si. Iskandar Zulkarnain, S.IP, M.A. Bapak Drs. Amir Dodoe,

M.A. Ibuk Sujadmi, S.Sos, S.Sos. M.A. Ibuk Jamilah Cholillah,

S.Sos. M.A. Terimakasih atas ilmu-ilmu yang telah diberikan dan

sangat bermanfaat bagi penulis.

7. Rekan-rekan angkatan 2012 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Jurusan Sosiologi. Hardian, Basok, Hadi, Fandi, Rizki, Dwi, Putri,

Lia, Ulan, Dede, Icha, Ummi, Riski, Tina. Terimakasih atas

kebersamaan dan persahabatan yang baik selama ini.

8. Semua pihak yang telah membantu baik secara moril dan materil

yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu dalam penyelesaian

skripsi ini. Atas semua bantuan dan kerjasamanya penulis ucapkan

terimakasih sebesar-besar dan sedalam-dalamnya.

PangkalPinang, 24 juli 2017

(8)

viii ABSTRAK

AZMI. Penurunan Minat Petani Nanas Di Desa Bikang Dalam Perspektif Tindakan Rasional Weber (Di Bimbing Oleh Citra Asmara Indra Dan Jamillah Kholillah).

Perekonomian masyarakat Desa Bikang pada awalnya bergerak dalam sektor agraris yaitu sebagai petani nanas, lada, sawah dan karet. Seiring dengan adanya sistem mata pencaharian bertani tersebut berkembang suatu tradisi dan kebiasaan yang terbentuk dalam suatu kearifan lokal yaitu “Besaoh”. Kearifan lokal ini pada awalnya merupakan suatu modal sosial bagi masyarakat Desa Bikang untuk menjalin hubungan sosial dan solidaritas di antara sesama warga masyarakat Desa Bikang. Setelah melonjaknya harga lada maka mayoritas masyarakat Desa Bikang melakukan peralihan mata pencaharian yaitu menjadi pekerja petani Lada. Setelah menjadi pekerja petani lada perubahan penurunan minat masyarakat dalam bertani nanas terus menurun karena tidak menambah perekonomian masyarakatnya karena harganya murah dibanding lada harga terus melonjak, secara sosial berubahan mata pencarian. Pola pikir masyarakat Desa Bikang cendrung berubah dengan melonjaknya harga lada.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penurunan minat bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan minat petani nanas di Desa Bikang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta teknis analisis datanya menggunakan teknik analisa data. Penelitian menggunakan teori tindakan rasional yang dijelaskan oleh Marx Weber. Kegiatan ini dimulai dengan adanya pengamatan langsung serta observasi langsung dilapangan dan melalui wawancara untuk mendapatkan data secara langsung kepada narasumber. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa menurunnya minat petani nanas dengan beralih ke petani lada maka masyarakat Desa Bikang mengalami perubahan sosial, seperti dibidang perekonomian maka perekonomian masyarakat Desa dengan pindahnya ke pekerjaan yang lain maka masyarakat Desa Bikang merasa sejahtera, dan apa yang mereka inginkan akan tercapai. Seperti disebutkan Marx Weber didalam rasional instrumental, sering disebut juga dengan “tindakan dan alat”. Pada tipe rasionalitas ini, manusia tidak hanya menentukan tujuan yang ingin dicapai, namun ia secara rasional telah mampu menentukan apa yang akan dilakukan.

(9)

ix ABSTRACT

AZMI. Decreased Interest of Pineapple Farmers at Bikang Village in the Perspective of Rational Action by Weber (Supervised by Citra Asmara Indra, S.Sos, M.A. and Jamillah Kholillah, S.Sos, M.A.)

At the beginning, the economy of Bikang village is engaged in agrarian sector as farmer of pineapple, pepper, rice fields and rubber. Along with the existence of the farming livelihood system, it develops a tradision amd custom which is formed in a local wisdom namely “besaoh”. At first, this local wisdom is a capital sosial for Bikang villagers to build social relationship and solidarity among fellow citizens of the villagers. After the increasing of pepper prices, the majority of Bikang villagers are making a livelihood transsition becoming pepper farmers. After that the change in the interest of the society in pineapple farming continues to decline because it does not increas the economy of its people and the prices of peneapple is cheaper than pepper that continues to soar so socially the livelihood of the society change. The mindset of Bikang villagers tends to change with the soaring price of pepper. The formulation of problem in this research is what factors affecting decreased interest of pineapple farmer at Bikang village. The type and the approach of this research was qualitative research with descriptive analysis. This research method used was qualitative method and the technique of data used data analyzing tecnique. This research used theory of rational explained by Marx Weber. This research was started by direct observation and interview to get the data directly to the interview. The result of this research is that decreased interest of pineapple farmers who are switch to pepper farmers resulted in social change of Bikang villagers, such as in the economy. By the increasing of economy, they feel prosperous and what they want will be accomplished. As stated by Marx Weber in instrumental rationality, it is often called “actions and tools”. In this type of rationality, humans not only determine the goals to be achieved, but also rationally the have been able to determine what they will do.

(10)

x

DAFTAR ISI

Halaman HALAMAN JUDUL

LEMBARAN PENGESAHAN

LEMBARAN PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN. i

MOTTO... ii

1.4.Manfaat Penelitian... 6

1.5.Tinjauan Pustaka... 6

(11)

xi

2. 5. Teknik Pengumpulan Data... 21

2. 6. Teknik Analisis Data... 22

BAB III. GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN 3.1. Sejarah Desa Bikang... 23

3.2. Kondisi Geografis... 25

3.3. Kondisi Demografis... 26

3.4. Kondisi Ekonomi Masyarakat... 27

3.5. Kondisi Sosial Budaya... 32

BAB IV.HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1. Faktor-Faktor Penurunan Minat Petani Nanas... 34

4.2. Strategi Bertahan Petani Nanas... 35

BAB V. PENUTUP 5.1. Kesimpulan... 60

5.2. Saran... 61 DAFTAR PUSTAKA

(12)

xii

DAFTAR TABEL

(13)

xiii

DAFTAR GAMBAR

(14)

Gambar

Tabel 1. Batas Wilayah Desa Bikang                                         25
Gambar 1. Alur Pikir                                                                 16

Referensi

Dokumen terkait

Fenomena ini menunjukkan bahwa material komposisi penyusun film plastik biodegradable bersifat hidrofilik/suka air, misalnya ethanol 70 %, air suling dan gliserol, semuanya dapat

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Menghafal Al-Qur‟an dan Hadits dalam Pembelajaran PAI di SMK Ma‟arif 1 Kroya Kabupaten

002 Koordinasi dengan Kantor Kementerian yang Menyelenggarakan Urusan Pemerintahan di Bidang Agama Kabupaten/Kota dalam Memelihara Hubungan Timbal Balik melalui

Semua hasil rekam medik MDCT scan thorax pasien dengan diagnosa kanker paru tipe non small cell lung cancer (NSCLC) minimal stadium 3A non- operable yang masuk kriteria

4 Apabila seorang korban hidup datang ke dokter forensik atau instalasi pelayanan forensik untuk dilakukan pemeriksaan dengan diantar oleh penyidik disertai surat permintaan

Adapun beberapa perbedaan dengan kedua penelitian di atas, yaitu terletak pada variabel bebas, dimana pada penelitian ini peneliti ingin meneliti pengaruh

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah, yang pertama bagaimana pelaksanaan pembiayaan berbasis financial technology (fintech) berdasarkan peraturan otoritas jasa

LKD sebelum dan sesudah intervensi pada satu kelompok responden, peneliti mengiden- tifikasi responden berdasarkan kriteria yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian